Skip to content

5 Tips Mudah Agar Tetap Subur Bagi Pria

Ketidaksuburan/Infertilitas bukan hanya berasal dari wanita saja.Faktor kondisi pria juga memegang peranan penting. Dalam hal ini adalah kualitas dan kuantitas dari sel sperma yang mempunyai peranan penting dalam proses pembuahan.

Namun ada beberapa sebab lain yang menyebabkan ketidaksuburan pria, antara lain: adanya penyakit seperti diabetes, tumor atau kanker testis, impotensi atau kelainan genetik.

Ada beberapa masalah gangguan pada sperma diantaranya adanya antibodi sperma, infeksi karena bakteri yang bisa menurunkan kelincahan sperma.

Jumlah sperma yang kurang ( oligospermia) menyebabkan peluang membuahi sel telur menjadi rendah. Kuantitas sel sperma kurang dari 20 juta per milimeter per ejakulasi, pergerakan/mobiliti minimal 40% sperma sehat dan bentuk sperma tidak normal atau sempurna adalah ciri-ciri sel sperma yang tidak normal.

Namun ini semua ini dapat dicegah, apabila sudah terjadi setelah pengobatan bisa dilakukan tindakan pencegahan.

Ada 5 TipsĀ  Mudah yang bisa para calon Ayah lakukan agar kesuburan tetap terjaga:

1. Pola hidup sehat

Diantaranya stop merokok dan konsumsi alkohol, olah raga yang cukup dan teratur.

2 . Pola Makan Sehat

Gaung 4 sehat 5 sempurna tetap harus dipertahankan. Cobalah untuk mengubah pola makan yang tidak sehat misalnya makanan junk food,softdrink atau yang mengandung pengawet.Demi kesuburan dan calon penerus, praktekkan pola makan yang seimbang kandungan gizinya dan mendukung kesuburan, misalnya makanan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk,kiwi dan paprika dan seng seperti udang dan tiram.

3. Kurangi berat badan

Berat badan berlebih atau kegemukan bisa mengurangi kesuburan pria, apalagi dikombinasikan dengan penyakit seperti diabetes. Usahakan untuk mengurangi berat badan dengan diet sehat dan olah raga teratur.

4. Stop konsumsi obat-obatan terlarang

Semoga tidak ada Bapak yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti kokain,marijuana atau ekstasi yang merupakan racun bagi tubuh dan menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.

5. Monitor suhu testikel

Mungkin ada Bapak yang tidak menyadari jika testis terkena suhu yang panas/tinggi bisa mempengaruhi produksi sperma. Misalnya mandi sauna dan mengemudi mobil dan duduk terlalu lama. Monitor secara rutin suhu pada testikel sangat membantu kesuburan pria.

Gunakan juga celana dalam boxer yang terbuat dari katun.Hindari memakai celana dalam yang ketat.

Demikian 5 Tips mudah agar tetap menjaga kesuburan para pria. Kelihatannya mudah, namun tidak semudah yang dikatakan.Oleh karena itu diperlukan komitmen yang tinggi dan niat yang kuat untuk menjalaninya. Peranan dan dukungan istri juga sangat membantu keberhasilan terapi ini.

Demi kesehatan dan kehadiran sang buah hati, pasti para suami siap melaksanakannya.

Tetap semangat.

24 Comments

  1. achie wrote:

    info ibu hamil, aku mau tahu apa iya katanya kopi juga mampu meningkatkan kwalitas sperma pria. dan untuk meningkatkan libido pria buah semangka, ada imformasi lain ngga yang bisa meningkatkan kekuatan sperma hingga bisa bertahan dan mampu cepat melalui proses pembuahan yang aman tanpa efek samping, karena aku dan suami belum dikaruniai keturunan. padahal menurut dokter hasil lab sperma suami bagus. makasih..

