Skip to content

Ingin Cepat Hamil

Apakah sekarang Anda sedang gelisah?

Pernikahan sudah hampir 5 tahun dan usia juga sudah diatas 35 tahun, namun belum ada juga tanda-tanda kehamilan.

Sebenarnya banyak juga pasangan yang menikah lebih dari 5 tahun,bahkan 10 tahun atau 20 tahun, tapi belum dikarunia seorang anak.Walaupun segala usaha sudah dilakukan, mulai dari periksa ke dokter kandungan bahkan ke alternatif, namun belum juga kelihatan hasilnya.

Bagi mereka yang sampai sekarang belum berhasil mempunyai anak, silahkan sharing disini.Siapa tahu nanti bisa mendapatkan informasi yang bisa berguna untuk bisa cepat mewujudkan impian menjadi mama dan papa.

Jangan pernah menyerah, selagi kita terus berusaha, berdoa dan berserah, waktunya pasti akan tiba.

Selamat bersharing ria.

359 Comments

  1. Salman Farsyi wrote:

    Saya telah menikah +/- 7 tahun sampai saat ini blm dikarunia momongan, dari 4 x kehamilan istri, 3 x mengalami keguguran dg usia kandungan antara 2 s/d 3 bulan dan yang terakhir istri saya mengalami pre eklamsi dan janin telah meninggal dalam kandungan dengan usia +/- 7 bulan. Mohon petunjuk dan saran agar kami dpt segera dikaruniai anak.

    Saturday, June 21, 2008 at 6:54 am | Permalink
  2. Salman Farsyi wrote:

    Saya telah menikah selama kurang lebih 7 tahun. Dan selama periode tersebut istri saya telah 4 kali hamil. Namun kehamilan tersebut sebanyak 3 kali mengalami keguguran dengan usia kandungan 2 s/d 3 bulan dan pada kehamilan ke 4 isteri saya mengalami pre eklamsia sehingga janin meninggal dalam kandungan pada usia kehamilan lebih kurang 7 bulan. Mohon petunjuk agar kami dpt segera mempunyai momongan. Usia saya 39 tahun dan isteri 38 tahun. Trims sebelumnya. :)

    Saturday, June 21, 2008 at 7:01 am | Permalink
  3. InfoIbuHamil wrote:

    Halo pak Salman,

    Kami turut prihatin atas keguguran yang dialami isteri bapak.Tapi jangan pernah menyerah ya pak,terus berusaha,berdoa dan tetap yakin suatu saat nanti pasti segera diberikan momongan:)

    Jika pernah mengalami keguguran hingga lebih dari 3x,memang ada peluang tinggi untuk mengalami keguguran lagi. Namun,tetap berpeluang juga untuk hamil normal dan melahirkan bayi yang sehat.

    Alangkah baiknya Bapak dan isteri bapak mengunjungi dokter kandungan langganan untuk mengkonsultasikan tentang masalah yang dialami.Sangatlah penting untuk mengetahui penyebab keguguran pertama hingga yang terakhir,agar bisa dilakukan tindakan pro aktif atau pencegahan sebelum kehamilan berikutnya.

    Jika,pada keguguran terakhir disebabkan karena pre-eclampsia atau hipertensi kehamilan yang biasanya memang terjadi pada kehamilan trimester kedua atau ketiga,dan dialami oleh wanita yang berusia lebih dari 30 tahun.Hal yang penting diperhatikan jika nanti hamil kembali adalah kunjungan teratur ke dokter,memeriksa tekanan darah,cek kandungan protein pada urin dan diet dengan membatasi konsumsi garam juga harus banyak istrirahat.
    Biasanya dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk membantu mempertahankan kehamilan.

    Ini hanyalah saran yang bisa kami berikan untuk Bapak Salman dan isteri.Untuk lebih baiknya,konsultasikan dengan dokter kandungan yang sudah mengetahui riwayat kehamilan isteri Bapak.

    Oya untuk lebih menambah pengetahuan, mulai sekarang bisa juga berlangganan majalah yang khusus membahas tentang kehamilan atau tentang anak,seperti:Ayahbunda,parenting,dll.

    Kami juga ingin mereferensikan buku-buku bagus dan best seller dibawah ini:
    1.Setiap Wanita, karangan: Derek LLewellyn-Jones
    2.What to Expect When You’re Expecting (www.whattoexpect.com)Karangan: Heidy Murkoff,Arlene Eisenberg & Sandee Hathaway,B.S.N.
    3.Kehamilan Minggu Demi Minggu,karangan: Dr.Jane Mac Dougall

    Semoga bisa membantu memberikan petunjuk untuk Pak Salman dan isteri.

    NB: untuk ibu-ibu yang pernah mengalami hal yang sama, agar bisa sharing pengalaman disini.

    Good Luck!
    Terima kasih.

    Monday, June 23, 2008 at 10:49 am | Permalink
  4. nita wrote:

    Hello.
    Saya lagi tertarik banget sama sharing2 atau artikel tentang info ibu hamil seperti ini. Saya berumur 28 tahun dan baru 7 bulan menikah, dari pertama kali saya menikah saya sudah ingin mempunyai anak, tapi sampai sekarang saya belom juga dikaruniai, apa karena saya salah tanggal berhubungan atau saya yg terlalu terobsesi akhirnya stress sendiri ? saya kurang begitu tahu cara itung masa subur, yg saya tau itu sekitar 12-16 hari setelah mens, siklus haid saya 30 hari dan setiap tanggal 10 (teratur) dan bersih kira2 antara 5-7 hari. dan saya selalu menghitung tgl pertama mens yaitu tgl 10 ditambahkan 14hari berarti masa subur saya tgl 24 tetapi saya pergi ke dokter dan dokter bilang itu sudah telat, masa subur saya sudah lewat jadi bagaimana yg benar ? selama ini sekitar 5 bulanan saya selalu berhub setiap tgl 24 sampe akhir bulan, karena memang saya mengincar hari2 subur saya. Tetapi 2 bulan terakhir ini haid saya jadi berubah tanggal yg tadinya tgl 10 sekarang jadi tanggal 6 (dan ini sudah terjadi selama 2 bulan), berarti masa subur sebenernya saya ada dimana jika saya haid tanggal 6 ?
    Saya sangat sedih dan kecewa sudah 7 bulan belom dikarunia sedangkan temen2 saya yg lain yg baru menikah 1 bulan sudah hamil. Thank you atas tempat sharing ini, saya menunggu balasan dan petunjuk nya.

    Wednesday, July 2, 2008 at 8:28 pm | Permalink
  5. nina wrote:

    salam kenal dari saya di NTT, umur saya 26 tahun, suami 31 thn dan baru menikah 8 bulan saya dan suami pingin sekali punya anak. setiap bulan saya selalu ke dokter kandungan utk cek-up tapi dokter bilang kandungan saya tidak ada masalah cuma siklus haid saya/hormon kurang teratur seperti 2 bln sekali baru haid jadi saya di beri obat utk memperlancar haid dan terbukti haid saya sudah teratur tiap bln tapi nyatanya sampe skrg saya belum hamil juga, mungkin saya hanya bisa bersabar dan berdoa semoga impian saya bisa terwujud! dan yg terakhir saya mohon saran dan petunjuknya.

    Thursday, July 3, 2008 at 7:01 am | Permalink
  6. InfoIbuHamil wrote:

    Hi ibu Nita,

    Thanks ya untuk sharingnya.
    Kami coba menjawab pertanyaan ibu,tapi ini hanya berupa saran saja,semoga bisa membantu.

    Untuk bisa memperbesar peluang untuk hamil,memang kita harus tahu waktu ovulasi (masa subur) dimana sel telur biasanya dibuahi oleh sperma selama 48 jam setelah dilepaskan dari ovarium.
    Pada umumnya ovulasi terjadi 14 hari setelah hari terakhir haid. Namun karena siklus haid setiap wanita berbeda-beda,ada yang 30 hari seperti bu Nita dan umumnya memang 28 hari maka 14 hari tidak bisa dijadikan patokan.Apalagi jika siklus haid berubah-ubah tiap bulannya,kadang panjang kadang pendek.

    Sebenar ibu tidak perlu terlalu berpatokan dengan perhitungan masa subur saja, jika haid terakhir tanggal 6, berhubungan bisa dilakukan pada hari ke 10,12,14.Bisa juga dibantu dengan petunjuk lain dibawah ini:

    1.Perubahan Lendir(mucus)
    Pada masa subur,tingkat hormon estrogen meningkat dan lendir cervix akan mengalami perubahan, dari keadaan keruh dan lengket hingga licin,transparan dan tidak mudah pecah pada hari puncak subur dan beberapa hari setelah hari puncak lendir akan terasa lengket dan kental.

    2.Mengukur Suhu Tubuh
    Suhu tubuh atau basal body temperature bisa dijadikan petunjuk juga apakah ibu sedang masa subur.
    Caranya suhu tubuh mulai diukur dengan termometer pada hari pertama ibu haid, segera setelah ibu terjaga dari tidur,sebelum beranjak dari tempat tidur.Pengukuran harus konsisten, misalnya jam 5 pagi,maka diulangi besoknya pada jam yang sama.
    Peningkatan suhu tubuh saat terjaga secara terus menerus dalam beberapa hari menandakan terjadinya ovulasi.
    3.Menggunakan alat tes kesuburan
    Sekarang sudah banyak alat untuk mengetes kesuburan wanita.
    Sekali-kali boleh dicoba.

    Selain dari faktor istri, faktor suami juga perlu diperhatikan. Kondisi sperma harus sehat, jumlahnya 20 juta per cc.Sperma harus sehat,kuat dan lincah,sehingga bisa cepat mencapai sel telur yang matang.
    Biasanya dokter kandungan akan meminta suami untuk tes sperma jika perkawinan sudah lebih dari 1 tahun.

    Ibu Nita,stress punya peranan juga loh.Jika tubuh tidak santai,banyak pikiran dan capek,walaupun pas masa subur,bisa -bisa tidak berhasil.

    Jangan sedih dan kecewa bu,pasti ibu akan hamil.Memang kita suka membandingkan dengan teman-teman yang sangat cepat hamil,tapi banyak juga loh yang sampai puluhan tahun belum berhasil juga.

    Semua pasti ada jalan,selama kita berusaha,berdoa dan berserah pada Tuhan.

    Oya ibu Nita,sebelum hamil ada baiknya juga untuk mengkonsumsi asam folat dan makanan yang bergizi.
    Jika perlu tes darah untuk memastikan semuanya dalam keadaan baik sebelum hamil.

    Semoga bisa memberikan masukan ya.
    Mungkin ada ibu-ibu lain yang bisa berbagi pengalaman dengan ibu Nita,silahkan sharing disini.Ditunggu ya.

    Semoga Berhasil!

    Thursday, July 3, 2008 at 9:36 am | Permalink
  7. InfoIbuHamil wrote:

    Salam kenal juga bu Nina di NTT

    Ya betul,memang harus bersabar dan berdoa supaya bisa tercapai keinginannya.

    Memang banyak penyebab atau alasan, mengapa tidak kunjung hamil juga.Setiap wanita berbeda-beda kondisinya.
    Tapi pada umumnya, yang pertama harus diperiksa adalah dari pihak istri. Misalnya : Apakah ada miom/kista dalam rahim,saluran rahim tersumbat oleh polip, faktor hormon, atau hal lainnya. Apabila istri sehat dan tidak bermasalah,giliran suami yang diperiksa.Biasanya dilakukan tes sperma untuk mengetahui kondisi sperma,apakah lincah,kuat dan sehat.

    Namun jika sudah berusaha dan suami istri tidak ada masalah, semuanya kita serahkan sama Tuhan. Jika waktunya tiba, pada akhirnya akan hamil juga.

    Good luck dan selalu bersemangat.

    Thursday, July 3, 2008 at 10:25 am | Permalink
  8. Isna wrote:

    Salam Kenal,
    Saya berumur 22 tahun dan suami saya berumur 25 tahun.Kami sudah meikah genap 1 tahun bulan Juni lalu tetapi sampai sekarang kami belum juga dikaruniai,apakah mungkin siklus haid saya yang tidak lancar?saya akui sebelum menikah memang sering terlambat datang haid sekitar 2 atau 3 bulan.Akhir tahun 2007 saya pernah konsultasi dengan dokter kandungan tetapi jawaban dari dokter belum memuaskan saya lalu saya diberi obat untuk melancarkan haid dan hasilnya seminggu kemudian saya dapat haid.Yang jadi pertanyaan hal itu terjadi kembali pada saat ini saya belum juga dapat haid dari bulan april lalu yaitu sekitar 3 bulan.Sedangkan saya pernah mencoba alat uji kehamilan akhir mei yaitu 2 bulan lalu dan ternyata hasilnya masih negatif.Siklus apakah yang saya alami??? dan jenis makanan apakah yang harus saya konsumsi untuk melancarkan haid dan cepat mendapatkan keturunan.Untuk suami saya bagaimanakah caranya agar sel sperma yang di hasilkan sehat,kuat dan lincah,sehingga bisa cepat mencapai sel telur yang matang.

    Terima kasih.

    Monday, July 14, 2008 at 2:56 am | Permalink
  9. sinta wrote:

    penge banget hamil….gimana ya…??

    kalo berhubungan aku sering keputihan n timbul bau gak sedap…

    ada apa dengan ku,,,,???

    Tuesday, July 15, 2008 at 9:04 am | Permalink
  10. eva wrote:

    aku tiap datang bulan selalu tanggalnya berubah bulan mei tgl 17 bulan juni 16 dan bulan juli tgl 15
    sebenarnya tanggal berapa masa suburku ?
    karena sudah tiga bulan pernikahanku sampai sekarang belum hamil juga

    Wednesday, July 16, 2008 at 10:18 am | Permalink
  11. linda wrote:

    hallo dok.
    bulan juli ini usia pernikahan saya genap 1 tahun. tapi sampai sekarang saya belum hamil. di bulan ke 6 usia pernikahan saya, saya periksa ke dokter kandungan, karena saya sangat khawatir takut terjadi sesuatu. lalu saya di USG melalui vagina saya. dan hasilnya kata dokter kandungan saya bagus. setiap kali berhubungan suami saya cepat sekali ejakulasinya. apakah itu juga berpengaruh utk terlambatnya proses kehamilan saya dok?
    jika iya, makanan apa yang dapat dikonsumsi oleh suami saya atau bagaimana caranya agar suami saya tidak cepat ejakulasi. lalu jika hasil dari USG tsb rahim saya dinyatakan bagus, apakah itu berati saya tidak mandul dok?

    Terima kasih.

    Wednesday, July 16, 2008 at 10:22 am | Permalink
  12. eva wrote:

    aku tiap datang bulan selalu tanggalnya berubah bulan mei tgl 18 bulan juni 17 dan bulan juli ini tgl 15
    sebenarnya tanggal berapa masa suburku ?
    karena sudah tiga bulan pernikahanku sampai sekarang belum hamil juga

    Friday, July 18, 2008 at 3:56 am | Permalink
  13. InfoIbuHamil wrote:

    Halo bu Isna,
    Senang berkenalan dengan ibu.

    Dilihat dari umur,bu Isna dan suami masih muda.
    Jadi peluang untuk terjadinya kehamilan cukup besar.
    Jika usia pernikahan sudah lebih dari 1 tahun,biasanya pasangan suami-istri baru berkunjung ke dokter kandungan untuk diperiksa dan dicari penyebabnya.

    Normalnya siklus haid datangnya setiap bulan sekali.
    Setiap wanita memang berbeda-beda,ada yang intervalnya
    2-3 bulan baru dapat haid,seperti yang dialami ibu Isna.Memang biasanya dokter kandungan akan memberikan obat untuk melancarkan siklus haid.
    Ibu Isna bisa coba ke dokter kandungan yang lain untuk cek lagi.Datang ke dokter kandungan yang lebih komunikatif dengan pasiennya.Boleh juga tanya ke teman-teman atau saudara,mereka pasti senang memberikan referensi untuk ibu.

    Salah satu ciri-ciri hamil memang tidak haid pada saat yang diharapkan,tapi melihat siklus ibu tidak teratur,tidak haid
    belum berarti sudah hamil.Ciri-ciri lain,diantaranya mual dan muntah,payudara menjadi lebih kencang dan menetap,pusing.

    Untuk makanan yang penting seimbang dan pola hidup yang sehat,tidak stress.
    Ibu Isna dan suami juga bisa coba minum madu dengan satu sendok bubuk kayu manis yang dicampur air segelas setiap pagi. Madu dan kayu manis dipercaya bisa menambah kesuburan.
    Boleh browsing dan search dulu di Google,ketik: madu dan kayu manis.Bisa juga dicoba teh herbal seperti: teh kayu manis atau teh jahe.
    Kopi juga bisa menambah kesuburan pria.
    Sperma akan “berenang” lebih cepat dan gesit.Asal tidak sampai ketagihan minum saja ya.

    Nah semoga bisa menambah pengetahuan ibu.

    Mungkin ada ibu-ibu yang sudah punya pengalaman minum madu+kayu manis,dan berhasil hamil?
    Bagi-bagi ceritanya ya.

    Friday, July 18, 2008 at 4:42 am | Permalink
  14. InfoIbuHamil wrote:

    Halo bu Sinta,

    Iya nih,semua ibu-ibu disini sudah pengen banget hamil ya.
    Kasusnya beda-beda,ada yang siklusnya haidnya lama,ada yang bingung hitung masa subur..nah kalo kasus bu Sinta beda lagi..masalah keputihan.

    Keputihan ada yang normal (keputihan fisiologis) dan abnormal (keputihan patologis).Keputihan normal warnanya bening, tidak berbau dan tidak ada rasa gatal.Tapi jika lendir yang keluar berwarna putih susu,kekuningan/hijau,lalu ada rasa gatal dan perih,bisa jadi ini keputihan yang abnormal yang disebabkan oleh bakteri atau kuman/parasit.Faktor kebersihan harus iperhatikan,misalnya: kualitas air yang dipakai,kurang bersih dan kering dalam membersihkan vagina setelah buang air,dll.

    Jika keputihan cukup menganggu,segera diobatin ya bu.
    Ada yang memakai air rendaman daun sirih untuk membersihkan vagina.Tapi lebih baik dikonsultasikan ke dokter kandungan,agar masalahnya tuntas dan diberi obat yang tepat.

    Bagi-bagi ceritanya ya buat ibu-ibu yang punya masalah yang sama dengan bu Sinta.

    Friday, July 18, 2008 at 5:03 am | Permalink
  15. InfoIbuHamil wrote:

    Halo bu Eva,

    Mungkin ibu bisa baca comment untuk ibu Nita. Masa subur biasanya dihitung 14 hari dari tanggal terakhir haid jika siklus 28 hari.

    Misalnya: Tgl.terakhir haid ibu tgl.15 Juli, berarti masa subur sekitar tgl.29 Juli. Tapi boleh sudah melakukan hubungan pada tanggal 25,26,29 Juli.

    Selain itu bisa juga dibantu dengan petunjuk-petunjuk seperti perubahan lendir,basal tubuh atau dengan mengunakan alat pengukur kesuburan yang sudah banyak beredar dipasaran,seperti: Fertitest.

    Semoga berhasil ya.

    Monday, July 21, 2008 at 9:10 am | Permalink
  16. InfoIbuHamil wrote:

    Hi ibu Linda,

    Jika ibu pernah periksa ke dokter kandungan,apakah pernah diberi obat penyubur,seperti serophene/profertil?
    Lalu apakah suami juga pernah diminta untuk tes sperma?
    Kehamilan terjadi tidak hanya dari kondisi siap istri,tapi perlu kondisi siap suami juga.

    Kondisi rahim yang bagus,tidak ada kista atau miom dirahim,disaluran rahim juga tidak ada sumbatan,kondisi telur yang matang dan siap dibuahi,dan lain-lain.
    Nah apabila istri sudah tidak ada masalah dan usia pernikahan sudah 1 tahun,sperma suami boleh diperiksa.
    Biasanya dokter kandungan akan menyarankan agar suami dites spermanya.

    Ibu Linda juga harus menjelaskan tentang masalah yang dialami suami pada dokter kandungan ibu,misalnya ejakulasi dini. Apabila suami mengalami ereksi diluar vagina,sudah pasti tidak akan terjadi kehamilan.Namun ada juga ada yang ejakulasi dini,tapi posisi sudah didalam vagina,ada kemungkinan sperma masuk kerahim dan terjadi pembuahan.

    Ejakulasi dini bisa juga disebabkan karena efek psikologis,seperti sedang capek,stress,penyakit,dan lain-lain. Jadi kondisi suami dan istri harus santai saat behubungan.

    Buku2 dibawah ini bisa dijadikan referensi:
    -Meningkatkan Kesuburan Untuk Kehamilan Alami
    Karangan: Anne Charlish & Kim Davies
    -Let’s make babies (Panduan Bagi Pasangan Yang Ingin Cepat Memiliki Anak)
    Terbitan: Nexx Media Inc.,

    Semoga berhasil.

    Monday, July 21, 2008 at 10:26 am | Permalink
  17. lara wrote:

    salam kenal

    saya 22 thn dan suami 32 thn ingin bener mempunyai momongan sudah 2 thn menikah namun belum juga muncul,sedih rasanya melihat teman atau sodara begitu menikah cepat mendapatkan momongan,saya sudah periksa kedocter kandungan hasil telor saya bagus dan tidak ada masalah.

    yang saya mau tanyakkan ,bulan juni mens saya tgl 20,dan mens terakhir tgl 23 juni.saya hitung siklus 28 hari.pas bulan ini saya memang mendapat mens tgl 21 juli ,nah berarti bulan depn (agust)kalo saya hitung siklusnya 28 hari dari terakhir mens tgl 25 juli,berarti jatuh mens saya tgl 22 agust benerkan?
    jadi masa subur saya jatuh tgl 8 agust apakah bener hitungan masa subur saya?

    bagi2 cerita yaa…saya dan suami pingin bener punya baby
    terima kasih

    Friday, July 25, 2008 at 1:52 pm | Permalink
  18. niqy wrote:

    Salam kenal,

    saat ini saya lagi bingung.. hamil gak ya??
    saya sudah 11 hari telat dengan siklus haid 30 hari dan biasanya teratur. beberapa kali test pack hasilnya negatif. Hari ke 12 terjadi pendarahan seperti M tapi sedikit dan besok harinya ternyata masih pendarahan seperti haid dan lebih banyak.
    apakah saya hamil dan kemudian keguguran?? apakah pada saat hamil saya boleh berhubungan dengan suami? karena malam sebelum terjadi pendarahan saya melakukan hub suami istri.

    Terima kasih…

    Monday, July 28, 2008 at 11:44 am | Permalink
  19. InfoIbuHamil wrote:

    Salam kenal juga bu Lara,

    Ibu jangan sedih ya, mungkin memang belum waktunya saja.
    Pasti nanti ada waktu ibu Lara akan hamil,jadi sabar dan selalu berusaha dan berdoa.Serahkan semua pada Yang Kuasa.

    Seperti jawaban untuk ibu Nita,untuk hitungan masa subur masing2 ibu berbeda-beda tergantung dari siklus haidnya.
    Jika dilihat dari data bu Lara,siklus haid ibu sebenarnya 31 hari,dihitung dari tanggal ibu pertama dapat haid,bukan haid berakhir.Kalo bulan Juli ini haidnya tanggal 21 Juli,berarti haid bulan Agustus,sekitar tanggal 21 Agustus.

    Masa subur,untuk mudahnya dihitung 14 hari dari tgl.terakhir haid saja,kalo tgl.21 Juli,berarti masa subur sekitar tgl.6 Agustus.Bisa dibantu juga dengan ciri2 lain seperti,perubahan lendir atau dengan bantuan alat tes kesuburan.
    Kadang siklus haid bisa berubah-ubah,bisa panjang sampai 35 hari atau pendek sekitar 24 hari setiap bulannya.

    Nah,minggu depan sudah bisa coba untuk berhubungan dengan suami,dari tanggal 4 Agustus lalu tanggal 6 Agustus,diberi jeda dua hari.
    Semoga saja kali ini bisa berhasil.Cobalah untuk lebih relax dan tidak terlalu memaksa harus ada hasilnya,jadi dinikmati saja.

    Good luck!

    Friday, August 1, 2008 at 7:54 am | Permalink
  20. InfoIbuHamil wrote:

    Salam kenal juga bu Niqy,

    Biasanya jika sudah dites beberapa kali dan hasilnya negatif,kemungkinan tidak hamil.Apalagi ibu mengalami pendarahan seperti haid.Bisa jadi telat haid saja bukan keguguran.Tapi untuk lebih pastinya,ibu bisa cek ke dokter kandungan.

    Jika memang telat haid ,walaupun hanya telat 1 atau 2 hari,kadang tes pack sudah bisa mengindikasikan kehamilan,karena adanya hormon kehamilan (HCG).
    Selain itu jika terjadi kehamilan,ciri2 lainnya adalah payudara yang nyeri dan kencang yang sifatnya menetap, pusing,mual dan muntah.

    Apabila sudah tahu hamil,lebih baik jangan melakukan hubungan suami-istri dulu.Apalagi untuk trimester pertama atau awal kehamilan.
    Lalu bila belum tahu hamil,tapi sudah ada tanda2,seperti telat haid,pusing,cepat lelah,payudara nyeri,lebih baik tunda dulu ya bu.

    Terima kasih dan terus berusaha ya bu.

    Friday, August 1, 2008 at 8:36 am | Permalink
  21. Deny yoshendri wrote:

    Aku 38 thn hampir 6 thn menikah dan istri ku ada gejala diabetes dan positif kista,apa bs kami pnya anak ?mohon bantuannya.terimakasih.

    Monday, August 4, 2008 at 1:05 pm | Permalink
  22. itha wrote:

    salam kenal dokter..
    saya berusia 33 tahun suami 48, menikah sdh 6 tahun blm juga diberi momongan. kami sdh merencanakan untuk program bayi tabung bulan ini di salah satu Rs di jakarta.
    yang ingin saya tanyakan apakah dokter tahu makanan2 yang tidak/ bisa saya makan menjelang program bayi tabung. Karena setiap saya menanyakan ke dokter kandungan , mereka selalu bilang tdk ada pantangan makanan u/ program ini.Padahal menurut teman2 senasib yang pernah juga Bayitabung semestinya tetap hati2 dlm memilih menu, terusterang ini program mahal kan dok, mohn bantuannya.
    dan apakah benar susu kedele ( makanan kedele) u/ suami dapat menurunkan jumlah produksi sperma?
    terimaksih sebelumnya.

    Tuesday, August 12, 2008 at 8:09 am | Permalink
  23. lana wrote:

    saya berusia 28 tahun dan udah menikah kurang lebih 8 tahun tapi belum juga punya anak , sewaktu periksa kedokter, katanya rahim ku tidak ada masalah dan emang sih sperma punya suamiku 50% sel telurnya yang baik, tapi pernah di tahun yang lalu aku tidak datang haid selama 3 bulan dan ada keluar flek berwarna coklat tapi cuma 1 hari saja terus aku periksa tapi hasilnya selalu negatif dan dan kata dokter spesialis kandungan aku harus minum obat supaya aku datang haid dan aku minum obat nya akhirnya aku haid juga,dan sampai 1 tahun itu haid ku normal saja dan baru sekarang ini haid ku ngga keluar darah, yang keluar itu kaya flek berwarna coklat 1 hari saja dan ternyata hari yang ke 5 keluar lagi tapi cuma 1 hari saja habis itu ngga ada lagi darah yang keluar. dan saya mohon minta penjelasan dari dokter,mohon minta saran dan informasinya supaya saya cepat punya keturunan. terimakasih sebelumnya.

    Tuesday, August 12, 2008 at 9:21 am | Permalink
  24. InfoIbuHamil wrote:

    Halo pak Deny,

    Jika sudah diketahui istri ada gejala diabetes dan positif kista sebelum hamil, alangkah lebih baik diobati dahulu.
    Bisa jadi itu salah satu faktor penyebab sulit hamil.
    Ibu hamil yang menderita diabetes juga beresiko terhadap kehamilannya.

    Pak Deny dan istri bisa berkonsultasi langsung dengan dokter kandungan mengenai masalah ini,sehingga bisa dicarikan jalan keluar dan diberikan pengobatan yang tepat.

    Semoga bisa menjawab pertanyaan pak Deny.
    Terus berusaha dan berdoa,semoga bisa tercapai keinginannya.

    Thanks.

    Friday, August 15, 2008 at 2:46 am | Permalink
  25. PUTRI wrote:

    saya wanita berusia 22 tahun,dan suami 28 tahun.kami menikah sudah 16 bulan(1 tahun lebih 4bulan). saya mempunyai keluhan sakit haid sejak SMA kelas 3, sebelumnya tidak pernah.sakit haid saya bukan dibagian perut bawah seperti halnya wanita lain, namun sakitnya sampai kebawah maksudnya sakit diantara vagina dan dubur sehingga pada saat buang air besar, rasa nyeri yang luar biasa selalu saya rasakan. saya sudah berobat ke dokter, dan kata beliau ada pendarahan diluar area saat saya haid.kemudian saya diberi obat satu untuk menyetabilkan hormon haid dan satu untuk kesuburan. saya juga diberi anjuran berhubungan dengan suami 4hari saja (istilahnya 4 hari itu masa subur)dan yang membuat aneh, setelah semua saran dokter saya kerjakan pada keesokkan harinya setelah berhubungan 4 hari perut saya sakit sampai-sampai untuk berjalan saja nyeri. saya tidak bisa periksa karena suami bekerja dan kebetulan kami erantau berdua jadi tidak ada saudara dekat dan sakit itu hanya berlangsung 24 jam saja.karena saat besoknya mau priksa ke dokter sudah tidak merasakan apa-apa.yang saya tanyakan apakah sakit 24jam tersebut proses pembuahan? tetapi kenapa disertai rasa sakit?dan sampai saat ini saya juga belum hamil?mengapa saya merasakan sakit haid saat SMA kelas 3?

