Skip to content

Cara Gampang Cek Masa Subur Wanita

Halo Ibu-ibu semua,

Mau Cepat Hamil dan punya baby?

Segala cara dan usaha sudah dilakukan, tapi belum berhasil juga?

Apakah ibu sudah tahu bagaimana mengetahui masa subur?

Menghitung Masa subur  atau ovulasi sebenarnya bisa dilakukan berdasarkan 3 cara :

1. Berdasarkan Perhitungan Basal Body Temperature (BBT)

Maksudnya disini adalah suhu tubuh pada saat terjaga, yang biasanya dihitung pada pagi hari. Pencatatan harus dilakukan setiap pagi,pada jam yang sama misalnya jam 7 pagi. Pada saat terjadinya Ovulasi, hormon progesteron akan mendorong suhu tubuh naik sekitar 0.2 derajat celcius. Cara ini memang agak sulit dilakukan, karena dibutuhkan komitmen dan konsistensi.Alat yang dipergunakan adalah termometer.

2. Berdasarkan Perubahan Lendir Vagina (Mucus)

Mucus mengalami perubahan penampilan saat haid,dari basah, kental keruh sampai putih licin seperti putih telur pada puncak subur. Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan tes jari. Mucus pada saat subur berpenampilan putih,licin dan tidak mudah pecah/melar.

3. Berdasarkan Siklus Haid

Pada umumnya siklus haid setiap wanita berbeda-beda, ada yang panjang, pendek dan ada juga yang tidak teratur.Namun biasanya ovulasi terjadi 12 hingga 16 hari sebelum haid berikutnya. Agar cepat hamil perhitungan berdasarkan siklus haid ini biasanya lebih efektif.

Namun jika ibu ingin lebih instant dan mudah, ibu bisa menggunakan ovulation calender 

Selamat mencoba dan semoga cepat berhasil hamil.

Tetap semangat!

170 Comments

  1. putri tien wrote:

    SUami saya belum pengen mempunyai seorang anak,makanya selalu jaga2,saya sebagai istri pasti mendambakan seorang anak?suami saya setiap berhubungan sperma itu selalu dikeluarin diluar apakah saya bisa hamil klo suami saya begitu? apa ada perangsang buat buat suami saya, trs saya harus beli dimana?mens saya juga ga teratur awl bulan saya mens sktar tgl 2 diakhirinya saya mens akhir bulan sktar tagl 28 saya mens,itu knapa ya mohon penjelasanya?


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Putri,

    Menjawab pertanyaan ibu Putri, apabila sperma tidak sampai masuk,kemungkinan hamil
    sangat kecil. Tetap ada kemungkinan sperma yang masuk ke saluran rahim dan membuahi
    sel telur yang matang.
    Disarankan untuk tidak menggunakan obat perangsang, lebih baik secara alami saja.
    Mens yang tidak teratur bisa disebabkan karena stress atau kecapean.

    Demikian ibu Putri semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Terima kasih.

    Monday, June 1, 2009 at 11:09 am | Permalink
  2. Putra wrote:

    kalo beruhubungan sehari setelah haid gmn bu?? bisa hamil??
    tp yang cwek menstruasinya belum bersih


    Replied by Infoibuhamil

    Halo pak Putra,

    Apabila haid belum selesai, berarti sel telur juga belum ada yang matang/
    belum terjadinya ovulasi.Ovulasi biasanya terjadi setelah 10 hari dihitung
    dari datangnya haid.Jika tidak ada sel telur yang matang,tidak akan terjadi
    pembuahan atau tidak akan hamil.Ini umumnya dilakukan oleh pasangan
    yang ingin menunda punya anak secara alami (sistem kalender).

    Terima kasih.

    Thursday, June 18, 2009 at 9:44 pm | Permalink
  3. ayu wrote:

    saya mens g teratur kdg 2x sbulan kdg mlh g..saya prnh pnya anak agstus 2008,tp meninggal krn br 7bln dan prematur,ketuban pecah duluan,sdh hmpr stahun saya dan suami pgn cpt pnya anak lg tp blm jg hmil….ap ad saran untuk saya???

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Ayu,

    Turut prihatin atas kejadian yang ibu dan suami alami.

    Coba ibu Ayu dan suami melakukan pemeriksaan secara menyeluruh seperti
    pemeriksaan darah dan cari tahu juga apa penyebab ketuban pecah lebih awal
    pada kehamilan pertama. Hal ini untuk mencegah kejadian yang sama pada
    kehamilan berikutnya. Siklus haid yang tidak teratur juga bisa dibantu
    dengan obat agar bisa kembali teratur dan lancar. Konsultasikan dengan
    Dokter SpOG ibu.

    Semoga keinginan ibu Ayu dan suami segera terwujud.
    Tetap semangat.

    Monday, June 29, 2009 at 12:22 pm | Permalink
  4. achie wrote:

    info ibu hamil, saya kalau haid siklusnya 25 hari ini masih normalkan? terus saya sdh coba berhubungan pas lagi terjadi perubahan pada lendir, tapi kalau haid kok 2 hari banyak terus hari ketiga dan seterusnya cuma dikit, apa ini normal. cek sperma boleh dilakukan lagi setelah berapa bulan lagi ya? makasih..

    Replied by Infoibuhamil

    Halo Ibu Achie,

    Siklus haid normal memang 28 hari, tapi ada yang panjang hingga 35 hari dan
    pendek hanya 25 hari seperti ibu Achie. Waktu haid biasanya 5 hari,dari haid yang
    keluarnya banyak sampai akhirnya sedikit dan berhenti. Jadi masih dalam batas
    normal. Sedangkan untuk analisa sperma bisa dilakukan sekitar 3 bulan setelah
    tes terakhir.

    Demikian bu Achie,semoga bisa membantu.
    Terimakasih.

    Wednesday, July 1, 2009 at 10:50 pm | Permalink
  5. toni wrote:

    Bisa t
    rja
    lan gkya do

    Replied by Infoibuhamil

    Halo pak Toni,

    Bisa tolong diresend postingannya?
    Hasilnya tidak bisa dibaca disini.

    Terima kasih.

    Tuesday, July 14, 2009 at 12:22 pm | Permalink
  6. nury wrote:

    Siang dok,

    Saya sudah 3 tahun menikah, dari awal pernikahan kami tidak mengunakan kontrasepsi karena memang berpikir kalau cepat dikasih tidak apa2 dan kalau nanti2 juga tidak apa2, Tetapi setelah 3 tahun kami berdua sangat2 ingin punya anak. Kami sudah pernah periksa… untuk masalah aq (istri) dokter pernah kasih saran untuk turunkan berat badan.. (berat aq 58 kg tinggi 162 cm) dan dokter bilang aq ada bawaan penyakit diabetes…

    Aq mau minta tlg dokter kasih saran terbaik aq dan suami agar cepat segera hamil….
    Dan apa benar obat cina Pai Fung Wan itu bisa bikin cepat hamil dan tidak ada effect samping terhadap bayinya kelak… Kalau memang benar belinya dimana… tolong info ke saya 021-32489614

    Terima kasih

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Nury,

    Untuk kondisi berat badan berlebih dan penyakit diabetes memang
    bisa mengganggu kesuburan wanita. Mungkin Dokter Kandungan ibu
    lebih mengkhawatirkan bawaan penyakit diabetes.
    Jika hamil dengan ibu mengidap diabetes, dikhawatirkan janin lahir besar
    atau kegemukan dan mewarisi penyakit tersebut.
    Walaupun banyak juga ibu dengan berat badan berlebih dan menderita
    diabetes berhasil hamil dan melahirkan bayi yang sehat.

    Jadi sebelum hamil, memang disarankan untuk menjaga dan mengatur pola
    makan dan diet gula. Olahraga teratur juga bisa membantu.
    Pai Fung Wan merupakan obat untuk memperlancar peredaran darah yang
    memang dipercaya manjur untuk kesuburan wanita, jadi selama dikonsumsi
    sesuai dosis dan aturannya,sebenarnya tidak ada masalah.
    Ibu Nury bisa beli di toko obat cina di Glodok Pancoran.

    Demikian, semoga bisa membantu.
    Terima kasih.

    Wednesday, July 15, 2009 at 3:38 am | Permalink
  7. shite wrote:

    siang,
    mau nanya masa subur ditentukan salah satunya dg perubahan lendir “mucus” klo ternyata hari ke8 setelah menstruasi keluar lendir vagina tersebut apakah itu bisa di sebut masa subur? trims

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Shite,
    Apa kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia.

    Salah satu cara mengetahui masa subur memang bisa melalui tes lendir/mucus.
    Lendir akan berubah menjadi lebih bening dan tidak gampang putus jika ditarik.
    Biasanya pada siklus haid yang teratur dan normal, hari ke 8 s.d 14 adalah masa
    subur/basah. Ibu Shite juga bisa menghitung masa subur ibu lewat kalkulator
    kesuburan dibawah ini:
    http://babymed.com/tools/fertility/calendar/

    Selamat berusaha kembali dan semoga ibu Shite segera hamil.
    Tetap semangat!

    Friday, July 17, 2009 at 7:31 am | Permalink
  8. rina wrote:

    pagi dok…
    dok,saya mau tanya..keputihan itu apa juga mempengaruhi proses kehamilan?dan men 1 bulan 2x itu apa jg memepengaruhi kehamilan?trus masa men yang terlalu panjang seperti sy smpai 9/10hari apa juga memepengaruhi kehamilan?trims..

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Rina,

    Keputihan ada yang normal dan tidak normal. Apabila keputihan yang mengakibatkan
    gatal dan kemerahan pada vagina,bisa disebabkan karena adanya bakteri dan jamur.
    Apabila keputihan disebabkan infeksi,dikhawatirkan akan menjalar ke rahim sampai
    indung telur,ini yang bisa mengakibatkan sulit hamil.
    Siklus yang teratur setiap bulan memang lebih menguntungkan bagi yang ingin segera hamil,
    karena setelah haid selesai,ada sel telur matang yang siap dibuahi (masa subur).
    Haid yang datang dua kali dan panjang sebenarnya bukan penyebab sulit hamil, jadi selama
    ada sel telur yang matang, ada peluang sperma akan membuahi dan terjadilah kehamilan.

    Semoga cukup bisa menjawab.
    Terima kasih.

    Saturday, July 18, 2009 at 1:16 am | Permalink
  9. shite wrote:

    kabar baik,iya nih usaha lagi trims atas semangat dan doanya…..

    Replied by Infoibuhamil

    Sama-sama bu Shite,ditunggu kabar kehamilannya ya.

    Saturday, July 18, 2009 at 9:48 am | Permalink
  10. Indah julitawati wrote:

    Cara menghitung waktu subur kalo juni tgl 20
    mens juli tgl 20 mens lagi? Cara cepat punya anak?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Indah,

    Hitung masa subur secara umumnya adalah +-8 hari dari hari pertama
    haid terakhir ibu. Misalnya tanggal terakhir haid 20 Juli + 8 = 28, jadi
    antara tanggal 28,29,30, 31 Juli dan 1,2,3 Agustus adalah masa subur ibu.
    Pada masa subur itulah ibu dan suami melakukan hubungan agar peluang
    hamil besar.
    Cara instant menghitung masa subur bisa dengan kalkulator kesuburan dibawah ini:
    http://babymed.com/tools/fertility/calendar/Default.aspx

    Semoga cukup membantu.
    Terima kasih.

    Tuesday, July 21, 2009 at 7:22 am | Permalink
  11. zyan putri wrote:

    pagi dok, saya wanita umur 26 thn, 5 bulan nikah tapi belum ada tanda-tanda hamil.bulan ini haid saya sampai 2x.haid pertama 10 hari padahal bulan biasanya hanya 6-7 hari.3 hari berhenti kemudian haid datang lagi.gmn dok,saya udah periksa ke dokter tp hnya dikasi obat.sampai hari ini haid saya blm berhenti.tolong dok beri saran.makasi sblmnya

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Zyan Putri,

    Siklus haid dipengaruhi oleh kerja hormon, panjang pendeknya bisa saja berubah
    setiap bulannya. Sebenarnya obat bisa membantu untuk memperlancar dan membuat
    haid menjadi teratur kembali. Lama haid sampai 10 hari sebenarnya masih normal.
    Usahakan untuk tidak stress dan semoga obat yang diberikan Dokter bisa membantu
    memperlancar haid ibu.

    Terima kasih.

    Friday, July 24, 2009 at 3:40 am | Permalink
  12. sasa wrote:

    pagi dok..saya wanita umur 27 tahun,udah menikah 1 tahun..ingin mendapatkan momongan…sebelum nikah haid saya teratur siklus 33 hari..tapi setelah nikah agak tidak teratur.kadang 1 bulan ga keluar haid.udah cek kedokter dan dikasih obat gluchopage minggu pertama diminum 1x sehari,minggu2 selanjutnya 2x sehari disuruh minum selama 6 bln.awal minum obat tsb minggu depannya haid keluar dgn jadwal 04 April, 05 Mei, 08 Juni.(catatan: saya tidak minum obat tsb selama haid keluar,takut haid terhambat) bulan ini saya kembali gak teratur haid saya keluar 25 Juli kmrn.(padahal saya berharap hamil)yang saya tanyakan :
    1. apa fungsi obat Gluchoage?apakah memperlancar agar haid teratur saja?
    2. apakah pada waktu haid keluar juga harus tetap minum obat gluchopage?apa ada dampaknya?
    3.jika hamil apakah minum gluchopage tidak ada efek sampingnya(seperti yang saya pernah baca obat ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil).
    4. bagaimana caranya agar cepet bisa hamil dan harus mengkonsumsi apa aja?(saya juga minum susu anmum)

    terima kasih


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Sasa,

    Kami coba menjawab pertanyaan ibu Sasa,sebagai berikut:
    1. Fungsi sebenarnya Glucophage adalah obat bagi penderita diabetes, namun bisa
    juga untuk obat subur,dimana bisa mendorong sel telur menjadi matang dan besar.
    2. Glucophage lebih baik diminum sebelum haid atau menurut anjuran Dokter.
    3. Bila sudah positif hamil, lebih baik hentikan dulu konsumsi obat ini.
    4. Konsumsi susu Anmum yang mengandung asam folat baik bagi ibu hamil dan ibu
    yang ingin hamil. Perbanyak konsumsi makanan sehat,sayuran dan juga buah-buahan.
    Hindari makanan instant,minuman bersoda atau yang mengandung bahan pengawet.

    Semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Terima kasih.

    Sunday, July 26, 2009 at 3:11 am | Permalink
  13. tresa wrote:

    pagi dok!SAYA wnita berumur 24thn,saya baru menikah 2bln,saya cemas karena stiap mens saya suka sakit,apa benar kalo suka sakit di saat datng bulan tidak bisa punya anak??

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Tresa,

    Nyeri pada saat haid sebenarnya normal dialami setiap wanita.
    Kecuali nyeri atau sakitnya sangat mengganggu dan tidak tertahankan.
    Biasanya adanya endometriosis bisa menyebabkan sakit pada waktu haid.
    Hal ini bisa menjadi penyebab sulit hamil.

    Demikian bu Tresa,semoga bisa membantu.

    Tuesday, July 28, 2009 at 3:10 am | Permalink
  14. dheasy lesta wrote:

    selamat sore dok,

    saya terus mengikuti dokter menjawab pasien2 di forum ini,saya jadi tertarik….karena dokter sangat bijak menyikapi keluhan pasien.
    baiklah dok,saya wanita usia 24 th,menikah 2 th 1 bulan,sampai saat ini sya belum dikaruniai putra.saya sudah melakukan berbagai macam terapi….saya juga sudah inseminasi 2x.
    sekarang saya sedang mengkonsumsi ARIMIDEX,BLESIFEN,OVESTIN.
    yang saya tau bukankah ARIMIDEX dan OVESTIN itu saling bertolak fungsi ya dok..
    bukankah arimidex untuk pengobatan cancer ya dok?
    bagaimana saran dokter?
    trimakasih dok.

    salam,
    dheasy

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Dheasy,

    Terima kasih untuk komentar ibu.
    Kami hanya berusaha memberikan masukan yang terbaik bagi ibu-ibu semua.
    Sebagai pasien, memang harus teliti dan banyak bertanya.
    Apabila ibu Dheasy diresepkan obat-obatan,tanyakan fungsi dan
    manfaatnya bagi ibu termasuk efek sampingnya.
    Fungsi Arimidex adalah untuk menurunkan kadar estrogen pada
    wanita yang sudah menopouse, dimana untuk mengurangi pertumbuhan
    tumor payudara. Biasanya memang digunakan untuk terapi penderita kanker
    payudara.Sedangkan Ovestin adalah obat penyubur yang fungsinya untuk
    meningkatkan kadar estrogen. Kedua fungsinya memang bertolak belakang,
    tapi pemberian secara bersamaan pasti ada alasannya dan tidak sembarangan.
    Tujuannya agar ibu segera hamil.

    Untuk baiknya,ibu Dheasy bisa tanyakan langsung ke Dokter ObGin ibu,
    agar bisa lebih menjawab keraguan ibu.

    Terima kasih.

    Tuesday, July 28, 2009 at 8:48 am | Permalink
  15. sasa wrote:

    terima kasih atas masukan dan sarannya ya Dok…saya akan berusaha lagi doakan semoga berhasil ya Dok…

    Salam
    SASA

    Replied by Infoibuhamil

    Ok ibu Sasa,semoga berhasil!
    Tetap semangat.

    Thursday, July 30, 2009 at 8:05 am | Permalink
  16. tita wrote:

    soree…dok…
    maaf dok saya mau tanya, umur saya 23 baru menikah 2 minggu, waktu menikah aku sedang haid dan ketika malam pertama haid aku bersih dan melakukan hubungan suami istri, bukannya itu masa subur aku bu? 1 minggu setelah menikah suhu badan aku kalo menjelang malam hari selalu naik (agak anget)dan ketika pagi hari aku selalu mual,badan ku kadang selalu lemas tapi pas aku cek dengan alat tes kehamilan hasil nya negatif.
    apa memang itu bukan tanda2 kehamilan bu?
    kalo boleh minta cara2 mudah untuk hamil donk dok?dan harus konsumsi obat apa ya bu untuk cepat hamil?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Tita,

    Selamat atas pernikahannya.
    Jika ibu Tita masih penasaran,bisa lakukan tes ulang.
    Ibu bisa baca tanda-tanda kehamilan di bawah ini:
    http://infoibuhamil.com/sehat/5-cara-cepat-untuk-tahu-tanda-tanda-kehamilan.html
    Melihat usia pernikahan dan usia ibu yang masih muda, masih sangat mungkin
    ibu akan cepat hamil. Jadi nikmati dulu saja bulan madunya, siapa tahu nanti ibu memang
    hamil.

    Terimakasih.

    Tuesday, August 4, 2009 at 9:02 am | Permalink
  17. tita wrote:

    soree…dok…
    maaf dok saya mau tanya, umur saya 23 baru menikah 2 minggu, waktu menikah aku sedang haid dan ketika malam pertama haid aku bersih dan melakukan hubungan suami istri, bukannya itu masa subur aku bu? 1 minggu setelah menikah suhu badan aku kalo menjelang malam hari selalu naik (agak anget)dan ketika pagi hari aku selalu mual,badan ku kadang selalu lemas tapi pas aku cek dengan alat tes kehamilan hasil nya negatif.
    apa memang itu bukan tanda2 kehamilan bu?
    kalo boleh minta cara2 mudah untuk hamil donk dok?dan harus konsumsi obat apa ya bu untuk cepat hamil?
    terima kasih ya dok…

    Tuesday, August 4, 2009 at 9:03 am | Permalink
  18. tita wrote:

    sore bu..
    maaf bu..saya mau tanya lagi, menurut coment ibu di atas, susu Anmum bisa mempercepat hamil juga bu?
    dan kalo penyakit hipertensi termasuk penyakit keturun tidak bu…??

    makasih ya bu atas waktu nya untuk menjawab pertanyaan saya..
    sekali lagi terima kasi ya bu dokter

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Tita,

    Susu Anmum hanyalah salah satu asupan yang baik bagi ibu hamil dan
    yang ingin hamil,karena kandungan vitamin dan asam folatnya.
    Hipertensi (darah tinggi) memang penyakit keturunan, walaupun tidak
    langsung diturunkan begitu saja. Faktor gaya hidup dan pola makan yang
    salah bisa menjadi penyebab darah tinggi. Faktor usia juga pegang peranan.
    Hipertensi juga dapat dialami oleh ibu hamil (pre-eklampsia).

    Ok,semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Terimakasih.

    Tuesday, August 4, 2009 at 9:10 am | Permalink
  19. eva laia wrote:

    Malam bu, saya menikah selama 1.5 thn. Dan pengen cepat punya baby. Aku sempat hamil tapi keguguran.Saat itu kehamilanku berusia 1 bulan lebih. Sedih banget rasanya. Dan sampai sekarang aku belon hamil lagi. Sekarang aku lagi minum profertil dan Dokter.Selain itu aku juga komsumsi obat cina pai fung wan yang katanya bagus unutk kesuburan.Apakah tdk masalah jika aku mengkomsumsi dua2nya ya bu? Dan sebenarnya, berapa kali sich aturan minum obat pai fung wan tsb? dan apakah ada yang sudah berhasil hamil karna obat ini? Thank’s ya , atas jawabannya.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Eva,

    Tetap sabar dan semangat ya bu.Mudah-mudahan nanti cepat hamil kembali.
    Banyak kok ibu-ibu yang pernah keguguran sebelumnya,sekitar 2-3 bulan sudah
    hamil kembali dan sehat.
    Untuk kombinasi obat medis dan tradisional, memang lebih baik diberi jarak waktu.
    Bisa saja minum profertilnya di pagi hari dan pai fung wan di malam hari,atau sebaliknya.
    Aturan minum pai fung wan ada dikemasan,bisa dibaca disana.

    Sebenarnya pai fung wan berfungsi untuk memperlancar peredaran darah,ada memang
    yang berhasil hamil setelah minum ini.Boleh saja dicoba.
    Silahkan konsultasikan dengan Dokter Kandungan ibu jika perlu.

    Semoga cepat hamil.
    Tetap semangat!

    Wednesday, August 12, 2009 at 4:01 pm | Permalink
  20. eva laia wrote:

    Thanks ya atas jawabannya.Dan aku mau nanya lagi nih, kan siklus haid ku 30 hari dan bisa dibilang kurang teratur.Kadang maju dan mundur 1-2 hari setiap bulannya.Dan bulan ini saya haid tgl.7 agt’09.Kira2 masa suburku kapan ya dan kapan tepatnya melakukan hubungan. Dan ,apakah benar ya, kalau peranakan turun itu sulit untuk bisa hamil?

    Thanks ya, atas jawabanya.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Eva,

    Untuk cek masa subur,bisa langsung masukkan data di :
    Ovulation Calculator
    http://babymed.com/Tools/Fertility/Calendar/Default.aspx
    Ibu Eva bisa set waktu yang tepat berdasarkan data tersebut.
    Yakin saja ibu pasti bisa hamil walau dalam kondisi peranakan turun atau rahim terbalik.

    Tetap semangat ya bu dan semoga berhasil.

    Sunday, August 16, 2009 at 5:44 am | Permalink
  21. ITA wrote:

    Dokter gimana caranya agar cpt hamil 3 thn yg lalu pernah melahirkan scr caesar tp anak meninggal,bgmnana cara agr hamil lg mens saya teratur misal tgl 21 tgl 21 bulan depan br mens lg, apa karena jarak antara saya dan suami jauh padahal setiap masa subur kita saling berhubungan,trmksh ats jawabannya?


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Ita,

    Bisa jadi beban pikiran atau stress yang jadi penyebabnya.
    Tempat tinggal dengan suami yang berbeda juga bisa jadi kendala.
    Selama terus mencoba,berdoa dan semuanya dipasrahkan pada yang Kuasa,
    semoga saja ibu Ita bisa segera hamil.

    Tetap semangat.

    Saturday, August 22, 2009 at 10:33 am | Permalink
  22. Rinha wrote:

    Salam kenal dok.sy sudah menikah 1 thn.umur sy 26.sampai skrg blum dpt momongan.Tiap hr prtama haid sy mengalami nyeri sekali.1 minggu sblum haid,sy slalu merasakn panas&ngilu disekitar rahim sy.Sy sdh periksa ke be2rapa dokter.memakai USG transvaginal.Hasilnya sy dinyatakn sehat&subur.tdk ada kista or pnyakit lainnya.Tiap habiz brhubungan dimasa subur,sy slalu brdarah.Tp cuma sdikit.Suami sdh periksa LAB.hasilnya sperma yg aktif hnya 30% itupun dlm keadaan lemah.Yg sy mo tnyakn,apa mungkin sperma yg trsimpan dlm rahim sy pecah dlm brbntuk darah.tiap pagi sy braktivitas mnggunakn motor.Dan ktika pakai motor itulah slalu kluar darah shabiz brhubungan smalam.sy&suami slalu rajin mkn toge&vitamin E Lainnya.Posisi misionaris slalu kami lakukan.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Rinha,

    Kemungkinan ada luka dalam vagina atau di leher rahim yang tidak kelihatan akibat berhubungan.
    Goncangan dari motor bisa jadi membuat darah keluar.Coba lakukan pemeriksaan kembali ke Dokter
    Obgin ibu atau tanyakan penyebabnya.Banyak faktor yang menyebabkan kualitas dan kuantitas
    sperma menjadi tidak bagus,diantaranya,merokok,minum alkohol,kegemukan,stress dan penggunaan
    celana yang terlalu ketat atau duduk terlalu lama.
    Konsumsi makanan yang bergizi dan boleh juga ditambah vitamin untuk kesuburan pria.
    Semoga membantu.

    Thursday, August 27, 2009 at 10:04 am | Permalink
  23. Rinha wrote:

    O,iya dok.sy diberi suntikkan obat pnyubur.Hasilnya bdn sy gemuk.Bukankah kegemukkn bs mnghambat kehamilan.Knp sy diberi…?Sy bingung dok.smentara,sakit itu masih trasa.&stetes Darah shabiz brhubungan tiap masa subur msh slalu ada.Anehnya diluar masa subur,tdk kluar darah.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Rinha,

    Sebenar kegemukan tidak selalu menjadi penghambat untuk hamil.Obat penyubur memang
    bisa menyebabkan badan menjadi gemuk bagi beberapa ibu. Untuk pastinya sebaiknya ibu
    melakukan pemeriksaan kembali atau cari second opinion ke Dokter lain.
    Tetap semangat.