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Achie,

    Ada studi riset di sebuah universitas di Brazil mengenai manfaat kopi bagi kesuburan pria.
    Hasilnya: Pria yang rutin minum kopi setiap hari, spermanya lebih lincah dan cepat.
    Adanya kandungan kafein dalam kopi yang membuat sperma lebih sehat dan “melek” terus.
    Sedangkan untuk buah semangka,kandungan likopen pada semangka dapat menambah
    jumlah sperma. Kopi dan semangka tidak ada salahnya untuk dikonsumsi.
    Sebenarnya banyak yang bisa meningkatkan kesuburan pria, antara lain temulawak dan
    madu.

    Ibu Achie, jika hasil sperma suami bagus,makanan seperti diatas hanya untuk membantu
    agar sperma tambah lincah saja. Mungkin saja ada penyebab/halangan lain yang perlu
    ditelusuri lagi tentang kesulitan hamil ibu.

    Ok,tetap semangat!

    Saturday, June 27, 2009 at 2:38 am | Permalink
  2. Witri wrote:

    Berusaha dan berserah diri pada ALLAH

    Saturday, July 11, 2009 at 12:21 am | Permalink
  3. lia wrote:

    saya berumur 25 th, saat ini sedang berusaha untuk hamil. Siklus haid saya 28 hari – 34 hari. bagaimana mengetahui saat ovulasi yg terbaik untuk melakukan hubungan seksual? terima kasih. Lia.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Lia,

    Silahkan masukkan saja data haid ibu di ovulation calculator ini.
    Nanti ibu Lia bisa lihat masa subur dan waktu berhubungan yang
    tepat disana.
    Semoga berhasil.

    Saturday, August 22, 2009 at 1:05 pm | Permalink
  4. Rinha wrote:

    Dok,sy mo tnya Apakah iya.klo laki2 sering naik motor.dpt menurunkn kadar spermaNya?2 bln lalu,Suami sy,sdh priksa lab.Hasilnya.spermaNya hnya ada 2jt.Pdhl normalnya >20 jt.Dokter bilang,naik motor lah pnyebab pnurunannya(krn panaz).Sdh 1 thn sy blum punya momongan.Slama 1 thn itu pula,sy&suami sering mngkonsumsi vitamin E,mkn toge&kacang ijo.Tp kok hasilnya bgitu?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Rinha,

    Iya,bukan hanya yang naik motor,bagi yang sering nyetir mobilpun bisa membuat
    sperma kurang bagus.Jadi tetap jaga suhu testis agar tidak terkena panas terlalu
    lama.Tipsnya bisa mengunakan celana boxer dan celana panjang berbahan katun.
    Konsumsi kopi berdasarkan riset di Brazil bisa membantu meningkatkan kualitas
    sperma. Makanan yang kaya vit.A,B,C dan E juga seng sangat berguna bagi kesuburan
    pria.Untuk terapi alternatif, ibu dan suami boleh juga mencoba minum campuran madu
    dan bubuk kayu manis setiap pagi.
    Semoga saja ada gunanya.
    Terima kasih.

    Monday, August 24, 2009 at 5:33 am | Permalink
  5. kristin wrote:

    Dok, saya mau tanya di bln juni lalu saya dapat haid tgl 11 juni s/d 16 juni selesai haid. Bulan juli lalu saya dapat haid berikutnya tgl 20 juli s/d 25 juli selesai haid. Bulan Agustus ini saya dapat haid lagi tgl 22 agt kemungkinan 6 hari baru selesai haid yaitu tgl 27 agt’09. Saya sedang berusaha untuk hamil, saya sudah setengah tahun menikah. Jadi tanggal berapa kira2 masa subur saya di bulan september?Terima kasih sebelumnya,salam. Kristin.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Kristin,

    Untuk mudahnya ibu Kristin pakai ovulation calculator ini saja
    Selain mudah dan cepat,cukup akurat pula.Isi saja data yang diminta.
    Ok,semoga berguna.
    Terima kasih.

    Tuesday, August 25, 2009 at 12:47 pm | Permalink
  6. ella wrote:

    ass… bu saya ella dari pontianak.
    saya sudah 3 tahun menikah, tapi selama 3 tahun ini saya belum dapat anak.
    pertengkaran kami adalah stiap kami melakukan hubungan suami istri suami saya slalu mengalami ejakulasi dini. saya sedih,dan tak mungkin saya selingkuh. saya bingung bu,saya tidak punya anak, dan suami saya slalu mnngalami ejakulasi dini.