    Tuesday, August 19, 2008 at 2:41 am | Permalink
  26. InfoIbuHamil wrote:

    Salam kenal kembali ibu Itha,

    Bu Itha dan suami pasti sudah tidak sabar untuk memiliki momongan ya.
    Program bayi tabung biasanya pilihan terakhir bagi pasangan suami-istri yang sulit punya anak.
    Jika masih ada kemungkinan untuk hamil secara alami,lebih baik untuk hamil alami. Namun semua terserah bu Itha dan suami.

    Apabila sudah mengambil keputusan untuk mengikuti program bayi tabung,memang lebih baik untuk menerapkan pola makan yang seimbang dan sehat. Sebenarnya tidak ikut programpun kita tetap harus makan makanan yang seimbang dan sehat.
    Jika badan sehat,kehamilan akan lebih lancar.

    Untuk para suami dan istri,biasanya disarankan untuk berhenti merokok,jika perokok,menghindari alkohol dan kafein , mengurangi stres,menerapkan pola makan sehat,olahraga teratur dan rileks.

    Pola makan sehat yaitu makanan yang seimbang kandungan gizinya.Vitamin C dan seng bisa membantu kesuburan suami.
    Untuk istri,sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat,zat besi,seng dan kalsium.

    -Asam folat terdapat diantaranya pada brokoli,bayam,pisang,jeruk.
    -Zat Besi biasa ditemukan pada daging merah,kacang-kacangan dan kuning telur
    -Seng bisa ditemukan pada tiram dan telur
    -Kalsium ada pada susu,keju dan roti.

    Ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa susu kacang kedelai atau makanan kedelai bisa menurunkan jumlah sperma.Jika ragu,lebih baik tidak dikonsumsi dulu.

    Ok bu Itha dan suami,semoga sukses mengikuti program bayi tabungnya.

    Terima kasih.

    Tuesday, August 19, 2008 at 3:40 am | Permalink
  27. InfoIbuHamil wrote:

    Halo bu Lana,

    Sabar ya,cukup lama juga menanti datangnya momongan.
    Sama seperti pasangan lain yang belum memiliki momongan,kunci pertama harus mengetahui dulu masalah yang menyebabkan sulit punya anak.Apakah dari pihak istri,atau dari pihak suami.
    Nah,jika sudah diketahui,harus langsung diobati dan diatasi.

    Ibu Lana bisa membaca jawaban untuk masalah yang hampir sama seperti jawaban untuk ibu Isna.

    Bisa baca juga posting terbaru tentang :
    “Tips Sederhana Biar Cepat Hamil”

    Semoga berguna dan memberikan hasil ya.

    Tuesday, August 19, 2008 at 3:59 am | Permalink
  28. ratna wrote:

    salam kenal..
    saya baru2 ini ikut program bayi tabung sudah berhasil hamil 2 bln tapi ternyata janin tdk berkembang shg hrs dikuretase.Yang saya mo tanya dok, kenapa janin saya tdk berkembang ya apa mungkin stres jg berpengaruh krn sy bekerja atau ada sebab lain?
    Sebelum dan sesudahnya terimakasih.

    Tuesday, August 19, 2008 at 5:31 am | Permalink
  29. sylvi wrote:

    “saya dan suami berusia 27 tahun dan telah menikah 1 tahun. hingga saat ini belum dikaruniai momongan. kami ingin sekali cepat2 memiliki momongan. akhir2 ini saya telat mens 2 bulan. Sudah saya test pack ternyata hasilnya negatif. akhirnya saya ke dokter untuk memastikannya. dan ternyata kata dokter karena faktor hormonal yang tidak seimbang dan berat badan saya 82 kg overweight terlalu berlebihan. disamping itu saya juga mengalami keputihan terdapat jamur yang banyak setelah diperiksa oleh dokter. Sayapun diberi obat untuk telat mens dan juga untuk keputihan. yang ingin saya tanyakan apakah ada hubungannya siklus haid saya ini dengan kehamilan dan juga keputihan dan kehamilan serta berat badan? mohon petunjuknya

    Wednesday, August 20, 2008 at 12:20 pm | Permalink
  30. InfoIbuHamil wrote:

    Untuk ibu Putri,

    Ibu,disarankan untuk cek kembali ke dokter spesialis kandungan jika masih timbul keluhan yang mengganggu,walaupun esok harinya sudah tidak ada keluhan.

    Apabila sakit/nyeri haid (dysmenorrhoea) sampai mengganggu dan menyebabkan sakit yang parah,ada kemungkinan karena penyakit seperti infeksi rahim, kista/polip atau Endometriosis.

    Namun,lebih baik ibu Putri kontrol kembali ke dokter kandungan, bisa dokter yang sama atau ke dokter kandungan yang lain,untuk mendapatkan second opinion.

    Proses pembuahan biasanya terjadi apabila ada sel telur yang matang/terjadinya ovulasi dan siap dibuahi oleh sperma.Apabila sel telur belum matang,sperma yang sudah ada didalam,bisa menunggu/bertahan sampai sekitar 2-3 hari.
    Disarankan untuk berhubungan pada masa subur dan diberi jeda 2 hari,agar kualitas sperma yang masuk juga bagus.
    Biasanya proses terjadinya pembuahan tidak disertai rasa sakit.

    Semuanya harus dicek lebih teliti,agar bisa dicari solusi tepat untuk ibu Putri dan tujuan ibu agar cepat hamil juga segera terwujud.

    Semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Terima kasih.

    Friday, August 22, 2008 at 9:08 am | Permalink
  31. InfoIbuHamil wrote:

    Selamat bergabung dan salam kenal bu Ratna,

    Turut prihatin atas peristiwa yang ibu alami.
    Memang ada kemungkinan janin tidak berkembang pada kehamilan trimester pertama,dengan program bayi tabung atau alami.

    Trimester pertama (1-3 bulan) merupakan masa kehamilan yang rawan,karena merupakan proses awal pembentukan janin.
    Jika sudah diketahui positif hamil,memang lebih baik dijaga baik-baik agar tidak terjadi keguguran.

    Namun kadang walaupun sudah dijaga,bisa saja ada kemungkinan janin tidak berkembang baik.Banyak faktor penyebab, misalnya faktor genetik,misalnya kualitas sperma,kualitas sel telur yang kurang baik,adanya infeksi,dan lain-lain.
    Lebih baik ditanyakan kepada dokter yang menangani proses bayi tabung ibu untuk penyebabnya.

    Faktor stres atau kecapean juga bisa menyebabkan keguguran pada trimester pertama.

    Namun jangan menyerah ya bu,terus mencoba dan berdoa.
    Jika memang sudah waktunya,pasti akan terjadi.

    Good luck!

    Friday, August 22, 2008 at 10:11 am | Permalink
  32. InfoIbuHamil wrote:

    Halo bu Sylvi,

    Faktor hormonal memang bisa membuat siklus haid menjadi tidak teratur,normalnya siklus haid sebulan sekali,antara 21 hari s/d 35 hari.Jika siklus haid teratur,akan lebih mudah mengetahui masa subur dibanding dengan siklus haid yang tidak teratur. Memang lebih baik diobati dulu,supaya siklus haid teratur.Begitu pula dengan keputihannya, apalagi keputihan yang mengganggu,seperti gatal dan berbau karena adanya infeksi jamur,segera diobati.

    Bisa jadi keputihan menyebabkan sulit hamil,karena sifatnya yang asam bisa membunuh sperma dan menyulitkan jalannya sperma ke rahim.Namun ada juga yang mengalami keputihan tapi bisa hamil, jadi tergantung dari jenis keputihan yang dialami.

    Berat badan berlebih bisa juga menjadi kendala seorang wanita untuk hamil,karena bisa mengganggu kesuburan akibat adanya penyakit darah tinggi,kolesterol atau diabetes.

    Berat badan ideal bisa dihitung dengan metode Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan rumusan seperti dibawah ini:
    IMT = Berat Badan dalam satuan kilogram dibagi dengan Tinggi Badan dalam satuan meter yang sudah dikuadratkan.
    Contoh:
    Berat Badan bu Sylvi : 82kg dan tinggi badan misalnya: 160cm,jadi : 82 : (160)2 = 25.62
    IMT ideal : 20-25
    IMT yang lebih dari 40 tidak baik dan merugikan kesuburan
    IMT yang lebih dari 30 berarti harus mengurangi berat badan
    IMT yang kurang dari 20 berarti harus meningkatkan berat badan.

    Jika dilihat contoh diatas,jika tinggi badan ibu Sylvi 160cm,IMT sudah ideal,walaupun ada lebih sedikit lebih,yaitu 25.62.

    Nah ibu Sylvi bisa menghitung sendiri IMT ibu,jadi apabila hasilnya lebih dari 30,disarankan untuk mengurangi berat badan.

    Terima kasih.

    Monday, August 25, 2008 at 4:14 am | Permalink
  33. VINA wrote:

    salam kenal dokter
    saya berusia 26thn dan suami saya berusia 33thn,saya menikah awal September’06.usia pernikahan kami sudah menginjak 2thn,tapi sampai saat ini saya belum dikaruniai seorang bayi.Pada awal pernikahan saya menggunakan alat kontrasepsi,yang pertama kali saya gunakan adalah KB suntik 1bln, selanjutnya saya menggunakan Pil KB s/d bln Desember’06.
    Saya menggunakan alat kontrasepsi tsb karena sesuatu hal yang memang mengharuskan saya menggunakan alat kontrasepsi tsb.siklus menstruasi saya lancar setiap bulannya.
    apakah karena saya menggunakan alat kontrasepsi tsb saya belum hamil?.tolong di berikan solusinya dok.thx

    Friday, August 29, 2008 at 7:10 am | Permalink
  34. nitha wrote:

    salam kenal dok…
    nama saya nitha, umur 22 thn dan suami 24 thn, menikah sudah 1,3 thn, blm dikaruniai anak hingga sekarang, mens teratur,berkisar 29 hari, dan tidak merasa sakit, udah check USG ke 4 dokter, dan dokter bilang hasil nya bagus, tidak ada kista, dan dokter bilang semuanya baik, sudah melakukan hubungan suami istri tepat pada masa subur, suami juga udah check analisis sperma juga hasil nya baik, dokter pernah memberi obat dalfarol, profertil, laturol dan lain sebagainya…tp belum juga hamil dok? udah ke alternatif buat pijet juga saya lakukan dengan suami, tp hasilnya nihil…skrg hanya bisa pasrah aja dok, tp sejarah kesehatan saya, waktu saya masih gadis saya pernah mendapatkan keputihan yg sangat banyak, tp sejak SMA sampai kuliah udah hilang, apa karena itu ya dok? dan waktu melakukan hubungan suami istri, ada perasaan nyeri, dan suami tidak bisa terlalu lama ereksi… apa itu juga kendala sulit untuk hamil ya dok? tp hasil sperma yg dikeluarkan cukup banyak, dan selalu masuk saat penetrasi dok…mohon saran nya dok, terima kasih atas sarannya…

    Saturday, August 30, 2008 at 1:10 pm | Permalink
  35. InfoIbuHamil wrote:

    Halo bu Vina,

    Jika ibu sudah lama lepas mengkonsumsi pil KB,seharusnya efeknya sudah tidak ada.Sekarang yang harus diperhatikan adalah kondisi siap ibu dan suami.

    Maksudnya adalah apakah setiap bulan siklus haid lancar dan bisa berovulasi/ada sel telur yang matang,kondisi rahim bagus,saluran rahim tidak ada yang tersumbat dan lain-lain.
    Sedangkan kondisi siap suami diantaranya kualitas sperma yang baik,lincah dan cepat untuk bisa membuahi sel telur yang matang.
    Ibu juga harus tahu kapan masa subur ibu dan lakukan hubungan pada masa subur.
    Kesehatan juga hal penting harus diperhatikan.Badan harus sehat dan makanan harus yang bergizi dan seimbang.
    Faktor stress juga bisa mengganggu kesuburan,jadi harus lebih santai.

    Sebelum hamil,disarankan untuk check up kesehatan,salah satu nya adalah cek darah.Jadi jika ditemukan suatu penyakit yang bisa mengganggu kehamilan,seperti jantung,diabetes,bisa diobati dulu.

    Ibu juga sudah bisa mulai berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan jawaban yang lebih memuaskan.

    Selamat berusaha.

    Monday, September 1, 2008 at 9:58 am | Permalink
  36. InfoIbuHamil wrote:

    Salam kenal dan selamat bergabung bu Nitha,

    Ibu Nitha,apabila sudah dicek hasil rahimnya bagus,tidak ada kista atau miom,dan sudah diberikan obat penyubur seperti profertil,seharusnya ada lanjutan pemeriksaan dari dokter kandungan. Biasanya ada dokter kandungan yang menyarankan untuk melakukan HSG (Hysterosalpingogram),yaitu pemeriksaan dengan memasukkan suatu cairan kontras kedalam rahim melalui vagina,gunanya untuk mengetahui apakah ada penyumbatan di saluran tuba,lalu dirontgen.Namun memang kurang nyaman dalam prosesnya.

    Memang lebih baik,dalam pemeriksaan haruslah sampai tuntas,sehingga bisa mendapatkan hasil.
    Untuk jalur alternatif juga begitu,jika hanya sekali dua kali mungkin belum ada hasilnya,lebih dicoba selama 6 bulan dulu,jika belum ada hasil,baru mencoba cara lain.

    Sedangkan keputihan,jika sekarang tidak mengalaminya,seharusnya bukan penyebab sulit hamil.
    Nyeri saat berhubungan,bisa karena beberapa sebab,diantaranya endometriosis.Namun harus tetap diperiksa lebih lanjut.Sedangkan apabila ereksi pada suami sulit bertahan lama,juga perlu dicari penyebabnya,bisa jadi suami terlalu capek atau stress atau ada penyebab lainnya.

    Nah bu Nitha,selamat berusaha dan berdoa,semoga segera mendapatkan hasil.

    Terima kasih.

    Tuesday, September 2, 2008 at 9:55 am | Permalink
  37. phiet wrote:

    hai….aku juga mo ikutan sharing en juga mo banyak nanya :-). saya berumur 29 thn dan suami 32 thn…kami menikah pd bulan Feb 2008..pada saat nikah saya sedang menstruasi…yg ingin saya tanyakan adalah :
    1.kok saya blm hamil ya???ada saran apa yg harus saya dan suami lakukan..
    2.pada usia pernikahan brapa sich kami harus cek ke dokter kandungan??
    3.masa subur saya kapan ya?apabila saya mens pertama tgl 1 sept kmaren dgn rata2 siklus nya 30 hr?
    4.apa itu dalvarol,profertil??apa kah dijual bebas di apotik??ada efek samping ga minum itu??
    5.ada juga yg nganjurin minum obat china pai fung yen…apakah obat tersebut memang manjur??ada efek samping nya ga??

    Tolong dibantu donk…pls…thx

    Replied by: Infoibuhamil on September 06,2008

    Halo bu Phiet, salam kenal dan selamat bergabung

    Pertanyaan ibu,sudah mendapatkan jawaban dari bu Nitha yang sudah berhasil hamil.
    Kami coba menambahkan sedikit disini.
    1.Untuk bisa hamil yang terpenting adalah faktor siap dari istri dan suami,memang lebih baik ibu periksa dulu ke
    dokter kandungan untuk mengetahui apakah ada kendala penyebab sulit hamil.
    2.Biasanya disarankan setelah 1 tahun menikah,baru mengunjungi dokter kandungan untuk diperiksa.
    Namun tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan,supaya lebih cepat mendapatkan hamil.
    3.Masa subur,biasanya dihitung antara 10 s/d 14 hari dari tanggal pertama haid,bisa ikutin saran dari bu Nitha.
    Selain ini bisa dengan mengetes lendir yang keluar dari vagina/mucus.Biasanya pada puncak subur,lendir akan
    akan berciri transparan,licin dan melar jika dites dengan jari,seperti putih telur.
    4.Dalfarol memang vitamin E,sama seperti vitamin E yang lain.
    Sedangkan profertil adalah salah satu obat subur yang biasanya diresepkan oleh dokter kandungan,
    diminum selama 5 hari untuk mendorong terjadinya ovulasi.Namun pengobatan tidak boleh lebih dari 6 bulan siklus haid.
    5.Pai Fung Wan adalah obat herbal china yang sudah turun-temurun dianjurkan untuk meningkatkan kesuburan
    atau supaya cepat hamil,khusus untuk wanita. Manjur tidaknya tergantung masing-masing,tapi memang sudah
    banyak yang berhasil hamil setelah minum pai fung wan.Selama ini tidak ada yang melaporkan adanya efek samping.
    Tapi kalo bisa beli di toko obat cina yang terkenal atau titip beli sama teman yang pernah minum,karena ada beberapa
    model dan jenisnya.

    Semoga bisa menjawab pertanyaan ibu Phiet.
    Ibu juga bisa baca sharing dan comment dari ibu-ibu yang lainnya.

    Semoga cepat berhasil!

    Wednesday, September 3, 2008 at 2:49 am | Permalink
  38. ila wrote:

    Kami sudah 3 thn menikah, namun belum ada keturunan. umur saya 26th suami 27th. dulu ketika 9bln menikah kami sudah periksa, hasil USG rahim saya normal, sperma suami juga normal. Hanya saja dulu ketika SMP (waktu umur saya 14thn) pernah tidak haid selama 7 bulan akibat diet ketat yg pernah saya lakukan. Namun setelah itu haid saya selalu teratur, 1 bulan sekali, walaupun siklusnya berubah-ubah, kadang 24 hr, 28 hr bahkan pernah hingga 35hr. Pernah juga beberapa kali setelah berhubungan dengan suami, keesokan harinya keluar banyak cairan putih susu tapi tidak berbau, itu kenapa ya dok? Saya juga segan untuk tes HSG karena prosesnya yang amat sangat tidak nyaman.

    Mohon jawabannya. Terimakasih banyak.


    Replied by: Infoibuhamil on September 09,2008

    —————————————————-

    Halo bu Ila,

    Apabila haid sekarang teratur bisa lebih mudah untuk mengetahui kapan masa subur tiba, dan kemungkinan ada sel telur
    yang matang dan siap dibuahi.Untuk mengetahui masa subur,bisa baca comment untuk ibu Nita tgl.03 Juli 2008 dan Ibu Lara
    tgl.01 Agustus 2008.
    Cairan putih susu dan tidak berbau bisa jadi adalah keputihan,selama tidak gatal dan berubah warna menjadi hijau,abu-abu
    atau coklat,yang bisa jadi adanya indikasi infeksi jamur, ibu tidak perlu khawatir.

    Ibu Ila bisa mencoba cara alternatif seperti yang bu Nitha lakukan,semoga bisa membuahkan hasil.
    Selamat mencoba.

    Wednesday, September 3, 2008 at 11:48 pm | Permalink
  39. nitha wrote:

    pak dokter Yth.. saya nitha, kemaren tanggal 4 september saya tespack dan saya positif hamil, seneng bgt… ternyata memang bener saat itu pasti akan tiba… dan udah ke dokter udah keliatan kantung janinnya… mbak phiet ada disini? mungkin forum pak admin kepenuhan ya mbak :) tetap semangat ya mbak…
    udah menjalankan semua test ke dokter blm mbak?
    1.mbak harus cek dulu ke dokter, jika mbaknya dinyatakan ga ada masalah baru cek sperma suami.
    2.jika usia pernikahan 6 bulan blm juga hamil, langusng aja cek ke dokter mbak.
    3.klo tanggal 1 Sept mensnya, berarti tanggal 12 sampe 18 sept mbak phiet subur, lakukan hubungan satu kali dalam satu hari…
    4.dalfarol 400 Mg itu sejenis Vit E yg bisa menyuburkan, klo profertil membuat sel telur pada masa subur matang.di apotik byk yg jual kok mbak.
    5.mbak phiet banyak juga yg sukses dgn obatan china krn itu semacam obat herbal, saya pernah baca itu halal, konsumsi susu yg kaya vitamin asam folatnya aja mbak, seperti anmum. tp minum nya teratur.
    jika semuanya udah dijalankan dan udah cek ke dokter hasilnya bagus, tidak ada salahnya kita mencoba ke alternatif, mana tahu posisi rahim kita bermasalah, soalnya saya berobat ke alternatif cuma 3 kali urut, dan bulan depan nya langsung dinyatakan positif :) semoga bermanfaat…

    Friday, September 5, 2008 at 3:33 pm | Permalink
  40. phiet wrote:

    makasih ya dok…

    -nitha-
    hehehe bener bu (khan calon ibu :-)) ..abis di pa admin udah sesak bgt….btw kalo ke dokter bulan puasa gini gmana ya…eh vit E itu diminum tiap hari ya bu???aku juga udah rutin minum anmun…but kalo udah kedokter en blm hamil juga, aku mo coba obat cina itu ah…doa’in ya biar cepat nular hamilnya :-)

    Tuesday, September 9, 2008 at 4:46 am | Permalink
  41. jeane wrote:

    dok, saya sudah menikah 1 tahun 3 bulan usaia saya 25 dan suami 25, tapi sampai saat ini saya belum juga hamil2….sebelum menikah, haid saya lancar, namun setelah menikah jadi nggak teratur….4 bulan lalu saya tidak mengalami haid,pertama saya pikir mungkin saya hamil jadi saya test pakai testpack…ternyata hasilnya negatif,lalu saya konsultasikan ke dokter kandungan,dan saya di beri obat untuk memperlancar haid,dan 2 minggu kemudian saya haid…tetapi bulan depannya saya tidak haid lagi malah keluar bercak2 berwarna coklat selama 3 hari berturut2 tanpa ada maaf, darah haid nya….dan itu saya alami dibulan berikutnya,sampai saat ini..ada apa dengan saya dok??saya ingin sekali konsultasi ke dokter kandungan, namun karna pekerjaan saya menyita waktu saya,jadi saya belum sempat ke dokter…tolong bantu saya dokter….oia dokter sekedar informasi saya pernah di urut, katanya untuk memperbaiki posisi rahim yg mungkin keturun,dan saya di beri obat cina, berupa jamu utk menyuburkan kandungan, yang diminum 4hari sekali dan jumlah nya banyak…….apa ada efek nya ya dok…?? terima kasih atas jawabannya….

    Replied by Infoibuhamil on September 11,2008

    Salam kenal bu Jeane,

    Siklus haid yang tidak teratur (Oligomenorrhea) bisa diakibatkan ketidakseimbangan hormonal.Dokter kandungan biasanya
    memberikan pil hormon untuk melancarkan siklus haid.Haid yang keluar bisa sedikit bisa juga banyak.Namun karena setiap
    wanita memiliki keunikan sendiri,jadi lebih baik disempatkan waktu untuk ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan
    dan konsultasi lebih lanjut.
    Jika ingin menggunakan jalur alternatif untuk mendapatkan anak,lebih baik fokus dan konsisten menjalankannya.
    Memang ada yang berhasil hamil dengan pijat/urut perut,seperti ibu Nitha, ada juga yang berhasil setelah ke sinshe dan
    minum obat herbal cina.
    Biasanya obat herbal tidak mengakibatkan efek samping,karena biasanya bahan-bahan yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan/alami.
    Untuk pengobatan alternatif lebih baik didapat dari referensi saudara atau teman yang sudah pernah pergi dan berhasil,
    jadi kredibilitas dan tingkat keberhasilan lebih tinggi.

    Demikian ibu Jeane,semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Good Luck!

    NB:Untuk ibu2 yang punya pengalaman yang sama seperti ibu Jeane dan telah berhasil hamil, bisa berbagi cerita disini.

    Thursday, September 11, 2008 at 5:53 am | Permalink
  42. aimee wrote:

    Salam Kenal Dok,
    Saya saat ini berusia 34th, suami 40th, kami sudah menikah 8th sampai saat ini belum dikarunia anak. Kami ingin sekali memiliki momongan. Kami sudah usaha periksa ke 4 dokter, dan dinyatakan tidak bermasalah (saya maupun suami). Dan pernah mengikuti program inseminasi ttp gagal. Berbagai saran dari Dokter maupun dari teman-teman, orangtua dll sudah kami coba semua.Sampai saat ini haid saya teratur, tidak pernah terlambat. Apakah saya masuk dalam kategori mandul ? (karena saya pernah membaca sebuah artikel jikalala kedua pasangan tidak bermasalah sampai dg 1 th keatas pernikahan belum hamil, maka kemungkinan wanita dinyatakan mandul) Terus terang dok, saat tgl. akan datang bulan adalah saat-saat yang paling bikin saya cemas. Bulan Mohon saran dan masukkannya Dok.

    Replied by Infoibuhamil on September 12,2008

    Salam kenal dan bergabung ibu Aimee,

    Jika dilihat dari usia pernikahan yang sudah 8 tahun,sudah cukup lama juga ibu dan suami menanti kehadiran sang buah hati.
    Banyak faktor yang bisa mempengaruhi pasangan untuk mendapatkan anak.
    Boleh tahu,maksudnya tidak bermasalah itu bagaimana bu?
    Apakah ibu tahu penyebab kegagalan dari insenminasi tersebut?

    Kehamilan dapat terjadi apabila kondisi siap dari wanita dan juga pria.
    Mulai dari kesiapan sistem reproduksi wanita seperti rahim,sel telur yang matang, saluran rahim tanpa sumbatan, untuk pria adalah sel sperma yang sehat, lincah dalam jumlah yang cukup banyak/memadai,hingga bisa mencapai dan membuahi sel telur yang matang.Waktu berhubungan juga pada saat yang tepat,yaitu pada masa subur,sehingga peluang untuk terjadinya
    pembuahan lebih besar.

    Selain itu ada faktor diluar kontrol kita,jadi walaupun tidak ada masalah,dan sudah melakukan hal2 yang tepat untuk hamil tapi belum hamil juga,BERSERAH pada Tuhan merupakan sesuatu yang penting dilakukan juga.
    Banyak cerita dari pasangan yang sudah menikah sampai diatas 10 tahun bahkan 20 tahun,berhasil mendapatkan keturunan,justru setelah mereka sudah tidak memikirkan untuk punya anak.

    Jadi ibu Aimee tetap semangat ya,waktunya pasti akan tiba,asalkan tetap berusaha,yakin, berdoa juga pasrah/berserah pada yang Kuasa.Jodohnya bisa saja dari jalur alternatif,dokter kandungan bahkan secara alami.tidak ada yang tahu.

    Kategori yang ibu Aimee alami biasanya disebut sebagai infertilitas primer, yaitu kondisi dimana pasangan suami istri yang sudah menikah lebih dari 1 tahun dan telah melakukan hubungan/senggama secara teratur namun belum berhasil hamil.

    Nah bu Aimee jangan cemas,justru kalo cemas atau terlalu berharap,bisa-bisa membuat tubuh jadi stress.Memang sih tidak mudah untuk bisa santai dan berserah,tapi ibu pasti bisa.Ibu bisa ikut dalam kelas-kelas relaksasi seperti Yoga, Hypnotherapi dan lain-lain.Ibu bisa baca juga artikel: Tips Sederhana Biar Cepat Hamil di website infoibuhamil.com ini.

    Semoga bisa memberikan manfaat ya.
    Terus Mencoba!

    Friday, September 12, 2008 at 7:09 am | Permalink
  43. aimee wrote:

    Terima kasih dukungannya Dok,
    Yang dimaksud tidak bermasalah, saya sudah pernah ditiup, kata dokter hasilnya bagus / tidak ada penyumbatan, terus juga pernah HSG juga oleh dokter dinyatakan bagus. Dan menurut ke 4 dokter sel telur yang dihasilkan juga bagus. Dan suami juga sudah tiga kali melakukan tes sperma, dan dinyatakan bagus, produksi sperma bagus, cuma memang pernah waktu itu di dokter diperiksa hasil 1 jam setelah hubungan, sperma yang hidup dan bergerak di dalam mulut rahim hanya 50% saja, apakah hal itu juga berpengaruh ? Karena waktu itu kami tanyakan dokter menyatakan bahwa tidak masalah. Yang paling membuat kami bingung waktu ke 4 dokter bilang kenapa gak berhasil ya ? Lha Wong dokter aja bingung apalagi kita yang awam… Bener juga Dok, mungkin memang kami harus lebih legowo dan berserah. Boleh tanya Dok untuk profertil biasanya diminum hari ke berapa saat haid ya Dok ? trus berapa hr mengkonsumsinya ? Kami sekarang lagi usaha dengan makan makanan yg sehat dan minum vit C & Zinc, suami saya terapi makan buah semangka katanya bagus untuk memperbaiki kwalitas sperma. Senang dan lega rasanya bisa sharing di sini, saya tunggu jawabannya ya Dok, terima kasih.

    Saturday, September 13, 2008 at 5:49 am | Permalink
  44. InfoIbuHamil wrote:

    Halo ibu Aimee,

    Ibu Aimee dan suami sepertinya cukup sabar walaupun sudah banyak melewati dan menjalani beberapa pemeriksaan dan pengobatan.
    Jika sudah pernah ditiup rahim dan HSG dan hasilnya bagus tidak ada sumbatan, biasanya kualitas sel sperma suami yang akan dicek.

    Nah,seperti yang ibu Aimee sebutkan hanya 50% saja sel sperma suami yang hidup dan bergerak dimulut rahim, ada
    kemungkinan zat lendir yang dikeluarkan kelenjar leher rahim bersifat memusuhi sperma (antibodi/alergi terhadap sperma).
    Kemungkinan hamil lebih kecil terjadi karena sel sperma tidak bisa bergerak dan lumpuh,sehingga tidak bisa mencapai sel telur yang matang atau sel telur menolak sel sperma.
    Bila ini terjadi,perlu perawatan dan pengobatan lebih lanjut.

    Dosis minum profertil adalah 1 tablet perhari dimulai 5 hari sejak permulaan siklus haid selama 5 hari.Pengobatan tidak boleh lebih dari 6 siklus haid.
    Ibu lebih baik konsultasikan lagi ke dokter kandungan.

    Ya benar bu,sebelum hamil lebih baik perbaiki dahulu kondisi badan,supaya lebih siap menghadapi kehamilan dan melahirkan bayi yang sehat.

    Ibu bisa mencoba pengobatan lewat jalur alternatif,seperti yang ada di artikel : Alternatif Lain Yang Ingin Cepat Hamil.Siapa tahu bisa berjodoh.

    Tetap semangat ya bu,pasti dibukakan jalannya.
    Kami semua selalu dukung dalam doa.