    Thursday, August 27, 2009 at 10:15 am | Permalink
  24. ika wrote:

    tips mkanan yg bs membantu memprcepat khamilan apa ya dok buat saya dan suami.trm ksh


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Ika,

    Makanan yang baik untuk kesuburan wanita adalah makanan yang banyak mengandung
    vitamin C,seng,asam folat dan zat besi.Misalnya: ikan,daging sapi, sayuran hijau dan buah2an.
    Sedangkan untuk kesuburan pria,seperti beras merah,kacang-kacangan, tiram atau udang.
    Selingi dengan olahraga yang cukup,istirahat dan hindari stress.
    Semoga bisa membantu.

    Friday, August 28, 2009 at 1:39 pm | Permalink
  25. aya wrote:

    dok sy mau tanya,transvaginal hari ke 18 dr hari pertama mens berpengaruh ke hasil telurnya ga sih ??,krn dokter bilang ktny telurku kurang matang.mohon jawaban nya ya thanx

    Monday, September 28, 2009 at 1:02 pm | Permalink
  26. aya wrote:

    telur tdk matang karna apa ya ??

    Monday, September 28, 2009 at 1:05 pm | Permalink
  27. wiwid wrote:

    sy mhn petunjuk dok. sy sdh menikah hampir 2th, sudah konsul ke 3 dr. kandungan. kt mereka sy baik2 saja. sekarang saya+suami sedang dalam masa program pd 1 dr. kami masing2 sudah diperiksa, hasilnya bagus. saya sdh mengkonsumsi obat yg diresepkan+susu anmum. terakhir periksa saya disuruh HSG, tp blm saya lakukan krn pd bln puasa kemaren dr-nya tdk menerima HSG. yg saya tanyakan HSG itu apa+untuk apa/kegunaannya?? saya tinggal di Purbalingga,, apakah tdk apa2 andaikan saya menggabungkan pengobatan dr+herbal?? kl bisa,,, tolong kasih tau saya rujukan kemana kira2 saya hrs berobat herbal. terimakasih

    Saturday, October 10, 2009 at 2:54 am | Permalink
  28. kiki wrote:

    siang dok………..
    saya kiki usia 23 tahun, saya menikah sudah 9 bulan. awl pernikahan saya mank mencoba menunda krn masih fikir karir n masih muda, setiap dkt2 masa mens saya slalu makan buah durian klu tidak nenas, itu berhasil sampai bln ke 2 pernikahanku di Bulan ke tiga z coba minum piL KB Andalan tp itupun minumnya cuma 3 hari karna takut saya hentikan.
    Bulan berikutnya karna suami saya sudah pengen ada momongan berhubung katanya usia, usia suami saya 30 thn.
    dok………..
    ap semua itu berpengaruh sampai saya blm hamil sampai skrang ? sampai orng blng mngkin fktor kecapean. saya seorang karyawati. sampai2 saat ini saya berhnti totl kerjanya.
    Dok, siklus haid saya agustus 28, sept 24 n skrang ini saya msh nunggu kepastian…….
    nda papa ya dok z berhubungan 2 hari sebelm tgl siklus saya ?
    Mksh DOK……..
    Tolong saranya dok……….

    Thursday, October 22, 2009 at 4:45 am | Permalink
  29. alia wrote:

    pagi dok…
    waktu sebelum nikah mens saya tidak teratur,setelah menikah pun tetap tidak teratur. sekarang saya sudah memiliki 2 anak yang jaraknya dekat.waktu melahirkan yang pertama selesai masa nifas saya tidak mens selama 9 bulan,setelah itu saya baru mens selama 3 bulan,saya hamil lagi.setelah melahirkan yang ke2,6 bulan saya baru mens lagi.yang saya tanyakan bagaimana caranya bila saya kb kalender?apakah setelah mens itu adalah masa subur?
    terima kasih atas jawabannya dok…

    Friday, November 13, 2009 at 12:54 am | Permalink
  30. fitr14 wrote:

    siang dok,

    Bagaimanakah frekuensi hubungan intim disaat masa subur saya datang? Apakah tiap hari sekali, ato dua hari sekali, ato bagaimana? Selama berapa kali hubungan dilakukan waktu masa subur itu? Selama ini siklus haid saya rata2 27 hari.

    Trimakasih sebelumnya dok

    Monday, November 16, 2009 at 7:36 am | Permalink
  31. riani wrote:

    sy uda menikah 18 bln ,tp smpi skrg sy blm pux anak .tlng saranx !

    Sunday, November 22, 2009 at 5:49 am | Permalink
  32. evi amalia wrote:

    saya seorang ibu rumah tangga…saya menikah sudah hampir 2 tahun ..sampe sekarang saya juga belum dikasih momongan…kondisi keluarga saya tergolong keluarga yg amat kecil ekonominnya,mau periksa kedokter masih tanggung..karna dilihat dari kondisi keuangan kami masih belum mencukupi untuk melakukan check-up…Mohon berbagi solusinya..thx

    Wednesday, December 9, 2009 at 6:39 am | Permalink
  33. Helmiwardhana wrote:

    Pagi dok,
    saya tertarik dgn saran2 dokter,saya ingin bertanya dan mohon bantuannya dok.
    1.suami saya bila melakukn sexs lbh cpt keluarnya padahal nafsu y besar,baru melakukn langsung ingin keluar.apa itu masih normal dok,dan terapi apa yg baik u/suami saya?
    2.saya mau tanya klo haid datang tidak teratur kadang bisa pertengahan,kadang bisa akhir bulan,kadang teratur tapi kadang 3bln sekali,apa itu normal kata dokter rahim saya kecil jadi susah untuk reproduksi apa kesempatan hamil saya kecil,dan terapi apa yang saya harus lakukan?
    Mohon sarannya.terima kasih.tolong jawabannya segera.

    Monday, December 14, 2009 at 6:38 pm | Permalink
  34. kiayeka wrote:

    Saya ibu rumah tangga 32 th,sy ingin punya anak lg dan sy sudah lepas kb 3 th,tetapi sy belum juga hamil.setiap bulan sy haid tetapi tgl nya setiap bln selalu lambat sekitar 4-7 hari miaslnya bln ini tgl 5 dan bln besoknya tgl 9.Dan sy pernah periksa dokter dan hasil pemeriksaan diketahui kalo uterus sy panjang nya 4,5 cm sedangkan umumnya yg sdh melahirkan 6 cm ,dan sy diminta utk cek dokter spesialis OBGyne ukt mengetahui uterus sy tadi,dan sy belum cek dokter lagi. yg mau sy tanyakan : 1. kenapa siklus haid sy tidak pasti tglnya setiap bln nya dan apakah kl ingin hamil haid nya siklus nya hrs tepat tgl setiap blnnya ? 2. dengan kondisi uterus sy tadi apakah sy masih bisa hamil lagi dan apakah itu menjadi kendala sulitnya sy utk hamil lagi dan kalo bisa apakah ada pengaruhnya pada kehamilan dengan kondisi seperti itu ? Mohon saran dan jawabannya, Terimakasih banyak Dokter

    Wednesday, December 16, 2009 at 4:14 am | Permalink
  35. tika wrote:

    selamat pagi dok

    saya 29 th baru punya anak 1 dan saya mau nambah momongan lagi,sebelumnya saya KB suntik selama 3 th tapi sudah setahun saya sudah lepas KB..siklus haid saya 22 hari yang mau saya tanyakan apakah karena saya KB suntik jadi susah punya anak lagi?padahal sudah 1 th saya sudah tidak KB suntik lagi…saya mohon saran dari dokter…terimakasih sebelumnya

    Monday, December 28, 2009 at 4:02 am | Permalink
  36. Ash wrote:

    dok saya suadah menikah 1th, umur sya bru jalan 20th, saat mau nikah saya ikut program KB cma 1 kali, dan saya tidak haid selama dua bulan, kemuadian setelah dua bulan saya malah mengalami haid setiap hari sampai lima bulah lebih, trus karna takut saya minum obat penghenti darah keluar,,,
    tapi setelah mminum obat itu mens sya jadi berhenti jadi 2 minggu sekali,,,
    apakah karna obat/KB tadi mka’a saya terhambat untuk hamil ?
    terima kasih…

    Friday, January 8, 2010 at 6:08 am | Permalink
  37. santika wrote:

    selamat siang dok,dok saya dan suami sangt ingin cepat punya momongan,dlu saya pernah punya anak tapi meninggal karena sakit,,sesudah itu saya prnah ikut kb suntik selama 2x,2 bln bru haid lagi tapi kdng haid saya tidak teratur,apakah saya bisa hamil lagi dan apakah ada dampak dari penggunaan kb itu?mohon saran nya agr saya bisa cpt hamil lagi.?
    terima kasih…

    Monday, January 18, 2010 at 5:25 am | Permalink
  38. Beno wrote:

    Selamat malam dok…

    Istri saya br melahirkan tgl 28 okt 2009 melalui operasi cesar, kmd melewati masa nifas slm 40 hr.

    Ternyata setelah masa nifas di lnjtkan masa haid yg mn stiap tgl 9 setiap bulannya.

    Pada tgl 16 januari kami melakukan hubungan badan, yg saat itu km berkeyakinan bhw istri saya sedang masa tdk subur shg tdk menggunakan pengaman (km jg belum konsul ke dokter utk menentukn alat kontrasepsi KB).

    Apakah istri saya bisa hamil dok ? Krn ada teman kami menginformasikan bahwa setelah masa nifas msh besar kemungkinan utk hamil.

    Demikian, semoga saran n jawaban dokter dapat membantu kami, terima kasih.

    Ibnu. H & Keluarga

    Sunday, January 24, 2010 at 2:20 pm | Permalink
  39. ris wrote:

    selamat siang dok….
    saya sudah menikah selama 1 tahun belum juga mempunyai anak rasanya pengen cepet2 banget.pernah di KB suntik satu kali yang 3 bulan kemudian saya lepas setelah itu tidak mens selama 3 bulan kemudian mens tapi tidak teratur suka mens 1bln 2x malahan pernah 1 bulan mens terus2an, doker menyarankan untuk minum pil KB selama 3 bulan kemudian dilepas.pernah berhubungan intim dengan suami ketika baru selesai mens tapi malah keluar darah lagi setelah melakukan intim.apakah minum pil KB benar akan mempercepat kehamilan?apakah saya bisa hamil?gimana supaya cepet hamil karena saya sudah malu sama temen2.
    terimakasih sebelumnya dok….
    mohon dibales dengan segera

    Friday, January 29, 2010 at 5:33 am | Permalink
  40. aa wrote:

    tanya dok,,, istri sy sdh melahirkan anak pertama 3 bulan (pd 2 Nov 09) yg lalu,,, kmrn sy berhubungan tanpa alat kontrasepsi dan dikeluarin didalem… apa bs hamil lg dok? istri sy masih memberikan ASI eksklusif dan blm haid sampe skrng…? trims jwbna kl bs krm ke email sy.

    Saturday, January 30, 2010 at 3:35 pm | Permalink
  41. tommy wrote:

    bu istri saya mens nya cuman 3 hari knpa ya bi.

    Sunday, January 31, 2010 at 5:46 pm | Permalink
  42. Edy wrote:

    Dok..Sya mw tx..apakah berhubungan intim pada akhir bulan atau ketika istri saya mw menstruasi bisa hamil?? Tetapi pada awal bulan baru istri saya haid..apakah bisa hamil dok?

    Monday, February 1, 2010 at 8:40 am | Permalink
  43. shanti wrote:

    Dear….

    Saya shanti, pada tahun 2010 ini umur saya akan memasuki 25 thn dan suami 26 thn. Saya sudah menikah ham pir 1,5 thn, saya menikah pada usia 23 thn. Pada bulan k-3 pernikahan, saya hamil, tetapi pada umur 9 minggu saya keguguran dan di kuret. Setelah itu dokter kandungan saya menganjurkan setelah 6 bulan baru boleh hamil lagi dan pada saat itu saya memang juga sedang tugas akhir pada kuliah saya, saya benar-benar menundanya untuk 6 bulan itu. Setelah selesai kuliah, saya ingin hamil kembali, namun belum hamil juga. Saya dan suami telah ke dokter untuk memeriksa dan kami berdua diberi resep yang untuk saya (istri) diberi anti oksidan, vit E dan suami vit E dosis 400mg. Ternyata pada bulan depannya saya belum hamil juga. Saya juga telah menghitung masa subur saya, tetapi untuk siklus haid saya memang tidak teratur, kadang 32 hari, 34, 36,hingga 38. Apa kiatnya untuk saya agar cepat hamil? terimakasih sebelumnya…..

    Thursday, February 4, 2010 at 7:23 am | Permalink
  44. umi fadhil wrote:

    dok,sy br sj melahirkan diinduksi tetapi bayi yg dilahirkan secara normal.tetapi waktu ketuban pecah,jarak penanganan dokter yg br datang sekitar 5 jam kemudian mengakibatkan bayi saya meninggal karena keracunan ketuban.sekarang sya pengen segera hamil lg dok,kira kira waktu yang tepat kpn utk berhubungan lg dgn suami setelah masa nifas sy selesai?