    Wednesday, December 9, 2009 at 1:08 pm | Permalink
  7. Anna wrote:

    Dok, saya udh 3 th blm punya anak.saya udh cek dokter, ktanya ga ada masalah. tapi suami sy selalu menolak bila saya sarankan untuk cek sperma. gmn ya Dok? padahal dia sangat menginginkan kehadiran anak.mhn petunjuk. trim

    Tuesday, January 12, 2010 at 3:56 am | Permalink
  8. rini wrote:

    just info…maaf kalo repost
    “Nasib Pria Azoospermia yang Sulit Menghamili Perempuan”
    Sperma merupakan salah satu faktor yang menentukan seorang wanita bisa hamil. Banyak cara yang dilakukan pria untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik. Tapi bagi pria penderita azoospermia sangat sulit menghamili perempuan karena cairan spermanya tak berisi sel sperma alias kosong.

    Azoospermia adalah istilah yang digunakan ketika seorang pria tidak mengeluarkan sperma sama sekali pada saat terjadi ejakulasi hanya ada cairan yang kosong sel sperma. Ini adalah penyebab utama laki-laki subfertility, kondisi dimana seorang pria tidak mungkin untuk membuat seorang wanita hamil.

    Sistem reproduksi laki-laki terdiri dari testicles atau testis, prostat, penis, skrotum, vas deferens, epididimis, dan duktus seminalis. Biasanya, testis dalam skrotum menghasilkan sperma, yang kemudian mengalir melalui epididimis, vas deferens, dan saluran mani. Sperma bercampur dengan cairan di dalam saluran mani untuk membentuk air mani, yang meninggalkan tubuh melalui penis.

    Semen atau air mani adalah cairan kental, putih, berisi sperma dilepaskan selama ejakulasi. Masalah pada azoospermia berkaitan dengan masalah pada produksi sperma atau aliran sperma.

    Seperti dilansir dari maleinfertilityspecialists, Kamis (18/3/2010), ada tiga penyebab kurangnya produksi sperma, yakni gangguan hormon, kegagalan testis, dan
    varicocele.

    1. Gangguan hormon

    Testis memerlukan hormon hipofisis untuk merangsang membuat sperma. Jika hormon tersebut tidak ada atau sangat kurang, maka testis tidak akan memproduksi sperma secara maksimal. Gangguan hormon bisa dsebabkan oleh obat-obatan tertentu, seperti androgen (steroid), antibiotik, dan obat-obatan untuk mengobati peradangan atau kanker. Rokok, alkohol, dan narkotika juga dapat menyebabkan gangguan hormon.

    2. Kegaggalan testis

    Kegagalan testis merujuk pada ketidakmampuan testis (epitel seminiferus) memproduksi sperma, untuk membuat jumlah sperma matang yang memadai. Kegagalan ini bisa terjadi pada setiap tahap dalam produksi sperma. Ada beberapa alasan penyebab kegagalan testis, yaitu testis tidak memiliki sel-sel yang membelah menjadi sperma atau yang disebut ‘Sertoli cell-only syndrome’, sperma tidak mampu menyelesaikan tahap perkembangannya (maturation arrest), dan juga disebabkan oleh adanya kelainan genetik.

    3. Varicocele

    Varicocele atau varises di buah zakar adalah terbukanya pembuluh darah di dalam skrotum. Varicocele sama halnya dengan varises yang biasa terjadi di kaki. Pembuluh darah vena yang membesar dan terbuka disebabkan karena darah tidak mengalir dengan baik. Pelebaran pembuluh darah menyebabkan banyak darah yang mengalir ke skrotum, yang berakibat negatif pada produksi sperma.