    Monday, September 15, 2008 at 4:21 am | Permalink
  45. anna wrote:

    salam kenal,
    saat ini umur saya 31 th, hampir 3 th menikah saya dan suami belum di kasih momongan.saya udah coba alternatif pijat,akupuntur n sudah 3 bulan ini saya rutin terapi dokter…saya sering berkecil hati hadapi kenyataan ini,saat temen2 saya sudah punya anak yang lucu2,malah minder.histori haid saya tidak teratur,pernah saat nikah ini, saya 1 th tidak haid..namun etelah terapi dokter, haid jadi teratur.doakan yaaaaa.semalem saya terapi, uah keliatan sel telurnya…..mohon doa

    Comment by Infoibuhamil on September 16,2008

    Salam kenal ibu Anna,

    Ibu Anna,jangan khawatir,waktunya akan TIBA. Selama terus berusaha dan tetap berdoa,pasti ada jalannya.
    Memang terkadang timbul rasa bosan,kesal,stress,minder dan berkecil hati selama penantian yang tidak kunjung ada hasilnya.

    Tapi bu,semua itu adalah proses,justru kita akan semakin sabar dan banyak mendapatkan pengalaman dari situ.
    Kadang2 dalam hati selalu bertanya: MENGAPA orang lain sangat mudah untuk hamil,malah teman2/saudara yang menikahnya belakangan sudah dikaruniai anak yang lucu,sedangkan saya..kenapa tidak hamil2??
    Wajar kok bu kalau hati galau,tetap berpikir positif,yakin dan percaya pasti ibu akan hamil itu suatu hal yang lebih menguntungkan dan menenangkan hati kan?

    Nah ibu Anna,kita semua mendoakan ibu,supaya terapi kali ini bisa mendapat HASIL dan jika belum berhasil juga,terus mencoba
    dan jangan bersedih ya.

    Ayo ibu2,kita dukung dalam doa dan semangat untuk ibu Anna.

    Ini ada kata-kata bijak dari Napoleon Hill:
    “Whatever the mind can conceive and believe, it can achieve”

    Tuesday, September 16, 2008 at 7:26 am | Permalink
  46. jeane wrote:

    terima kasih dokter atas jawabannya…….yang sekarang mau saya tanyakan lagi,apa kah tidak berbahaya bercak coklat yg keluar dalam jumlah banyak dan kental,di tiga bulan terakhir ini, tanpa disertai haid? soal nya saya takut kalau2 ada kelainan di rahim saya dokter…..apakah itu salah satu penyebab saya sulit untuk hamil?? terima kasih dokter….

    Comment by Infoibuhamil on September 17,2008

    Halo bu Jeane,
    Terima kasih kembali.

    Bisa jadi bercak coklat itu adalah darah haid, kadang memang bisa hanya berupa bercak coklat atau darah yang sedikit keluarnya.Siklus haid yang tidak lancar, bisa dipicu dari hormon.Tapi untuk lebih pastinya harus dilakukan pemeriksaan ke dokter kandungan kembali,apalagi ingin segera hamil,siklus haid harus dibuat lancar dan supaya cepat diketahui penyebab sulit hamil.

    Saran kami jangan tunda pengobatan,lebih cepat lebih baik.
    Pilih pengobatan yang paling sesuai dan cocok dengan ibu dan suami, lewat medis atau alternatif yang penting percaya.

    Tetap semangat!

    Tuesday, September 16, 2008 at 7:32 am | Permalink
  47. aimee wrote:

    Dok, saya mo tanya nich, saya terbiasa suka mengkonsumsi mentimun, apakah makan mentimun bisa menyebabkan antibodi/alergi thdp sperma ?
    Terima kasih sebelumnya.

    Comment by Infoibuhamil on September 23,2008

    Halo bu Aimee,

    Konsumsi mentimun bukan penyebab antibodi/alergi terhadap sperma.Mentimun justru banyak dimanfaatkan sebagai obat alami,karena bisa mendinginkan,bersifat antiradang dan memperbanyak pengeluaran air seni.
    Untuk mengetahui apakah tubuh ibu terdapat antibodi terhadap sperma,diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.
    Jadi kalo hasilnya memang terdapat antibodi,akan dilakukan pengobatan untuk mengatasinya.

    Terima kasih.

    Friday, September 19, 2008 at 8:34 am | Permalink
  48. Sari wrote:

    Asswrwb …Selamat Siang Pak.
    Terimakasih atas adanya Forum sharing ini.
    [Semoga Allah SWT selalu memberikan berkah Nya bagi Bapak]

    Perkenalkan nama saya Sari, 27th ,dengan suami yg seumur, saya sudah menikah 1 tahun 3 bulan. 2 bulan setelah pernikahan saya sempat hamil, tapi hanya bertahan 2 bulan saja. Saya keguguran Pak.
    Setelah itu hingga kini saya belum hamil kembali.
    Menurut dokter, katanya sel telur saya kyrang matang & tidak pecah .
    1. Apa penyebab sel telur kurang matang & tidak pecah?
    2. Saya ada kista ovarium di sebelah kanan +/- 0,5 cm
    apakah itu juga berpengaruh?
    Sebelumnya kista saya 4 cm Pak. Tapi alhamdulillah
    waktu itu Allah memberikan saya kehamilan cepat.
    3. Apa obat tradisional untuk sel telur agar cepat pecah & kista? sebelumnya saya minum Jelly Gamat untk kista saya

    Mohon informasinya Pak.
    Terimakasih

    Comment by Infoibuhamil on September 24,2008

    Waalaikumsalam,
    Halo ibu Sari selamat bergabung,

    Terima kasih untuk sharingnya.

    Sabar ya bu,memang terkadang pembuahan bisa gagal dengan berbagai sebabnya.
    Masa trimester pertama merupakan masa yang rawan,karena proses awal dari pembentukan.
    Sel telur yang tidak matang/pecah,bisa disebabkan karena faktor hormonal.Namun bisa jadi ada sebab-sebab lainnya.
    Biasanya dokter kandungan akan memberikan obat penyubur untuk mematangkan sel telur.
    Untuk kasus adanya kista,selama kista tidak terlalu besar,kehamilan bisa saja terjadi.Banyak juga ibu-ibu yang hamil dengan kista didalam rahimnya.Asalnya kista tidak besar dan bersifat permanen, jika ukurannya besar misalnya : 5-6cm,lebih baik dilakukan pembedahan untuk diangkat.

    Jika ibu Sari lebih memilih jalur alternatif/tradisional,,mungkin bisa coba untuk berobat dengan pak Sobri (bisa baca artikel:Alternatif Lain Bagi Yang Mau Cepat Hamil).
    Ibu boleh terus mengkonsumsi Jelly Gamat yang berasal dari teripang/sea cucumber untuk kesehatan.
    Ada juga yang mengkonsumsi mahkota dewa,madu,kayu manis,dll untuk kesuburan,jadi ibu bisa pilih ingin mencoba yang mana.

    Semoga bisa menjawab pertanyaan ibu dan tetap semangat!
    Terima kasih.

    Wednesday, September 24, 2008 at 5:36 am | Permalink
  49. meike wrote:

    sakitkah melakukan hsg?

    Comment by Infoibuhamil on October 09,2008

    Halo salam kenal bu Meike,

    HSG sepertinya “mengerikan” jika dilihat dari prosesnya,dimana dokter radiologi akan memasukkan dengan alat khusus cairan kontras melalui vagina ke dalam saluran rahim untuk mengetahui apakah ada penyumbatan atau tidak.Hasilnya di foto dan bisa langsung kelihatan.
    Selama tubuh kita rileks dan tidak tegang,prosesnya tidak menyakitkan.
    Biasanya setelah melakukan HSG, rahim akan berkontraksi,nah proses kontraksi ini bisa sedikit menyakitkan,seperti sakit sewaktu datang bulan. Namun prosesnya tidak lama.

    Jadi ibu Meike tidak perlu khawatir,jika memang harus di HSG,dijalankan saja,pasti bisa dilewati.

    Tetap semangat ya bu.

    Monday, October 6, 2008 at 9:06 am | Permalink
  50. Ovie wrote:

    Assalamualaikum..
    Buat semua yang ada di forum ini, saya mau mengucapkan selamat idul fitri dan maaf lahir bathin buat yang merayakannya.
    Saya 25 tahun dan suami 26 tahun. Kami sudah menikah selama 1 tahun 4 bulan. Pada usia perkawinan 3 bulan saya hamil tetapi tidak bertahan lama karena pada umur kandungan 11 minggu harus di kuret karena Blighted Ovum. Setelah sebulan kuret saya sudah cek ke dokter kandungan, dan hasilnya semua sudah bersih dan tidak ada sisa jaringannya. Selanjutnya saya diperbolehkan hamil tanpa harus menunggu/ istirahat beberapa bulan. Pada bulan juli 2008 kemarin saya telat haid, dan setelah di test menggunakan tespack hasilnya positif. Tetapi setelah seminggu kemudian saya kembali haid, dan setelah di cek ternyata hasil testpack negatif.
    Kemudian bulan september kemarin saya telat haid lagi, walaupun baru tiga hari telat, karena penasaran akhirnya saya coba untuk test lagi menggunakan testpack dan ternyata hasilnya positif walaupun dengan garis yang masih samar. Dua hari kemudian saya kembali haid. Yang saya ingin tanyakan :
    1. Apakah bulan juli dan bulan september itu saya benar-benar telah hamil tetapi kemudian keguguran?
    2. Jika ya, mengapa hal itu (keguguran) bisa terjadi? dan bagaimana cara agar hal tersebut tidak terulang?, jika tidak hamil mengapa hasil testpack menunjukkan tanda positif?
    3. Apakah Blighted Ovum yang pernah saya alami menjadi penyebab saya belum hamil lagi?

    Saya mohon penjelasannya, dan share nya buat yang pernah memiliki pengalaman seperti saya. Terima kasih.

    Comment by Infoibuhamil on October 14,2008

    Waalaikumsalam ibu Ovie,
    Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Dan Batin.

    Turut prihatin atas kejadian yang ibu Ovie alami.
    Kami coba menjawab pertanyaan ibu sebagai berikut:
    1. Kemungkinan ibu Ovie memang hamil di Juli dan September tersebut,namun mengalami keguguran berulang.
    Sebaiknya apabila sudah diketahui hasil tesnya positif,ibu langsung ke dokter kandungan untuk memastikan kehamilan tersebut sehingga keguguran bisa dicegah atau setidaknya mengetahuinya lebih awal.
    2. Ada beberapa sebab terjadinya keguguran awal,pembuahan yang tidak sempurna,terkena infeksi virus,kelainan kromosom atau ada penyebab lain yang baru bisa diketahui setelah dilakukan pemeriksaan.
    3. Jika pernah mengalami keguguran atau dikuret karena blighted ovum/hamil kosong, lebih baik dicari tahu penyebabnya sebelum merencanakan kehamilan. Ibu juga bisa melakukan pemeriksaan darah lengkap atau sesuai dengan yang disarankan oleh dokter kandungan ibu.

    Semoga bisa menjawab pertanyaan ibu.
    Tetap semangat ya.

    Terima kasih.

    Monday, October 6, 2008 at 10:56 am | Permalink
  51. Anonymous wrote:

    Assalamualaikum..dok,saya mw tnya.stlah saya bhubungan intim dg suami saya malam hari,pagi hari nya kluar cairan kental coklat dan bau nya seperti darah haid.Lalu ktika malam nya lagi saya berhubungan intim,yg kluar bkan cairan putih tetapi coklat it kmbli dalam jumlah yg bnyak.Apakah kemungkinan saya hamil?atau rahim saya terinfeksi?mksh.

    Comment by Infoibuhamil on October 15,2008

    Waalaikumsalam,

    Apakah sudah masa haid?Setiap kali berhubungan selalu keluar cairan coklat atau tidak?
    Disarankan untuk langsung periksa ke dokter kandungan untuk mengetahui keadaan sebenarnya.

    Terima kasih.

    Tuesday, October 7, 2008 at 8:35 am | Permalink
  52. Yaya wrote:

    Asslm. Dok,saya mau tanya tentang hsg. Hari ini saya mens hari ke 4 dan oleh dr diberi resep profertil utk 4 hari dan agnucaston utk 10 hari. Suami juga diberi proviron, dalfarol dan profertil karena spermanya asteno.dr minta saya hsg tgl 16 besok.yg jadi pertanyaan saya,bukankah dengan hsg maka sel telur jadi mati karena kena radiasi?kalo begitu ya sia2 dong bulan ini minum obat penyubur?apa hsg ditunda dulu atau obatnya yg ditunda dulu?mohon jawaban ya dok.soalnya dilema banget nih.trims ya.wass


    Comment by Infoibuhamil on October 15,2008

    Waalaikumsalam,

    Ibu benar,biasanya HSG disarankan jika pengobatan dengan obat penyubur tidak membuahkan hasil.
    Jadi lebih baik ibu coba tanyakan lagi ke dokter kandungan ibu mengapa disarankan untuk HSG.
    Jika ibu ragu,coba tunda dulu pemeriksaan hsgnya sampai bulan depan atau sampai kunjungan ke dokter kandungan berikutnya.
    Ibu boleh coba pengobatan dengan obat penyubur dulu,bisa saja malah berhasil hamil.
    Sekarang informasi sangat mudah dan banyak,ibu bisa mencari tahu terlebih dahulu jika memang ragu untuk second
    opinion.Salah satunya dengan mengikuti forum atau searching di Google.

    Semua keputusan ada ditangan ibu,jadi putuskan yang terbaik menurut ibu.
    Terima kasih.

    Friday, October 10, 2008 at 7:01 am | Permalink
  53. Eris wrote:

    Kami telah menikah 8 tahun (sy 39 th, suami 44 th), belum dikaruniai momongan. Usaha yang telah saya lakukan : cek dokter hampir tiap bulan sekali sejak awal nikah(dan dokter menyatakan normal), diathermi, tiup rahim 3 kali, HSG, laparaskopy 2 kali, inseminasi 8 kali namun belum berhasil. Bulan Agustus 2008 saya konsultasi kembali ke salah satu dokter kandungan (ganti dokter) di kota saya (Smg) dan disarankan menjalani HSG kembali dengan hasil sbb. :
    Foto Polos : Tak tampak kelainan
    Inspeculo tak tampak erosi pada OUE
    Kontras masuk melalui OUE mengisi cavum uteri dan kedua tuba kiri kanan.
    Cavum uteri : Ukuran normal, retrofleksi; Tak tampak filling defect; Tak tampak additional shadow.
    Tuba kanan : Tampak terisi kontras, tampak melebar; Tampak sumbatan; Tampak spill (-).
    Tuba kiri : Tampak terisi kontras sebagian, tampak melebar di ujung; Tampak sumbatan; Tampak spill (-)
    Kesan : Tuba kanan dan kiri non patent; Hydrosalphing dextra dan sinistra; Uterus tak tampak kelainan.

    Saya ingin sharing, dengan hasil spt di atas, apakah saya dapat hamil ? Biasanya dengan kondisi spt saya ini alternatif tindakan apa yang dapat dilakukan agar kehamilan dapat diperoleh ?

    Atas sharingnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    Comment by Infoibuhamil on October 15,2008

    Halo bu Eris,

    Dilihat dari data yang ibu berikan, hampir semua prosedur pemeriksaan sudah pernah dijalankan.
    Bagaimana kondisi sperma suami?Apakah bagus? Jenis inseminasi yang ibu jalankan seperti apa? Apakah sudah sampai tahap
    In Vitro Fertilization (IVF) atau bayi tabung?

    Seharusnya hasil HSG sudah dikonsultasi dengan dokter kandungan tempat ibu berobat.Jika kedua tuba kiri dan kanan non patent,berarti ada sumbatan di tuba kiri dan kanan.Hydrosalphing berarti adanya infeksi yang menyebabkan sumbatan.
    Jika kedua tuba tersumbat,memang sulit untuk bisa hamil,karena disana tempat terjadinya pertemuan antara sel telur yang matang dibuahi oleh sperma.Jadi secepatnya tanyakan ke dokter kandungan ibu,untuk pengobatan dan sarannya.

    Selalu akan ada jalan,jika tetap berusaha dan berdoa.
    Semoga ibu juga cepat menemukan jalan dan jodoh agar segera hamil.
    Good luck.

    Saturday, October 11, 2008 at 2:17 pm | Permalink
  54. yuli wrote:

    Dok, mo ikutan nanya nih. Umur saya 30 thn dan suami saya 28 thn. Bulan Nov ini pernikahan kami genap 1 thn. Tapi sampai sekarang kami belum juga dikaruniai anak. Saya dan suami sudah coba mkn tauge, trus minum susu anmum, belum dikasih juga. Sedih juga…
    Begini dok, setiap kali sehabis berhubungan dgn suami, seringkali sperma masih terus keluar. Misal, malam kami berhubungan, setelah bebersih trus tidur, pagi2 saya lihat CD saya ada sisa sperma. Kemudian sampai siang hari, sperma masih suka keluar.Sehingga stiap kali habis berhubungan, saya selalu memakai panty liners. Krn kalau tidak CD saya bisa basah. Apa kondisi demikian normal dok?

    3 Bulan terakhir ini siklus haid saya konsisten 24 hari. Lamanya 6-7 hari. Tgl 19 sept kmrn hari pertama haid.selesai tgl.24 sept. Dr tgl.25 sept-10 okt ini , 2 hari sekali bahkan pernah 1x sehari sekali, kami berhubungan. Tapi masih gagal juga. Krn tgl.12 okt, saya kembali dapat haid .

    Dokter, kapan sebaiknya saya berhubungan lagi? Sebenarnya berapa lama sel telur dapat bertahan utk proses pembuahan? Hanya bbrp jam atau 1-2 hari?
    Saya juga pernah disaranan utk minum pil KB agar lebih subur lagi. Apa memang bisa Dok? Mohon bantuan dan penjelasannya dok…
    Saya khawatir dgn usia saya. Sedang kami ingin punya banyak anak…
    Trims

    Comment by Infoibuhamil on October 16,2008

    Halo bu Yuli,

    Sabar ya bu,nanti juga tiba waktunya.
    Kondisi yang ibu alami itu normal. Cairan sperma akan keluar dengan sendirinya,dari berjuta-juta sel sperma, diperlukan hanya 1 sel sperma saja untuk bisa membuahi sel telur yang matang.

    Untuk menghitung masa subur, bisa dibaca di comment untuk ibu Nita tanggal 03 Juli 2008.
    Biasanya ovulasi terjadi 14 hari dari tanggal terakhir haid.Misalnya : Haid pertama tanggal 12 Oktober,ovulasi tanggal 26 Oktober. Ibu bisa melakukan hubungan mulai tanggal 22,24,26 Oktober.Namun ini hanya patokan umum.Setiap wanita berbeda-beda masa suburnya.
    Selain itu,ibu bisa mengamati perubahan lendir pada vagina,jika lendir/mucus yang keluar licin,bening dan seperti putih telur,mengindikasikan masa subur/puncak subur.
    Untuk mudahnya bisa juga membeli alat tes kesuburan seperti fertitest, sehingga ibu lebih yakin lagi.

    Sel telur bisa bertahan selama 48 jam,jika tidak ada sel sperma yang membuahi,maka akan luruh menjadi haid.
    Jika ingin hamil,lebih baik tidak minum pil KB. Melihat pernikahan sudah 1 tahun,ibu dan suami bisa ke dokter kandungan untuk konsultasi.Biasanya dokter kandungan bisa memberikan saran-saran dan pengobatan untuk ibu dan suami.

    Semoga informasi ini berguna dan selamat mencoba,semoga berhasil hamil.
    Good luck.

    Monday, October 13, 2008 at 1:09 pm | Permalink
  55. Eris wrote:

    Yth. Pengasuh InfoIbuHamil
    Melanjutkan konsultasi sy tgl 11 Oktober 08 yg lalu, sy informasikan bahwa :
    1. Hasil pemeriksaan suami, semuanya bagus, ini dari hasil lab dan penjelasan dokter andrologi.
    2. Inseminasi yg sy jalankan : sebelum inseminasi, sy diberi obat penyubur “femara”(untuk mematangkan telur), vitamin, suntik, USG transvaginal, biasanya hari 15 stlh haid dilaksanakan inseminasi dengan menyemprotkan sperma suami yang telah dicuci & dipilih ke rahim. Satu minggu kemudian cek progesteron (saat itu progesteron diatas 35 untuk 4 kali inseminasi dari 8 kali inseminasi)dan setelah itu diberi obat duphaston, lanturol dll. Inseminasi spt di atas dinamakan apa ?
    3. Sebenarnya kami juga menanyakan hasil HSG ke dokter, cuma kami perlu beberapa pendapat atas kondisi sy agar lebih mantap. Saran dokter tsb ada 2 alternatif untuk kasus sy : Pertama, dgn bayi tabung dg konsekuensi 2 tuba fallopi hrs dipotong krn hidrosalping (selalu mengeluarkan cairan beracun & mengganggu proses by tabung). Kedua, operasi untuk memperbaiki tuba dg konsekuensi saluran rusak & tdk dpt membawa hasil pembuahan ke rahim untuk nidasi & dimungkinkan terjadi hamil diluar kandungan.

    Nah… penjelasan dokter tersebut yg membuat sy bingung apakah by tabung ataukah operasi krn sama2 berresiko. Setiap dokter yg sy datangi dan tahu hasil HSG terakhir selalu bilang : susah, kemungjinan hamil kecil atau hanya by tabung yg dpt dijalankan. Terus terang sy ragu dg by tabung mengingat usia & tingkat keberhasilannya & sepengetahuan sy di smg by tabung tdk sebagus di kota sby,jkt.

    Dari penjelasan sy di atas, mohon informasi,saran, berdasarkan pengalaman, survey, kira2 alternatif apa yang terbaik dan sering dipilih oleh ibu2 dg permasalahan spt sy diatas ?

    Atas informasinya sy ucapkan matur nuwun….

    Comment by Infoibuhamil on October 28,2008

    Jumpa lagi bu Eris,

    Terapi kehamilan buatan yang sekarang ibu jalani adalah Intrauterine Insemination (IUI) atau inseminasi didalam uterus/rahim,berhubung kedua tuba fallopi ibu tersumbat.
    Jika terapi ini belum ada hasil,bisa dicoba terapi bayi tabung.Tingkat keberhasilan bayi tabung sekarang cukup tinggi.
    Apabila ibu ragu dengan kualitas dari rumah sakit didaerah ibu,mungkin bisa coba di rumah sakit seperti di Surabaya dan Jakarta.
    Klinik-klinik kesuburan di Jakarta seperti di RS.Bunda atau RS.Saint Marie.

    Mungkin ada ibu-ibu yang mengalami hal yang sama di forum ini yang bisa bantu bu Eris?

    Semoga terapi yang ibu jalani sekarang bisa membuahkan hasil.
    Tetap semangat dan terus berdoa ya.

    Saturday, October 18, 2008 at 5:50 am | Permalink
  56. Eris wrote:

    Lanjutan ……….
    O iya, mengingat sy ada hydrosalphink sy coba cari info tentang pengobatan tanpa bedah di website felopio.com, apakah ada informasi dari pengasuh tentang FELOPIO,atau herbal tampons termasuk uji klinisnya, kalau ada mohon informasinya, nuwun…

    Comment From Infoibuhamil on October 28,1008

    Halo bu Eris,

    Mohon ma’af Kami tidak mengetahui tentang produk herbal tampons Felopio tersebut.
    Mungkin ibu-ibu lain ada yang tahu tentang produk ini?
    Bisa berbagi pengalaman untuk ibu-ibu yang pernah mengalami hal yang sama dengan ibu Eris dan berhasil sembuh dengan terapi alternatif?

    Ditunggu ya.
    Terima kasih.

    Saturday, October 18, 2008 at 6:06 am | Permalink
  57. teta wrote:

    Membaca beberapa yang disampaikan ibu-ibu, ada yang sudah berhasil hamil ada juga yang masih berusaha untuk bisa hamil (…tetap bersemangat ya, maju terus pantang mundur….) saya ikut senang sekali, selamat buat ibu-ibu yang sudah hamil.
    saya ingin sharing sedikit dengan ibu-ibu, nama saya teta saya sudah menikah dan sudah 18bulan menikah usia suami saya bulan depan 34th (met ulang tahun say…). masuk usia pernikahan 7bln sampai sekarang saya masih berusaha dan berdoa untuk segera mendapatkan momongan, saya pernah periksa ke dokter kandungan (2 dokter) dari dokter pertama sel telur saya nggak bisa berkembang dan ini sangat sulit untuk terjadinya pembuahan, terus saya dikasih obat-obatan untuk penyubur, saya ikuti anjuran dokter, 3 bulan kemudian saya datang lagi pas masa subur sel telur saya cukup bagus dan diameternya cukup untuk terjadinya pembuahan, tetapi nggak kunjung2 datang juga janin di rahim saya. kemudian kami berdua pindah ke dokter lain dan dilakukan USG vagina, dan dinyatakan bahwa di sekitar sel telur saya sangat banyak sekali istilah dokter kataya “seperti roda pedati” atau polikistik kecil2 dan ini yang menghambat sperma untuk masuk ke rahim saya. saya ingin tanya dok apa ya yang dimaksud dengan roda pedati/polikistik? apa penyebabnya? bagaimana pencegahannya? apakah saya tidak akan bisa hamil? sebagai bahan informasi saya diminta untuk menurunkan berat badan (berat bdan saya sekarang 73kg tinggi 160cm) dan kisaran haid saya 30-31 hari tiap bulannya. atas informasinya saya ucpakan hatur nuhun……

    Monday, October 20, 2008 at 8:22 am | Permalink
  58. ratna wrote:

    Assalamualaikum,

    Saya tertarik untuk sharing:) Saya 28tahun dan suami 29 tahun, kami menikah agustus 2008 ini, haid saya terbilang teratur tiap bulannya. Namun kenapa sampai sekarang belum hamil juga, padahal kita selalu berhubungan di hari ke 14 setelah saya haid. Yang ingin saya tanyakan. Apakah masa subur tidak selalu jatuh pada hari ke-14 meski haid kt selalu teratur? Vitamin apakah yang baik untuk saya minum?

    Wassalam

    Replied by Infoibuhamil on Nov 13,2008

    Jangan putus asa dan jangan stress adalah kunci keberhasilan jika kedua belah pihak tidak bermasalah.

    Berhubunganlah yang teratur tanpa dibayang-bayangi dengan pikiran harus hamil. Anda berdua harus menikmatinya, dan biarkan berjalan dengan alami.

    Makanan yang membantu kesuburan adalah seperti kacang kacangan, toge, ikan, buah buahan, dan sayuran hijau.

    Anda juga boleh mulai meminum susu sebelum kehamilan seperti susu AnMum

    Monday, October 27, 2008 at 4:10 am | Permalink
  59. UCI wrote:

    Saya mau tanya dok, sebenernya yang mempengaruhi seseorang itu bisa hamil itu apa aja dok? kalo ukuran “mister P” suami saya kecil apa kah mempengaruhi proses saya untuk bisa hamil. terimakasih dok.

    Replied by Infoibuhamil on Nov 13,2008

    Yang mempengaruhi kehamilan sebenarnya adalah bertemunya sperma dengan sel telur.
    Jadi ukuran “mister P” sama sekali tidak berpengaruh, selama sperma bisa bertemu dengan sel telur

    Tuesday, November 4, 2008 at 9:15 am | Permalink
  60. Wiwi wrote:

    Sy sdh menikah 1th 3bln blm hamil.Sblmnya sdh cek k dokter.Suami pernah cek sperma hasilnya 40% sperma normal 60% abnormal.Sy sdh terapi ke dokter n beberapa kali dikasih obat kesuburan,sempet usg n ternyata ada kista di rahim.Bulan lalu sempat telat 1minggu tp ternyata tdk hamil.Lalu sy ke dokter n rahim saya ditiup or di hydro.Perut sy terasa sakit n kt dokter cairan obat yg dimasukan k rahim keluar lagi.Stlh itu dokter memvonis kalo rahim sy ada penyumbatan di kedua salurannya dan ada infeksi.Skrng msh minum obat u menyembuhkan infeksinya tapi dokter memutuskan agar sy operasi laparoskopi.Beberapa orang bilang operasi hanya 30% bisa hamil.Tlg beri sy solusi untuk masalah ini.

    Replied by Infoibuhamil on Nov 13,2008

    Dengan sperma yang 40% normal, tentu saja masih ada kemungkinan untuk hamil.
    Apakah Anda sudah melakukan pemeriksaan HSG? Karena ada beberapa kasus kehamilan terjadi setelah pemeriksaan HSG.

    Jika memang sudah ditemukan masalahnya, dan berbagai solusi alternatif, maka silahkan Anda bersama suami putuskan yang terbaik.

    Semua persentase statistik tergantung dari kondisi pasangan itu sendiri, jadi yang penting berdoa dan terus berusaha.

    Thursday, November 6, 2008 at 5:25 am | Permalink
  61. rika wrote:

    sy sdh menikah 9th tp blm jg hamil. hasil ronsen rahimku menunjukn tdk ada mslh.dr pemeriksaan sperma suami diketahui tdk adanya sel. tlg beri sy solusi spy cpt hamil

    Replied by Infoibuhamil on Nov 13,2008

    Jika tidak ada sel sperma, maka secara medis tidak mungkin bisa terjadi pembuahan, tapi jangan berkecil hati, karena tidak ada yang mustahil, jika Yang Maha Kuasa mengijinkan.