    Saturday, February 6, 2010 at 1:59 pm | Permalink
  45. firumy wrote:

    dok, saya mau tanya..
    saya cwek umur 22 tahun.
    2 hari yg lalu saya sek oral ma cowok saya tp gak telanjang, nah masalahnya spermanya keluar dan basah di celana jeans nya dan membasahi celana saya juga. celana dalam saya bagian luar kering tp yg didalem basah. mungkin saya keluar dikit cairan saya.
    saya haid tgl 25jan2010 dan berakhir 31jan2010. dan sex oral tgl 7feb. apa pada tgl itu sudah masa subur saya dok??
    dan bagimna cara mencegah hamil atau mencegah adanya janin??
    apakah minum soda2 dan makan nanas serta minum jamu itu bisa gugurin janin??
    maaf dok, jujur kami belum siap nikah? karena masih kuliah

    Monday, February 8, 2010 at 4:38 am | Permalink
  46. cahya wrote:

    malam dok,saya mo nanya saya sudah menikah 1,7 bulan tp blum hamil,pdhal siklus mens saya teratur,saya sdh periksa dan hasilnya baik2 saja begitupun untuk suami saya.bln kmrn tgl 13 jan dan skrng mensnya 8 feb,ada kiat dr dokter agar saya cepat hamil.terimakasih atas jawabannya dok.

    Wednesday, February 10, 2010 at 1:14 pm | Permalink
  47. Susan wrote:

    Siang dok, nm aq susan, usia aq 25 thn, dok aq mau tanya ketika 2 hr sebelum datang bulang sampai hari 3 datang bulan, perut dan pinggang aq selalu sakit. Apa tanda2 seperti itu susah punya anak. Trus Saya Dan pasangan sering melakukan oralsex apa itu jg bisa memacu sulit punya anak. Thx ya dok.

    Friday, February 12, 2010 at 7:41 am | Permalink
  48. NininG wrote:

    s iang dok,mau tanya 14 bln yang lalu saya pernah hamil tapi dokter menyatakan saya hamil anggur dan akhirnya saya d kiret dan saya tidak diperbolehkan hamil selama 1 tahun untuk penyembuhan,dan sekarang saya belum hamil juga sekarang saya sedang masa subur dan perhitungan saya terhitung dari 14 hari dari datang haid dari masa itu 2 hari sebelum dan 2 hari sesudah dan itu masa subur saya dan selama 5 hari itu saya memakai alat tes kesuburan selama 4 hari itu 2 baris tapi yang bawahnya tidak terlalu tebal garisnya tetapi selama itu pula saya melakukan hububgan suami istri dan yang ke 5 hari ini garisnya agak tebal saya kira ini hari yang benar2 subur,,apakah selama 5 hari masa subur itu tidak apa2 melkukan setiap hari sampai2 kemarin 2x seharidan apakah kwalitas spermaya masih bagus karena setiap hari suami memakan makanan yang berprotein,,, ditunggu jawabanya ya dok,,terima kasih,,,

    Wednesday, February 24, 2010 at 4:39 am | Permalink
  49. rozlanaba wrote:

    saya sama isteri sering bersetubuh,namun selama berkawin selama lebih 3 tahun,belum mendapat cahaya mata.bila bersetubuh sperma saya sering kali keluar balik dari kemaluan isteri saya.saya mati akal apakah sebabnya.tolong beri panduan.terimakasih.

    Monday, April 12, 2010 at 12:14 pm | Permalink
  50. thanks y

    Saturday, April 17, 2010 at 4:29 am | Permalink
  51. nda azha wrote:

    maf pak dok saya mau nanya ni? pada waktu saya berhubungan badan, istri saya lg haid terakhir? setelah paginya istri saya tidak mengalami haid/haidnya berhenti…… jd apakah istri saya bisa hamil?

    Tuesday, April 20, 2010 at 8:16 am | Permalink
  52. Anonymous wrote:

    selamat pagi bu..
    SAYA DARI JOHOR BAHRU M’SIA..
    Nama saya debby..9 tahun bersama suami,saat ini saya belum ada momongan..dulu saya pernah ke guguran 2 kali..saat saya d current d RS,rupanya tempat telur(OVUM) ADA sisa darah yg gak d cuci bersih,sewaktu keguguran dulu..baru2 ini saya ke Dr spesialist,,saya d saran kan melakukan operasi..menurut DR,saya d sahkan CIST..tpi gk bahaya..menurut dr ini lah yg menyebabkan sy sukar hamil..tapi kata dr,klu saya selesai d operasi,,kemungkinan besar sy bisa hamil..menurut ibu,apakah cist itu bahaya?? bisa gak saya hamil?/

    Tuesday, May 4, 2010 at 3:40 am | Permalink
  53. yeni wrote:

    saya sudah menikah selama 3 thn tp sampai sekarang blm dkruniani anak,mungkin mslhnya datang bln saya tdk teratur.kadang selama 6bln saya tdk mendapatkan haid tp setelah haid sirklusnay 30 hari.saya pernah periksa kt dokter itu wajar krn sirklus haid saya panjang,selama tdk haid saya keputihan.untuk mengatasinya saya minum obat keputihan.yg saya ingin tanyakan apakah ada pengaruh obat keputihan terhadap kehamilan dan apakah aya bisa hamil dg kondisi seperti ini?

    Friday, May 7, 2010 at 3:43 am | Permalink
  54. citra wrote:

    asalamualaikum say mau brtanya wajar gak sudah 2 bulan saya gak mens tapi ketika saya tes menggunakan tespack hasilnya negatifdan padsahal siklus mens saya sebalumnya lancar anata 28-30 hari gimana ya

    Thursday, May 13, 2010 at 7:19 am | Permalink
  55. wiwi wrote:

    Siang Dok, nama saya wiwi 25th, sdh 3 th saya menikah, tp blm dikaruniai anak,slama ini sy berobat alternatif, wktu tu katanya ada penyumbatan ( kista ), alhamdulillah skrg dah sembuh, baru baru ini sy cek k dokter & dianjurkan melakukan beberapa tes, sprti usg & hsg ( alhamdulillah tidak ada penyakit apa” d dalam rahim saya ) stlah itu sy disarankan untuk ikut LAB. saya cek prolactin & suami sperma, ternyata ada masalah didiri saya ad kelebihan hormon dg nilai 25,4 yg harus diturunkan sekitar 7 lagi, klo suami masalah produksi sperma yg krg bgus & disarankan untuk tes prolac jg, yg ingin sy tanyakan apakah dg cara sy minum obat yg dianjurkan dr dokter akan membuat sy bisa hamil dg cepat, krn klo dilihat dr hasil usg & hsg smua bagus, bagaimana memperoleh kualitas sperma yg bgus, trus cara menghitung masa subur itu bagaimana, mens sya sesekali mundur 2-5 hari dr mens yg terakhir,mohon di jawab ya dok, trma kasih

    Monday, May 24, 2010 at 8:33 am | Permalink
  56. fiona wrote:

    salam kenal dok,saya berusia 29thn dan suami 30thn,kami sudah menikah selama 7 tahun tapi hingga saat ini belum mendapat keturunan (dan kami sangat sedih sekali..) saya&suami sudah kebeberapa pijat alternatif,dan semua mengatakan sehat& baik2 saja,saya juga sudah pernah periksa ke dokter spesialis dan dinyatakan sehat&tdk ada kelainan (tapi baru sebatas periksa USG saja). terus terang dok,siklus haid saya sangat jarang sekali,bisa 3bln,5bln,7bln sekali,bahkan pernah sampai sethn,ini terjadi sejak pertama saya haid,sekitar usia 15thn..yang ingin saya tanyakan,pemeriksaan seperti apa yg harus saya lakukan?dan berapa kisaran biaya yg harus saya siapkan?saya tinggal di surabaya,mungkin dokter bisa membantu saya memberikan rekomendasi dokter spesialis (kalo bisa wanita dok) atau alternatif di sekitar tempat tinggal saya. saya juga mau tanya dok,bagaimana prosedur pemeriksaan dokter untuk suami saya (termasuk pemeriksaan kesehatan sperma),apakah untuk bisa diperiksa spermanya harus melakukan onani/masturbasi?. saya sangat mengharapkan bantuannya..Terimakasih Dok.

    Tuesday, May 25, 2010 at 1:22 pm | Permalink
  57. andri wrote:

    dok saya mau tanya.usia pernikahan sy sdh 1thn,tapi sampe sekarang saya belum dikasih keturunan.saya dan suami pingin sikali cepet punya keturunan.langkah apa yang harus saya lakukan?saya sudah ke dokter juga.katanya indung telur saya tertutup dan itu solusinya bagaimana dok?kemaren saya haid tgl 21mei selesai tgl 25mei.tolong dok dihitungkan kapan masa subur saya yang baik untuk berhubungan?trimakasih

    Thursday, May 27, 2010 at 3:02 am | Permalink
  58. RIENA wrote:

    pagi dok,
    dok tnyak, berapa hari masa subur sebelum haid.
    dan apakah ada kmungkinan hamil jika saat melakukan dikeluarkan diluar ? Thx

    Thursday, June 17, 2010 at 1:21 am | Permalink
  59. ulfah wrote:

    haloo dok. umurq 20 thn. q udah mnikah udah 1 thn lbh. q prnh kguguran wktu usia kndunganq bru 5 bln. q prnh suntik kb yg 3 bln. tp udah lepas. n smpe skrng ku blum hmil2 juga. haidq teratur. gmna crax spy cpt hmil yah???

    Saturday, June 19, 2010 at 6:10 am | Permalink
  60. dian wrote:

    pagi dokter,

    sebelumx terimakasih

    saya menikah bln desember 2009
    sampai sekarank sy belum jg hamil…. pd pertama sy nikah km kira langsunk dikarunia anak.
    umur sy sekarank 30thn. suani sy 33thn

    posi2 berbagai macam dlm berhubungan sudah km lakukan.
    tp sampai skrg belum ada tanda2 kehamilan.

    pertanyaan saya…:
    apa krn faktor kerja suamix sy yg bekerja di DSP dibank.yg menguras tenaga dia mulai jam 8pagi s/d jam 20-21 pulank dr kj mulai senin-sabtu a/jum’at. dan kerjax cr nasabah sll beraktifitas dgn bermotor.

    tolonk saranx y dok.
    terimakasih

    apa dgn kendala itu krn suami sy kecape’an.

    Friday, July 2, 2010 at 3:10 am | Permalink
  61. Wulan wrote:

    Hlo dok,sy wulan 23thn.Sy sdh menikah 3thn 3bln.Dan smpai sekarang blm dkaruniai keturunan.Januari 2008 sy priksa k doktr hsl’y normal.Dan stlh 3bln doktr bilang rahim sy cekung entah cembung sy lupa.Yg sy mau tanyakan saya bs hamil g dgn keadaan rahim sy yg sprti itu.

    Friday, July 9, 2010 at 12:38 pm | Permalink
  62. Rara wrote:

    Dok sya cwe brumur 23thn , sya mnikah 1bln . . Siklus haid sya tdak tratur .1mnggu yg lalu sya mngalami gjala2 hmil .mual ,sering buang air kcil , smbelit . Cpet lelah ,dan cpet ngantuk . Nah kmren tgl 12 sya dteng bln . apakh tu tnda2 hmil dok ? Krn ktany umr janin 1mnggu kita msih mngalami yg nmany haid .

    Tuesday, July 13, 2010 at 5:28 am | Permalink
  63. Halee wrote:

    Malam dok, Saya berumur 27thn. Sya sudah menikah 2thn, dan sudah punya putri 1. saya ingin anak k2 nanti laki2. Jadi sya mulai program. Mens terakhir saya tgl 17juli 2010. Setelah saya hitung melalui sistem kalender masa subur sya dimulai tgl 23juli. Tapi setelah saya test dengan alat test kesuburan hasilnya negatif. Tapi sya tetap melakukan hubungan intim. Pertanyaannya Apakah saya salah hitung, atau alatnya tdk akurat. Terima kasih. Mohon penjelasannya dok

    Monday, July 26, 2010 at 5:15 pm | Permalink
  64. Detty wrote:

    Siang dok… sy berumur 28 th, pada tgl 21 Mei 2010 kmrn br melahirkan anak ke-2. saya mau tanya, setelah melewati masa nifas 40 hr kmrn, sy berhubungan badan sama suami, dengan kondisi saya belum ber-KB. saya belum mendapatkan mens sampai skrg, seberapa besar kemungkinan saya untuk hamil lagi? soalnya terus terang untuk saat ini, sy blm siap klo hrs hamil lagi, soalnya anak sy yg ke-2 lahir prematur. trus klo skrg ingin pasang alat Kb bsa ga, ato harus nunggu mens dulu? tolong jawaban di kirim ke email sy… makasih dok….

    Tuesday, July 27, 2010 at 3:44 am | Permalink
  65. chika wrote:

    Dok,mens aku gak teratur ,pasti telat terus.misalkan bulan juni aku mens tgl 22 juni trus bulan depan aku mens 30 juli.penyebabnya apa ya dok? Sy sudah merried 8 bulan.apa itu yg membuat saya blm pny anak?thx

    Friday, August 13, 2010 at 1:41 pm | Permalink
  66. Deva wrote:

    kalo mens tanggal 8 agustus masa suburnya gimana?
    apa ada cara mencegah kehamilan?kalau sperma terlanjur masuk?