    Pemeriksaan dan perawatan perlu dilakukan mengambil tindakan yang benar untuk mengobati azoospermia. Pemeriksaan yang bisa dilakukan antara lain:

    1. Pemeriksaan fisik
    Tes yang paling sederhana adalah pemeriksaan fisik. Sebagian besar testis terdiri dari unsur-unsur produksi sperma yaitu epitel seminiferus, ketika ukuran testis sangat berkurang, ini merupakan indikasi bahwa epitel seminiferus terpengaruh.

    2. Pemeriksaan hormon
    Follicle stimulating hormone (FSH) adalah hormon yang dihasilkan oleh hipofisis, yang bertanggung jawab merangsang testis untuk membuat sperma. Ketika kapasitas produksi sperma dari testis berkurang, hipofisis membuat lebih banyak FSH dalam usaha untuk membuat testis melakukan tugasnya.
    Oleh karena itu, jika FSH seorang pria sangat tinggi, maka ada indikasi bahwa testis tidak memproduksi sperma secara optimal.

    3. USG transrectal
    Untuk meghilangkan penyumbatan pada saluran ejakulasi, sering dilakukan USG pada saluran ejakulasi dan vesikula seminalis. Dalam tes ini, USG ditempatkan di rektum dari saluran yang terletak di dekat dinding rektum. Selain itu juga pada saluran ejakulasi melewati prostat, sebuah kelenjar yang dapat dirasakan melalui dinding dubur laki-laki.

    4. Tes urin
    Ada kemungkinan ejakulasi terjadi ke arah yang berlawanan. Sperma didorong ke kandung kemih dan kemudian dikeluarkan ketika orang buang air kecil setelah ejakulasi.
    Untuk pengujian ini, pasien harus mengosongkan kandung kemih, dan kemudian ejakulasi ke dalam wadah. Pasien kemudian diminta buang air kecil lagi ke wadah spesimen yang berbeda. Jika ada sperma dalam air seni, berarti ia mengalami ejakulasi mundur. Kadang-kadang hal ini dapat diperbaiki dengan obat minum.

    5. Biopsi testis
    Tes dilakukan dengan mengambil sampel testis dengan jarum suntik atau melalui sayatan kecil dalam skrotum. Ini akan membantu menentukan kemampuan testis untuk memproduksi sperma normal.

    Apakah jika sudah divonis pria azoospermia bakal sulit punya anak? Tentu saja, tapi jika si pria berusaha melakukan pengobatan masalah spermanya bisa membaik.
    Penyakit ini masih dapat diobati dengan berbagai cara, antara lain:
    1. Obat-obatan, antibiotik bisa diberikan untuk mengobati infeksi pada sistem reproduksi. Hormon dapat digunakan untuk mengobati ketidakseimbangan hormon.
    2. Percutaneous embolization, prosedur ini dapat digunakan untuk mengobati varicocele. Sebuah obstruksi (penyumbatan) dibuat dalam pembuluh darah yang membesar. Ini akan menghentikan aliran darah dan mengobati varicocele.
    3. Ekstraksi sperma, sperma dapat diekstraksi atau dihapus dari testis atau epididimis jika ada halangan. Semen yang diekstrak dapat disimpan atau digunakan untuk membuahi telur seorang wanita.
    4. Operasi, seperti menghapus varicocele atau memperbaiki vas deferens yang tersumbat.

    Dr. Y Soni, Sp.U, Dokter Spesialis Bedah Urologi di RS Puri Indah mengatakan hasil analisis sperma dinilai akurat bila sudah melakukan tes analisis sperma paling sedikit 2 kali berturut-turut dalam 2 minggu dalam kondisi bebas berhubungan 3 hari sebelum pemeriksaan. Pemeriksaan sebaiknya dalam keadaan rileks dan nyaman.

    Bila kesimpulan akhir tetap suatu azoospermia, ini menjelaskan memang tidak terdapat sel sperma dalam cairan sperma yang dikeluarkan.