    Fakta yang ada adalah kondisi sperma bisa berubah dari waktu ke waktu tergantung dari pikiran, makanan, dan keyakinan, jadi beberapa usulan yang Ibu Rika bisa lakukan adalah:
    1. Berdoa dan berserah kepada Yang Maha Kuasa bersama dengan suami
    2. Relaksasi dan hindari stress. Pikirkan hal hal yang positif dan menyenangkan yang menunjang semangat Anda berdua
    3. Berolah raga yang teratur
    4. Makanlah yang bergizi & sehat, dan hindari rokok, hindari alkohol, hindari makanan berlemak. Pisang adalah sangat baik untuk meningkatkan kondisi sperma
    5. Bisa juga mengkonsumsi suplemen penunjang, misalnya

    Thursday, November 6, 2008 at 5:03 pm | Permalink
  62. Dita wrote:

    Asslm..dok, saya telah menikah selama 1thn 1bln dan belum dikaruniai anak. Pd awal pernikahan saya tdk butuh waktu lama untuk hamil (siklus haid saya 35 hari) tapi karena aktifitas saya lumayan tinggi akhrnya pd 2 minggu kehamilan saya mengalami keguguran tepatnya pertengahan november 2007 dan tdk dikuret karena jatuh dgn sendirinya. Kemudian saya pergi ke dokter kandungan untuk memeriksa apakah masih ada sisa jaringannya dan hasilnya bersih serta tdk ada larangan untuk berhubungan kembali. Pertengahan desember 2007 saya kembali hamil tp lagi2 saya harus kehilangan calon janin saya lewat operasi di akhir bulan januari 2008 krn kehamilan ektopik. Sejak operasi tersebut siklus haid saya sedikit kacau antara 35-45 hr, yg ingin saya tanyakan apakah keterlambatan ini akibat apa yg pernah saya alami? Seharusnya tgl 20 oktbr kemarin saya dtg bulan tp sampai tgl 2 novmbr saya bersih dan hasil test pack negatif. Pd tgl 3 nov sampai skrg ada bercak coklat yg keluar hanya setetes/sedikit selama 5 hr (keluar hanya pagi dan sore hari),apa itu bs dikatakan haid? Saat saya mengkonsultasikan hal ini dgn dktr kandungan, saya diharuskan utk menunggu 1 bulan lagi dan yg ingin saya tanyakan kembali apa boleh berhubungan dgn suami bila bercak coklatnya telah hilang?

    Replied by Infoibuhamil on Nov 13,2008

    Jika tidak ada keluhan lain, tentu saja boleh berhubungan seperti biasa

    Friday, November 7, 2008 at 8:41 pm | Permalink
  63. amy surabaya wrote:

    Asslm…dok,saya kepingin banget cpt hamil,usia pernikhan sudah 5th saya pernah kena kista,trs operasi indung telur saya sudah diambil 50% kanan kiri,sekrang umur sya dah 28th,haid teratur,apa yang harus saya lakukan mohon infonya?

    Replied by Info ibu Hamil

    Waalaikumsalam bu Amy di Surabaya,

    Turut prihatin atas keadaan ibu.
    Apakah kistanya terletak dikedua indung telur sehingga harus diambil? Selama indung telur masih bisa berfungsi menghasilkan
    ,menyimpan dan melepaskan sel telur melalui saluran rahim ke uterus,ada kemungkinan bisa hamil.
    Sarannya,lebih baik ibu coba kontrol kembali ke dokter kandungan untuk melihat kondisi ibu sekarang.
    Tetap semangat dan berusaha ya bu.

    Thanks.

    Thursday, November 13, 2008 at 1:15 pm | Permalink
  64. anti wrote:

    Pagi dokter..
    dok, saya prnh nikah 2 th tp blm dikaruniakan anak, akhirnya aq Cerai dr suami saya krn ada konflik lain. masalahnya yg ingin saya tanyakan. ketika saya sdh bercerai, saya br dua bulan sering ngerasain sakit pada perut sebelah kiri. saya periksa kandungan saya ke rmh sakit permata hijau. saya kaget ketika saya denger dr dokter disana dr hsl HSG & USG, hasilnya bagus Rahim saya subur. tapi ada kistanya dok dirahim saya 3,5inc. ketika saya tau saya jd stress. skarang saya mau Menikah lagi, dok bisa tolong beri tahu saya bagaimana caranya agar saya bs segera cepat Hamil nantinya??? dan obat penyuburnya apa dok biar cpt hamil?? teman saya bilang kista bisa hilang/copot sendiri ketika melahirkan anak. masalahnya, dr pernikahan sy yg pertama 2th blm bs hamil2. dan skarang dgn pernikahan saya yg ke dua saya berharap ingin segera cepat hamil???insya allah bln desember 2008 sy akan melangsungkan pernikahan. Dok bagaimana untuk persiapan saya gar kandungan saya Subur & cepat Hamil???? tolong berikan saya Solusinya dok?? saya tunggu balasan surat saya ini dr Dokter. Terima kasih banyak dok atas partisipasinya.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Anti,

    Memang banyak ibu-ibu yang baru menikah kaget dan ngeri jika mendengar kalau dirahimnya terdapat kista.
    Sebenarnya kista adalah benjolan antara 3-6cm yang berisi cairan yang biasanya tumbuh di indung telur.
    Kista memang bisa hilang dengan sendirinya setelah dua atau tiga siklus haid.
    Pada ibu hamil kadang ditemukan kista atau miom setelah dilakukan pemeriksaan dengan USG.
    Biasanya dokter kandungan akan memantau kista tersebut,apakah akan bertambah besar atau hilang saat kehamilan
    semakin membesar. Jika kista semakin membesar atau tidak hilang,dokter biasanya menyarankan operasi caesar saat
    melahirkan sekalian operasi pengangkatan kista.

    Untuk kasus ibu Anti, karena akan menikah lagi,bisa dilakukan tes lengkap sebelum hamil.Tes darah di laboratorium
    untuk mengetahui kondisi ibu dengan lebih jelas.
    Obat penyubur seperti profertil atau serophene yang biasanya dianjurkan oleh dokter kandungan.

    Badan harus sehat,jadi perlu makan yang bergizi diimbangi dengan olahraga teratur bagi suami dan istri.
    Ibu Anti bisa juga konsumsi asam folat dalam bentuk vitamin atau yang biasa terkandung dalam susu ibu hamil,seperti
    merk Anmum.

    Semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Terima kasih.

    Friday, November 14, 2008 at 2:14 am | Permalink
  65. rima wrote:

    Salam kenal semua …saya sudah 5 tahun menikah dan belum diberi momongan…saya sudah ke dokter karel dan dinyatakan baik2 saja, olehnya saya sudah 11x inseminasi dan 1x bayi tabung konvensional, tapi tdk berhasil juga hanya insem yang ke5 saya + hamil namun bligted ovum. Lalu saya pindah dokter lagi ke andrologi ternyata saya alergi sperma dan sudah diterapi 6x dan sudah normal dan kemudian saya inseminasi lagi sampe 3x dan tidak berhasil juga…lalu saya pindah dokter lagi dan disarankan untuk laparoskopi dan sudah saya lakukan kemudian dokter menyarankan untuk 3x siklus utk diinseminasi lagi…insem 1 gagal lagi, sekarang persiapan utk insem ke2, doa kan ya …Oh iya dokter yag saya ingin tanyakan adalah apakah saya perlu cek darah lagi atau tidak? dan pada bulan ini saya haid tgl 12 okt namun hanya 2 hari saja dan tidak terlalu banyak kenapa ya dok?padahal siklus saya 28 hari selalu tepat dan haid biasanya selama 4-5 hari??thx ya dok….

    Replied by Infoibuhamil

    Salam kenal ibu Rima,

    Kehamilan bagi sebagian ibu memang tidak mudah, seperti ibu yang sudah berkali-kali melakukan inseminasi dan lain-lain
    agar bisa hamil.Perjalanan yang terasa melelahkan pasti akan berbuah manis, jadi ibu Rima tetap sabar ya.
    Apakah ibu Rima tahu penyebab gagalnya inseminasi,selain blighted ovum yang biasanya disebabkan sel telur atau sperma
    yang kurang baik atau adanya antibodi terhadap sperma suami?
    Cek darah lengkap boleh saja dilakukan jika memang ibu sudah lama tidak cek.Suami juga bisa diminta untuk tes sperma.
    Haid yang sedikit dan pendek kadang bisa terjadi pada beberapa kali siklus, bisa karena stress.Tetapi apabila masih teratur
    datangnya tidak perlu khawatir.

    Demikian ibu,tetap semangat ya.

    Tuesday, November 18, 2008 at 9:28 am | Permalink
  66. Rani wrote:

    Salam Kenal

    saya sudah dua tahun menikah dan belum dapat momongan, yang ingin saya tanyakan adalah : apakah kondisi bawaan saya dimana saya jarang buang air bersar (BAB)/ tidak normal kadang mau cuma 1kali seminggu bahkan lebih, meskipun demikian saya tidak merasakan efek sampingnya karena penyakit jarang BAB ini sejak saya masih anak-anak, dan apa solusi terbaik biar cepat hamil dengan kondisiku seperti ini….. please help me……Dok because this condition always rises quarrel in my family life

    Replied by Infoibuhamil

    Salam kenal ibu Rani,

    Jika sulit BAB dengan sulit hamil memang tidak berhubungan.Namun karena satu tubuh,penyakit apapun bisa saja berpengaruh.
    Apabila sembelit terus,tentu badan juga menjadi tidak enak,apalagi tumpukan kotoran yang harusnya dibuang jadi terlalu lama
    didalam tubuh. Apakah ibu Rani sudah mencoba berobat ke dokter agar BABnya lancar?
    Makanan berserat tinggi seperti buah-buahan dan sayuran bisa dijadikan menu utama sehari-hari.

    Untuk mencari penyebab sulit hamil, ibu Rani bisa kontrol ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi pastinya.
    Semoga berhasil.

    Friday, November 21, 2008 at 7:37 am | Permalink
  67. sakura wrote:

    ass wr. wb. salam kenal semua. Saya telah menikah genap satu tahun, usia saya 23 tahun dan suami 29 tahun. sudah beberapa kali ke dokter kandungan. kami semua dinyatakan sehat. mungkin belum diberi kepercayaan ALLOH SWT. mungkin saya harus lebih bersabar lagi. semoga kami segera diberi momongan. Amin.

    Tuesday, November 25, 2008 at 6:41 am | Permalink
  68. yessypuspa wrote:

    assalamualaikum dokter yang baik, sy 25thn dan suami 25thn kami sudah 1 tahun 4 bln menikah tapi blm dikaruniai anak. haid sy sering telat bahkan hampir 3 bln telatnya. 4 bln terakhir ini haid saya lancar tapi awal bln november sy tel
    at hampir 2 bln. mhn sarannya dokter? saya sering sakit diperut bagian kanan seperti di cubit, dan saat berhubungan intim dg suami sering keluar flek darah setelah sy tespeck negatif. di tggu jawabannya ya dok. terima kasih

    Friday, November 28, 2008 at 3:13 am | Permalink
  69. fitri wrote:

    assalamu’alaikum dokter. konsul dong..
    Dok, aku sudah menikah 11 bl, blum di karuniai anak.
    aku 27 th n suami 30 th. aku sdh ke dokter, dikasih obat cyclo proginova, lycofy, doxycicline n disarankan hsg.
    tapi karena aku ml jadinya batal hsg. kenapa ya dok kok dibatalin? hsg itu apa? obat yg 3 tadi untuk apa ya? tolong dong sarannya agar cepet hamil… makasih dok. wassalam

    Friday, November 28, 2008 at 5:43 am | Permalink
  70. delta wrote:

    Ass Wrwb,
    Dok, aku sdh 11 thn menikah sampai saat ini blm dikaruniai keturunan, saya sdh periksa ke dokter, diurut dan berbagai pengobatan alternatif, saya pernah menajalai laparoscopy, HSG, Ineminasi, setiap 2 minggu sekali saya kedokter, menurut dr saya ada endometrosis namun itu sdh dibakar istilah dokter, namun sampai saat ini saya blm juga, saya mohon sarannya dari teman-teman mungkin dapat membantu saya

    Wednesday, December 10, 2008 at 7:41 am | Permalink
  71. yuli wrote:

    Dokter, tanya lagi.
    Apakah kehamilan hanya mungkin terjadi pada saat masa subur?
    Saat ini saya dan suami sedang berjauhan.Seminggu sekali/dua minggu sekali suami saya pulang. Dan tdk selalu ketika berhubungan pas masa subur.
    Apakah mungkin tjd kehamilan ketika kami berhubungan 3 hari setelah mens saya selesai?
    Selama ini mens saya siklus teratur.

    Saturday, December 13, 2008 at 12:21 pm | Permalink
  72. firman wrote:

    salam ibu yang baik..

    butuh info sedikit ni..saya telah menikah 5 bulan,namun belum dikarunia anak.saya sempat mengajak istri ke pengobatan alternatif,disana kami diberi masukan sedikit tentang kondisi ”panas” dalam tubuh istri dan saya.itu faktor kenapa istri saya tidak bisa hamil.jika benar demikian dengan keadaan mens istri yang tidak teratur bagaimana mengatasi masalah ini dok?
    makanan apa yg harus saya kosumsi agar bisa menambah kesuburan?
    bagaimana menandakan tanggal unutk istri saya yg mens nya tidak teratur?
    saat ini istri saya sering mengeluh dan mengerang kesakitan,kata nya vagina istri saya sakit luar biasa,sakit kepala keseringan dok,ada apa ini?
    mohon petunjuknya dok,dan kalo berkenan kirimkan ke email saya saja.tks
    dhaoest_bna@yahoo.co.id

    Saturday, December 13, 2008 at 5:04 pm | Permalink
  73. Lia wrote:

    Dok,
    Saya sudah 2thn lebih menikah dan belum dipercayakan untuk punya momongan. Sebenanya saya sudah pernah hamil tapi umur kandungan 3 bulan meninggal didalam karena mercury, dikuret bulan July kemarin dikuret, sampai sekarang saya belum berhasil hamil lagi dan siklus menstruasi saya jadi berantakan (setiap bulan maju 5-7 hari) dan saya sulit menentukan masa subur. yang menjadi pertanyaan saya:
    1. Kenapa siklus menstruasi daya jadi berantakan seperti itu?
    2.Saya coba tes kesuburan dengan alat dari hari ke 10 samapi 16 tapi hasilnya negatif terus, apakah berarti tidak terjadi ovulasi?
    3. Bolehkah saya minum cyclo proginova dok? atau dokter bisa anjurkan obat lain.
    4. Apakah masih ada peluang saya untuk hamil lagi?
    Mohon petunjuknya dan terima kasih dok atas jawabannya.

    Monday, December 15, 2008 at 1:08 am | Permalink
  74. nugroho wrote:

    lam kenal Dok…
    kami pasutri sudah 4th menikah,saya dan istri pernah konsultasi kedokter kandungan, tp istri cm diberi obat penyubur..dilain waktu saya jg test sperma hasilnya oligozoospermia, dokter memberi istri say obat penybr dan saya jg diberi obat proviron dan tribestan..tp karena keadaan ekonomi kami hanya mampu beli obat cm 1x sj..
    yang ingin saya tanyakan
    1. apakah proviron dan tribestan dapat mengatasi oligozoospermia (jmlh sperma sy sektr 17jt..)lainnya normal dok..
    2. apakah proviron dan tribestan hars dibeli dengan resep dokter?
    3. berapa lama kah saya hars mengkonsumsi obt tersebut, karena waktu saya tanyakan kedokter kandungan kami..kl belum berhasil..ya minum obatnya terus..
    terikasih sebelumnya Dok..jawaban dan bantuannya sangat kami tunggu?

    Tuesday, December 16, 2008 at 2:27 am | Permalink
  75. varis wrote:

    Dok,
    saya sdh menikah 2bulan jalan 3 bulan, saya pengen cepat hamil, tapi belum sampai sekarang, saya sdh pernah konsumsi annmum,tapi sekarang berenti dulu karna mau coba obat cina tadi, dok, saat berhubungan hubby sering memakai maaf air liur kemudian di usapkan ke miss V saya, yang saya tanyakan apakah itu mengganggu sperma atau ada hubungannya dengan saya belum hamil dok..
    terimakasih sebelumnya

    Tuesday, December 16, 2008 at 7:56 am | Permalink
  76. vyna wrote:

    Dok….,
    saya mau tanya apakah kebiasaan masa lalu bisa berakibat smp sekarang?suami saya sebelum menikah/sejak SMA sering sekali minum-minuman yg berakohol dan juga perokok,umur suami saya 33 thn saya 26th,apakah kebiasan itu bisa menyebabkan sulit memiliki keturunan????krn sudah 2thn 3bln kami menikah smp saat ini saya belum hamil juga,datang bulan saya tiap bulan teratur,mungkin tgl yg selalu berubah…wajar kan dok apabila tgl berubah?beberapa thn terakhir suami saya sudah sangat jarang sekali mengkonsumsi minuman tsb,dan sekarang sudah sama sekali tidak mengkonsumsi minuman tsb dan sudah berhenti merokok…
    Mohon jawaban & tips/saran Dokter agar kami bisa cepat mendapatkan keturanan.
    Trima kasih sebelumnya Dok….

    Tuesday, December 16, 2008 at 8:48 am | Permalink
  77. taty y wrote:

    dok, sy pernah dengar ada yg tetap hamil tapi dia datang bulan teratur tiap bulan. apa mungkin dok?
    trima kasih sebelumnya

    Friday, January 2, 2009 at 12:33 am | Permalink
  78. drg.risma wrote:

    halo dok…saya berumur 28 tahun ini 29…saya sudah menikah hampir 5 tahun..dan sampai hari ini belum ada tanda2 sedikit pun kehamilan. tidak pernah ada riwayat keguguran, siklus mens saya bisa antara 30-34 hari…saya sudah pernah HSG melihat saluran tuba faloppi dan kedua2nya paten…cuma uterus retroflexi, suami sudah kedr andrologi…tes sperma pertama sangat buruk…kemudian diberi terapi obat…hasilnya sgt memuaskan sperma naik drastis tapi itupun ditambah suami mengurangi rokok pada saat itu tapi disperma pun ditemukan lekosit…dan kami terapi antibioik IM..sharusnya stlh itupun cek sperma lagi tapi dikarenakan kami tugas luar jadi tertunda lagi pengobatannya…sempet cek hormon dan hormon testosteon sangat kurang o ya suami sedang terapi obat 3 bulan yaitu blesifen+trental+ubesco+infelon.pertanyaan saya apakah ada pengaruh kesuburan dengan siklus mens saya yg panjang tsb…pd saat belum menikah darah haid saya bisa sgt banyak 1-4 hari…tapi setelah menikah hanya banyak pada 1-2 hari aja sisany hanya flek…tapi tetap bersihnya sampai 6-7 hari
    trus dok bagaimana pengaruh uterus yg retro…apakah ada trik2 berhub nya…lalu apa penyebab lekosit dalam sperma selain infeksi seperti maaf mgkn sifilis…krn kami pun bingung krn suami tdk pernah ada riwayat sifilis atw apapun…apakah pemeriksaan yg harus kami lakukan berdua dok…krn terus terang kami b2 jadi hopless dgn kondisi ini…thanks

    Saturday, January 3, 2009 at 4:51 pm | Permalink
  79. eri wrote:

    saya 25 tahun suami 30 tahun sudah 3,5 tahun menikah, tapi belum juga mendapat momongan.. 1 tahun menikah saya periksa ke dokter (USG)katanya ada penyumbatan di saluran masuknya sperma menuju sel telur, disarankan untuk ditiup. tapi saya belum lakukan. saya dan suami sepakat memilih pengobatan alternatif sampai saat ini belum juga hamil. kemarin saya cek ke dokter yang berbeda (USG) katanya kondisi rahim bagus, tapi masalah saluran yang tersumbat tidak bisa dilihat dengan USG. akhirnya saya baerpikir apakah yang dikatakan dokter yang pertama benar atau salah. apakah ada tanda-tanda bahwa ada saluran yang tersumbat? karena ketika berhubungan dan suami mengeluarkan spermanya, sperma tersebut tumpah (kayaknya tidak masuk), atau keluar sendiri beberapa saat kemudian dengan bentuk yang lebih encer… mohon penjelasan.. thanks

    Monday, January 5, 2009 at 8:17 am | Permalink
  80. drg Risma wrote:

    halo dok…saya berumur 28 tahun ini 29…saya sudah menikah hampir 5 tahun..dan sampai hari ini belum ada tanda2 sedikit pun kehamilan. tidak pernah ada riwayat keguguran, siklus mens saya bisa antara 30-34 hari…pemeriksaan tidak ada kista saya sudah pernah HSG melihat saluran tuba faloppi dan kedua2nya paten…cuma uterus retroflexi,pemeriksaan dgn USG intravaginal untuk melihat perkembangan folikell telur dihari 14,16,18 folikell telur berkembang dengan baik. suami sudah kedr andrologi…tes sperma pertama sangat buruk…kemudian diberi terapi obat…hasilnya sgt memuaskan sperma naik drastis tapi itupun ditambah suami mengurangi rokok pada saat itu tapi disperma pun ditemukan lekosit…dan kami b2 terapi antibioik IM agar tidak tjd infeksi pingpong..sharusnya stlh itupun cek sperma lagi tapi dikarenakan kami tugas luar jadi tertunda lagi pengobatannya…sempet cek hormon dan hormon testosteon sangat kurang o ya suami sedang terapi obat 3 bulan yaitu blesifen+trental+ubesco+infelon.pertanyaan saya apakah ada pengaruh kesuburan dengan siklus mens saya yg panjang tsb…pd saat belum menikah darah haid saya bisa sgt banyak 1-4 hari…tapi setelah menikah hanya banyak pada 1-2 hari aja sisany hanya flek…tapi tetap bersihnya sampai 6-7 hari
    trus dok bagaimana pengaruh uterus yg retro…apakah ada trik2 berhub nya…lalu apa penyebab lekosit dalam sperma selain infeksi seperti maaf mgkn sifilis…krn kami pun bingung krn suami tdk pernah ada riwayat sifilis atw apapun…apakah pemeriksaan yg harus kami lakukan berdua dok…krn terus terang kami b2 jadi hopless dgn kondisi ini…thanks

    Tuesday, January 6, 2009 at 1:08 pm | Permalink
  81. putri wrote:

    hallo dok
    saya mau ikutan tanya2 ne… saya sdh menikah 2th,tp sampai skrg saya blm hamil jg.usia saya 22&suami 32th.kita sdh cek ke dktr ternyata normal tdk ada mslh yg serius.cm sumi saya ada varikokel apa itu pengaruh dalam proses kehamilan dok? thanks…. ya dok sblmnya

    Wednesday, January 7, 2009 at 4:46 am | Permalink
  82. putri wrote:

    hallo dok
    saya putri saya mau nanya lg ne dok… maaf sebelumnya,suplemen yg dokter sarankan untuk ibu rika,suplemen NETIVE REMEDIES FERTILE XY dimana ya dok saya bisa membelinya? terimakasih ya dok…

    Thursday, January 8, 2009 at 11:55 am | Permalink
  83. yuki wrote:

    halo,saya juga mau ikut sharing,beberapa bulan ini saya binggung masalah haid saya yang sedikit setiap bulannya dulu (2thn lalu)normal 5 hari tapi sampai ini keluar darah kecoklatan dan bercampur lendir cuma 1 hari saja.dan lagi 4 bulan lalu saya keguguran hamil 8 minggu karena janin tidak berkembang dan dikuretase.setelah dikuretase haid saya sakit sampai ke dubur,saya khawatir ada maalah tapi 2 bulan habis kuretase saya sudah USG rahim saya sudah baik,dan sudah bolae hamil lagi.Tapi kenapa setiap bulan haid saya sedikit demi sedikit berkurang tiap bulannya,kira2 apa masalah saya?
    terimakasih

    Friday, January 9, 2009 at 7:21 am | Permalink
  84. niki wrote:

    salam kenal sy 36 thn setelah d buka kb mens sy menjadi sedikit n sampe saat ini sy sdh 7 bln blm hamil lg sy merencanakan pingin punya ank lg dagaimana caranya atau obt apa yang hrs sy konsumsi?terima kasih

    Monday, January 19, 2009 at 12:28 am | Permalink
  85. isma wrote:

    dear dokter. sy ibu dr seorang putri berusia 10 th yg pengen banget punya momongan lagi krn kasihan anak blm punya adik. Setahun lalu sy sempat dinyatakan hamil tp hrs mengalami keguguran ketika kandungan berusia kira2 3 mgu. awalnya sy batuk sktar seminggu. setelah itu sy mengalami flek. setelah diobati ternyata sy ttp aja mengalami flek dan berbuntut pd keguguran. Tdk dikuret krn kt dokter wktu itu everything is ok. tapi knp smpe skrg sy blm hamil lg ya dok? oya, siklus men sy pendek, gk teratur, hanya dlm kisaran 22 – 25 hri aj. Trus gmn cara menentukan masa subur sy dok? (Padahal dulu sblm melahirkan anak pertama normal dlm kisaran 30 hr. Apkh ini pengaruh IUD yg prnah sy pasang?) Sy dan suami pecandu kopi. Suami jg perokok berat. Does it matter? Help me dok….before i’m too old to have another baby. I’m 34 already. Thanks.

    Monday, January 19, 2009 at 12:43 pm | Permalink
  86. lethoy wrote:

    dok,saya usia 34th istri 33th.mau nanya bini gue sih dulu pernah operasi kista PCO di indung telurnya tp tidak di ambil semua.sdh married 8 tahunan tp blm dpt momongan sy sendiri sdh pernah test sperma en hasilnya normal,cuma bini waktu itu pernah HSG dan hasilnya saluran tersumbat.tp setelah itu di tiup.pertanyaan sy: 1. apakah di itup itu bisa membuat saluran terbuka/bisakah stlh di tiup andai kata terbuka bisa tersumbat lg? 2.apa yang perlu sy lakukan agar segera dpt momongan? 3.apakah HSG itu ada efek samping? siklus haid terkadang maju 6 hari sampai 10 hari apakah itu wajar.terima kasih dok.

    Tuesday, January 20, 2009 at 3:18 pm | Permalink
  87. ben wrote:

    Dear dokter, kenalkan saya bent, saya dan isteri saya udah 19 bulan menikah, saya berumur 33 dan istri 36 tahun. sampau dengan saat ini kami ingin sekali memiliki momongan, tapi harapan itu belum terkabulkan. Isteri saya haidnya per 25 hari kadang lebih sehari selama 4/5 hari. bulan jan 2009 ini jatuh pada tgl 19. Berdasarkan waktu ini kpertanyaan saya kapan waktu yang pas untuk berhubungan (terutama menentukan masa subur) sehingga kami ingin memiliki momongan. terima kasih dok atas saran dan bantuannya. gbu.

    Friday, January 30, 2009 at 7:09 am | Permalink
  88. Fitri wrote:

    bln juli 2008 sy oprasi ket. tuba sy yg kanan di ambil, stlh itu sy konsultasi k doktr untk program hamil lg,sy di ksh obt infertil dan di minum untk 5hr, stlh 2 bln sy telat pas saya tespek positif tp smamas1 sy langsung k dktr kandungan, sy di usg tp blm kelihatan kantng janinnya,yg terlihat baru penebalan di rahim, stlh hr ke 12 telat ada darah yg keluar dan sy pergi k dktr kmbali dan danyatakan sbg darah haid, yg ingin saya share knp ya testpek yg saya lakukan positip, saya testpeknya 2 kali setlh beda seminggu

    Saturday, January 31, 2009 at 9:19 am | Permalink
  89. drg Risma wrote:

    to fitri
    ini cuma mw berbagi aja…biasanya kalo sudah terjadi penebalan dinding rahim berarti secara teori sedang terjsdi proses kehamilan krn dinding rahim yg menebal itu untuk mempersiapkan tempat buat sang jabang bayi…tapi aku kok bingung ya…ngeliat diagnosa dokter yg kedua kali..kmungkinan yg pasti barangkali terjadi keguguran mungkin ya…itu beda dokter gak sich..dgn diagnosa usg pertama..sama diagnosa darah haid itu…

    Tuesday, February 3, 2009 at 6:51 pm | Permalink
  90. nita wrote:

    Salam kenal u/ibu2.stelah aq bc dr keluhan para ibu sebetulnya hampir sama.kbetulan jg dok sy mau sharing,pernikahan sy hampir 2 th bln mei 2009 sy blm dkaruniai anak.sy sdh coba hsg dan alternatif.1 th lalu sy sempat hamil 1-1/2bln tp keguguran(jatuh dgn sendirinya).d USG jg dah bersih.suami sy jg dsrh periksa ternyata gerak spermanya krg cpt/gesit.yg ingin sy tnyakan makanan/suplemen apa yg baik u/ perbaiki sperma suami saya? Dan buat sy suplemen/makanan yg baik dkonsumsi itu apa? Tks ya dok..tlg di bls d emai saya aja

    Tuesday, February 3, 2009 at 7:17 pm | Permalink
  91. elyz wrote:

    Hi Nita,

    aku pingin share aja info yang aku dapetin..
    supplemen atau jenis makanan yang dipercaya dapat meningkatkan kualitas dan produksi sperma, menurut beberapa referensi adalah yang banyak mengandung zat seng(zinc), vitamin C, vitamin A, lycopene, L-carnitine, dan L-arginine.

    Tiram, biji-bijian/sereal, kacang-kacangan, brokoli, kiwi, jeruk, tomat, minyak ikan, unggas, atau daging merah adalah beberapa contoh di antaranya.

    Dan yang terbaru adalah Maca (tanaman kuno dari pegunungan Andes, Peru) dan Acai berry (tanaman dari rimba Amazone, Brazil).. yang dipercaya dapat meningkatkan libido dan memperbaiki kesuburan dan kualitas sperma secara keseluruhan

    Friday, February 6, 2009 at 1:09 pm | Permalink
  92. evie wrote:

    hi mbak elyz,

    Aku pgen tanya ni,tau ga minuman vit E apa yang bagua untuk kandungan,trus belinya dimana?

    Saturday, February 7, 2009 at 3:31 am | Permalink
  93. ami wrote:

    nama saya ami,umur 30thn,suami 29 th.ud ampir 3thn blm dikaruniai keturunan.pnh melakukan hsg dan kt dktr kedua saluran rahim tersumbat krn hormon.oleh dktr disuruh operasi,krn utk hamil alami sdh tdk bs.tp berhub mahal,jd skrg sy pgn k alternatif.ada yg tau g,alternatif yg bgs.nanya lg,kl ditiup itu=hsg??

    Friday, February 13, 2009 at 5:45 pm | Permalink
  94. sulist wrote:

    salam kenal,aku sulist selamat ya buat ibu2 yg dah berhasil hamil.kami dh nikah +-3th tp blm juga dikaruniai momongan,sedih sih apalagi temen yg baru pd merit dah pnya baby.tp kami yakin ALLLAH pnya rncana yg lbih baik bt kami,jd qt hrs tetat bersyukur.saat ini aku lg knsumsi vit e lanturol 400 dan su2 anmum,doakan ya bln ini aku hamil,Amin.terus berusaha.