    Tuesday, August 17, 2010 at 3:39 pm | Permalink
  67. dwi wrote:

    pagi,
    saya mau tanya ne,
    saya nikah dpt 11bln, bln 4 kmtn saya hbis kgu2ran>
    apakah msih lama untuk hmil lg y dok??
    thanks

    Sunday, August 22, 2010 at 3:16 am | Permalink
  68. Evi Jaya wrote:

    Malam dokter yang baik hati,

    Dok Saya mau tanya! Saya menikah udah 4th, tp blm dikaruniai baby, saya dan suami saya ingin sekali, kadang2 saya menangis dgn omongan orang, yang bilang macam2, padahal saya dh berobat mcam2 doker ataupun tabib tp sampai sekarang?
    yang ingin saya tanyakan saya memang bekerja, jd setiap kami hbs berhubungan malam, paginya sll keluar seperti air lagi, kadang2 klo 1mggu sblm saya mens, sy suka keluar cairan bening sekali seperti maaf ingus orang yang sedang influenza disertai sakt dr bawah perut sampai bawah pinggang, kira2 berbahaya tidak dok?
    makasih sebelum dan sesudahnya dokter

    Sunday, September 19, 2010 at 3:21 pm | Permalink
  69. lidya wrote:

    malem dok…
    Sy mw tnya, sy sudah menikah 6bulan yg lalu.
    Tpi sya blum dikarunai momongan, padahal sy ingin sekali cepet dpet momongan.
    Stiap haid hri prtma sllu sakit, tpi hr kedua dn seterusnya biasa saja.
    Sy jga pernah telat haid 5hr, tpi stelah itu malah keluar lg.
    Tolg dok untuk sarannya.trimksh sblumnya.

    Friday, September 24, 2010 at 12:42 pm | Permalink
  70. nur wrote:

    siang dok,,,,
    saya mw tanya,, saya bru saja melahirkan secara normal tetapi sayang anak saya meninggal, sekarang saya sudah lebih dr 40 hari saya ingin menunda kehamilan untuk 3 bln saja tetapi saya tidak mau KB krn katanya KB bisa mengeringkan rahim,yang ingin saya tanyakan bagaimana caranya agar saya tidak cepat hamil tapi tidak KB?

    terima kasih dok….

    Sunday, September 26, 2010 at 7:55 am | Permalink
  71. hesti wrote:

    saya udah lama mendambakan seorang bayi, terakhir saya melahirkan tahun 2002, apakah karena terlalu lama pakai kb spiral (3Th)kira-kira obat penyubur atau hubungan sek yang baik

    Saturday, October 9, 2010 at 5:02 am | Permalink
  72. diana wrote:

    selamat malam dok….
    saya sudah 2 tahun menikah tp 1 th yg lalu saya pernah hamil 2 bulan tp keguguran dan samapi sekarang saya belum hamil lagi….
    krn jg saya sama suami saya juga ketemunya 1 minggu sekali, sehingga pak waktu subur kita jaga berdua ma suami….tolong kasih saran ya dok?????terima kasih…

    Sunday, October 10, 2010 at 1:55 pm | Permalink
  73. rafah wrote:

    Siang DOK,
    Usia saya saat ini 26th,dan tlah memiliki seorang putri dan persalinan melahirkan tsb dilakukan dgn caesar tgl 6 desember 2009 lalu,dari setelah masa nifas shbs melahirkan wktu itu smpe skrg menginjak 10bln,saya blm jg mendapatkan haid pertama dok, Yg saya ingin tanyakan apakah itu msh dlm tahap normal dok apabila saya blm mendapatkan haid jg smpe 10bln?
    dan saya pun msh aktif memberikan ASI eksklusive tnpa campur susu formula,dan saya pun tdk KB(blm prnah KB)smpe skrg.

    Satu lg prtanyaan saya dok,apakah dlm keadaan ini(blm dpt haid) saya dlm berhubungan dgn suami itu bisa dibilang dlm keadaan tidak subur dok,apa btul bgtu?

    Mohon bantuan share dan pencerahannya ya dok,ditunggu…
    Sebelumnya saya ucapkan trimakasih banyak….

    Sunday, October 17, 2010 at 5:40 am | Permalink
  74. nevy wrote:

    sore dok,saya sudah menikah hampir 6 bln,memasuki pernikahan 2 minggu saya mencoba memakai pil kb diana krn pd waktu tu sya blm siap mempunyai ank,tetapi saya minum pil kb hanya sekitar 2 bln setelah tu tdk,sampai skrg saya blm mempunyai ank apakah tu akibat pil kb n apakah peranakan turun mengakibatkan sulit hamil??

    tolong jawaban nya dok,
    terimakasih.

    Saturday, October 23, 2010 at 8:50 am | Permalink
  75. rafah wrote:

    Siang DOK,
    Usia saya saat ini 26th,dan tlah memiliki seorang putri dan persalinan melahirkan tsb dilakukan dgn caesar tgl 6 desember 2009 lalu,dari setelah masa nifas shbs melahirkan wktu itu smpe skrg menginjak 10bln,saya blm jg mendapatkan haid pertama dok, Yg saya ingin tanyakan apakah itu msh dlm tahap normal dok apabila saya blm mendapatkan haid jg smpe 10bln?
    dan saya pun msh aktif memberikan ASI eksklusive tnpa campur susu formula,dan saya pun tdk KB(blm prnah KB)smpe skrg.

    Satu lg prtanyaan saya dok,apakah dlm keadaan ini(blm dpt haid) saya dlm berhubungan dgn suami itu bisa dibilang dlm keadaan tidak subur dok,apa btul bgtu?

    Mohon bantuan share dan pencerahannya ya dok,ditunggu…
    Sebelumnya saya ucapkan trimakasih banyak….

    Saturday, October 23, 2010 at 9:23 am | Permalink
  76. sasa wrote:

    selamat malam dok,
    nama saya sasa umur 29 pada tgl 14-10-2010 saya mengalami awal haid dan tgl 16-10-2010 hari pertama saya berhenti haid lalu pada tgl 23 s/d 25-10-2010 saya melakukan hubungan intim dengan suami apakah saya bisa mendapatkan anak pada saat itu dan kapan saya seharusnya melakukan test kehamilan.
    mohon infonya thanks

    Monday, November 1, 2010 at 3:32 pm | Permalink
  77. dau_gunners wrote:

    bu,,saya mw tnya,,waktu itu saya ml dengan pacar saya yang satu hari setelah dia haid..mungkin nda dia hamil.??
    dengan test kehamilan,apa bisa 100%…bagaimana supaya dapat 100%??
    tolond bales ya bu..di fb aja..dau_gunners@yahoo.co.id

    Wednesday, December 1, 2010 at 8:53 am | Permalink
  78. ayu derry wrote:

    siang dok,
    dok sy sudah menikah 1thn lebih tp blm pnya momongan.sy ma suami sy pngen bnget pny ank.dok knpa ya shabis brhubunan sperma suami sy kluar lg.sy dh cb d ganjel ma bantal tp pas sy bgun paginy kluar lg.gmn dok supaya cepat hamil….
    mksh sebelumny…

    Wednesday, December 22, 2010 at 6:17 am | Permalink
  79. budiyati wrote:

    sore dok, sya budiyati umur 27 th,dah menikah 3th tpi blm dikaruniai momongan,dah diurut dan ke alternatif terakhir periksa ke dokter ktya ada kista diameter 8cm disebelah kiri,kta doktr dilakukan operasi pengangkatan tpi sya takut yg mjdi pertanyaan sya;
    1.apakah setelah operasi kmungkinan sya bsa lngsung hamil
    2.yg sya denger kista bisa tumbuh lgi stlh operasi
    3.kta dokter sya bsa hamil krn indung tlur sblh kanan sehat
    4.suami cpt enjakulasi dini apakah mempengaruhi kehamilan mhon penjelasan trima ksh.

    Tuesday, December 28, 2010 at 7:52 am | Permalink
  80. eva nugroho wrote:

    pagi dok….
    salam kenal…
    saya mo tanya, saya dah telat haid selama 7 hari, bulan november 2010 dateng haid tgl 11, desember 2010 tgl 10, dan januari 2011 dateng tgl 16, saya pnah tespect tgl 14 hasilnya ada samar2 buat garis kedua (positif). tgl 15 malam saya minum susu pra hamil…,kemudian saya melakukan hub sek, dan paginya langsung keluar haid, apakah susu pra hamil bisa membuat saya jadi haid…?apakah itu haid atau darah apa…?

    Sunday, January 16, 2011 at 5:23 am | Permalink
  81. livia wrote:

    dok.saya mau nanya,katanya masa subur di waktu abis haid +8.jadi maksudnya contoh aku abis haid tgl 7 januari di tambah 8=15..katanya itu masa di tgl 15,16,17,18,aku subur,,,tapi kok pas aku tes pake alat tes untuk kesuburan aku NEGATIF,itu aku tes di tgl 17,harusnya KAN AKU positif subur dok,,KOK bisa begitu ?ADA yang salah apa gmana ya dok ??MOHON PENJELASANnya ya,.trimakasih..

    Monday, January 17, 2011 at 2:15 pm | Permalink
  82. melani wrote:

    dok, saya habis keguguran. .
    dapet 1 minggu keguguran saya lgsung brhubungan sex dengan suami, saya khwatir sy lgsung hamil lagi,,kpan masa subur kembali stelah saya keguguran. . .

    Tuesday, January 18, 2011 at 9:12 am | Permalink
  83. sophia wrote:

    Assalamualaikum Dok,

    Saya sophia umur 28 tahun. Saat ini saya sudah menikah kurang lebih 1 tahun 6 bulan. Tapi sampai saat ini kami belum dikaruniai keturunan. Sekitar 6 bulan yang lalu saya mengalami mens yang darahnya merah pekat dan bergumpal. Apakah ini artinya telah terjadi pembuahan? Dan 10 januari yang lalu saya mengalami flek selama 3 hari. Pada saat saya testpack hasilnya negative. Dan baru kemarin saya mens tapi darah yang keluar tidak banyak seperti biasanya. Apakah saya ada penyakit Dok? Sebelum menikah saya biasanya mens sampai 7 hari paling lama 10 hari. Tapi setelah menikah paling lama 4 hari. Tolong jawabannya ya Dok. Terima kasih

    Wassalamualaikum wr wb

    Friday, February 4, 2011 at 7:02 am | Permalink
  84. Siang dok, saya mau tanya klo istri keluarin darah warna merah muda itu kenapa yah??

    Wednesday, February 9, 2011 at 4:51 am | Permalink
  85. qalesya alia shazza wrote:

    ass.saya Qalesya umur 22thn.saya sdh mnikah 2thn dok tp saya blom di karuniai anak,haid sya jga ga teratur max saya haid itu 3 hari itupun darah y ga bnyak,udh brbagai cara dilakukan tapi ttap hasil y nihil..ap ad maslah am saya dok..mnta tolong djlasin ya dok…trimakasih

    Friday, February 11, 2011 at 4:05 am | Permalink
  86. dede wrote:

    saya de2 kmr saya melakukan hub dengan pacar saya di hari 1,2,3,4,5 setelah masa haid pacar saya selesai,aku mau tanya ke dokter apa kira-kira ada kemungkinan besar pacar saya bisa hamil..? mkz Dok

    Tuesday, March 8, 2011 at 9:47 am | Permalink
  87. rosa wrote:

    selamat siang Dok,saya sudah 2thun mnikah tp blm dkarunia’i momongan,kami sdah priksa kdokter kandungan hsilny suami trkena hernia saran dokterny hrus trjdi pmbedahn kcil krna adany pnyumbatan,yg sya tnyakn apakh kmi akn mndapatkn kturunan,sdangkn suami ada pnyakit trsebut? sdangkn suami brat hti untk mlakukun pmbedan trsebut! ada pngaruhny dngn sya hoby mnum cofee??trimakasih..

    Monday, March 21, 2011 at 6:58 am | Permalink
  88. D"firs tiwii wrote:

    ass dok, saya tiwi 24 thn .saya sudah menikah 10 bulan tapi blond di karuniai momongan saya sudah cek 1 ke dokter n di USG hasil na saya mengalami kista ,
    dan di kasih obat pelancar haid.dan cek lgi ke dokter hasil na kista saya sudah tidak ada, dan saya kemarin haid tanggal 14 maret dan berhenti tgl 19 maret dan saya berhubungan tgl 20
    gmn cara mnghitung masa subur dan apakah tgl 21 masa subur saya…terima kasih…

    Tuesday, March 22, 2011 at 7:05 am | Permalink
  89. nathalia wrote:

    saya nathalia, umur 23 tahun saya sudah menikah sekitar 5 bulan tapi blond di karuniai momongan haid saya datang nya tgl 14 maret _ 19 maret dan saya berhubungan tgl 21 maret apakah itu masa subur saya dan apakah saya bisa
    hamil dok trima kasi
    wss…natalia..

    Tuesday, March 22, 2011 at 7:24 am | Permalink
  90. jannah wrote:

    Assalamualaikum Dok
    saya baru menikah …. umur saya 21 thun…. kirimi tips2 agar cepet hamil ya dok_

    Thursday, March 24, 2011 at 5:09 am | Permalink
  91. Anonymous wrote:

    Ass,sya saroh,sya penrnah kguguran krang lbh 1 thn lalu,tp smpe skrg sya blm hmil,kta dkter kndungan sya lmah,pdhl sya sdh mnghindari mkanan & mnuman yg kt’y sc brpngaruh pd khamilan,haid sya jg tdk teratur bln dec 2010 haid sya tgl 2 jan tgl 29 dan peb sya gk haid, haid lg tgl 11 maret,kra2 klo saya minum susu membantu gk,tp skrg sya lg mengkonsumsi obt pybur dri dokter,kra2 dkter sya msti gmna?