    “Penyebabnya dapat dikarenakan sumbatan pada kedua saluran sperma atau kegagalan hormon Gonad atau hormon stimulan Gonad secara sentral (Gonadotropin) pada laki-laki.Kegagalan hormon ini bisa karena bawaan atau kelainan susunan kromosom dan sebagainya,” kata Dr Soni

    Friday, March 26, 2010 at 8:35 am | Permalink
  9. Yani wrote:

    Suami Saya sepertinya mengalami hal yang sama yang telah dikatakan rini
    March 26th, 2010 @8:35 am
    mengalami Azoospermia,
    ada solusi untuk pengobatan alternatifnya nggak ya?

    Saturday, March 27, 2010 at 12:19 pm | Permalink
  10. Rita wrote:

    Dok..saya mau tanya. saya pecandu kopi apa ada pengarunya dgn kesuburan rahim saya, krn hampir 1 tahun kami belum dikaruniai anak.

    Wednesday, April 14, 2010 at 3:40 pm | Permalink
  11. ayu wrote:

    dok,
    saya merit des 09 . usia saya skrg 19th..
    20 mei 09 kmrn saya melakukan kuret,krn BO . dokter bilang blh hamil stlh mens ketiga.. yg mau saya tanyakan skrg adalah kpn saya dpt mens pertama ? soalnya sampai skrg saya blm mens juga, tp bdn saya terasa lemas,mual,pusing,pegal2.. pdhl vit E dr dokter sdh saya minum jg.. tp blm mens, apa saya hamil lg ya dok? saya tes pack mmg positif,krn kan kdr hcg nya masih yg bekas hamil kmrn.. trmksh jwbnny dok

    Monday, June 7, 2010 at 1:25 am | Permalink
  12. Dee_Ae wrote:

    Salam kenal Dok…
    Sy mw tny…
    1. Siklus haid 22 – 23 hari normal kah?, jika tidak, brpa kah siklus haid yg normal?.
    2. Knp slesai berhub., sperma suami pasti ada yg keluar dr Ms. V?., gmn caranya biar sperma masuk semua dan g keluar?.
    3. Apakah normal jika Mr. P suami baru masuk, trus gak ada 3 menit sperma dah keluar? (sblmnya udh foreplay dulu).
    4. Gmn cara mengatasi agar sperma suami gak cepet keluar?.
    Trmksh sblmnya…

    Friday, June 11, 2010 at 8:13 am | Permalink
  13. veron wrote:

    Met Sore Dokter,… Saya Sudah Menikah 2 Tahun Koq Blom Hamil Ya,… Pdhl Siklus Haid saya 30,29,28. Mmg Dulu Sempat Telat sampai 14 Hari tp kluar Lg.dan Saya Melakukan ML dimasa subur 14 Hari Sejak Haid Pertama.Wkt Di USG Kata Dokter Rahim Saya Agak Naik dan Saya di suruh Tes HSG & Hsl HSG Saya :dimasukan Kontras Tampak water soluble sbyk +/- 5cc melalui kateter vocum uteri kontras tampak lancar mengisi vacum uteri.btk dan ukuran baik.letak antefleksi mukosa licin. tak tampak filing defek ataupun additional shadow.tuba: kedua tuba tampak terisi kontras.rugae baik.spill sign(+)post void: tampak poaling kontras dikanan tengah. Kesimpulan atw conclusion:cavum uteri baik,kedua tuba paten,adnexitis dextra. Saya Blom Kedokter Lg, Karena Suami Saya Blom Cek Sperma..apakah Dgn Hsl HSG Ini Bagus,…

    Wednesday, July 28, 2010 at 7:26 am | Permalink
  14. faishol wrote:

    Apakah normal jika Mr. P suami baru masuk, trus gak ada 3 menit sperma dah keluar?
    apakah hal tersebut bisa mempengaruhi kehamilan?