    Monday, February 16, 2009 at 3:25 am | Permalink
  95. neyna wrote:

    aku neyna sudah 2 th belum punya momongan, jujur tekanan batin juga seh apalagi omongan orang sangat menyakitkan,ke dokter masih ak jalani,apa yang harus ak lakukan ya?alternatif ak tidak tau kemana?makasih……….

    Thursday, February 19, 2009 at 4:13 am | Permalink
  96. nana wrote:

    salam,
    dok saya sudah menikah 3 tahun lebih, tapi belum dikaruniai keturunan. sebelumnya saya sudah terapi di surabaya sekitar 9 bulan dan tiap 2 minggu sekali terapi.saya dalam 1 bulan sekali selalu di USG.setiap di USG, hasilnya ovarium kanan dan kiri masih belum kelihatan,pernah 1 kali saya di USG,sel telurnya ada 3cm agak besar.setelah di kasih resep, saya haid,kemudian di USG lagi, tapi gak kelihatan lagi sel telurnya.
    kemudian setelah 9 bulan terapi, belum ada hasil, saya pindah terapi di kota lain,ini udah bulan ke 3 terapi.mohon doanya.history haid saya sangat kacau.dari sebelum nikah,haid saya tidak teratur.sampai sekarang saya bisa haid kalo sudah di rangsang obat dari dokter.kata dokter hormon saya tidak stabil. yang saya tanyakan,,,Dok, apa saya bisa hamil seperti wanita normal lainnya yang bisa hamil dan melahirkan.mengingat umur saya sekarang sudah hampir 32 tahun.Dok, saya minta solusi dan pemecahannya,please….makasih

    Sunday, February 22, 2009 at 4:13 am | Permalink
  97. vina wrote:

    saya berusia 23 tahun, suami saya terpaut jauh 9 thun diatas saya yaitu 32 thn. Kami menikah sudah 6 bulan. namun hingga kini kami belum juga dikaruniai momongan. awal pernikahan kami tidak pernah ingin menunda memiliki momongan. kami belum berani ke dokter, dan merasa masih sanggup bersabar menunggu anugrah datang.
    namun saya sebagai seorang perempuan agak risih kalau teman, saudara dll selalu menanyakan “udah isi belom”. suami dan saya sering juga browsing masalah kehamilan.
    namun saya yang siklus haidnya tdk teratur susah untuk menentukan masa subur.ada masukan untuk masalah saya doc?

    Tuesday, February 24, 2009 at 4:25 pm | Permalink
  98. violin wrote:

    sperma bentuk tidak bagus dan gerak kurang lincah apa masih bisa hamil?

    Thursday, February 26, 2009 at 2:58 pm | Permalink
  99. julia wrote:

    Salam Kenal Dok……..Aku baru ikutan ternyata ada bny calon ibu yg sama kaya aku menanti kehadiran buahhati kita sekedar informasi aja Dok Aku 28 th dan suami juga 28 th sdh 2.5 th menikah dan blm dikaruniai momongan usaha kedktr dan alternatif skrg aku blk lg kedktr krn alternatif yg aku jalanin blm berhasil kt dktr aku hrs ditiup krn adanya penyumbatan apa benar Dok stlh saya berhubungan dg suami di vagina saya selalu terasa keluar lg spermanya apa berarti saluran indung telur saya mempet?????? klo ditiup itu bgmn prosesnya dok???sakit ga?ktnya klo speema suami sehat stlh ditiup byk yg berhasil. Dokter saya bilang percuma diksh obat penyubur yg baguspun klo saluran Saya mempet benar Dok?????? oh Iya suami sdh tes katanya 40% bagus sisanya jelek alias encer juga ada saran suplemen apa u/ mengobati suami Saya??????? Terimakasih ya Dok udah Sharing….ditunggu jawabannya .u/ ibu-ibu yg lainnya selamat berjuang & jgn putus asa. Tuhan lebih tahu apa yang terbaik u/ kita dan suami….

    Saturday, February 28, 2009 at 4:46 am | Permalink
  100. dina wrote:

    Saya wanita umur 29 th dan suami 36 th, kami sudah menikah 4 bulan, tapi kami ingin sekali mendapatkan seorang anak. Bagaimana caranya agar cepat dapat momomgan? Kami selalu melakukan hubungan setiap hari. Siklus haid 28 hari. Tapi saya belum ke dokter atau minum obat-obatan khusus, yang ingin saya tanyakan, amankah hubungan yang saya lakukan setiap hari itu atau harus ada tenggang waktunya? Berapa hari sekali kami harus melakukan hubungan? terimakasih.

    Thursday, March 5, 2009 at 4:03 am | Permalink
  101. andien wrote:

    Salam kenal dari saya di Malang….
    Saya sudah hampir 2 tahun menikah dengan suami, tetapi masih belum ada tanda2 hamil.
    Saya pergike dokter kandungan
    di karenakan saya ingin memeriksakan mengapa kalau saat haid saya merasakan sakit yang luar biasa, dan pada saat itu saya sudah tidak tahan dengan rasa sakitnya.
    Ternyata setelah pemeriksaan itu, diketahui bahwa saya mengalami endometriosis, dan saya di beri obat oleh dokter kandungan tersebut obat hormon (ANZOL) untuk pemakaian 1 bulan,dan saya harus kontrol ke dokter setiap bulan setelah obat habis… saya rutin mengkonsumsi obat tersebut sampai pada 3 bulan, dan pada saat saya kontrol ke dokter, kata dokter itu saya malah memiliki kista…
    saya jadi heran, mengapa diagnosa dokter itu berubah???
    Saya jadi kecewa pada hasil diagnosa dokter tersebut dan saya memutuskan untul pergi ke dokter itu…
    dan sekarang saya ingin, untuk mengganti/pindah ke dokter yang lain….

    Yang ingin saya tanyakan adalah :
    Apakah wanita yang menderita kista itu memang sulit untuk hamil????
    Apakah ada faktor2 tertentu yang menentukan terjadinya kista???
    Apakah kista bisa diobati/ bisa hilang???

    Terima ksih untuk saran dan petunjuknya…
    saya nantikan balasannya…
    God Bless

    Thursday, March 5, 2009 at 6:58 am | Permalink
  102. yulia wrote:

    halo..saya jadi tertarik nih untuk ikutan sharing..
    dok ..umur saya 27 tahun, kita menikah mau jalan 7 bulan..tp smp skr blm dikasi momongan..yg saya mau tanyakan kpn ya masa subur saya (sebelum menikah memang haid saya tidak teratur) terakhir haid tgl 8 Februari smp krg lebih tgl 13an..
    lalu, setelah ML sperma yg masuk kok agak sulit y.. masuk sih tp rasanya kok slalu ndak isa masuk full gt.. smp saya harus mengangkat kaki saya keatas beberapa jam spy tidak jatuh cairan spermanya..trus besok paginya..kadang2 (ga selalu sich) muncul cairan,,lendir kental, apakah itu sperma yg blm masuk/ keputihan ya dok? trus.. ML yang baik itu berapa kali seminggu ya?
    terimakasih banyak ya.. atas petunjuk dan sarannya..

    Friday, March 6, 2009 at 5:37 am | Permalink
  103. Netty H S wrote:

    Saya wanita usia 31 th dan suami 34 th, kami sudah 11 bln menikah, sampai saat ini saya belum hamil, memang haid saya tidak teratur. dan saya pernah berobat ke dokter kandungan di Pekanbaru bulan 10, saya di beri obat : Aspilet, metformin 400 dan serophen. dan haid saya teratur s/d Des 2008. tapi dari Jan s/d maret 2009 ini saya belum haid -haid lagi.

    mohon saran dan petunjuknya
    Saya tunggu sarannya.
    God Bless Us

    Monday, March 16, 2009 at 5:02 am | Permalink
  104. Ndari wrote:

    Halo Dok.
    Saya wanita 25 tahun sudah menikah hampir 4 tahun dan belum dikaruniai anak. Atas perintah dokter saya menjalani fisioterapi 20x dan belum juga hamil. Kemudian saya HSG/ditiup namun belum tau hasilnya. Pertanyaan saya jika saya belum kunjung hamil, langkah apa setelah ini? Atas Jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    Monday, March 16, 2009 at 5:31 am | Permalink
  105. lisa wrote:

    salam kenal doc..
    saya dah kawen 2 tahun lebih tapi belum ada tanda2 dikaruniai anak.saya sudah ke dokter hasilnya bagus..
    haid saya tiap bulan ada..ngak sakit,tapi belum hamil juga..
    pertanyaan saya apa yang patut saya lalukan supaya tahap kesuburan saya bagus..terima kasih atas jawapannya..

    Wednesday, March 18, 2009 at 11:32 am | Permalink
  106. Tuti' wrote:

    salam kenal
    saya usia 33 tahun baru 4 bulan menikah pingin cepat hamil siklus haid saya teratur 26 hari sekali tapi kenapa belum hamil juga udh setiap masa subur udh berhubungan tetapi knp belum hamil juga posisi ketika berhub jg udh semestinya ?
    apa yang harus dilakukan lg ? spy cepet hamil ?

    Replied by Infoibuhamil

    Salam kenal ibu Tuti,

    Produksi sel telur akan terus berkurang dengan bertambahnya usia.Melihat usia ibu Tuti diatas 30tahun,
    walaupun masih baru menikah,tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan.
    Semoga tidak ada masalah. Biasanya sulit hamil bisa disebabkan karena adanya miom,kista,polip dirahim
    atau bisa juga karena sperma suami yang kurang lincah sehingga sulit mencapai sel telur yang matang.

    Jika belum berencana ke dokter kandungan, ibu juga bisa mengkonsumsi susu atau vitamin yang
    mengandung asam folat dulu.

    Semoga bisa menjawab pertanyaannya.

    Friday, March 20, 2009 at 1:46 am | Permalink
  107. FeR wrote:

    Salam kenal dok,

    mau tanya…ditiup itu bagaimana prosesnya?
    soalnya minggu depan sama dokter dianjurkan untuk ditiup,
    ngeri juga sih dengernya buatku
    apa sama HSG dgn Tiup??

    Thx n GBU

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Fer,

    Jika pertama kali mendengar istilah seperti ditiup, HSG dan laparoskopi memang bisa buat ngeri dan takut.
    Apalagi pernah dengar teman atau saudara yang pernah mengalaminya, dan ceritanya agak menakutkan.
    Sebenarnya tidak “seseram” cerita atau namanya. Prosesnya sendiri cepat dan memang ada rasa sakit,
    namun masih bisa ditahan.

    Dibawah ini keterangan singkat mengenai Tiup Rahim dan HSG:

    TIUP RAHIM (HIDROTUBASI)

    Proses tiup rahim (hidrotubasi) biasanya dilakukan untuk memperbaiki saluran tuba yang tersumbat.
    Tiup rahim dilakukan dengan menyemprotkan cairan ke dalam rongga rahim untuk menekan tuba falopi
    agar sumbatan terbuka. Yang digunakan biasanya cairan infus atau aqua destilata yang bersifat antibiotik.
    Cairan disemprotkan melalui vagina dengan alat khusus dan biasanya pasien tidak dibius hanya diberi
    obat anti sakit yang dimasukkan ke anus.
    Prosesnya sendiri tidak lama, pada saat cairan masuk mungkin ada rasa sakit sedikit seperti mulas,
    tapi pasti bisa ditahan. Dokter bisa langsung menginformasikan ada atau tidaknya sumbatan disaluran tuba ibu.
    Setelah selesai,ada kasa didalam vagina yang bisa ibu cabut sendiri dirumah setelah 1 jam tindakan.
    Biasanya ada pendarahan sedikit,tapi tidak perlu khawatir karena masih normal.
    Ibu akan diberikan obat minum antibiotik agar tidak terjadi infeksi.
    Tiup rahim bisa dilakukan berkali-kali sampai sumbatannya terbuka.

    HSG (HISTEROSALPINGOGRAFI)

    Pemeriksaan HSG (Histerosalpingografi) untuk mengetahui apakah ada sumbatan pada kedua saluran telur
    Caranya dengan memasukkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam rongga rahim melalui vagina
    kemudian dilakukan foto rontgen sehingga akan terlihat apakah zat kontras tersebut masuk ke dalam kedua
    saluran telur atau tidak, bila masuk berarti tidak ada sumbatan, bila tidak dapat memasuki saluran tuba
    maka ada penyumbatan.
    Selama tindakan tidak terasa sakit, tapi setelah pulang, perut akan terasa mulas seperti sakit datang bulan
    kurang lebih sekitar 10 menitan. Dokter juga akan memberikan antibiotik yang diminum setelah HSG.

    Jadi tiup rahim dan HSG itu berbeda.

    Ada dokter kandungan yang langsung menganjurkan untuk HSG, tanpa melewati proses tiup rahim.
    Banyak juga pasien setelah di HSG berhasil HAMIL. Semua terkandung kasus dan keadaan masing-masing pasien.

    Nah ibu Fer, jika sudah mantap tidak perlu khawatir, semoga setelah ditiup, ibu segera hamil.

    Tetap semangat.

    Saturday, March 28, 2009 at 5:11 am | Permalink
  108. Echa wrote:

    Mau tanya ni dok,
    Secara kasat mata,bagaimana ya cr menentukan sperma itu sehat dan bagus.
    Yg kedua,dl setiap ms subur,miss v pasti ngeluarin cairan muskus.tp dah beberapa bln ini kok ndak ya?knp ya dok?mhn penjelasanya.trimakasih dok

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Echa,

    Sperma yang sehat dan bagus sulit dilihat secara kasat mata. Hanya melalui tes di laboratorium yang ditunjuk oleh dokter kandungan atau di klinik kesuburan untuk dianalisa yang bisa menentukan apakah sperma tersebut sehat,lincah,jumlahnya sedikit atau banyak dan bagus atau tidak.

    Mucus/lendir vagina bisa mengalami masa transisi setiap siklusnya, kadang banyak, kadang sedikit bahkan kering.
    Memang biasanya pada masa subur, mucus yang keluar bening,licin dan melar.Ada kemungkinan kurangnya hormon estrogen
    yang biasanya akan meningkat pada masa subur.
    Jika ibu khawatir akan hal itu, bisa menanyakan langsung ke dokter kandungan ibu untuk lebih jelasnya.

    Terima kasih.

    Sunday, March 29, 2009 at 11:38 am | Permalink
  109. Tyas wrote:

    Mau tanya ni dok,
    Secara kasat mata,bagaimana ya cr menentukan sperma itu sehat dan bagus.
    Yg kedua,dl setiap ms subur,miss v pasti ngeluarin cairan muskus.tp dah beberapa bln ini kok ndak ya?knp ya dok?mhn penjelasanya.trimakasih dok

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Tyas,

    Jawaban bisa dilihat di pertanyaan dari ibu Echa.

    Thanks.

    Sunday, March 29, 2009 at 11:39 am | Permalink
  110. Vei wrote:

    Mau tny ni dok..
    Stlh mens dan sblm mens,sya slalu mengalami keputihan..yg kluar semacam putih spt tepung,tp tdk bau.normal tdk?
    Di daerah selangkangan jg gatal.ampe kulit agak gelap.sy obati dg moladerm blm jg membaik.gmn dok

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Vei,

    Keputihan ada yang norma,l ada juga yang tidak normal.
    Keputihan normal biasanya tidak menggangu,karena memang vagina adalah bagian dari saluran kelamin yang saluran jaringannya dipengaruhi oleh hormon estrogen dan progesteron,sehingga membuat vagina menjadi lembab atau basah karena zat-zat yang dikeluarkan.

    Sedangkan keputihan yang tidak normal dan mengganggu biasanya menyebabkan gatal-gatal dan nyeri di dalam vagina atau disekitar vagina.

    Ada kemungkinan ibu mengalami keputihan yang disebabkan oleh jamur candida albican, yang bisa menyebabkan gatal.
    Terapi pengobatan lebih baik disarankan oleh dokter, sehingga bisa lebih tuntas.
    Ada yang diberi tablet anti jamur atau krim/salep seperti merk canesten.

    Jamur sangat menyukai lingkungan yang hangat dan basah, oleh karena itu sebaiknya tidak menggunakan celana dalam ketat,pilih bahan yang dari katun dan selalu menjaga kebersihan daerah vagina.

    Semoga bermanfaat.

    Wednesday, April 1, 2009 at 4:38 am | Permalink
  111. Vei wrote:

    Trimaksh dok
    Tp mau tanya lg,apkh keputihan seperti itu menghambat kehamilan?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Vei,

    Keputihan yang menjalar sampai kedalam saluran telur dan menyebabkan infeksi bisa menyebabkan sulit hamil.
    Jadi lebih baik diobati dulu,sehingga kehamilan cepat terjadi.

    Terima kasih.

    Thursday, April 2, 2009 at 11:25 am | Permalink
  112. yuli wrote:

    Saya mo ikut tanya juga dok, ttg keputihan. Saya sudah 1 thn 5 bln menikah blm hamil. Pertama kali cek ke dr, ditanya apa ada keputihan. Memang ada, dan kemudian saya diberi obat. Lalu saya melakukan HSG. Hasilnya, ke 2 tuba saya non paten. Lalu saya juga sdh melakukan hidro. Hasilnya, menurut dokter hanya 30% saja obat yg masuk. alo blm hamil juga, saya disarankan hidro hingga 3 kali.

    Menurut dokter, penumbatan pd tuba saya, bisa saja krn keputihan/ infeksi.

    Yg ingin saya tanyakan dok, saya memang ada keputihan. Setiap hari ke kantor saya memakai pantyliners. Tapi, menurut saya keputihan saya, tdk sampai menimbulkan rasa gatal atau panas pd vagina saya.Juga tdk bau. Tapi kadang2 warnanya kuning, kadang putih.
    Apakah keputihan saya masih termasuk normal dok? Bagaimana pengobatan yg harus saya lakukan utk keputihan ini?
    Tolong dibalas, dok…

    Trims

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Yuli,

    Jika ingin mengetahui pasti apakah keputihan yang dialami oleh ibu itu normal atau tidak,diperlukan pemeriksaan dibawah
    mikroskop dengan mengambil contoh keputihan oleh dokter.
    Keputihan banyak jenisnya, ada yang tidak mengganggu sampai ada yang mengganggu seperti timbulnya rasa gatal,perih/
    terbakar bahkan kemerahan pada vagina dan sekitarnya.
    Jenis keputihan (leukorrhoea) yang tidak mengganggu/normal biasanya berwarna putih/kuning tanpa menimbulkan rasa
    gatal,namun ada yang berbau dan ada juga yang tidak berbau.

    Keputihan yang menimbulkan gatal disebabkan oleh jamur.Gatal timbul karena adanya infeksi jamur yang mengenai vulva.
    Ada juga keputihan yang disebabkan oleh Trichomoniasis dimana infeksi ditularkan melalui hubungan kelamin dengan orang
    yang terinfeksi.Keputihan jenis ini menyebabkan gatal-gatal yang lebih parah.
    Ada juga keputihan yang disebabkan oleh Bacterial Vaginosis,cirinya keputihan yang encer, berbau amis dan berwarna
    abu-abu kotor.

    Semua keputihan dapat diobati sesuai dengan jenisnya.
    Untuk kasus dimana keputihan menyebabkan tersumbatnya saluran rahim, bisa saja terjadi.
    Biasanya dokter akan memberikan terapi pengobatan,termasuk di hidro/tiup rahim yang bisa diulang sampai sumbatan
    terbuka.

    Selain itu,ibu Yuli juga bisa melakukan langkah pencegahan sendiri dengan selalu menjaga kebersihan sekitar vagina.
    Pemakaian panty liner juga dibatasi atau jangan dipakai terlalu lama.Pakai celana dalam yang terbuat dari katun dan
    celana panjang diusahakan jangan yang ketat.

    Semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Terima kasih.

    Monday, April 6, 2009 at 1:07 pm | Permalink
  113. yuli wrote:

    Terima Kasih atas penjelasannya dok. Sebaiknya berapa lama panty liners itu dipakai? Biasanya, pagi2 saya pakai, sore menjelang ashar baru saya lepas.
    Dokter kandungan saya sih…menyarankan selalu bawa ganti CD aja ke kantor.
    Kemudian dok, utk membersihkan vagina setelah buang air kecil, kalau di kantor, saya selalu menggunakan tissu.Kalau di rumah, saya gunakan handuk kecil. Tapi, handuk itu saya ganti 1hari sekali. Setelah pakai, biasanya saya gantung di kamar mandi.
    Apakah itu baik atau tidak,dok?

    Mohon bantuannya lagi…Terima Kasih sebelumnya

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Yuli,

    Memang lebih baik tidak memakai panty liner, karena bagaimanapun juga panty liner bisa jadi
    sarangnya kuman dan bakteri. Tapi jika ada keputihan yang banyak,boleh digunakan.
    Tidak ada patokan pasti waktu pemakaiannya,bisa 2-3 jam sekali dan jika sudah terasa lembab
    sebelum 2 jam bisa langsung diganti.

    Untuk pembalut biasanya sekitar 4 jam,tapi baik pembalut atau panty liner diganti dilihat dari
    banyak atau tidaknya haid atau keputihan yang terjadi.
    Apabila tidak ada keputihan,lebih baik gunakan celana dalam berbahan katun saja yang bisa
    diganti 2-3 kali dalam sehari.
    Jika berada di rumah biasakan tidak menggunakan panty liner.

    Untuk kebersihan vagina dan sekitarnya, pada saat dikantor yang toiletnya kering,bisa gunakan
    tisu yang sudah diberikan air bersih dan dilap kembali dengan tisu yang kering, arahnya selalu
    dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri/kuman masuk.
    Tisu juga harus yang berkualitas bagus, karena bahan dasar dari serbuk kayu ada kemungkinan
    tercemar jamur.Ibu Yuli bisa bawa handuk kecil dari rumah,jika tidak merepotkan atau bawa CD
    ganti sesuai saran dokter kandungan ibu

    Pemakaian handuk kecil sehari sekali seharusnya tidak ada masalah.
    Setelah buang air kecil,dibersihkan dengan air dulu hingga bersih baru dilap sampai kering dengan
    handuk kecil.

    Sebenarnya vagina mempunyai mekanisme pembersihan diri,tapi tetap harus dijaga kebersihannya
    dari luar.

    Ok bu Yuli, semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Terima kasih.

    Tuesday, April 7, 2009 at 2:09 pm | Permalink
  114. nanay wrote:

    d rahimq ada virus rubela

    Wednesday, April 8, 2009 at 7:51 am | Permalink
  115. nanay wrote:

    d rahimq ada virus rubela shg ketika aq hamil terjadi keguguran, obat apa yg hrs aq konsumsi?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Nanay,

    Turut prihatin ya bu.

    Rubella (Campak Jerman) memang berbahaya bagi ibu hamil. Virus ini bisa masuk ke dalam jaringan tubuh janin,
    sehingga menyebabkan komplikasi serius seperti cacat pendengaran,kerusakan jantung,katarak mata.
    Ciri-ciri umumnya:
    -Demam
    -Tulang-tulang ngilu
    -Kelenjar belakang telinga membesar dan nyeri
    -Muncul bercak-bercak merah dari wajah sampai keseluruh tubuh

    Untuk mencegah terkena virus Rubella,biasanya diberikan vaksin Rubella.Ada yang sudah pernah terkena Rubella,
    ditubuhnya sudah memiliki antibodi terhadap Rubella,namun ada juga bisa sampai terkena dua kali.
    Jadi tidak ada obat yang perlu dikonsumsi,karena virus ada dimana-mana,yang paling penting adalah tubuh harus
    sehat sehingga antibodi didalam tubuh kuat menahan virus.

    Sebelum hamil lagi, lebih baik dilakukan pemeriksaan darah lengkap untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu.
    Jadi jika hasilnya ada terdapat virus Rubella,tokso atau lainnya, bisa langsung dilakukan pengobatan.

    Demikian ibu Nanay,tetap semangat!

    Wednesday, April 8, 2009 at 7:54 am | Permalink
  116. Vei wrote:

    Dok untk obat keputihan yg sejenis metronidazole (flagil) apa ada yg penggunaanya tdk dimasukan ke miss v?spt d minum gt.hbs nya kl dimasukin rasanya aneh.
    Trims ya dok

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Vei,

    Metronidazole tersedia dalam bentuk ovule (tablet yang dimasukkan ke dalam miss v), cream dan vaginal tablet.
    Jika ingin yang diminum(oral), bisa minta diresepkan jenis lain.Tapi memang lebih efektif jika langsung dimasukkan
    ke miss v, walaupun penggunaannya agak sulit.

    Semoga bisa menjawab pertanyaannya.

    Wednesday, April 8, 2009 at 1:20 pm | Permalink
  117. Yanthie wrote:

    Sy sdh nikah 10th,th 2004 pernh dnytakan kista dan dlakukan laparoskopi, stlh itu sy dbr suntikan tapros slm 3bln, stlh itu sy dbr diane, blm bhsl jg sy dhcg dan dbr obt hormon lg tp blm bhsl jg..akhrny sy stop pngbtanx krn biaya,skrng sy cb berbt lg d Rsal,sy langsung dsuruh Hsg dan hslnya kt dokter rahim kiri sy buntu krn ada infeksi, sy cm dbr fertilphen dan suami tribestan,.tp slm 4bl mnum blm ada hsl jg..skrng sy lg cb pay fung wan,.pgn cb k pak sobri tp almtny g jelas pdhl sdh sy cari2..tlng donk sarannya

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Yanthie,

    Jika ibu mau coba ke alternatif pak Sobri,alamat ada di:
    Jl. Dewi Sartika Cililitan Kecil
    Belakang Bank Danamon
    Jakarta
    (Bisa tanya dengan orang2 disekitar/tukang parkir Bank Danamon untuk jalan masuknya)
    Coba hubungi langsung pak Sobri di HP:0818703931

    Tempat prakteknya harus melewati jalan kecil yang didepannya ada rumah makan Padang.
    Hari Sabtu siang sekitar jam 1 dan 2an biasanya agak sepi, walaupun ngantri mungkin hanya
    tunggu 2 atau 3 pasang.

    Semoga ibu Yanthie bisa berhasil hamil dengan pak Sobri.

    Friday, April 10, 2009 at 2:10 pm | Permalink
  118. ulan wrote:

    Dok, saya disarankan oleh dokter kandungan utk melakukan tes progesteron. Dan hasilnya 10.08, unit(ng/mil).Apakah ini normal dok? Saya belum sempat konsul ke dokter kandungan lagi.
    mohon dibantu. trims

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Ulan,

    Tes progesteron dilakukan untuk mengetahui apakah terjadi ovulasi (masa subur,dimana sel telur diproduksi).
    Hasil yang normal biasanya lebih dari 15 ng/ml.Sebenarnya hasil tes ibu juga tidak rendah.
    Coba konfirmasi ke dokter spesialis kandungan ibu untuk lebih pastinya.

    Terima kasih.

    Tuesday, April 14, 2009 at 11:42 am | Permalink
  119. dytha wrote:

    asslmkm…aq ditha umur q 25th suami 29 thn sudah 4 thn lebih menikah tp blom punya momongan..aq dah coba periksa k dokter ktanya kurang subur dan dkasih profertil trus aq jg dah coba mkn toge sama kacang ijo tp msh blom ada hasilnya,
    aq jg pernah liat di tv ada pengobatan alternatif teh mayang di bandung aq dah coba ktnya kurang subur juga..aq & suami d pijat trus dksh ramuan tp msh blom berhasil pdhl sekitar bbrp bln stelah itu aq liat d tv ada cwe yg barengan aq brobat dsana udah hamil ( sedih )
    pgn coba k pak sobri…
    btw aq mo tanya biaya berobat k pa sobri per 1 minggu brp ya..?
    biasanya harus brp kali dtng ksana..?

    Friday, April 17, 2009 at 7:44 am | Permalink
  120. yuli wrote:

    Saya hendak bertanya lagi,dok.Menyambung pertanyaan saya pd tgl 7/04/09.

    Saya ingin mengobati masalah sumbatan pd tuba saya, bagaimana jika saya gabungkan pengobatan yg diberikan dokter kandungan saya dgn obat2an alami? Saya ingin mencoba minum madu yg dicampur bubuk kayu manis(diminum sebelum tidur). Dan saya juga ingin mencoba minum kalonji(habbatusauda) dlm bentuk kapsul. Cara minumnya pagi-sore @2kapsul. Saya juga dibelikan alat new mag belt power, utk membantu membuka sumbatan. Apakah tdk apa2 jika saya gabungkan pengobatan tersebut,dok?Mohon penjelasannya. Terima Kasih Banyak

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Yuli,

    Jika semua pengobatan bersifat alami,efektif dan tidak menimbulkan efek samping, silahkan diteruskan.
    Semoga ibu Yuli bisa mendapatkan hasil dari terapi tersebut.

    Semoga berhasil dan tetap semangat.

    Friday, April 17, 2009 at 2:23 pm | Permalink
  121. Ririn wrote:

    Assalammualaim W.W. Saya Ririn umur saya 26 th dan suami saya juga 26 th. Saya sudah menikah selama 9 bln tapi belum juga dukaruniai momongan. Padahal dari awal pernikahan kami, kami ingin sekali cepat dapat momongan. Kami sudah periksa ke dr kandungan dan dua2 nya dinyatakan sehat. bahkan saya sudah melakukan pemeriksaan HSG. tapi kenapa belum juga isi.
    Tapi kenapa ya dok beberapa bulan ini saya setiap mau datang mens pasti mual, maaf payudara kencang dan tidak jarang saya muntah2. padahal dulu sebelum menikah tidak pernah seperti itu.
    apa karena saya terlalu teropsesi ya dok. terus terang saya stres dok, melihat teman2 saya yang langsung hamil setelah menikah, padahal mereka blm mengharapkan dapat momongan.apalagi setiap saya mens saya selalu kasihan melihat suami saya yg sepertinya sedih bgt walaupun dia selalu membesarkan hati saya tp saya tau dia kecewa.