    Sunday, April 3, 2011 at 1:01 pm | Permalink
  92. v3 wrote:

    Dok, saya sudah hampir 5 tahun menikah, dan sampe skr blm punya anak.
    Saya klo haid selalu sakit, saya sudah pernah mengikuti program hamil, tapi blm berhasil juga.
    Saya sudah USG, hasilnya bagus dirahim saya tidak ada kista dan sejenisnya.
    Obat terakhir yang saya konsumsi adalah Clomid dengan dosis 2×1. Dan ini sebulan yang lalu.
    pengecekan apa lagi yang harus saya lakukan, supaya saya bisa mengetahui kemungkinan saya bisa hamil seberapa besar?
    terimakasih

    Thursday, April 14, 2011 at 7:23 am | Permalink
  93. marta sulis wrote:

    saya sudah hmil , bagaimana agr tdk hmil lgi n bagaimana agr bsa jg brt bdn ? z

    Friday, May 20, 2011 at 7:22 am | Permalink
  94. kiki wrote:

    mau tanya : kan saya ML sma pasangan saya dan saya kluarkan sperma saya didlam vaginanya,tapi dia langsung kencing,,kira2 bisa hamil ga ??
    trus klo masa subur tuh wktunya kpan aja ??pasangan saya mens tgl 1may
    dan sya ML tgl 18may..tu msh trmasuk msa subur ga ??
    tlg jwb ya admin…pliss

    Saturday, May 28, 2011 at 5:00 pm | Permalink
  95. rooly wrote:

    Healthy Brief and Panty

    K-i Brief dan Panty Kesehatan Berkualitas

    Sudah seharusnya faktor sehat dan nyaman menjadi pertimbangan Anda saat memilih celana dalam, bahan yang mudah menyerap keringat dan dapat melekat pas sesuai bentuk tubuh tentu akan menunjang penampilan sekaligus menjaga kesehatan organ intim Anda

    K.i Brief Celana dalam khusus kaum pria
    K.i Panty celana dalam khusus kaum wanita

    dengan berbagai keunggulan yang dapat meningkatkan kesehatan dan menciptakan kenyamanan.
    juga dapat mencegah berbagai masalah keputihan yang disebabkan oleh bakteri, jamur, dan virus, sakit pada saat menstruasi, sakit pada pinggang, membantu mencegah ruam dan bau tidak sedap pada organ intim Anda.

    ADA 3 ELEMEN PENTING DIDALAMNYA YAITU:

    Ion Negatif
    Membantu mencegah pertumbuhan bakteri
    Menyeimbangkan sistem syaraf pusat
    Memperlancar peredaran darah
    Membantu meningkatkan kesehatan yang lebih baik
    Sinar Inframerah Jarak jauh
    Membantu peredaran darah dan limfe serta meningkatkan metabolisme tubuh
    Memberikan kenyamanan dan memberikan rasa lega pada daerah pinggang
    Membantu mencegah ruam
    Dapat mencegah bau badan
    Serat Anti Kuman
    Membantu mencegah pertumbuhan bakteria
    Mencegah bau badan

    Terbuat dari bahan yang bermutu tinggi, Elastis membentuk bagian tubuh Anda menjadi lebih baik, nyaman dipakai, segar, dan menambah kepercayaan diri.

    Cara mencuci k.i Brief dan K.i Panty:
    Bersihkan di dalam air yang bersuhu 3o derajat C kebawah
    Tidak boleh dicuci kering
    Perasalah dengan perlahan
    Tidak boleh menggunakan pemutih
    Tidak boleh disetrika
    Tersedia dalam 3 warna menarik:
    K-i Brief : Hitam, Abu-abu dan Biru
    K-i Panty: Hitam, Abu-abu dan krem

    Dengan pemakaian K-i Brief dan K.i Panty dalam keseharian Anda mampu memberikan kesehatan dan menjauhkan Anda dari timbulnya berbagai masalah terhadap organ intim Anda.
    serta mampu menciptakan kenyamanan, penampilan yang lebih baik dan secara fisik dapat membentuk bagian tertentu tubuh Anda menuju kesempurnaan,Indah dan Ideal sesuai yang Anda dambakan.

    Kemasan:
    1 box isi 3 celana
    All size
    info herbalmodern.blogspot.com
    sms hub 085229348635 by rully

    Monday, May 30, 2011 at 3:25 pm | Permalink
  96. constancio wrote:

    sore dok, saya berhubungan sex dgn cewek pada hari ke 10 sesudah masa kering, apakah cewek saya bisa hamil????

    tolong di jawab ya…please

    Friday, June 10, 2011 at 8:13 am | Permalink
  97. dewi wrote:

    selamat malam dok, saya sh menikah mau 2thn tp belum dikaruniai momongan, saya dan suami sudah cek ke dokter kata dok sel telur saya kecil dan suami sperma kurang aktif dan kurang banyak. pertanyaan saya maksudnya sel telur kecil apa? tp saya masih bs hamil kan ? dan suami saya sudah tdk merokok itu bs kembali normal kan dok . thx

    Monday, June 20, 2011 at 12:23 pm | Permalink
  98. ukut laing wrote:

    Mlm Dok saya sempat KB setahun yang lalu sekarang saya sdh lepas Kb nya,u menghilang kan sisa obat kb nya caranya gimana ya Dok. tolong di jawab ya Dok makasih

    Tuesday, July 5, 2011 at 12:27 pm | Permalink
  99. ukut laing wrote:

    Mlm Dok jd sekarang saya udah selesai haid hari masa suburnya berapa hari ya dok. tolong di jawab ya dok makasih ya…

    Tuesday, July 5, 2011 at 12:40 pm | Permalink
  100. ais wrote:

    sore dok…
    nama saya ais, umur 27 th, saya dah menikah hampir 3 thn tp sampai skrng blom d karuniai momongan.
    saya mau tanya, haid tgl 17 juli kra2 masa suburnya tgl brp dan makanan pa yang harus saya konsumsi biar cpt hamil.
    terima kasih..

    Tuesday, July 19, 2011 at 7:44 am | Permalink
  101. maya wrote:

    pagi dok,nama saya maya. lama menikah 5 bulan tp lom dikaruniai anak. bulan kemaren saya haid tgl 22 n bulan juli ini saya haid tgl 25. haid tidak teratur,ingin tahu masa subur saya n waktu yg tepat untuk melakukan hub.intim. smoga ja cepat dpt momongan.

    Tuesday, July 26, 2011 at 2:27 am | Permalink
  102. ika handa wrote:

    dok , saya wanita umur 20 tahun,, menikah bru 2 blan n kami menginginkan cpt mmpunyai momongan . bgaiman dok cara yg baik utk kami cpat mmpunyai momongan ?? blan ini saya haid tgl 17 sampai 23.. jadi msa sbur saya tgl brpa dok ??? trm kasih ….

    Wednesday, August 24, 2011 at 1:24 pm | Permalink
  103. naz wrote:

    saya berhubungan intim dengan suami setelah sehari darah mens tidak keluar tapi besoknya ternyata darahnya keluar lg, yang saya tanyakan itu bisa mengakibatkan kehamilan ap tidak? karna saya sebenarnya ingin menunda kehamilan dikarnakan saya masih kuliah

    Monday, September 26, 2011 at 6:45 am | Permalink
  104. ipul wrote:

    sore dokter, aku mau nanya,,, aku bulan depan mau nikah, tapi kami sudah sepakat untuk menunda dulu punya momongan, kira kira gimana cara yang paling baek untuk hal tersebut. terimaksih sebelumnya.

    Thursday, September 29, 2011 at 7:58 am | Permalink
  105. vanken wrote:

    semoga istri saya bisa cepat hamil juga..terima kasih informasinya…

    Monday, October 17, 2011 at 3:31 am | Permalink
  106. susi s wrote:

    met malam dok
    umur saya 23 tahun, kami menikah bulan dua kemarin tapi aku kok blm hamil ya dok? trs mensku seblm merid teratur tp sesudah merid jadi gak teratur? apa penyebabnya ya dok ?
    aku pernah minum jus toge apa itu berfungsi ya dok ?
    mohon sarannya ya dok agar aku cepat hamil
    terima kasih dok…….

    Thursday, October 20, 2011 at 2:48 pm | Permalink
  107. mufita wrote:

    ass…. Saya seorang istri yang berumur 23 tahun. Saya baru saja melahirkan dengan normal pada taggal 17 okt 2011 tetapi bayi saya meninggal dunia. saya sangat trauma sekali atas kejidian ini. Padahal berat bdan bayi saya 3 kg pnjng 40 cm. Kta bidan bayi saya ketubannya sedikit shingga menyebabkan bayi saya meninggal. saat saya merasakan kontraksi mulai jam 7 sore n bayi sya bru lahir jam 4 pagi. Dan waktu persalinan sempat perut saya di bantu bidan dengan dorongan pada perut saya. Pertanyaannya apakah saya boleh hamil lagi setelah nifas selesai? Padahal saya baru saja melahirkan?

    Wednesday, October 26, 2011 at 1:53 am | Permalink
  108. putu wrote:

    dok..kok aku perhatiin sudah 1 thn ini bnyk pertanyaan yg blm di jawab??? sebenarnya pertanyaan aku udah ada yg nanya tapi blm di jwb sama dokter.aku berusia 32 thn suamiku 36 thn.kami sudah menikah 5 thn tapi blm dikaruniai anak.semenjak usia pernikahan 6 bln saya terus berkonsultasi dgn dokter spesialis OBGIN .jadi kira2 sudah 6 dokter.hasilnya saya selalu di resepkan glucopak..saya sudah pernah inseminasi 1x.siklus mens saya kadang 2bln sekali.kadang 3 bln sekali.u suami sudah 3x cek sperma hasilnya normal..saya harus bgmna dan ke dokter mana yah dok???apakah hrs ikut program bayi tabung?apakah wanita dgn siklus mens sangat tdk teratur ada kemungkinan hamil??tolong di jwb yah dok.oh ya kami melakukan hubungan teratur 2x satu minggu…ditunggu dok sarannnya..sekalian kalo bisa dokter yg di recomend yah dok

    Friday, October 28, 2011 at 3:19 pm | Permalink
  109. Narti wrote:

    Sore dok..

    Kami udah nikah 3 th tp blm jg dikasih momongan, 6 bln yg lalu aku keguguran hml 2 bln, ampe sekarang blm hamil lg, yg pingin saya tanyakan apakah makan pedes bisa mnenyebabkan susah hamil? Soalnya saya rajanya cape, hampir setiap hari makan cabe,
    Ma’kasih

    Saturday, November 26, 2011 at 10:10 am | Permalink
  110. Dewy wrote:

    Siang dok….

    Saya mau nanya,saya sudah cek kedokter dok.tp dokter bilang saya gak hamil.tapi secara fisik juga keseharian saya smua berubah.saya makin gemuk juga d perut saya ada denyutan.serta saya sering mual.mohon sarannya dok…

    terima kasih sebelumnya…

    Tuesday, November 29, 2011 at 8:47 am | Permalink
  111. nur wrote:

    malam dok,
    saya mo nanya, sy sdh nikah krg lbih sethn 4 bln. dulu kl sy ML suami sy biasax buang diluar dan itu dilkukn krg lebh slm 2 bln krn kami masih kuliah. tp org tua kami sgt ingin punya cucu jd kami berhenti dan mulai program tp sampe skr kami blm jg dpt momongan. apakh itu ada hub dgn haid sy yg tdk tratr yg kadang 1x dlm 2 bln atau kdg juga lbh.. sperma suami sy jg kdg encer. apakah itu semua mempengruhi? trima kasihhhh….

    Sunday, December 11, 2011 at 1:28 pm | Permalink
  112. echa aisyah siti al - masudi wrote:

    assalamualaikum dok ..

    suami (26) bekerja d tambang batubara .. saia irt (22) sudah menikah 8 bulan yg mau saia tanyakan apa benar bial suami krja di tambang istri susah hamil karena teman2 saia yg suami berprofesi sama jg mngeluh,, susah mendapatkan keturunan ,,,
    1. apakah pekerjaan mempengaruhi sperma suami . yg bekerja lebih dari 14 jm sehari,,?
    2. kalo dilihat saya tak punya masalah mens saia teratur dan riwayat saia anak ke 8 ,,, sodara saia tidak ada masalah dan cepat isi / hamil
    3. apa panas , radiasi jg mempengaruhi ,, sehat tidaknya sperma ?
    4. agar cepat hamil apa yg harus saia lakukan ?,,,
    5. apakah kalo sperma cair bisa membuat hamil ?

    Wednesday, December 21, 2011 at 3:40 am | Permalink
  113. oca wrote:

    dok…sy dl disteril, tp sebulan yl sy rekanalisasi tuba ya dok namanya kl membuka steril ? jd sekarang sterilnya dah dibuka…apa ada kemungkinan sy bs hamil lg dok ? krn ktnya jarang bs hamil lg kl yg pernh disteril y dok ? umur sy 34 dok…tq

    Wednesday, December 28, 2011 at 3:00 pm | Permalink
  114. nie wrote:

    slamadt sore . .
    kenapa setelah saya menikah mends saya selalu teladt 1 minggu lebih tp setelah saya melakukan hubngan ma suami saya besoknya langsung keluar haid . .
    pa tu maksudnya ??
    n kenapa disaat mAsa subur wanita ga boleh beruhubngan ???