    Monday, June 20, 2011 at 2:20 pm | Permalink
  15. tony wrote:

    siang dok. ni sy tony 46 thn.
    mau menikah istri 44thn, ada gambaran bisa punya baby..?
    makasih dok

    Monday, October 3, 2011 at 5:05 am | Permalink
  16. elis wrote:

    salam dok!

    saya telah menikah selama 4 thn, umur sy 28 thn, suami sy 31 thn.
    3 thn yang lalu saya program KB kalender, setahun ini sy sudah sangat kepingn
    punya momongan. alhamdulillah bulan kemarin positif hamil. Tapi diusia 4 minngu
    saya pendarahan (keguguran). setelah diperiksa rahim sy sehat-sehat aja.
    Dokter menyarankan suami sy cek sperma, dan hasilnya Asthenoteratozoospermia.
    tapi suami sy cek 8 hari setelah mimpi basah, bukan 7 hari.
    pertanyaan sy:
    1. berapa lamakah sy boleh berhubungan lg sama suami sy?
    2. apakah arti dr hasil cek sperma suami sy?
    3. apakah hasil lab suami sy akurat dg puasa berhubungan 8 hari?
    4. apakah saya masih ada harapan untuk hamil lagi?

    saya sangat mengharapkan tanggapan dokter.
    terima kasih dok!!!

    Monday, October 17, 2011 at 5:46 am | Permalink
  17. 8811348638 wrote:

    salam dok,
    saya sudah menikah selama 3th 6bln saya berumur 23th suami saya berumur 30th sampai saat ini kami blum mempunyai keturunan
    ,kami sudah berobat saya di USG ga ada kendala apa-apa dan suami sy bisa dibilang spermanya kurang bagus,tapi sudah dikasih obat selama 2bln.pertanyaan sy kenapa sampai sekarang saya belum hamil?
    saya sangat mengharapkan tanggapan dokter.
    terima kasih dok.

    Monday, October 17, 2011 at 1:56 pm | Permalink
  18. Hello there, just turned into alert to your weblog thru Google, and found that it is truly informative. I’m gonna watch out for brussels. I’ll appreciate when you proceed this in future. Numerous other folks will probably be benefited out of your writing. Cheers!

    Wednesday, January 4, 2012 at 1:04 am | Permalink
  19. lesta wrote:

    hallo dok,saya mau tanya,semenjak saya menikah, 2bln kemudian saya lanhgung hamil.tapi kandungan saya waktu berumur 2bln saya keguguran.setelah 40hari dari keguguran saya langsung kb injeksi yang 1bln.sudah 3bln yang lalu saya melepas KB saya.kata bidan yang nanganin saya,setelah lepas kb yang 1bln masa suburnya 3bln setelah kb d lepas.tapi sampai sekarang saya blm hamil juga,sudah 4bln,trimakasih sbelumya dok..

    Wednesday, February 15, 2012 at 7:15 am | Permalink
  20. novi arisandhi wrote:

    saya uda 8th belum jg d karunia anak,umur sdh 35 ,vitamin apa yg bagus utk suami??

    Friday, March 2, 2012 at 1:29 pm | Permalink
  21. charlie wrote:

    bagi pasutri yang pengen pijat or bikin anak hubungi 02197010498 dijamin puas

    Saturday, March 10, 2012 at 7:10 am | Permalink
  22. dina wrote:

    lam kenal dok…

    saya dina,mau tanya saya udah 4 tahun menikah tapi belum dikaruniai keturunan karna suami saya ejakulasi n spermanya encer dan saya susah sekali organisme karna suami saya dlam hitungan menit udah selesai..
    tolong bantuanya biar suami saya tidak mengalami itu dan saya kepingin sekali hamil.
    makasih saya tunggu jawabannya.

    Friday, March 30, 2012 at 10:06 am | Permalink
  23. yantie wrote:

    pagi dok, saya mau tanya hampir 1/2 thn ini suami saya di celana dalamnya selalu ada bercak hijau spt perempuan klo keputihan, sblmnya dia tdk spt ini…. saya mau tanya bercak hijau itu apa ya dok ? trus apa penyebabnya ?
    trims

    Wednesday, April 4, 2012 at 11:49 pm | Permalink
  24. Bidan Ismi wrote:

    Kadang suami menerapkan pola hidup tidak sehat sehingga sulit bagi istri untuk hamil.

    Monday, September 3, 2012 at 4:03 am | Permalink

Post a Comment

Your email is never published nor shared.