    Replied by Infoibuhamil

    Waalaikumsalam ibu Ririn,

    Penantian memang kadang bisa menyiksa dan berat rasanya. Apalagi menanti buah hati yang sangat diidam-idamkan.
    Apabila ibu Ririn dan suami sudah pernah cek dan hasilnya bagus, mungkin tinggal tunggu waktunya saja untuk bisa
    hamil.Pengetahuan tentang masa subur juga perlu ibu ketahui agar peluang kehamilan lebih besar.

    Ada beberapa ibu yang sangat ingin hamil meniru tanda-tanda hamil,seperti mual atau muntah. Hal ini bersifat emosi
    atau psikis saja. Stress juga bisa membuat ibu sulit hamil, karena pikiran sangat berpengaruh pada hormon tubuh.
    Jadi coba ibu Ririn lebih relaks,tenangkan pikiran dan selalu bersyukur walaupun belum hamil juga.
    Justru banyak ibu-ibu yang tadinya sulit hamil,bisa hamil karena sudah pasrah dan berserah.

    Semoga ibu Ririn juga bisa begitu dan cepat hamil.
    Tetap semangat!

    Tuesday, April 21, 2009 at 2:53 am | Permalink
  122. Vei wrote:

    Dok mau tanya obat merk paten apa ya yg banyak mengandung Zinc yg gunanya untuk mendukung kesuburan suami.mhn petunjuknya.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Vei,

    Disarankan untuk meminta resep pada dokter kandungan ibu agar pengobatannya lebih tepat.
    Di pasaran sendiri sudah banyak obat penyubur suplemen bagi pria yang mengandung Zinc.
    Jika ibu Vei ingin cara yang alami, bisa mengkonsumsi makanan seperti tiram, udang,kerang2an,
    telur atau beras merah.

    Terima kasih.

    Tuesday, April 21, 2009 at 3:43 pm | Permalink
  123. achie wrote:

    maaf dok aku boleh tanya kan dok? aku baru kemarin buka websitenya infoibuhamil ini. selama ini aku merasa sendiri, awal2 nya tiap datang mens aku selalu menangis karena aku blm hamil juga, dok aku dah periksa kebeberapa dokter SPog awal menikah aku ada keputihan lalu diberi obat dan sekarang allhamdulillah dah sembuh, skrg daerah v malah wangi. dok sebenarnya aku dah pasrah tp aku masih tetap ihktiar minum serbuk kurma muda dari arab dan minum vit e, dah 3 minggu ini aku jg ikut senam dok katanya jg mampu mempercepat. sebelumnya aku jg sdh di HSG dan suami dah periksa spermanya baik. siklus haid aku adalah rutin 25 hari. jd aku melihat masa subur cm dgn cairan vagina. kemarin aku tgl 1 april tp sjk semalam badn aku meriang dok dan ngga selera makan. sebelumnya kalau mau mens aku biasa saja malah kadang dah keluar aja. dok apa efeknya kita senam aerobic terhadap program hamil? sy menikah sdh lebih 3 tahun. thanks ya…

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Achie,

    Sebenarnya senam aerobik atau olah raga bagus untuk kesehatan tubuh, asalkan ibu tidak terlalu lelah atau
    kecapaian.Untuk hamil memang dibutuhkan kondisi siap istri dan suami. Jadi ibu tetap jaga makan dan
    kesehatan tubuh juga ketenangan pikiran. Semoga dengan terus berusaha dan berdoa ibu segera hamil!

    Thursday, April 23, 2009 at 5:42 am | Permalink
  124. achie wrote:

    hai mba ririn lam kenal nih, wah jangan sedih dulu mba ririn, awalnya aq juga begitu, sampai sekarangpun masih suka sedih, tiap bulan menanti kabar kehamilan.. tapi mau gimana lagi? yang kuasa belum mempercayai kita untuk menjadi ortu. apalagi aq dan suami dah 4 tahun menikah, sabar hanya itu yang dapat kita lakukan. mba yuli aq juga lagi minum Habbatsauda .dulu aq jg kata dokter ada penyumbatan tapi dah diHSG dan allhamdulillah dah baik, dok di infoibuhamil aq mau tanya, aq mens biasanya 25 hari tap[i bulan ini telat 3 hari aq pikir tadinya positif eh ngga tahunya semlm keluar aq sekarang minum natur-E tp rencananya aq mau ganti dengan yg 400 I-U yg bagus apa ya? rencananya aq jg mau mencoba obat cina dan minum un-mum. dok apa mungkin rahim saya lemah soalnya beberapa bulan sebelumnya saya juga sempat telat 15 hari? apa ada obatnya agar rahim saya kuat?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Achie,

    Tetap sabar ya bu, dilihat dari usaha keras ibu Achie untuk bisa cepat hamil, mungkin tinggal tunggu
    waktunya saja untuk ibu bisa hamil.
    Rahim lemah hanya bisa diketahui apabila ibu sudah pernah hamil dan mengalami keguguran atau
    pendarahan.
    Jika hasil pemeriksaan dokter diketahui kondisi rahim ibu baik-baik saja, berarti tidak ada masalah.
    Kondisi ibu dan suami sehat juga tidak ada masalah,berarti hanya masalah waktu saja.

    Semoga ibu cepat hamil.

    Tuesday, April 28, 2009 at 5:13 am | Permalink
  125. achie wrote:

    pada kemana nih??? kok ngga ada komentar????????????


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Achie,

    Mohon ma’af atas keterlambatan balasan dan jawaban untuk ibu.

    Tuesday, April 28, 2009 at 5:54 am | Permalink
  126. FeR wrote:

    Dok, mau tanya lagi nih =)
    kalau sel telur kecil, apa ada kemungkinan bisa hamil ya???
    dikasih obat penyubur dari dokter malah haid tidak keluar, alias tidak lancar. bln sebelum2nya saya minum pai fung yen haid bisa lancar walau telat n darah keluar cm dikit, tapi setelah diminumi obat penyubur dari dokter malah tidak lancar, gimana nih dok?? saya bingung mau minum obat yg mana??

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu FeR,

    Tentu saja ibu bisa hamil, asalkan diobati dan ikut saran dari dokter ibu.
    Coba ibu FeR komunikasikan dengan dokter kandungan ibu tentang haid yang
    tidak lancar karena minum obat penyubur. Biasanya obat penyubur membantu
    agar sel telur ibu matang dan pecah.Setiap siklus haid,sel telur ibu bisa besar,matang
    dan pecah atau sel telur kecil dan tidak matang.

    Ibu FeR coba teruskan dulu terapi dari dokter ibu.
    Semoga bisa membawa hasill.

    Thursday, April 30, 2009 at 2:00 pm | Permalink
  127. yanthie wrote:

    iy neh aq blm sempat ktmp pak sobri, kmgknan kl aq dpt mens x ya biar jelas……. tp aq takut juja ketauan penyakit lainnya dari pak sobri…….doain y temen2

    Friday, May 1, 2009 at 4:12 am | Permalink
  128. Echa wrote:

    Dok saya pernah k tmpt alternatif,ketika org na megang perut katanya rahimku kecil dan agak tersembunyi..
    Apa keadaan rahim seperti itu menyebabkan sulit hamil?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Echa,

    Selama kedua saluran rahim baik tidak ada sumbatan, ada kemungkinan untuk hamil.
    Ada rahim yang bentuknya condong kebelakang (retroversi) atau banyak yang bilang rahim terbalik.
    Walaupun begitu, tetap ada peluang untuk bisa hamil.
    Beberapa ibu ada yang melakukan pengobatan dengan cara dipijat perutnya dan ada yang
    berhasil hamil dengan cara itu.

    Selalu konsisten saja dalam menjalani pengobatan, semoga bisa cepat membawakan hasil.

    Tuesday, May 5, 2009 at 4:11 pm | Permalink
  129. Echa wrote:

    Oya mau tanya lagi..
    Kmrn saya jg ke dokter,di kasih obat merk regumen.katanya penyubur.emang bgtu ya dok?sebenarnya apa fungsi na obat tersebut.
    Trimakasih

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Echa,

    Regumen atau profertil atau serophene adalah jenis-jenis obat penyubur bagi wanita.
    Fungsinya untuk mematangkan sel telur sehingga siap dibuahi atau mendorong terjadinya
    ovulasi. Terapi pengobatan dengan obat penyubur biasanya tidak boleh lebih dari 6 siklus haid.

    Semoga ibu Echa bisa berhasil hamil dengan mengkonsumsi obat penyubur ini.
    Terima kasih.

    Wednesday, May 6, 2009 at 11:39 am | Permalink
  130. Echa wrote:

    Dok..efek samping regumen it ap?
    Sy biasanya dpt mens tgl 18,dg siklus 30 hr,tp kok tgl 11 ini dah dpt lg.jd bingung mghtg masa subur.
    Kenapa kok gt ya dok?kmrn sehabis mens saya jg mengkomsumsi pai fung wan..tlg dok.mhn penjelasanya.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Echa,

    Regumen membuat haid menjadi lancar.
    Ibu bisa mengetahui masa subur dari lendir vagina yang terlihat lebih bening seperti
    putih telur. Bisa hitung secara umum tanggal awal haid ditambah 14 hari.
    Hitung secara instant masa subur lewat http://babymed.com/Tools/Fertility/Calendar/Default.aspx

    Pai Fung Wan fungsinya untuk memperlancar peredaran darah.
    Selama tidak ada keluhan tetap boleh dikonsumsi.

    Terima kasih.

    Monday, May 11, 2009 at 4:11 am | Permalink
  131. Echa wrote:

    Trims dok.
    Oya,yg msh membuat penasarn tgl 11 kmrn kluar darah,spt mens.tp tgl 12 dah bersih,apa it darah mens dok?pdhl blm wktnya dpt.bnt saya dok,ap perlu sy k DSPog sy?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Echa,

    Memang lebih baik ibu coba cek dan tanyakan pada Dokter SpOg ibu untuk pastinya.
    Ada kemungkinan pengaruh obat yang ibu minum, sehingga haid datangnya tidak
    pada waktunya dan hanya sehari.

    Terima kasih.

    Tuesday, May 12, 2009 at 6:30 am | Permalink
  132. Meicelin wrote:

    Halo dok, saya mau ikutan. Saya sudah 3 thn menikah dan belum punya anak. tgl 19 Des kemarin saya habis operasi kista.tetapi kenapa ya di luar perut saya kok rasa kebal bekas operasi belum hilang,kata dokter ketika saya cek up bulan maret kata dokter tidak apa2 saya malah diberi obat peyubur tapi belum berhasil. yang saya mau tanyakan kenapa ya rasa kebal di perut bekas operasi itu belum hilang ? berbahaya ngak ? terima kasih dokter untuk jawabananya.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Meicelin,

    Rasa kebal/mati rasa setelah operasi wajar terjadi.
    Perlu waktu antara 6 bulan hingga 1 tahun rasa kebal akan hilang bersamaan
    dengan perbaikan jaringan bekas operasi.
    Kondisi kebal ini tidak berbahaya. Hal ini juga yang dialami oleh ibu-ibu pasca
    operasi caesar.

    Diharapkan dengan hilangnya kista,ibu bisa segera hamil.
    Tetap semangat.

    Wednesday, May 13, 2009 at 2:59 am | Permalink
  133. Echa wrote:

    Dok td sy prg k DSPog sy.
    Td d periksa bagian payudara..d pencet,sakit bgt.trnyt keluar air su2 na.pdhl blm hml,nah ktnya terlalu tinggi kdr hormon d klnjr susu..d ksh obt cripsa..
    Mhn penjelasnya apkh keadaan spt it slt hml?trus fungsi obt na trsbt apa

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Echa,

    Kelenjar susu yang keluar karena kadar hormon prolaktin ibu yang tinggi (Hiperprolaktinemia).
    Cripsa untuk menormalkan kembali kadar hormon prolaktin ibu.
    Biasanya hormon prolaktin akan tinggi pada ibu-ibu setelah melahirkan untuk pembentukan
    ASI. Memang dengan prolaktin yang tinggi dapat membuat siklus haid ibu tidak teratur,
    sehingga ini bisa menjadi penghambat kehamilan.

    Semoga saja dengan mengkonsumsi Cripsa kadar hormon ibu bisa turun dan ibu bisa mulai
    untuk program hamil.

    Tetap semangat.

    Friday, May 15, 2009 at 9:43 am | Permalink
  134. Meicelin wrote:

    Dok terima kasih ya untuk jawabannya. Saya mau tanya lagi nih. Saya ingin sekali dipijit tapi boleh ngak sekalian dipijit perut saya ? berbahaya ngak krn rasa kebal itu belum hilang dok ? terima kasih.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Meicelin,

    Selama ibu informasikan kepada si pemijat/tukang urut kalau ibu pernah operasi kista
    bulan Desember lalu, sebenarnya tidak ada masalah.Cari pemijat berdasarkan rekomendasi
    saudara/teman yang pernah berobat kesana dan berhasill.Jika takut,ditunggu sampai
    6 bulan pasca operasi baru berobat ke alternatif.

    Terima kasih.

    Monday, May 18, 2009 at 6:02 am | Permalink
  135. Meicelin wrote:

    dok tadi kalau dipijit sekalian dirapihin peranakannya ya gitu deh alternatif pemijitan. terima kasih.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Meicelin,

    Selama tempat pijat dan pemijatnya kompeten dan terbukti bagus boleh dicoba.
    Informasikan dengan rinci tentang masalah yang sedang ibu alami.

    Selamat mencoba dan semoga berhasil.
    Terima kasih.

    Monday, May 18, 2009 at 6:06 am | Permalink
  136. irya wrote:

    dok, aku udah hampir putus asa, karna dengan usia pernikahanku yg udah masuk ke usia 5 tahun dan belum juga ada tanda-tanda bisa hamil. mens ku tidak teratur dan ada mioma. Tapi aku udah pernah ops laparascopy mioma dan menurut dokter ada besar kemungkinannya setelah ops mioma aku bisa hamil. Tapi setelah 3 th pasca ops, tetep aja belum ada tanda-tanda kehamilan. Menurut dokterku sel telur punyaku itu banyak tapi tdk ada yg bisa optimal dan tdk bisa pecah,shg tdk bisa dibuahi oleh sperma. Dok, apakah dgn permasalahanku itu aku tdk bisa hamil?
    lalu apa yang harus aku lakukan agar bisa mens teratur dan sel telurku bisa lebih optimal? Thanks..


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Irya,

    Ibu Irya tidak boleh putus asa dan patah semangat dulu.
    5 tahun penantian memang sangat berat dan terasa lama.
    Justru sekarang harus selalu lihat ke depan, hari ini apa yang bisa ibu lakukan
    agar bisa mencapai keinginan ibu? Ini yang bisa membuat ibu bersemangat.

    Agar hamil,memang dibutuhkan sel telur yang matang dan pecah yang
    siap dibuahi sperma. Apabila sel telur ibu tidak bisa pecah, biasanya dr.SpOG ibu
    akan menyarankan pengobatan agar di bulan berikutnya sel telur ibu ada yang
    matang dan pecah.

    Semoga saja bisa menjawab pertanyaan ibu.
    Terima kasih.

    Friday, May 22, 2009 at 2:20 am | Permalink
  137. ririz wrote:

    Ass..Salam kenal to smuany.
    Dok..sdh 4th kmi merrid tapi blm dkarunia baby.umurku(27th) n suami(33).aq sedih bgt..udh bnyk usaha yg kami lakuin,tp masih nihil hasilny.mulai dr 1th perkawinan,km udh konsul ke dr.kandungan,bgt jg dgn 2th berikutny(dg doktr yg berbeda,dg tujuan agar kmi dpt second opinion).keduanya sama2 mengatakan bahwa rahimku normal,tapi posisi rahimku yang jauh(sehingga sulit sperma utk sampai).obat penyubur dr dokter 2x sdh aq minum,hingga cara yg tepat berhubungan agar terjadi khamilan.hingga akhirny aq memutuskn utk berobt alternatif.ternyata diagnosa dokter n pakar alternatifku sama,posisi rahimku jauh.jd posisi rahimku dkembalikan kposisi seharusny(dg cara diurut).n ternyata suamiku jg mempunyai masalah.jumlh sperma suamiku ternyt sedikit dr seharusny.semua ramuan alternatif itu kami minum,mulai dr rempah2,madu,kuning telur aym kampung,sampai ekor kuda laut(to suamiku).n selama ini suamiku blm pernah melakukan tes sperma.yang ingin sy tanyakn:
    1.Apa tindakan yg seharusny sy lakukan dg posisi rahimku yg jauh?
    2.Obt penyubur apa yg bs cepat hamil(natur-e,tdk ada hasilny.skrg ini sy lg minum susu anmum)?
    3.Obt penyubur apa yg bs memperbanyak jmlh sperma?Apakah susu anmum bs dkonsumsi suamiku jg?
    Wassalam…..

    Replied by Infoibuhamil

    Waailaikumsalam ibu Ririz,

    Ditinjau dari cerita ibu, disarankan agar suami dites kembali spermanya.
    Ada kemungkinan kualitas dan kuantitas suami belum bagus sehingga belum berhasil hamil.

    Menjawab pertanyaan ibu Ririz:
    1. Walaupun posisi rahim ibu jauh,jika sel sperma lincah dan bagus ada kemungkinan
    bisa mencapai sel telur yang siap dibuahi.
    2. Banyak obat penyubur yang biasa diresepkan oleh dr.SpOG,diantaranya Profertil.
    Natur-E dan susu Annum juga bisa membantu.
    3. Sekarang banyak beredar vitamin bagi kesuburan pria.Ini boleh saja dicoba.
    Susu Annum lebih diperuntukan untuk wanita,karena salah satunya mengandung
    asam folat. Cara alami juga patut dicoba, bisa dibaca di :
    http://infoibuhamil.com/sehat/5-tips-mudah-agar-tetap-subur-bagi-pria.html

    Semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Tetap semangat dan terima kasih.

    Friday, May 22, 2009 at 1:10 pm | Permalink
  138. putri tien wrote:

    malam…!saya juga ikut sharing ni dok tentang keluhan saya ?Saya umur 23 suami saya 29th?meskipun usia pernikahan masih diitung bulan tapi saya sebagai istri sudah menikah pasti menginginkan seorang anak tapi masalahnya dok suami saya belum menginginkanya jadi selalu jaga2 klo saya hamil, setiap saya berhubungan suami ga pernah sperma nya dikeluari didalam apakah saya bisa hamil dg cara begitu dok ? apa ada obat perangsang untuk suami ,saya ingin sekali mempunyai seorang anak dok apa yang mesti saya lakuin dok?kemungkinan saya bisa hamil dok klo suami terus2 an setiap berhubungan spermanya dikeluari diluar?mens saya juga ga teratur awal bulan sktar tgl 2 saya mens datang lagi akhir bulan sktar tgl 28 ,mohon penjelasanya dok dn solusinya gmn? thnx….

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Putri,

    Pertanyaanya sudah dijawab ya.
    Semoga saja suami ibu berubah pikiran untuk cepat memiliki anak.
    Memang lebih baik tidak perlu ditunda, kecuali ada alasan yang
    mengharuskan ibu tidak hamil dulu.Semakin muda usia saat hamil
    semakin baik.

    Semoga membantu.
    Terima kasih.

    Monday, June 1, 2009 at 11:40 am | Permalink
  139. Yayun wrote:

    Ass, siang dok..!
    Saya sudah menikah 10 bulan saya berumur 23th sedangkan suami saya 28th sampai sekarang kami belum juga beri momongan sedangkan temen – temen yang serempak menikah sudah mau melahirkan. saya pernah keguguran memasuki 3 bulan terus bulan mei sudah telat seminggu tapi belum sempat di tes hamil datang bulan tp lain dari bulan – bulan yang lalu (maaf ya dok) darah men saya deras sekali seperti keluar darah segar gt dok, kenapa ya dok ?. kata temen – temen kalau udah telat pasti bulan dpn nya telat tapi dak juga skrg makinn cepat dtg bulan nya yang 2 bulan yg lalu tgl 1 stelah itu tgl 5 ini yang udah telat itu trus tgl 2 jd sy mau htg masa subur saya makin binggung, gmn ya saya mengethui masa subur saya ? kenapa kok datang bulan saya sepertinya tdk teratur ?. mhn penjelasannya dok dan saran nya….trim’s dok.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Yayun,

    Jika ingin mencoba menghitung masa subur, salah satunya bisa dengan cek lendir/mucus vagina.
    Apabila lendir bening seperti putih telur, ini tandanya sedang di masa subur.
    Atau bisa juga dengan bantuan alat tes kesuburan yang ada dipasaran atau dengan kalkulator
    kesuburan http://babymed.com/Tools/Fertility/Calendar/Default.aspx.

    Kemungkinan adanya perubahan hormon, yang bisa disebabkan karena stress atau
    kelelahan yang menyebabkan haid ibu tidak teratur.
    Usahkan untuk tetap santai dan cukup istirahat saja.

    Demikian bu, semoga membantu.
    Terima kasih.

    Thursday, June 4, 2009 at 6:34 am | Permalink
  140. lia wrote:

    hallo smua, saya lia 28 thn saya nikah baru 7 bulan, saya sempat hamil trus keguguran, sedih skali rasa nya, trus saya mau tanya kalau sudah selesai berhubungan pas keluar sperma ke vagina trus ada yang keluar sperma lg itu bisa hamil gak sih, di jawab ya, thanks ya all

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Lia,

    Turut prihatin bu.
    Maksudnya ibu Lia,sperma yang keluar dari vagina setelah selesai berhubungan?
    Sperma yang masuk ke vagina pasti nanti akan keluar lagi, kecuali sperma yang
    berhasil membuahi sel telur yang matang yang bisa membuat ibu hamil.

    Semoga ibu Lia segera hamil lagi.
    Tetap semangat!

    Thursday, June 11, 2009 at 7:04 pm | Permalink
  141. novegestine wrote:

    dear Dok,
    saya 28 tahun, suami 33 tahun sudah 4 tahun menikah, 4 kali hamil dan kesemuanya berakhir dengan vonis blighted ovum, rata2 usia kehamilan 3 bulan ke bawah.
    Setelah obsgyn menyarankan suami cek sperma, ternyata” morphology “-nya ga sesuai standar, klo ga salah standarnya harus lebih dari 30%, tapi suami cuma 21%..
    apa itu jadi penyebab bligted ovum berulang?
    karena di tempat domisili saya tdk ada androlog, kira2 apa ya dok yg harus kami lakukan?
    saat ini saya sudah terlambat mens lagi dan sudah dicek pake test pack hasilnya positif, tapi ga berani k obsgyn, rasanya msih trauma…
    tolong dijawab ya dok…
    terima kasih banyak…

    Tuesday, June 16, 2009 at 5:40 am | Permalink
  142. achie wrote:

    wah info ibu hamil jadi tambah banyak peminatnya nih… dah lama ngga buka web kamu ternyata, yang bernasib sama dgn aq banyak juga ya. aq ngga tahu mau ngomentarin apa masalahnya qt semua dah ikhtiar dan terus terang aq sendiri juga belum bisa untuk menemukan jawaban kenapa buah hati yg kita harapkan belum kunjung datang, sementara hari-hari terus berjalan dalam kesepian, tanpa ada tawa dan rengekan sang buah hati tuk melengkapi keluarga ini. nyanyian rindu melalui do’a suci senantiasa kita senandungkan kehadirat-Nya, agar sang buah hati hadir menemani sepi. namun apa daya kita, sang pengatur belum mengkehendaki kita tuk menjadi orang tua. semoga usaha dan do’a kita didengar dan dikabulkan oleh sang pencipta amiiiin….

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Achie,

    Terima kasih bu, semoga dengan semakin banyak yang berbagi dan memberi informasi disini,
    bisa membantu memberikan motivasi,semangat dan doa agar keinginan semua ibu Achie dan
    ibu-ibu segera terwujud.

    Kalau dipikirkan terus memang sangat membebani diri, tapi kadang sulit mengontrol pikiran
    sendiri..tidak mudah memang mengatasinya. Yakin dan berserah pada-Nya saja bu, semoga
    doa ibu Achie akan segera dikabulkan.

    Good Luck.

    Thursday, June 25, 2009 at 6:58 am | Permalink
  143. kim wrote:

    Mlm dok,saya ingin bertanya..dok sy mens terakhir 14mei,siklus haid sy 30/31hr,bulan ini sy sempat tes pack hslnya positif walopun saru2 krn wrnnya msh pink kemerah2an,tgl 22june09 sy kedokter dan diusg katnya dokternya blm bisa memastikan hamil/tdk krn diusg br terlihat penebalan dinding rahim,dokter sy menyarankan utk tes darah beta-hcg, stlh sy tes hslnya 503,9 mlU/mL,kmdn sy beritahu dokter sy dia bilang sy hamil tanpa tindakan usg,2 mg kemudian sy kaget krn keluar flek coklat bercampur lendir yang banyak lsg sy kedokter kmbl,dia bilang hsl lab darah memang menunjukan tanda2 hamil,tapi sewaktu sy diusg kembali tidak terlihat apa2 dokternya bilang tunggu seminggu lagi liat beta-hcg nya naik 2 kali lipat ga,kalo naik berarti hamil,sy jadi takut dan binggung ada apa dengan kandungan saya? Mgkn kah janin saya tidak ada? Kok di usg tidak kelihatan ya dok.. Dan dokternya pun masih blm bisa kasih tau kira2 sy hamil pasti atau tidak trus tidak tau juga usia kehamilan saya masuk brapa minggu, sementara sy dikasih obat duptashon,inbion,kalnex dan cygest yang dimasukan kedalam vagina,menurut dokter kandungan saya knapa ya dok? Trus apa saya perlu nanya dokter lain untuk second opinion? Apa kalo di usg bisa berbeda hasil nya dok,misal didokter ini tdk kelihatan,dan di dokter lain bisa kelihatan? Flek coklat + lendir yang saya alami normal tidak dok karena hampir 1 hari ini keluar terus menerus.. Sorry dok banyak nanya sekali karena saya khawatir sekali ini kehamilan pertama saya dan saya mengharapkannya sekali.. Thanks ya dok. Kim..

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Kim,

    Apabila dihitung dari haid terakhir ibu, usia janin +-4 s/d 5 minggu dan seharusnya sudah
    terlihat adanya titik janin di rahim selain rahim yang menebal, juga adanya gejala morning
    sickness seperti mual,muntah dan pusing.
    Adanya flek pada kehamilan awal memang biasa terjadi karena adanya implementasi/
    pelekatan pada dinding rahim asalkan flek tidak menjadi pendarahan yang bisa
    merupakan indikasi keguguran.
    Sementara ini coba untuk lebih banyak istirahat agar menjaga kehamilan ibu sampai
    pada saat kunjungan ke Dokter berikutnya.
    Hasil USG biasanya akan sama di dokter lain,tapi bila ibu Kim ingin coba second opinion
    ke Dokter lain agar lebih bisa menjawab kekhawatiran ibu, sebenarnya tidak ada salahnya.

    Semoga kehamilan ibu lancar dan baik.
    Tetap semangat!

    Monday, June 29, 2009 at 5:32 pm | Permalink
  144. linda wrote:

    hallo dok, mau tanya dong kalau sperma yg masuk ke vagina porsinya dikit bisa hamil gak ya, trima kasih dok


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Linda,

    Jumlah sperma yang banyak lebih berpeluang besar untuk bisa membuahi sel telur.
    Jika jumlah sperma yang masuk sedikit, ada kemungkinan juga ibu bisa hamil.
    Selama kualitas sperma juga bagus,cepat dan lincah agar bisa mencapai dan
    membuahi sel telur yang matang. Kondisi ibu juga harus siap,dimana ada sel telur
    yang sudah matang dan siap dibuahi oleh sperma.

    Terima kasih.

    Saturday, July 18, 2009 at 8:33 pm | Permalink
  145. angel wrote:

    hi dok……..saya25thn sudah 4bln menikah sampai sekarang saya belum hamil juga,saya sudah konsultasi dengan dokter mengenai tgl masa subur saya tapi sampai saat ini saya masih datang haid namun bulan lalu saya tgl23haid tapi di bulan ini saya tgl 20 sudah dapat haid,terus dok kira-kira ada obat untuk penambah vitamin untuk sperma?bagaimana cara agar saya cepat hamil?tolong dok………….. sebelumnya makasi….Gbu


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Angel,

    Melihat usia ibu Angel masih muda, peluang hamil masih sangat besar.
    Jadi tidak perlu khawatir bu, apalagi siklus haid ibu juga teratur tiap bulannya.
    Biasanya bila usia pernikahan masih dibawah 1 tahun, Dokter Obgin tidak akan
    melakukan pemeriksaan yang lebih jauh. Biasanya hanya diberi vitamin dan
    ibu dan suami dianjurkan melakukan senggama pada masa subur.

    Asupan makan yang baik,olah raga teratur, pola hidup sehat dan ditambah
    vitamin bagi ibu dan suami cukup menunjang agar ibu Angel cepat hamil.
    Jangan lupa konsumsi asam folat yang bisa didapat dari brokoli,bayam atau
    jeruk. Vitamin asam folat juga baik dikonsumsi sebelum hamil dan selama hamil,
    karena bisa membantu perkembangan otak dan tulang belakang bayi ibu.

    Untuk kesuburan suami,makanan yang mengandung vitamin A,B,C,E dan seng
    sangat baik,seperti jeruk, tiram,kacang-kacangan dan ikan. Vitamin bagi
    kesuburan suami bisa didapat di apotik-apotik.

    Semoga bisa menjawab pertanyaan ibu Angel.
    Tetap semangat!

    Monday, July 20, 2009 at 3:49 am | Permalink
  146. fanda wrote:

    asslkm,..
    Smoga temen2 yg ingin hamil tetap semangat n diberi kemudahan oleh Allah SWT. Sy 8 th menikah, spti teman2 lain sdh ke dokter, insem, dll. Pernah ke P Shobri juga 3 bln. Blm bhasil.

    Kemungkinana antibodi tinggi, tapi sdh PLI blm bhasil. Ada trik lain Dok utk mengurangi antibodi? Kata dr obgyn di Bunda, antibodi tdk berpengaruh signifikan.