    Thursday, December 29, 2011 at 10:05 am | Permalink
  115. aenar wrote:

    aslm.sy sdh mnikah 1,5 th&smpai skrg blm hamil.stlah sy priksakan k dokter trnyta sy trkena kista. Stlah brobat slma kurang lebih 6 bln kista sy dnytakan smbuh oleh dokter. Kmudian skrg sya mngikuti program hmil dri dokter sya, sy dksih obat BLESIFEN yg dmnum shri 1 kli stiap jam 9 mlam dri mlai haid prtma smpai 10 hri k dpan. Suami sy dksih obat INFELON yg dmnum pd hri k 10 stlah obat sy hbis tiap jam 7 mlm. Apakah mnfaat obat2 tsb?obat pnybur/ap?slma msa program khmilan ap sj yg hrs sy lkukan untuk mnunjang program tsb agar brhsil…?trm ksih wsslm…

    Friday, January 13, 2012 at 1:33 am | Permalink
  116. Anonymous wrote:

    Slmt Siang Dok, saya baru menikah 2 minggu yang lalu. seminggu sebelum menikah saya sudah menstruasi. tetapi setelah menikah 3 hari saya menstruasi lagi dlm masa 3-5 hari. 3 hari bersih dan kemudian menstruasi lagi. apa normal?sebelumnya saya tidak pernah mengalaminya. trimakasih

    Thursday, January 26, 2012 at 7:12 am | Permalink
  117. linda wrote:

    sore dok.. aku mau nanya nich.. aku haid dr tgl 15-18 januari.. tanggal berapa ya masa subur ku utk bisa hamil?? & klo tgl 27 januari saya berhubungan intim dan sperma suami saya masuk tu bisa hamil gk dok?? mohon jawabannya..

    Friday, January 27, 2012 at 10:03 am | Permalink
  118. dian wrote:

    mlm, q mo nanya apa foreplay tanpa “hub sex” bs mmprlncar haid?

    Monday, January 30, 2012 at 3:04 pm | Permalink
  119. riyan wrote:

    bu klo haid tanggal 21 januari terus melakukan hubungan tanggal 29 januari apa ada kemungkinan hamil,,,,,,,,,,,,

    Wednesday, February 1, 2012 at 12:37 am | Permalink
  120. Luna wrote:

    Assalam…
    saya ingin bertanya, saya melakukan hubungan suami isteri dengan suami saya pada saat sehari setelah saya halangan…
    Yg ingin saya tanyakan, apa kah itu akan menimbulkan kehamilan dok..??
    mohon di jawab…
    Wassalam…

    Wednesday, February 1, 2012 at 7:37 am | Permalink
  121. nur wrote:

    sya udah nikah hampir 10 thun,,pda saat usia prnkahan kmi 4 thun sya hamil tp baru 2bln sya mengalami hamil diluar kndungan,apakah sya bisa hamil lagi trus apa yang harus sya lakukan agar saya bisa cepat hamil lagi,tolong dijawab ya dok,,makasih sebelumnya!

    Sunday, February 5, 2012 at 5:40 am | Permalink
  122. toni wrote:

    gini dok, pacr saya ud 1 bln blm menstruasi….
    padahal kami blm pernh melakukan sex…
    kami hanya melakukn seperti ciuman, pegang-pegang
    alat kelamin, dan saya pernah sekali memasukkan
    tangan saya ke vaginanya,…
    jadi pertanyaan saya apakah pacar saya hamil dok ….???

    Sunday, February 5, 2012 at 8:35 am | Permalink
  123. toni wrote:

    g;ghl;glhgl;hlpglplhpglhphlphlplpdl

    Sunday, February 5, 2012 at 8:37 am | Permalink
  124. sary wrote:

    pagi dok.. stiap kali sya berhubungan dgn suami sya sperma yg d’masukan kdlm vagina sya itu slalu kluar lgi,, apakah klo sya truz2n mlakukan sprti itu sya bisa hamil???????????? gmn cra nya agar sperma nya tdk kluar lg..

    please jwaban nya..
    tq dok_

    Tuesday, February 7, 2012 at 1:52 am | Permalink
  125. zizi wrote:

    dok, saya mau nanya, saya pernah melakukan hubungan suami istri tapi hanya sekedar ciuman dan gesek-gesek doank, terus keesokan harinya istriQ perutnya mual-mual, apakah istriQ

    Tuesday, February 14, 2012 at 2:52 pm | Permalink
  126. taufik wrote:

    malam dok,
    saya mau tanya, kemaren saya pernah melakukan hubungan sama istri saya, tapi hanya sekedar gesek-gesek dan ciuman doank, tapi keesokan harinya istriQ merasa mual-mual perutnya, apakah istriQ hamil dok ? kalau memang iya gimana caranya supaya istri saya tidak jdi hamil, soalnya saya masih belum siap punya anak karena faktor ekonomi. tplong minta solusinya

    Tuesday, February 14, 2012 at 2:55 pm | Permalink
  127. tiprut wrote:

    Bu Dokter saya mau tanya …???
    kemaren saya habis melakukan hubungan suami isteri dan suami saya mengeluarkan spermanya di dalam, apakah itu bisa menyebabkan kehamilan…???
    sedangkan posisi saya sekarang pada masa suntik KB yang 3 Bulanan…..

    Thursday, February 16, 2012 at 11:32 am | Permalink
  128. fitri wrote:

    siang bu.. maaf mengganggu, saya mau bertanya haid saya tidak teratur dok, bulan november 2011 saya haid tgl 20, bulan desember tgl 19, bulan januari 2012 haid tgl 14 dan februari ini haid tgl 11, gimana saya bisa mengetahui masa subur saya ini dok, karena haid nya gak teratur dan apa siklus haid saya ini masih dalam kondisi normal??? mohon di jawab??

    Friday, February 17, 2012 at 6:54 am | Permalink
  129. Anonymous wrote:

    selamat pagi bu. berdasarkan atas keterangan ibu yng diatas mengenai ” masa kesuburan setelah haid adalah 8 hari setelah haid”
    contoh: terakhir haid tlg 4 Feb 2012, + 8 hari = 11 hari.
    dari tgl 11Feb s/d 17 feb, diantara tgl tersebut kami melakukan hubungan sexsual, “Kapan saya dapat melakukan test kehamilan, apakah 2 hari setelah hub sex atau 7 hari setelah hub sex?.

    saya dengan amat sangat mengharapkan jawaban dri Ibu dokter, karna kami berencana ingin punya anak, terimakasih atas perhatiannya.

    Thursday, February 23, 2012 at 3:05 am | Permalink
  130. yohana wrote:

    dokter saya wanita berusia 24 tahun..saya menikah bulan november 2011 lalu skrg usia pernikahan saya sekitar 3 bulan tapi belum juga dikaruniai momongan padahal teman yang menikah selilih 1 hari dengan sudah dapat hamil dan sekarang sudah mencapai hampir 2 bulan kehamilanx..siklus haid saya kurang teratur tp haid saya hanya mencapai 3 sampai 5 hari dok…dr dulu smpai skrg saya sering cuek klw haid atw gak haid gak pernah mikir..setelah dekat mau menikah akhirx saya menghitung haid saya..pada bulan september saya haid tgl 18 s/d 22,bulan oktober saya haid tanggal 16 s/d 20,pada bulan november saya malah haid tgl 9 s/d 20 hampir 10 hari haid terus dok ..saya sampaii bingung..akhirx stelah saya menikah bulan november tgl 11 pada bulan desember saya

    Friday, February 24, 2012 at 1:23 pm | Permalink
  131. sandy wrote:

    Maaf Dok, saya mau tanya ??
    Saya Melakukan hubungan dengan istri saya tgal 22 dan saya mengeluarkan sperma di dalam, tapi esok harinya tgl 23 istri saya datang bulan.
    namun pada saat tangal 23 bulan berikutnya istri saya belum Menstruasi dan dia sudah telat 6 hari teritung tanggal 23.
    apakah ada kemungkinan istri saya hamil ? sedangkan habis Berhubungan esoknya dia haid.
    Mohon jawabanya Dok, terimakasih

    Tuesday, February 28, 2012 at 2:23 pm | Permalink
  132. iis wrote:

    pagi…..maap dok saya mau tanya mengenai kesuburan.yang haid nya hanya 6-7 hari jadidok masa subur nya tglberapa???dok saya sangat menunggu jwban dari dokter,,,

    Friday, March 2, 2012 at 2:36 am | Permalink
  133. andy wrote:

    slmt pagi dokt..
    dari pemahaman yg saya tangkap bahwa sel telur akan matang sekitr seminggu setelah selsai haid, nah yang mw saya tanyakn, kalau kami melakukan hubungan sehari setelah selesai haid bagaimana pengaruhnya dengan kematangan sel telur nya nanti..? apakah jadi ga matang lagi? atau tetap berproses matang sekitr seminggu lagi.. mohon pencerahanny..
    apa jadinya harus nunggu proses matang periode berikutnya..
    Terima kasih..

    Thursday, March 8, 2012 at 2:18 am | Permalink
  134. dira wrote:

    Dear Dok ..

    sya mau tanya, sebelumnya sya haid sya memang ga teratur,kadang 1 bulan tidak haid, bahkan pernah hampir 2 bln tidak haid, tpi setelah itu lancar dok,nah yg ingin saya tanyakan adalah saat ini saat mengalami keterlambatan lgi pda tgl 29 januari saya selesai haid,tapi sampai sekarang sya belum haid lg, itu kenapa ya dok ??
    apa memang udh siklus sya seperti itu atau knp dok ??
    mohon info dan bantuaanya dok

    Thnks,
    Regards,

    Nadira

    Thursday, March 8, 2012 at 6:37 am | Permalink
  135. Tumbuhan rumput kebar dari pedalaman Papua ternyata dapat dijadikan salah satu alternatif terapi untuk mendapatkan momongan. Khasiat tumbuhan ini adalah : Menyuburkan kandungan, Menebalkan dinding rahim & Memperkuat rahim, selamat mencoba semoga berhasil amin.

    Saturday, March 10, 2012 at 5:41 am | Permalink
  136. adhe wrote:

    assalamuallaikum dok,,saya pernah hamil setahun yang lalu tapi cuma 5 minggu aja keguguran dok,,sudah 1 tahun saya blum juga di kasi anak,,suami saya pelaut jd kami cukup jarang berhubungan,,kalo suami saya cuti 1 blan di rumah saya dan suami sering berhubungan minimal 1 hari 3-4 kali,,dan suami saya nyangkal bhwa rahim saya lemah,,terus pernah juga suami saya tes seperma n gerak cepetnya hanya 35%,,,sebenarnya siapa c yang salah di antara kami dok,,??

    Saturday, March 10, 2012 at 10:52 am | Permalink
  137. nana wrote:

    dok saya mau tanya, saya sudah 1 tahun 3 bulan menikah tapi belum punya anak, saya udah cek kesehatan ke dokter dan kami di beri pil profertil di barengi vit e.. bulan januari saya datang haid tgl 10, bulan februari tgl 11 dan skr maret tgl 13.. mohon solusinya dok, kapan sebenarnya masa subur saya dan apa aja yang harus saya lakukan agar saya bisa cepat hamil.

    Tuesday, March 13, 2012 at 11:02 am | Permalink
  138. firda wrote:

    ouu masa subur itu bukan 14 hari sebelum haid yah? jd logikanya smggu haid,smggu masa subur,2minggu bukan masa subur..

    Wednesday, March 14, 2012 at 10:11 am | Permalink
  139. Anonymous wrote:

    dokter saya ibu dengan 2 putri usia saya sekarang hampir 40th, sekitar 4bln yang lalu saya mengalami keguguran di kehamilan 13minggu ketuban pecah dluan, penyebabnya saya keputihan didalam dan kecapean. dokter siklus mens saya sangat teratur dan sekarang saya berencana ingin hamil kembali. agar cepet mendapatkan baby lagi dan krna usia sdah tidak muda lagi. dan apakah usia saya ini agak susah ya dokter unk mendapatkan keturunan lagi. minta penjelasan nya dan tips supaya tidak terjadi keguguran lagi kalo hamil yang berikut nya. trimakasih jawaban nya.

    salam .vie

    Thursday, March 15, 2012 at 1:56 am | Permalink
  140. arie wrote:

    Siang dok,
    usia saya 28 th, sdh menikah 5 bln tp blm di karuniai momongan,saat ini saya sdg haid,bru 4 hari haid sy sdh bersih, biasanya saya haid sampai 10 hari, di hari ke 4 haid, saya mengalami demam hingga 39 drjt C, perut terasa sakit, mual dan lemas, apakah itu tanda2 sy hamil? krn sy cek ke bidan, bidan menyarankan tgu smpe 1 mgu kedepan u/ cek pk testpeck.
    kira2 apa yg hrs sy lakukan ya dok?
    trma kasih dok
    slm
    arie

    Thursday, March 15, 2012 at 2:51 am | Permalink
  141. sauza wrote:

    selmat pagi dok,,,usia saya 27 thn dn istri saya 30 thn.2 tahun kami sudah menikah, ketika baru nikah istri saya di cek positif hamil 2 bln, setelah itu haid jdi gagal. kemudian tahun depannya istri saya hamil 4 bulan,dan cek kedokter katanya harus dikuret krna ada virus tokso janin tdk berkembang.jadi terus sya usaha perobatan termasuk cek darah negatif tokso sekarang… sekarang kami ingin kali punya anak,, tapi kok belum juga ada tandanya, apa perlu saya cek sperma, dan apakah kami bisa punya anak dok? bagaimana tindakan kami agar dapat punya anak lagi dok,,, sesudahnya saya ucapkan terimakasih banyak Dokter

    Friday, March 16, 2012 at 3:56 am | Permalink
  142. siti wrote:

    siang dok! gini dok aku mo tnya,apa sembilan hari setelah haid bisa hamil?lagian selama ini haid ku lancar dan teratur. sebenarnya aku blum siap hamil lagi dok karna pengalaman kemarin aku melahirkan prematur,kalau iya ada kemungkinan hamil apa ada saran buat saya agar kehamilan kali ini sehat dan normal.soalnya kehamilan yang kemarin juga aku ngerasa baik baik saja dan sering cek ke bidan dan kata bidan sehat tapi seminggu setelah periksa aku melahirkan.

    Saturday, March 17, 2012 at 8:19 am | Permalink
  143. Chindy wrote:

    bu saya mau tanya ..
    waktu saya ke dokter kandungan brapa hari yg lalu,kata dokter kalau saya tidak subur, olh sebab itu saya di anjurkan untuk minum obat penyubur,dan apa bila saya minum apakah berhubungn intim itu pada saat malamnya …
    atau setelah saya mehghabiskan obat itu baru bisa berhubungan intim …
    karna saya belum terlalu memahami maksud dokter yg memeriksa saya.. saya mohon penjelasan anda .. thankz

    Saturday, March 17, 2012 at 3:08 pm | Permalink
  144. ichal wrote:

    apakah empat hari sebelum Haid adalah masa Subur,..? istri saya sudah 2 minggu nga datang bulan apakah dia Hamil,..!!

    Saturday, March 24, 2012 at 4:28 am | Permalink
  145. Me wrote:

    mau tanya, dlu wktu sblm mnikah siklus haid sy gak normal. pnh maju 7hr tp pnh jg mundur sampi 12hari tp itu hy sesekali. lbh srg maju mundur antara 2-5 hr. apa kah itu normal? menjelang H- 3bln nikah siklus haid sy jd lbh normal. dan 2 bln trahir in siklus haid sy 29 hr.

    Wednesday, April 4, 2012 at 2:44 pm | Permalink
  146. nelly wrote:

    dok,saat hamil tu termasuk subur pa ngk?
    tqiu

    Friday, April 6, 2012 at 2:41 pm | Permalink
  147. putra wrote:

    hmm bagaimana jika berhubungan ketika hari terakhir haid,dimana darah sudah mulai kering/sedikit yg keluar/bahkan sudah berhenti keluar(masa haid berhenti) . apakah akan terjadi proses pembuahan / hamil ? thx

    Saturday, April 7, 2012 at 4:53 pm | Permalink
  148. Yanti JF wrote:

    saya sudah 11 bln nikah..tapi kok belum hamil yaa…??
    umur saya baru 22thn..dan suami saya sudah 53 thn..
    gimana solusi nya biar saya cepat dapat baby….?

    Monday, April 9, 2012 at 4:55 am | Permalink
  149. Yanti JF wrote:

    saya sudah nikah 11 bln, dan saya pingin cepat ada beby..usia saya skrg suda 22 thn..dan suami saya suda 53 thn..gimana solusi nya biar saya cepat hamil…kasih tau dong tips dan saran nya….thank you…!!

    Monday, April 9, 2012 at 4:59 am | Permalink
  150. jumi wrote:

    malm … shere dunk !!
    saya usia 21 thn sudah menikah 1 thun yang lalu ..
    blom punya momongan sih’ berharapp bgt tapinya , Hehehe
    ..
    saya tgl 1 april lalu haid smpai tgl 5′ tapi ko tgl 27 kmrin udah dapat lagi ..
    dua kali tuh dlam bulan april ..
    kra” masa suburnya kapan ea dok’ … ????

    makacih mt malam

    Sunday, April 29, 2012 at 3:29 pm | Permalink
  151. NOVITA.L wrote:

    Dok, saya sudah 5 tahun semenjak anak pertama saya hingga skarang blm juga hamil….. saya tidak lagi menggunakan KB sejak anak saya berumur 6 bulan….
    Dok tolong di bantu untuk masa subur saya,
    Saya haid bulan april tanggal 4 , dan pada tanggal 9 mei saya turun haid lalu masa subur saya tanggal berapa?
    Terima kasih dok

    Thursday, May 10, 2012 at 2:35 am | Permalink
  152. hanny wrote:

    pagi,,,,
    dok, saya nikah sudah 6bulan, saya mau tanya, apakah sperma yang encer itu bisa menyebabkan hamil? masalahny sperma suami saya itu encer.

    ditunggu dok jawabanny…..
    makasih..

    Thursday, May 24, 2012 at 1:21 am | Permalink
  153. desi wrote:

    pagi dok….

    dok, sy sudah nikah slma 7th, tp blum jg di karuniai anak,,,
    sblmny sy prnh hamil tp keguguran,,, n mens sy itu tidak teratur, kdng 3 bulan sekali, itupun kluarny cuma dikit darahny,,,,
    sy jg udh pernah priksa, n kt dokterny peranakan sy jauh,,,,
    yg sy mau tanyakan, biar sy bisa hamil apa yg harus sy lakukan dok??

    terima kasih ……

    Thursday, May 24, 2012 at 1:27 am | Permalink
  154. katrin wrote:

    Saya adalah ibu yang baru menikah 2 tahun yg lalu yang ingin secepatnya punya momongan, kendalanya adalah saya bertemu dengan suami saya 2 kali dalam 1 tahun. biasanya suami saya liburan atau cuti Januari dan agustus dalam waktu 1 bulan cutinya. yang ingin saya tanyakan jika untuk menentukan masa subur bagaimana. contohnya saya hait pada bulan Mei tanggal 22, pada bulan juni tgl, 20 barusan pada bulan juli adalah tanggal 20, pada tanggal berapakah masa subur aku? cara perhitungannya bagaimana. demikian terima kasih.

    Tuesday, July 24, 2012 at 5:54 am | Permalink
  155. katrin wrote:

    ia ada satu hal yg ingin saya tanyakan dok, saya sedang menyusun program punya anak bulan agustus.
    1. Apakah tidak boleh berhubungan intim 2 hari sebelum masa subur datang ?
    2. Jika terjadi pembuahan (amin ya tuhan) mudah2han he he he.
    apakah sebaiknya kita jeda dulu berhubungan intim? dan sampai berapa hari? agar pembuahannya betul2 aman.
    Saya sangat mengharapakan jawabannya, karena saya dan suami sangat menginginkan anak secepatnya. sebelum dan sesudahnya saya ucapin terima kasih.

    Tuesday, July 24, 2012 at 6:16 am | Permalink
  156. ipvi wrote:

    ibu bagai mana klo kita selesai men terus berhubungan ntim 4 hari kemudiann,, apakah akan terjadi pembuahan…???

    terus ketika berhubungan intim seperma laki-tersebut tidak dimasukan,tpi hanya di luar vagina aja, apa itu akan terjadi pembuahan…???

    selaput dara wanita ithu terletak dmana…?

    Tuesday, August 28, 2012 at 4:51 am | Permalink
  157. christin kusumawati wrote:

    saya punya kakak sudah 1thn menikah tapi belum ada momongan. dia menstruasinya ga teratur kadang 2bln sekali kadang 3bln sekali.apa karena hal itu dia jd blm hamil pe sekarang?trus gimana jalan keluarnya bu?thanks bgt

    Sunday, September 2, 2012 at 11:20 am | Permalink
  158. esa wrote:

    masa subur wanita itu 3 hari sblm dan sesudah haid.apa itu bnr?

    Monday, October 8, 2012 at 2:04 am | Permalink
  159. RIA ANUGRA ENI wrote:

    tolaong sya baru menikah 3 bulan kok belum hamil juga kenpa dan saya binggu

    Monday, October 8, 2012 at 4:20 am | Permalink
  160. SISCA wrote:

    bu dokter salam sejahtera ,bu aku wanita umur 27 .sudah 6 tahun menikah dan sangat sekali pingin py baby.sudah kedokter bolak balik tentunya .skarg mens aku tambah nggak teratur.sampai kadang 15 hari tidak keluar darah tp hitam2 saja.apa yg harus aku lakukan .dan aku berusaha tidak terlalu stress pastinya dan tidak terlalu banyak beraktivitas.mohon saranya dan obat apa yg harus saya komsumsi .terimah kasih .

    Sunday, October 14, 2012 at 5:45 am | Permalink
  161. surya wrote:

    siang bu dokter,,,

    mau tanya nih,,, istri saya siangnya selesai haid (bersih) nah malamnya kami berhubungan badan,,apa bisa hamil… ???

    Terima kasih.

    Tuesday, October 23, 2012 at 7:10 am | Permalink
  162. ekha wrote:

    mlm dok,q mw nx nih q uda nikah slm 14 bln awal nikah sih q pkai kb suntik slm 3 bln.nah skrg q uda mw hamil tp blm ad tanda2 kehamilan.cara ap yg bs q lakukan spy cpt hamil.tolong pnjelasanx dok.trms

    Thursday, December 6, 2012 at 11:44 am | Permalink
  163. sllamat sore ibu saya mau tanya apakah seorang yg tlah trkena kista masih dapat hamil trimakasih ibu.

    Monday, February 11, 2013 at 10:48 am | Permalink
  164. amenkzaki wrote:

    maaf aku mau nanya istri saya kalo hit itu ngk teratur kadang 3bulan sekali baru hit itu bun ngk banyak paling 5 hari udah kelar makasih tolong di bales

    Wednesday, March 6, 2013 at 1:29 pm | Permalink
  165. Hani wrote:

    Selamat Sore dokter…
    Siklus haid saya benar2 kacau, pernah sampe 2 tahun saya tidak haid dari sebelum menikah sampai menikah, sekarang usia pernikahan saya sudah 2 tahun 1 bulan belum dikasih kepercayaan oleh Alloh.
    Sekarang saya baru dapet haid lagi setelah saya cek ke dokter kandungan 2 kali, yang pertama saya diberi obat untuk menambah hormon dan 10 hari setelah itu saya haid tapi hanya sekali itu saja, dan pada pemeriksaan kedua di dokter berbeda saya diberi obat yang minumnya harus tepat pada jam yang sama tiap hari 1 pil, kata dokternya bilang saya mengalami gangguan hormon karena pas di cek dan diperiksa juga USG semuanya normal.
    Saya sampe lupa kalo peristiwa tadi pagi itu adalah saya datang bulan, saking lamanya saya ga dateng bulan.
    Pertanyaan saya :
    1. Bagaimana masa subur saya? apakah perhitungannya sama dengan mesin penghitung normal? say ajuga lupa siklus haid terakhir saya.
    2. Apa yang terjadi dengan ovum selama saya tidak datang bulan beberapa waktu kemaren? Apa memang dia tidak matang atau jika matang kemana luruhnya?
    3. Apa yang harus saya lakukan? karena saya sudah pernah periksa ke dokter but i thought it was wasting time coz no result. Saya juga pernah ikut pengobatan pijit alternatif. Berdoa saya selalu lakukan dok.
    Terimakasih atas pencerahan dan ilmu yang bermanfaat pada forum ini, saya sangat mendapat pelajaran yang banyak.

    Salam, Hani

    Monday, March 18, 2013 at 9:29 am | Permalink
  166. septi wrote:

    slmt sng dok
    sya mau tny sdkit dok…. knp suami sya pd saat berhubungn lbh cpt pengeluarny dok pdhl sya blm apa2 stlh itu suami sya lngsung loyo gk bs lg untuk berhubngn jd kmi ber2 jrng sekali bhbngn krn ngelihat stamina suami sya sllu sja loyo n penisny jg tdk mau tegang dok jd nait untuk berhubngn sllu gagal gmn y dok crany biar suami sya bs fresh n kuat…..
    krn smua mknan sht n sran untk konsumsi telur ayam kampung n madu serta toge sdh sring kmi mkn tp ttp sja suami sya sprti itu…. tlng ksh saran y dok trims…….

    Tuesday, July 23, 2013 at 6:15 am | Permalink
  167. faisal wrote:

    dok….istri saya haid ny tgl 21,kpan ya masa subur ny datang.dan istri saya kt ny peranakan ny lemah? terimah kasih dok

    Tuesday, July 23, 2013 at 6:53 am | Permalink
  168. siti wrote:

    mau tanya dok,1 bulan tidak melakukan hubungan intim apa bisa hamil
    ???

    Saturday, September 28, 2013 at 3:57 pm | Permalink
  169. jessica wrote:

    Cara tes kehamilan alami bgmna?

    Saturday, October 26, 2013 at 1:55 am | Permalink
  170. nurul laili wrote:

    Met sore saya wanita,26 taun.saya saat ni 40 hr pasca melahirkan,tp anak saya meninggal bgt lahir tgl:6 januari 2014.saya dh ga keluar drah nifas,dh brhubungan ma suami d 32 hr,menggunakan pengaman.tp d hari k 36 dh ga pke pngamanan pe hr ini.Yg mo saya tanyakan ap dr hri 36 itu saya dh masa subur &apakah saya bisa hamil lg.thank ya bu.

    Saturday, February 15, 2014 at 8:51 am | Permalink

One Trackback/Pingback

  1. [...] Ketahui masa subur atau ovulasi Anda agar bisa mendapatkan peluang hamil yang lebih besar. Baca selengkapnya di: http://infoibuhamil.com/sehat/cara-gampang-cek-masa-subur-wanita.html [...]

Post a Comment

Your email is never published nor shared.