    Skrg lg terapi di dr Yaqoub. Terapi dr awal lg. Mohon doanya ya Dok n teman2 semua,.Semoga kita semua diridhoiNya utk mengemban amanah anak kandung..
    FAnda

    Replied by Infoibuhamil

    Waalaikumsalam ibu Fanda,

    Mungkin belum berjodoh dengan pengobatan sebelumnya bu, siapa tahu
    pada pengobatan sekarang ibu Fanda bisa berhasil hamil. Ikuti saja tahap-
    tahap terapi pengobatan dengan tetap sabar dan berdoa.
    Semoga ibu Fanda segera hamil.
    Tetap semangat!

    Thursday, July 23, 2009 at 4:09 am | Permalink
  147. FeR wrote:

    Hai dok,

    setelah berpindah k dr SPOG lain, saya dinyatakan PCO atau sel telur kecil….
    apa ada obatnya dok??? dan harus bagaimana untuk mengatasi PCO ini???

    Thx n GBU

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu FeR,

    Apabila hasil pemeriksaan terakhir, sel telur kecil-kecil (PCO), biasanya
    akan diberikan obat untuk mengatasi PCO. Pada siklus haid bulan berikutnya
    diharapkan ada sel telur matang. Hindari stress dan selalu tenangkan pikiran
    dibantu asupan makanan yang sehat, semoga ibu FeR bisa segera hamil.
    Tetap semangat!

    Saturday, July 25, 2009 at 5:35 am | Permalink
  148. ayyas wrote:

    hallo dok, mau ikut sahring2 ni…
    saya dah 2th nikah.sy 27th,swmi 30th.setahun yang lalu saya terapi di dokter kandungan.sy dksh obat penyubur,hrmon dll.walhasil setelah terapi bukannya hamil,malah badan jd melar.swmi sy juga udah analisis sperma,hslnya oligoastenozoospermia,waktu hendak cek lab,malamnya swmi lembur dan kurang tidur,tertekan karena hendak analisis sperma.apa itu berpengaruh terhadap hasil testnya dok? terimakasih atas jawaban dokter

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Ayyas,

    Ada kemungkinan karena sel sperma suami yang sedikit dan gerakannya kurang
    baik yang bisa menyebabkan sulit terjadi pembuahan.
    Stress pada saat tes sperma bukan yang menyebabkan hasil tes sperma menjadi
    tidak bagus. Biasanya gaya hidup tidak sehat,seperti merokok termasuk stress bisa
    menjadi penyebabnya. Namun semua itu bisa diperbaiki.

    Tetap berusaha dan tetap semangat!

    Sunday, July 26, 2009 at 4:46 am | Permalink
  149. diana wrote:

    halo dok, ternyata ada website yg begitu peduli ttg masalah kehamilan ya. saya bersyukur bisa mendengar sharing2 di sini. saya juga punya problem ttg kehamilan. saya sudah menikah selama 7 bln tapi belum dikaruniai baby. terakhir saya pernah ke guguran karena bayi tidak berkembang. dokter bilang karena bibitnya tidak bagus. lalu setelah 3 bulan saya datang lagi ke dokter untuk di cek ternyata sudah bersih dah sudah bisa mulai berusaha lagi untuk hamil. tapi yg jadi pertanyaan saya, waktu masa subur saya datang ke dokter untuk di usg dan di lihat telor nya apakah sudah matang ato hampir matang, lalu dokter bilang sudah besar dan hampir matang. jadi saya di suruh berhubungan selama 3 hari berturut pada masa subur saya. tapi pada tgl 16 saya haid lagi. ternyata walaupun kita tahu masa subur dan berhubungan pada masa subur. belum tentu juga kita bisa hamil ya dok? apakah ada faktor lain yg menyebabkan tidak terjadinya kehamilan?
    terimakasih untuk perhatian dokter


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Diana,

    Terima kasih untuk komentarnya.
    Mengetahui masa subur adalah salah satu faktor pendukung peluang hamil.
    Selain itu banyak faktor-faktor lainnya.Pada saat subur, biasanya sel telur
    akan matang dan siap dibuahi. Tapi jika sel sperma yang punya peranan
    membuahi sel telur,kualitas tidak bagus dan jumlahnya sedikit, akan lebih
    sulit mencapai sel telur dan membuahinya, walaupun sel telur sudah siap.
    Jadi keduanya punya peranan penting dalam hal ini.
    Apabila kondisi sel sperma dan sel telur bagus dan siap peluang hamil cukup
    besar.Tetapi biasanya jika pikiran stress karena ingin cepat hamil pada saat
    berhubungan bisa juga jadi kendala.Jadi rileks saja dan lepaskan pikiran yang
    mengganggu.

    Tetap berusaha dan semangat!

    Tuesday, July 28, 2009 at 6:45 am | Permalink
  150. ayyas wrote:

    oya mau bagi-bagi pengalaman temenkuni…,dia dah 2th blm hml jg,dia cek ke dokter katanya ada kista& suruh test ca 125 gt.krn kterbatasan,temenku pasrah aja deh.ga pake pengobatan apapun.selama 2bulan dia rutin nda pernah putus2nya sholat dhuha n tahajud.eh alhamdulillah sekarang dah hamil….,yap memang slain ikhtiar qt jgn lupa merayu Allah lewat doa-doa qt.yuks! ibu-ibu tetap semangat berusaha mendapatkan buah cinta kita….!!!

    Tuesday, July 28, 2009 at 1:53 pm | Permalink
  151. Anonymous wrote:

    selamat malam dok.
    saya risa usia 22 tahun. saya dsudah menikah 15 bulan (1,3 th)waktu awal nikah saya menggunakan suntik KB 1 bulan sekali haid pun lancar. setelah tujuh bulan suntuk KB akhirnya saya dan suami memutuskan untuk mengakhiri tidak lagi menjalankan KB suntik. Akhirnya yang terjadi satu bulan setelelah lepas suntik KB, haidku tidak teratur sering banget dua bulan sekali bahkan tiga bulan sekali. itu kira2 selama 4bulanan. Akhirnya saya ke dokter kandungan dan diberi obat penyubur serta pengatur haid.. oh ya dari keterangan dokter diberi tahu bahwa endoterium saya tebal itu karena efek KB suntik. Setelah saya konsumsi dan check up selama dua bulan haid sebulan sekali. setelah itu balik lagi dua kali sebulan. yang terakhir ini haidku jarak seminggu sudah keluar bahkan seminngu lagi keluar cuma warna coklat tapi cuma dua garis itu cuma sehari saja..kenapa ya dok ? apa yang harus aku tempuh lagi untuk mendapat momongan? terimakasih

    salam

    eka risnia


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Risa,

    Melihat usia ibu Risa masih muda,peluang untuk hamil sangat besar.
    Selama kondisi ibu dan suami juga sehat dan tidak bermasalah.
    Haid yang tidak teratur biasanya dipengaruhi oleh hormonal atau juga
    stress. Untuk haid/flek yang keluar lebih dari sekali dalam sebulan bisa
    saja disebabkan karena adanya masalah, jadi ibu Risa bisa konsultasikan
    masalah ini ke Dokter Kandungan ibu.
    Cari tahu masalah yang menjadi penyebab ibu sulit hamil dengan kontrol
    dan berobat teratur dengan Dokter Kandungan ibu. Biasanya setelah
    penyebabnya sudah diketahui dan diobati, ibu Risa bisa segera hamil.

    Terimakasih dan tetap semangat!

    Thursday, July 30, 2009 at 12:37 pm | Permalink
  152. kirei wrote:

    Halo Dok,

    Boleh minta saran ga? Pernikahanku masuk bulan ke-5 nih. Seperti yg udah aku ceritakan kalo aku udh pernah cek ke dokter kandungan 2x, dg dokter yg berbeda. yg pertama, rahimku di USG, trus dikasih Vit.E dan Asam folat. lalu dokter ke-2, rahimku di USG lg dan dikasih obat Profertil.
    Bulan ini aku mens lagi,..sedih!
    Rencananya suamiku juga mo diperiksa, dg konsultasi terlebih dahulu ke dokter.
    Tapi ada masukan jg dr keluarga spy suamiku diurut/dipijet ke tk.urut ahli utk meningkatkan kesuburan dan supaya sperma bagus.
    Kira2 tindakan apa dulu yg mesti kami ambil? apakah suamiku cek sperma di lab atau dipijet?
    Terima kasih.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Kirei,

    Kombinasi terapi medis dan alternatif sebenarnya tidak masalah.
    Ibu Kirei dan suami bisa tetap bisa di terapi pijat dan sekaligus
    mengikuti anjuran dari Dokter Obgin.Tujuannya adalah agar cepat
    mendapatkan hasil.
    Jika ingin fokus terapi alternatif dulu juga boleh-boleh saja.
    Namun disarankan agar fokus disatu terapi dulu yang sekarang ibu
    Kirei sedang jalani.

    OK,semoga cukup membantu.
    Tetap semangat!

    Friday, August 14, 2009 at 8:05 am | Permalink
  153. liasta wrote:

    Maaf.Saya baru tau main internet jika saya salah alamat mohon maaf.Saya buka situs ibu hamil saya kasihan juga membacanya.Sekali lagi saya mohon maaf jika saya salah masuk alamat.Sebelumnya saya ucapkan trima kasih kepada Tuhan sang pencipta.Saya diberi kelebihan sedikit untuk menolong orang lain. Saya dapat menggobati wanita yang udah lama tidak punya anak. Kalau yang sudah saya bantu ada 18 wanita. Puji tuhan semuanya telah mempunyai keturunan.Jangan takut.Saya tidak meminta imbalan apa pun dari yang saya bantu.Saya cuma mau bantu sesama manusia. Saya juga tidak mendahului yang kuasa.Berkat bantuannya juga maka saya bisa.Jika ada ibu yang mau saya bantu ini alamat imael saya. liastakarokaro@yahoo.co.id memang saya dari suku karo.Kalau ibuk ada niat silahkan. Trimakasih.Puji tuhan.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Liasta,

    Terima kasih untuk informasinya dan ini tentu sangat berguna dan dibutuhkan bagi ibu2 yang
    sekarang masih belum berhasil hamil.

    Friday, August 21, 2009 at 2:56 pm | Permalink
  154. farrah wrote:

    Halo Dok,,
    Boleh minta saran ga?aq nikah bln maret ’09, tp sampe saat ini blm hmil jg.siklus haidku bln maret sampe agustus itu : 26,23,21,18,16,11 yg september ini blum tw tgl brp.knp ya dok kq tggalnya selalu maju?apa itu hal yg wajar?aq pnh konsul k dokter stlh mnkh 2 bln,krn aq pngn cpet hmil aq d beri profertil n zinx jg vit,tp te2p ga berhasil.akhirnya aq hentikan sampe skr blum k dokter lg.Dok..apa aja sih mknan yg bgus bwt wanita yg ingin cepet hamil dan apa aja mknan yg hrus d hindari?trus gmn ngitung masa suburku ngliat tgl haidku spt itu?oia,apa aq blh minum pil yg mengandung asam folat?thx b4 ya Dok…

    Sunday, September 6, 2009 at 3:49 am | Permalink
  155. novi liana wrote:

    salam kenal dok..saya novi umur 23thn uda married 1,9thn uda kedokter berkali”.ini aq lagi pindah dokter yg kedua, br 2kali pertemuan sich klo ama dokter yg kedua ini..dia ksh aq obat glucophage, lactafar..sebenarnya fungsi obat”tersebut apa ya dok??hari ini aq baru dr dokter lagi kata dokter sich ada benjolan. awalnya dia bilang tumor(tumor ini krn proses pemecahan sel telur) tp pas saya tanya dgn jelas dokter saya bilang mudah”an bulan ini berhasil hamil..saya jd bingung, sebenarnya benjolan ini apa ya??krn pikiran jg uda ga karuan saya ga tanya”lg..lalu dokter saya kasih obat regumen n kapsul yg ga ada nama..
    yg saya mau tanya:
    1. apa fungsi obat regumen dan kapsul pendamping itu apa yach?
    2. klo menurut dokter benjolan itu apa yach??mungkin gax klo itu benjolan sebuah proses pembentukan janin?? (bln ini saya juga lom dtg haid)..
    mohon balasannya ya dok, krn saya sangat butuh penjelasan ini..trimz

    Monday, September 7, 2009 at 5:31 pm | Permalink
  156. neztwy wrote:

    ass.
    saya berumur 28 th,suami 27 thn.Saya menikah selama 1 thn 5 bln.Saya memiliki masalah siklus haid yg tdk teratur….kadang28 hari,30hr,32 hr,33 hr bahkan 36hr jg pernah.Saya pernah periksa ke dokter kandungan selama 6 bln,selalu di USG dan hasilnya alhamdulillah baik sehat,diberi obat penyubur agar haid teratur.Tapi tetap belum teratur jg sampe dokter menyarankan saya untuk ‘diteropong’ krn mkn telurnya tidak matang,tapi saya takut krn kurangnya informasi.Akhirnya saya pindah dokter yg punya fasilitas USG 3D. Tanpa persiapan,saya diperiksa dengan USG transvaginal(alat sperti penis yg dimasukkan ke vagina)saya merasa sangat2 tdk nyaman krn saya belum konsultasi dulu,belum ngobrol tp langsung diberi tindakan.Saat itu dokter melihat di monitor ada bayang2 hitam,kmd diukur ktnya skitar 6cm…dktrnya ragu2,ktnya…ini seperti tumor bu…eh mmm bukan sepertinya tp apa y?kok ada massa segitu gedenya?mungkin ini kista.Nah setelah itu saya disarankan operasi…bahkan recepsionisnya langsung menawarkan paket2 operasi beserta biayanya.Saya jd tambah shock!secara mental saya tdk siap dng berita tsb dan bayang2 operasi ada didpn saya. Akhirnya saya putuskan untuk tdk datang lg. Yg ingin saya tanyakan :
    1.apakah normal jika siklus haid tdk teratur jumlah harinya?1 siklus (hari pertama haid sampe hari pertama haid bln berikutnya)kadang 30 hr kadang 33hr,35 hr tdk tentu tp tiap bln pasti haid.
    2. apa sebabnya telur tdk matang?dan apa obatnya?
    3.apa yg hrs saya lakukan agar hormon saya seimbang?olahraga apa yg terbaik serta makanan apa?
    mohon bantuanny dan terima kasih.
    wass.

    Friday, September 11, 2009 at 4:29 pm | Permalink
  157. mimibebe wrote:

    ko kemaren sy tulis comments disini jd ilang gmn caranya yah…??? umur saya 31 thn suami 34 dah menikah hampir 3thn (14 Januari 3thn) saya sudah di USG yg di masukin ke Ms. V kt dokter tidak ada apa2 bagus sel telur kanan 20 mm kiri 18 mm dan saya hanya dikasih asal folat kt dokter hrs diminum smp hamil, suami lagi di periksa lab spermanya…kira2 tahapan apalagi yg hrs saya lalui setah suami dicek…sekian dan terima kasih mohon jawabannya…..

    Monday, September 14, 2009 at 10:06 am | Permalink
  158. ersa wrote:

    hamil tapi negatif, kira2 apa yang menyebabkan tes kencing hormon hcg tidak nampak ya dok? saya sdh hamil 2x tapi tidak nampak saat tes kencing.

    Tuesday, September 22, 2009 at 6:11 am | Permalink
  159. Lana wrote:

    Ass..
    Saya baru nikah mei kemaren,..pada awalnya saya datang haid selalu teratur yaitu 30hr, tp bulan ini saya telat sampe 10 hari , tp wktu sy test mash negativ dan hari ini saya dtng haid…sedih deh.

    Sebelumnya saya sempat mengkonsumsi susu Anmum katany biar cepat hamil tp koq malah haid saya telat..

    gimana ya biar cepet dpt baby? apakah berat badan sangat berpengaruh? saya berat badanya 43 kg tinggi 160 underweight sich… tp bepengaruh ya..mohon sharing nya ya…

    Sunday, October 4, 2009 at 6:54 am | Permalink
  160. kirei wrote:

    Dear Ibu2 dan juga Dokter,
    Sy mau sharing aja, kebetulan sy juga belum hamil2, udh 6bln menikah.
    Terakhir sy coba konsultasi dg dr.Jacoeb di klinik Sam Marie, krn mendengar referensi byk orang katanya bagus.
    Aduhhh, bagi saya terapinya sangat2 mahal.
    jauh sekali dg dokter SPOg yg di RS biasa.
    harga per terapi kisaran 350rb-2jt.. sy sangat sedih, padahal saya sangat ingin mengikuti tahapan2 terapinya.
    Saat ini sy hanya bisa mencoba berihktiar lewat alternatif, dan berdoa sm ALLAH SWT, mudah2ab dikabulkan.
    Saya doakan juga semoga ibu2 yg masih menunggu kehamilan, segera bisa hamil.

    Salam,
    Kirei

    Wednesday, October 7, 2009 at 10:04 am | Permalink
  161. Fina wrote:

    Salam kenal Dok….
    Saya mau nanya nih…say sudah menikah selama 1 tahun dan belum dikaruniai anak,4bulan terakhir ini saya berobat ke dr.kndungan…siklus haid saya sebelumnya tidak pernah tetap..kadang 32/33/34…Setelah saya berobat,sama dokter dikasih Serophene,siklus haid saya jd lbh stabil,31 hariselama 3 bulan..(mundur pun cuma sehari)dan hari ke12 di USG lewat V untuk diketahui ukuran sel telur.setelah minum serophene(1×1 selama 5hari) hari ke12 ukurannya 14(selama 2bulanan) bulan berikutnya(2×1 selama 5 hari) hari ke 12 ukurannya malah jadi 12.akhirnya dosis serophene dikembalikan jadi 1×1 untuk bulan ke4.dan pada bulan ke 4 saya baru mulai mengkonsumsi folic acid 5mg.bulan berikutnya saya terlambt haid 2 minggu,tapi setelah saya tes urine ke lab hasilnya koq negatif,saya juga tidak mengalami gejala mual,pusing,dll(tpi katanya tidak semua org gejala hamil seperti itu). Yang saya tanyakan apakah saya hamil Dok?atau misalnya tidak hamil kenapa koq terlambat haid?apakah gara2 mengkonumsi serophene jadi mengganggu hormon saya sehingga mengakibatkan haid saya jadi terhambt?terima kasih Dok..

    Thursday, November 5, 2009 at 4:29 am | Permalink
  162. rida parida wrote:

    salam kenal Dok…
    saya sudah 9 tahun menikah tapi belum dikaruniai anak, masalahnya haid suka sakit, tanggalnya kadang mundur atau maju sampai 1 minggu. apakah dari faktor makanan mempengaruhi?saya suka sekali makan sambal yang pedas dan tidak suka makan telur,daging sapi dan kurang konsumsi sayuran.
    saya mohon ibu dapat memberikan solusinya,terimakasih

    Saturday, November 14, 2009 at 1:15 am | Permalink
  163. Meicelin wrote:

    Hallo dok saya mau tanya lagi nih. haid saya tdk menentu dan siklusnya panjang kdg lebih dari 35 hari bulan ini haid saya saja dari tgl 8 smp sekarang dan saya periksa ke dokter katanya ‘wah bengkak nih,ada endometriosis’ saya diberi obat supaya haid saya berhenti dan hormon normal. saya jd takut dok, kok masih saja bermasalah saya pikir kalau saya operasi kista semua beres dan oke ternyata ……yang mau saya tanyakan :
    1. Apa itu endometriosis , berbahayakah dan apa solusinya
    2. kalau saya sedang minum obat dokter dan saya mau minum pai
    fung wan berbahaya ngak?
    terima kasih dokter untuk infonya.

    Tuesday, November 24, 2009 at 1:36 am | Permalink
  164. indah wrote:

    Salam kenal dokter…..
    Saya sdh menikah selama kurang lebih 1,5 tahun. Umur saya 30thn.Masa haid saya semenjak menikah tdkpernah rutin,terkadang maju terkadang malah mundur sampai 4-5 hari. Saya pernah telat haid sampai seminggu,saya & suami sdh senang krn kami berpikir bahwa saya hamil,ternyata tidak. Saya & org2 di sekitar saya (orang tua & kel) jg heran dgn fisik saya. Saat blm datang haid perut saya besar seperti layaknya orang hamil, tp saat saya haid (min 2 hari) kondisi perut saya mengecil (seperti sebelum nikah). Terkadang saya takut dengan kondisi seperti ini.Yang ingin saya tanyakan :
    1.Apakah ini suatu penyakit?
    2.Apakah saya bisa hamil?
    3.Apakah dalam berhubungan sex jg bisa mempengaruhi bisa tidaknya saya hamil (suami cepat mencapai klimaks)?
    4.Apakah berat badan (gemuk) jg bisa berpengaruh?
    Terima kasih atas semua infonya…..

    Wednesday, November 25, 2009 at 2:54 am | Permalink
  165. Wulan wrote:

    ass,,
    salam kenal dok,,saya mau tny nih,, umur saya 25th, pernikahan saya sudah berjalan 3,5th, tp kami belum dikaruniai seorang anak. Memang mensturasi saya dr gadis sampe sekarang tidak teratur sering pula saya mendapat flek yang cukup lama hingga sampai 2bln, dan itu sring terjadi.
    Dulu saya pernah mengikuti “Program Hamil” dari salah satu dokter spesialis kandungan tetap itu tdk berangsur lama, karena terhambat oleh biaya pengobatan suami saya yang sedang sakit,,
    Yang saya ingin tanyakan:
    1. Apakah ada obat agar mensturasi saya bisa teratur?
    2. Apakah berpengaruh terlambatnya hamil karena suami saya sedang mengkonsumsi obat?
    3. Apakah Ejakulasi dini jg berpengaruh besar?
    4. Apakah seorang yang senang sekali bermasturbasi masih dapat hamil?
    Terimakasih dok,,
    Wss,,

    Thursday, November 26, 2009 at 4:23 pm | Permalink
  166. ratria masmiaty wrote:

    salam kenal dok ..
    saya sudah 6thn blm di karuniai anak dok , tetapi sy sdh mengalami keguguran selama 2 kali , yang sy mau tanya apakah faktor kegemukan itu sangat menunjang untuk sulit mempunyai keturunan di karenakanka sy mempunyai brat 68 , apa btul bs menutup rahim … dan sulit untuk mempunyai keturunan

    Sunday, December 20, 2009 at 8:00 am | Permalink
  167. dedekds wrote:

    salam kenal, saya usia hampir 35 tahun dan sudah menikah selama 4 tahun. tahun pertama pernikahan saya sudah sempat hamil sampai usia kandungan memasuki 4bulan, namun keguguran dan harus di kuret.saat ini BB saya 85 kg (sebelum hamil 1 BB saya 65 kg) namun sejak kehamilan I tersebt saya sulih hamil, dan haid beberapa bulan terakhir ini tidak teratur. Saya sudah berusaha mengurangi frekuensi kerja saya yang sebelumnya mmg padat. Suami saya dan saya memiliki masalah obesitas. Sya sudah periksa ke dokter spesial, ada yg beranggapan bahwa karena kuret menyebabkan luka pada mulut rahim saya, sehingga harus dioperasi. apakahhal tersebut membantu? sejauh ini saya belum memeriksakan kesuburan suami saya. mohon bantuan info nya.

    Wednesday, January 6, 2010 at 7:35 am | Permalink
  168. mira wrote:

    salam kenal dok.

    saya sudah 2th menikah, hasil usg trsV clear, tp seminggu kemudian perut bagian bwh skt sekali, di usg ulang (beda dokter) ada kista ovarium sebelah kanan. hasil usg memungkinkan berbeda y dok? dari konsultasi dokter I, disarankan tes HSG. apakah aman melakukan tes HSG jika ada kista overium?

    Trims sebelumnya.

    Tuesday, January 26, 2010 at 10:09 am | Permalink
  169. widiya wrote:

    salam kenal..
    nama saya widiya usia saya 24 tahun,saya sudah menikah selama 13 bulan.selama ini saya belum di karuniai momongan.saya sekarang sedang program hamil.saya di saran khan oleh teman dan saudara agar mengkonsumsi susu ibu hamil.yang saya ingin tanyakan apakah ada efeknya pada rahim saya?

    Wednesday, January 27, 2010 at 5:15 am | Permalink
  170. satriyah wrote:

    dok,sy mau nanya apakah sel telur kcil mgakibatkan lama nya pnya anak?sy nikah ud 2thn tetapi blm d krunia anak smpai skrg?dok,sy d srankan tman sy yg sdah bhasil sy d sruh minum susu hamil,apa ada efek samping jika minum susu hamil?apakah brat bdan sy gemuk mempengaruhi susah hamil?mks y dok tlg d jwb.

    Monday, February 8, 2010 at 12:33 am | Permalink
  171. Sakura wrote:

    Dok, saya mau tanya, perkawinan saya hampir menginjak tahun yang ke-3, tapi saya belum di kasih momongan, setelah di periksa, ternyata menurut dokter di rahim saya ada PCO, dokter memberikan obat Glucopage 500gr 3xsehari, terus memberikan Isoprinosine 3xsehari, dan profertil 5 buah buat lima hari. karena saya tidak kuat dari efek samping glucopage yang bikin pusing, mual, bahkan berdiri juga tidak kuat, saya berhenti minum glucopage dan isoprinosine,dokter sedikit kecewa dengan saya berhenti minum glucopage,dokter yang saya mau tanyakan bagaimana dampaknya terhadap PCO dengan berhentinya saya minum glucopage?apakah bisa saya melanjutkan lagi minum glucopage? apakah bisa saya punya momongan? terima kasih dokter..

    Tuesday, February 23, 2010 at 10:56 am | Permalink
  172. ROSWITA SARI SIREGAR wrote:

    Salam kenal Dokter………….
    Dokter saya ibu rumah tangga berusia 30 tahun dan suami 32 tahun, saya telah menikah selama 6 tahunlebih………..3 bulan diawal pernikahan saya hamil tapi memasuki bulan ke-7 kehamilan saya saya sering sakit demam tinggi dan batuk tapi aneh tempeatur tubuh saya kadang-kadang berubah normal dan tiba-tiba bisa naik………….sampai akhirnya memasuki bulan kedelapan kehamilan saya melahirkan secara normal tapi yang menyedihkan anak saya dalam keadaan tidak bernyawa. dan hingga saat ini saya belum juga hamil juga, saya dan suami sudah periksa kedokter dan pengobatan alternatif juga namun hasilnya belum terbukti. apa yang harus saya lakukan dokter agar saya segera hamil dan melahirkan anak yang sehat? terimkasih dokter.

    Tuesday, March 16, 2010 at 6:23 am | Permalink
  173. opie wrote:

    lam kenal…

    dok aku mau tanya, pernikahan ku dah menginjak 2th maret ini, tapi aku lom dipercayakan memiliki momongan,umur ku 25th sedangkan suamiku 28 tahun, yg mau aku tanyakan apakah penyakit ambien mempengaruhi kehamilan?
    trims ya dok….

    Tuesday, March 23, 2010 at 6:22 am | Permalink
  174. teatean wrote:

    asalamualaikum :
    dokter saya mau tanya………..
    gni dog sya sebenarnya baru nikah 2 bln kurang tp saya pengen banget cpt hamil..nah siklus mens saya itu dok tak tentu kdang 24 hr kadang 28 hari wah pokoke maju terus, gmana cara kita knali masa subur dan posisi bercinta bagaimana yang tepat supaya cepat hamil? oya satu lg ya… apakah dalam hubungan pasutri harus mencapai orgasme bersama sama? jika istri orgasme duluan bisa gak dok? makasih.

    Monday, March 29, 2010 at 4:40 am | Permalink
  175. cici wrote:

    assalamualaikum
    dok, sy mau tanya
    sy sebelum menikah haid nya gak teratur,sy menikah tgl 30 mei 2010. setelah menikah 10 hr sy langsung berobat kedokter dan diberi obat untuk siklus haidnya teratur kemudian bulan kedua pernikahan sy, ternyata positif hamil tp setelah 1 bln sy mengalami pendarahan.setelah pendarahan siklus haid sy teratur. sekarang umur pernikahan sy sudah hampir 11 bln terakhir sy haid tgl 24 januari 2010, tp sy tes pek kok masi negatif dok???? sy pengen sekali hamil dok.

    Thursday, April 8, 2010 at 4:06 am | Permalink
  176. rniesta wrote:

    Pagi dok, mo ikutan tanya-tanya yaa…
    saya menikah (9bln), umur 31 dan suami 28. saya periksa ke DSOG dan dilakukan periksa dalam dan hasilnya ‘mungkin’ endometriosis kata dokternya. lalu obat yg diberikan vitamin dan penyubur. itu sekitar 2 bulan yg lalu dok.
    Lalu bulan ini tgl 23, saya datang ke DSOG yg lain, dilakukan usg juga, diberi obat gynoxa ovula, folavit, dalfarol dan prolic. Dan di sarankan juga tes HSG dan darah&urin.
    Menstruasi saya bulan des (tgl 26), jan(tgl 26), feb(tgl 27), mar(tgl 31) normal ga dok?
    dan, obat yg diberikan gynoxa ovulan n prolic blm sayapakai karena takut ^_^ (plus berharap hamil krn saya periksa tgl 23, waktu usg seminggu sebelum haid bisa ga sih dok kelihatan hamil tidaknya?).
    saya di suruh kembali tgl 21 bulan mei depan dengan bawa hasil tes hsg dan darah, pengaruh ga ya dok kalo obat ovula n prolicnya ga saya pakai/minum?

    dari keseluruhannya sih, mo tanya berpengaruh ga terhadap tes hsg yg mau saya lakukan klo saya ga minum prolic n ovulsa tsbt, maaf nih dok nanyanya banyak :D

    satulagi dok, klo saya nanti mnestruasi dan 9-10 hari setelah itu tes hsg, ovula n prolic itu saya mau pakai, bagaimana n boleh tdk?

    muaaaaakaaasiiihhh bgt Dok, :)

    Saturday, April 24, 2010 at 3:04 am | Permalink
  177. Vivi wrote:

    Siang dok dan salam kenal.
    usia saya 25 th, dan suami 28 th.kami sudah menikah selama 2 tahun dan belum juga di kasih momongan.akhirnya bln des 09 saya coba konsultasi ke dr.kandungan, setelah di USG ternyata ada kista di rahim saya tapi masih kecil.akhirnya saya hanya di beri penyubur profertil n vit prolacta.saya udah coba selama 5 bulan tapi belum ada hasilnya juga.yang mau saya tanyakan…seberapa besar pengaruh penyumbatan kehamilan karena kista? ada kemungkinankankah saat di USG dokter salah diagnosa antara Kista dan Endometriosis, dan lebih bahaya manakah diantara keduanya.satu hal lagi,setiap berhubungan intim kalo suami terlalu bersemangat kadang2 rahim saya sakit sekali seperti di tusuk apa itu karena kista itu, ko bisa begitu ya dok?

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

    Sunday, April 25, 2010 at 6:09 am | Permalink
  178. sugeng wrote:

    Salam kenal dan selamat siang….
    Usia saya 35 th dan istri 32 th, kami menikah 4 th yang lalu dan sampai sekarang belum dikaruniai keturunan..
    –istri belum pernah hamil dan awal pernikahan setelah USG ada kista ukuran 2 mili dan setelah 2 th (suplemen dan terapi alternatif) kemudian oleh dokter dinyatakan sudah tidak ada kista
    –Saya sudah tes sperma dinyatakan Asthenospermia
    Sudah 3 dokter dan terapis kami datangi
    Vitamin atau suplemen apa yang mesti saya dan istri minum

    apakah minum Jahe+susu+telor kampung+madu bisa meningkatkan kualitas sperma??

    Saturday, May 1, 2010 at 8:28 am | Permalink
  179. nanay wrote:

    pada kehamilanq yg ke2 ada kelainan kromosom, di ketahui ketika janin berumur 20 mgg. yg ingin sya tanyakan:
    1. apakah sya bsa hml lgi?
    2. apakah ketika sya hml lgi akan mengalami
    kelainankromosom lgi?
    trima ksh

    Saturday, May 22, 2010 at 9:19 am | Permalink
  180. nindi wrote:

    dokter, saya sdh menikah hampir 4 tahun. usia saya 29 tahun sedang suami 35 tahun. kami sudah periksa ke dokter dan diberi obat. obat saya konsumsi selama hampir 2 bulan. tetapi tidak ada perubahan dalam diri saya dan suami. bagaimana caranya agar kami cepat memiliki anak. trims

    Thursday, May 27, 2010 at 3:46 am | Permalink
  181. saya wrote:

    dokter, salam sehat selalu.. dok mau tanya, apakah sakit maagh bisa mempengarui atau mempersulit kehamilan. selama ini saya sdah menikah 4 bulan tapi belum di karuniai anak.. dokter teman-teman saya sudah hamil semua padahal nikahnya hampir bersamaan.. dan apakah ada obat untuk mempercepat kehamilan. thanks atas jawabanya.

    Tuesday, June 1, 2010 at 1:13 am | Permalink
  182. fiona wrote:

    salam kenal dok,saat ini usia saya 29thn&suami 30thn,kami sdh menikah 7thn dan belum dikaruniai keturunan. kami sdh mencoba beberapa alternatif pijat dan semua mengatakan bahwa kami sehat,tidak bermasalah.siklus haid saya memang tidak teratur,bisa 3bln,7bln sekali bahkan pernah sampai 1thn,hal ini terjadi sejak awal haid saya (kelas 3 smp), saya pernah memeriksakan kandungan ke dokter spesialis(sebatas USG) dan dinyatakan sehat (tidak ada kista/mium).sampai saat ini suami saya belum pernah memeriksakan diri ke dokter karena saya khawatir dengan proses pemeriksaannya,dari yg pernah saya dengar,untuk memeriksa kesehatan/kualitas sperma,seorang pria dianjurkan melakukan onani,sedangkan menurut keyakinan saya hal itu dilarang agama,apakah ada cara lain?sebenarnya bagaimana proses pemeriksaan kesuburan pada pria?saya juga ingin menanyakan pemeriksaan apa saja yg perlu saya lakukan?kira2 berapa biaya yg harus saya persiapkan?apakah ada pengobatan alternatif disekitar jawatimur yg bisa direkomendasikan untuk kami?krn kami tinggal di sidoarjo. saya juga ingin tahu berapa kisaran biaya untuk alternatif P.Sobri di Jakarta?apakah beliau tidak membuka cabang di surabaya?saya mohon informasinya.Terimakasih.

    Wednesday, June 2, 2010 at 8:45 am | Permalink
  183. umi khulsum wrote:

    saya udah menikah selama 3,5 tahun tapi belum di karunia anak juga… apa stres juga berpengaruh dengan dengan sel sperma..
    makasih.

    Wednesday, June 2, 2010 at 1:44 pm | Permalink
  184. fatin wrote:

    ass

    dok, umur saya 28 tahun tinggi 163 berat 61 kg,saya telah menikah lebih dari satu tahun 8-O , saya baru saja periksa FSh dan LH pada Follicular Phase dengan hasil :arrow: FSH 6,50 dan Lh 12,49

    1. apakah dengan terapi profertil saja bisa menimbulkan kehamilan???atau diperlukan obat yang lain (kalau diperlukan obatnya pa dok) :?: :?:

    2. adakah cara alami menormalkan LH :?: :?:

    saya tunggu jawaban dokter..Terimakasih :)

    Saturday, June 5, 2010 at 4:01 am | Permalink
  185. Ria wrote:

    gabung ya dok.. wah saya pikir hanya saya yg mengalami kesedihan krn buah hati tak kunjung dtg.. saya (26th) dan suami (26th) sdh 9bln menikah, haid saya memang tdk tratur sjk dulu sampai menikah, kmdn dokter mlakukan USG lwt vagina dan br ketauan jk sel telur kanan dan kiri jumlahna byk skali, kmdn dterapi dgn metformin 1×1 slm 3bln dan vit.E, saat bln ke-3 dcek rahim kiri ada perkembangan, yg kanan msh byk namun jg ada yg membesar 1. metformin dberhentikan hny vit.e yg terus. tunggu bln dpn kt dokter kl blm hamil br di HSG. dl saya memang sering sakit dan byk minum antibiotik, apa pengaruh jg? suami blm cek sperma, namun memang agak encer, dia perokok aktif dan kopi sehari bs sampe 3gelas bsr.
    1. apa ada hubungan metformin yg stau saya utk diabet dgn kondisi sel telur saya pdhl saya tdk diabet.
    2. usaha apa yg bs saya lakukan dluar itu, blh kah konsumsi profertil atau regumen tnp rujukan dokter?
    3. apa terapi utk suami?
    4. mohon doa na ya smua, saya capek krn spt dianggap tdk subur, trims dok…

    Sunday, June 13, 2010 at 12:31 pm | Permalink
  186. Fariana wrote:

    dok…saya mau tnya nih…saya sudah 1 tahun menikah..dan saya sudah menjalani bbrp tes..seperti Tes Hormon dan HSG..hasil normal.cm sel telur saya tidak pecah pd saat saya masa subur,jd saya tdk mencapai masa subur dok.dan hasil pemeriksaan sperma suami hasil Normal:21 persen dan Abnormal :79 persen..Dokter kandungan menyarankan saya dan suami utk inseminasi.Kami masih bingung. apa yg harus kami lakukan? mohon saran nya..terimakasih

    Friday, June 25, 2010 at 10:17 am | Permalink
  187. vie wrote:

    wah,,salam knal ibu ibu semuaanya…
    dok,,,saya berumur 21 tahun..suami saya 27 th,,sudah 3 bulan menikah,,apa normal skrg blm hamil jg,,padahal dr awal menikah sya tdak pake KB dok,,
    trus kalo sedang berhubungan ada lendir putih yg menempel pada mister “P” suami,,tpi tidak bau,,
    apa itu normal,,
    terus apa kah olah raga seperti bulutangkis akan memperkecil kehamilan setelah berhubungan di masa subur,,’
    terima kasih seblumnya,,,

    Friday, July 2, 2010 at 2:44 am | Permalink
  188. Maria wrote:

    salam semua, usia saya 31 th dan sudah menikah selama 8 tahun, namun sampai sekarang saya belum mempunyai keturunan, saya dan suami belum pernah berobat ke dokter..namun saya berusaha ke alternatif saja…mohon bantuannya jika mempunya alamat pengobatan alternatif yang lain…

    Saturday, July 3, 2010 at 5:09 pm | Permalink
  189. rahma wrote:

    Salam kenal dok, saya menikah 8bln. Usia saya 26th dan suami 30th. Dua bulan yg lalu saya hamil dan seminggu yang lalu saya keguguran karena janin tidak berkembang. Saya tidak dikuret, janinnya keluar sendiri, dan kata dokternya abortus kompletus. Rahim sudah bersih tidak perlu dikuret. Saya ingin sekali bisa langsung hamil lagi dok, bagaimana caranya ya? Dokter saya bilang tidak ada pantangan hanya disuruh untuk menenangkan diri dulu. Mungkinkah saya bisa cepat hamil kembali? Mohon bantuannya dok, terimakasih.

    Tuesday, August 3, 2010 at 6:38 am | Permalink
  190. shitie wrote:

    buat mba rahma lam kenal sama mba saya jg 3 minggu yg lalu keguguran krn janin tidak berkembang dan keluar sendiri jd ga dikuret..sy malah mmengalami keguguran 2kali yang pertama usia kandungan 2 bln.yg ke2 ni sdh masuk 3bln cm janinny mengecil…mudah2n qt cpt hamil lg mba ya…aminn

    Tuesday, August 3, 2010 at 1:42 pm | Permalink
  191. rahma wrote:

    Hi mba shitie,,wah sedih bgt dengernya mba, sampai sdh 2x keguguran.. Mo nanya mba, dr keguguran pertama sampe hamil yg kedua jaraknya berapa lama mba? Mba sdh priksa lab blm? Wkt hamil yg kedua pake program ato alami saja? Maaf ya mba, jadi nanya2 sama mba..
    Sama2 qt berdoa ya mba,,smoga smuanya cepat diberi kehamilan dan bisa merasakan indahnya menjadi seorang ibu.. Amin..

    Thursday, August 5, 2010 at 4:32 am | Permalink
  192. Dinta wrote:

    Selamat Siang dok..

    Saya Dinta 30 th, dengan 1 orang anak (5Y 8M).
    Saat ini saya sedang merencanakan kehamilan ke2.

    Bulan November 2009 lalu saya baru saja melepas IUD.
    Namun saat ini sudah 9 bulan belum hamil2.
    Pada saat anak 1, hanya sempat kosong 1 bulan saja dok.

    Haid saya teratur, siklus 30 hari, dan keseharian untuk ke transportasi ke kantor saya menggunakan sepeda motor sekitar 30 – 35 menit untuk 1 kali jalan(ex: berangkat kantornya saja)

    Apakah hal ini terjadi karena saat ini saya menggunakan motor untuk kesehariannya dok? Mhn infonya ya..

    Note : siklus haid saya selalu mundur 2 hari, ex: haid di bulan Juni tgl 30 Jun, Juli tgl 2 Agustus. Masa subur saya kapan ya dok?

    Terima kasih atas bantuannya

    Salam
    Dinta

    Monday, August 9, 2010 at 4:11 am | Permalink
  193. Fhara wrote:

    dok,,sy udah 1 tahun lbh menikah tp blm jg punya anak…apakah kista menyebabkan kita tdk bs memperoleh keturunan ? makasih sblmx dok..

    Friday, August 20, 2010 at 6:07 pm | Permalink
  194. arikanaa wrote:

    salam kenal dok,’saya uda 4thn menikah dan blm dikaruniai anak. saya sempet hamil setahun yg lalu, tp keguguran di usia kehamilan 11 minggu karena janin tidak berkembang, tp sempet ada detak jantung yang kuat pada minggu ke 8. saya juga didiagnosa memiliki kista indung telur sebelah kanan dan saluran telur buntu juga dibelah kanan ( saya pernah menjalani HSG ). Tapi alhamdulilah pada pemeriksaan terakhir kista saya mengecil..hanya oleh dokter saya disarankan utk laparoskopi hanya belum saya lakukan. Yang saya tanyakan, langkah apa yang sebaiknya saya lakukan? apakah saya masih bisa hamil dengan kista yang ada, penyebab janin tdk berkembang itu apa dan obat/ makanan apa yg bisa meningkatkan kesuburan? oya suami saya uda pernah periksa sperma dan kondisinya OK. trimakasih sebelumnya dok, saya sangat berharap jawaban dr dokter.

    Saturday, August 28, 2010 at 11:37 pm | Permalink
  195. putri wrote:

    dokter aku mau tanya nih aku umuur 27th aku udh nikah 7th tp sampe skrg blm dikarunia in anak. Saya sampe sedih bgt n mau adopsi tp suami saya ga stuju. Ada saran apa ya dok?krn sy udh cb ke dokter katanya saya n suami ga maslah cm sabar aja. Apa krn saya obesitas n mengakibatkn rahim sy ketutup lemak?bgmana cara mngatasinya?thx

    Tuesday, August 31, 2010 at 9:43 am | Permalink
  196. selvi wrote:

    salam kenal dari saya dok,
    saya dari kota mamuju provinsi sulawesi barat,
    umur saya 32 tahun dan suami 35 tahun 5 tahun kami menikah belum di karunia momongan 3 bulan terakhir saya konsultasi ke dokter saya diberi obat regumen, blesifen dan folafit itu obat apa dok? saya mohon saran dan tipsnya agar cepat punya momongan?

    Saturday, September 4, 2010 at 2:04 pm | Permalink
  197. Kalo di tanya ingin punya baby, jawaban saya tentu saja ingin. Apalgi pernikahan saya sudah 5 tahun, usia saya dan suami sudah 27 tahun. Ini memang d luar target. Tapi kembali lagi kalo anak adalah uruasan Tuhan. Tuhan berhak menitipkan kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Menstruasi saya memang tidak teratur, tapi Alhamdulillah setelah minum sari kurma dan habbatussaudah (jinten hitam) haid jadi teratur. Akhir mei kemarin saya coba ikut program baby, dari situ diketahui sel telur saya kecil2 dan ada kista 3cm di sebelah kanan. Sekarang saya menghentikan program dan memutuskan untuk minum vit E dan susu prenagen esensis dan tetap mengkonsumsi sari kurma dan jintem hitam. Benar nggak ya langkah yang saya ambil ini? Tapi Saya percaya tujuan+usaha+pasrah = hamil.. Mohon doanya ya.. :)

    Tuesday, September 7, 2010 at 3:20 am | Permalink
  198. FITRI HS wrote:

    umur sy 29 thn, usia pernikahan kami 5 bln, sampe saat ini sy blm ada tanda-tanda hamil. sy termasuk org yg fisikx lemah, gampang sakit dan cepat sekali kelelahan, sy tau smua akan mengatakan istirahat tapi sy punya aktivitas selain itu sy mmg gampang skli sakit. makanan atau obat apa yg bisa sy komsumsi agar sy bisa cpt hamil dgn segala keterbatasan kondisi ini?
    terima kasih jika mau berbagi saran untuk sy….

    Tuesday, September 14, 2010 at 9:55 am | Permalink
  199. NURYATI wrote:

    salam kenal dari sya buat yang udah pada sharing d situs ni,langsung aja ya…usia pekawinan saya sudah hampir 11 tahun tapi sampai saat ini kami belum juga di karuniai keturunan rasanya jadi malu kalo ngumpul sama teman yang sudah pada punya keturunan. Kalao menurut dokter kondisi rahim dan kesuburan saya baik cuman suami saya yang mungkin spermanya mengalami gangguan atau kurang subur sekalipun saya ga tau sperma pria yang subur atau ga subur itu seprti apa.yang mau saya tanyakan bagaimana ya caranya atau obat apa yang bisa memprbaiki atau meningkatkan kualitas sperma suami saya supaya dapat membuahi dan menghasilkan keturunan.itu aja sebelum dan sesudahnya sya ucapkan banyak terimakasih

    Friday, September 24, 2010 at 5:44 pm | Permalink
  200. yu,maymanru wrote:

    pernikahan sdh 4 thn , blm jga dikarunai anak saya berumur 33 thn dan suami saya 32 tahun, kami sdh beberapa kali kedokter, terakhir ini kmi kmbali kedokter stlh diperiksa saya USG dalam keadaan baik, tapi saya ada keputihan, trs saya disuruh HSG krn ada penyubatan setelah itu diperiksa saya mempunyai virus toxoplasma, yang saya ingin tanyakan apakah berbahaya virus itu? mgkn kah selama ini saya tidak bisa hamil dikarenakan itu? bagaimana cara menghilangkannya? apakah saya bisa hamil? mohon petunjuk dokter saya dan suami sdh mendambakan baby ada dirumah kami…

    Wednesday, September 29, 2010 at 3:40 pm | Permalink
  201. nia wrote:

    saya nia umur saya 20 thn sudah menkh slma 1 thun…..saya ingin sekali punya momongan apa lg suami saya sudah menunggu khdrn bayi…..
    saya memang punya sakit paru2 basah….apa itu yang membuat saya sukar hamil?dan saya juga mengalami tidak teraturnya dtang bulan…?
    setiap hbs berhbngn pasti pagi nya sperma suami saya keluar lg…???saya bingung apa itu sperma atau bukan…wrnanya putih seperti keputihan….dan memang saya sering juga keputihan….apa wanita yang sering keputihan sukar untuk hamil…..saya bener2 ingn kehdiran seorang bayi….segala macem cara sudah dilakukan tapi masih blom berhasil juga…..
    mohon bantuannya…..

    Monday, October 11, 2010 at 4:39 am | Permalink
  202. tari wrote:

    saya ingin tau apa perbedaan darah implantasi dan darah haid?
    bulan lalu saya mengalami implantasi tetapi +/- 7 hari setelah itu saya menstruasi,apa terjadi implantasi itu tidak selalu hamil? tks.

    Tuesday, October 12, 2010 at 1:06 am | Permalink
  203. yoet wrote:

    alhamdulillah ternyata banyak teman yang mengalami mslh yg sm dgku,usiaqu 33th dan suami 34th sdh menikah selama 1,5th tapi blm juga diberi momongan.kami berdua sdh chekup ke dokter dan dinyatakan sehat tidak ada mslh.bln september kmrn saya dinyatakan positif hamil sama dokter tp slh minggu ke 6 keluar spt mens tp tdk sakit stelah siperiksakan kata dokter karena janin saya tidak berkembang dan mengecil…sedih banget hatiqu gimana ya dok agar bisa cepat hamil lg dan janinya sehat serta tidak gampang gugur.mksh…
    Buat yang senasib dgnqu diseluruh penjuru tetap yakin bahwa qt bisa hamil hanya tunggu waktu,pasrah dan ikhlas insya4JJI diberi yang terbaik.keep smile

    Tuesday, October 12, 2010 at 2:18 pm | Permalink
  204. WETS wrote:

    ZZZZZZZZZZZ

    Friday, October 15, 2010 at 2:14 pm | Permalink
  205. WETS wrote:

    GIMANA YA SAYA PERNAH NGEGUGURIN KANDUNGAN 2 KALI, TRUS SAYA IKUT KB ADA LAH 7 BULAN. TRUS SEKARANG ENGAK KARENA INGIN CEPAT PUNYA MOMONGAN . SAMPAI SEKARANG LUM HAMIL JUGA GMN NEH SAY UDAH SEDIH BANGET KADANG SUKA KESELLLLL

    Friday, October 15, 2010 at 2:16 pm | Permalink
  206. Tri wrote:

    selamat pagi… mau tanya nih… boleh yaaa ^_^…
    saya sudah nikah 4 th 3 bulan, tp blom dikarunia keturunan, saya memeriksakan diri ke RSIA dan dokter menyarankan INSEMINASI, pada awal pemeriksaan yang di beri obat ENAT 400 jumlah 20 @1x sehari, setelah itu saya melakukan inseminasi tgl 5 oktober lalu, tp obat yg diberikan dokter tetap saya minum, trus saya baca di internet katanya VIT E dosis tinggi akan membiaskan hasil pada pembacaan testpeck, akhirnya saya berhenti minum VIT ENAT 400 nya. yang saya tanyakan,
    1. apakah memang berpengaruh konsumsi ENAT400 setelah inseminasi?
    2. sebaiknya kapan saya melakukan tespeck, krn saya coba2 tespeck hari ke 13 hasilnya masih ( – )
    terimakasih untuk jawabannya…. ^_^
    Minta Doanya smoga inseminasi saya berhasil yaaa… :)

    Monday, October 18, 2010 at 2:55 am | Permalink
  207. ade s. wrote:

    salam kenal, nama saya Ade. Usia pernikahan kami sudah berjalan 4 thn dan sampai sekarang belum dikarunia anak. Saya sudah pernah tes HSG dan dari hasil tersebut ternyata terdapat Hidrosalphing di kedua tuba falopi saya. Oh iya….sebelumnya saya pernah melakukan operasi endometriosis di kedua indung telur saya. Dokter saya tersebut mendiagnosis ada Hidrosalphing dan perlekatan mulut tuba falopi sehingga katanya tidak ada pengobatan lain selain tabung……saya sudah tanya apa tidak bisa di tiup, inseminasi or laparoskopi…..mohon sarannya apa yg harus saya lakukan selanjutnya. Menimbang biaya bayi tabung itu sangat mahal…Mohon jawabannya,terima kasih:)

    Sunday, October 24, 2010 at 1:21 am | Permalink
  208. yayu wrote:

    aq dah menikah 2thn tp blum jg hamil, sya jg sdah pernah periksa kedokter kandungan tp blum ad hasil jg,mohon solusinya

    Tuesday, October 26, 2010 at 12:17 pm | Permalink
  209. ade wrote:

    dok..mau tanya donk…
    saya bulan depam sudah genap 1 tahun menikah tapi blm juga hamil..
    belakangan ini (2 bulan) perut bagian bawah (samping kanan dan kiri) kadang sampai ke tulang panggul sakit (kram), serasa ditekan gitu..trus pinggang belakang saya pegal2 selama 1 bulan..kata orang kandungan saya turun dan ada yang blg itu tanda2 kehamilan..makanya saya biarkan dulu..saya sempet telat dtg bulan selama 3 hari dan pd hari ke-4 muncul flek coklat, hal itu berlangsung selama 4 hari..pd hari ke-5 ternyata darah mens keluar deras sekali..tapi besoknya lgs ga keluar lg..saya coba ke dokter Obgyn, katanya rahim saya bagus (tdk ada miom, kista, dan diameter ovum saya bagus). dokter mengatakan saya kena infeksi saluran kencing..kalo terkena infeksi saluran kening bukannya kalo kencing sakit ya dok?tp ini tdk terjaadi pd diri saya..saya minta sarannya. tks

    Saturday, November 20, 2010 at 11:45 am | Permalink
  210. Lina wrote:

    Saya sudah menikah 3,5 tahun tapi blm juga punya momongan. usia saya dan suami 31 tahun. 9 bulan yang lalu saya mengalami keguguran dan melakukan kuret, 5 bulan lalu pun saya diduga keguguran oleh dokter tapi tidak sampai kuret karena rahim saya sudah bersih. 2 bulan ini menstruasi saya hanya 1 hari deras dan 2 hari flek disertai dengan kembung dan sakit di perut di sebelum dan setelah mens. Apakah ini normal?? bagaimana agar saya cepat hamil lagi dokter mengingat umur saya sudah makin bertambah… thanks

    Thursday, November 25, 2010 at 4:41 am | Permalink
  211. RIKA wrote:

    salam ALL…………
    hai dok saya mau share ni. sebelumnya saya akan perkenalkan dulu tentang saya dan masalahnnya. saya wanita berumur 27 thn dan suami 32 thn. saya hampir genap 1 thn menikah di bulan desember 2011 nanti. tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda kehamilan. saya sudah sering mengkonsumsi madu, habbatusauda yg kata orng dapat meningkatkan kesuburan, banyak mengkonsumsi sayur dan buah bahkan mengkonsumsi susu prencanaan kehamilan yg banyak mengandung asam folat.4 bulan belakang ini saya sering telat haid 2 bulan sekali baru haid. sama seperti yg di rasakan ibu ISNA yg share di atas dia mengatakan sering telat haid sebelum menikah memang sering terlambat datang haid sekitar 2 atau 3 bulan. Dan 4 bulan belakangan ini perut saya sering sakit di kanan dan kiri seperti di gigit semut.
    Yang ingin saya tanyakan dok :
    1) apakah karena telat haid itu berpengaruh dgn kehamilan saya? rata2 sepupu saya telat haid juga tp mereka di karunia anak. dan bahkan banyak orang yg sering telat haid tp tetap mendapat keturunan.
    2) apakah penyakit yang ada di perut saya tanda2 penyakit kista atau miom? krn untuk chec up ke dokter suami belum mau , beliau bilang usia pernikahan masi belum lama
    3)apakah ada mistik penyebab sakit saya ini? krn sebelum menikah dgn suami saya, saya sempat bertunangan dgn laki2 lain yg di jodohkan oleh temen. tapi karna tidak ada kecocokan akhirnya saya memutuskan pertunangan. setiap penyakit datang saya sering di RUKYAH alhamdulillah setelah di rukyah dan saya membaca AL-QUR’AN tiap habis shalat magrib dan subuh penyakit itu beransur-ansur membaik.tp sering kumat lg
    4) tolong berikan solusinya buat saya dok! sebelumnya saya ucapkan banyak terimah kasih

    Wednesday, December 1, 2010 at 1:38 am | Permalink
  212. MUMPUNI wrote:

    Salam kenal….
    Saya usian 31 th,sdh menikah sejak 2004.Pada saat kuliah,haid saya tidak teratur. menurut dokter,tidak apa2 selama usia blm 25 th dan blm menikah.sejak 2002 saya rutin k dokter karena haid tidak teratur,sampai 6 bln,kemudian haid selama 1bln penuh.bln berikutnya haid selama 1 bln lg.
    tahun 2007 dokter meminta saya melakukan operasi laparoskopi,namun tidak menjelaskan alasannya.hanya menyampaikan hasilnya baik. tahun 2008 saya hamil 2bln namun dikuret karena janin tidak berkembang.Setelah minum berbagai obat yg diberikan tidak berhasil hamil,dokter meminta saya minum yasmin selama 3 siklus.kemudian dilanjutkan femara 5hari dan forbetes 30 hr.bulan oktober haid mulai tgl 31,namun sejak tgl 14 nop saya sering mual.tgl 30 nop saya tes kehamilan,hasilnya positif.kemudian tgl 1 des(hr ini)saya kontrol k dokter.tp dokter memberikan regumen dan thromboaspilets.
    pertanyaan saya,amankah saya minum regumen karena saya baca ada kontra indikasi regumen untuk kehamilan (saya sudah tanya dokter spog nya,jawabnya biar hamil??)?
    terimakasih atas jawabannya,maaf jika terlalu panjang

    Wednesday, December 1, 2010 at 12:45 pm | Permalink
  213. iin wrote:

    lam knl bu,umur sy 25 dn suami sy 23 thn. dlu sy smpt hmil 6 minggu tp kgugurn. prtama khamiln ad brcak drah sdikt,kta tmen2 sy itu wjar awl khamiln. tp stlh sy brhubungn dg suami mlah tmbah bnyak. 2 hri brikutny sy priksa k bidan trnyata sy kgugurn. sy sdih bgt bu… padahal dr dlu sy pngen jd ibu. krn ni prnikahan kedua sya. dlu yg prtama dh 1,5 thn blm d ksh. tp d prnikahn yg k2 bru 3 bln langsung hmil.mhon solusiny bu

    Sunday, December 5, 2010 at 1:56 am | Permalink
  214. Susi wrote:

    Mau tanya donk, ketika di trans v, terlihat sel telur ada 3 dan besar, posisis dikiri saja, pertanyaanku : baguskah sel telur yg besar tp hanya dikiri saja?

    Friday, December 10, 2010 at 2:58 pm | Permalink
  215. Susanty wrote:

    Salam kenal……….
    Mau tanya dong saya wanita umur 21thn sudah menikah hampir 9bln tp sampai saat ini belum ada tanda-tanda kehamilan, saya sudah coba cek ke dokter kata dokter saya menpunyai sel telur yang tidak dapat di buahi karena sel telur saya tidak dapat matang untuk dibuahi selain itu saya juga mempunyai siklus menstruasi yg tidak normal saya sering telat datang bulan.
    Mohon bantuanya

    thanks

    Friday, December 24, 2010 at 8:31 am | Permalink
  216. ITA wrote:

    salam kenal…..
    mau tanya dong ,aku udah nikah 14 tahun,usia aku 34 tapi sampai sekarang blm dikasih momongan,walau udah berusaha tapi blm berhasil,bagi sobat yg udah berhasil boleh dong kasih resepnya….makasih

    Monday, January 17, 2011 at 3:41 pm | Permalink
  217. idayuliati wrote:

    salam kenal dokter…
    mau curhat nih dokter,usia aku 32 tahun udah punya anak laki2 sekarang sudah 6 thn.aku da berenti KB lebih dari 4 tahun.karena ingin mendpatkan anak kdua..tapi sulit sekali dokter..udah ke dokter kandungan dan dinyatakan rahim ku bagus saja n ditrans vaginal sel telurnya bagus dan besar2 dan sudah diberi mcm2 penyubur spy sel telur tsb bisa matang/pecah dan mudah dibuahi..tapi ya smpi skrg aku belum hamil juga..o iya kalo haid aku kadang2 nyeri di bagian perut,sakiiiit sekali bahkan hmpir pingsan.dan siklusnyapun tidak teratur, kdg 30, 35 bahkan smpi 40 hari..gimana dokter adakah saran spy aku bisa hamil lagi, mengingat aku dah berumur.makasih dokter

    Tuesday, January 25, 2011 at 3:21 am | Permalink
  218. riri wrote:

    salam kenal dok,
    aku da 2 th menikah tp blm pernah hamil,2 bulan lalu dokter menvonis saluran tuba fallopi sebelah kiri aku non paten dan kanan tersumbat.aku jg da tiup rahim 1 kali n skrg lg konsumsi obat herbal tp blm jg ada tanda-tanda kehamilan.aku bnr2 bingun dan stress skl dg msalah ini,tolong solusinya dok n kepd teman yg pernah mengalami spt aku tolong infonya,obat apa yang cocok utk penyakit aku ni.

    Saturday, February 5, 2011 at 9:37 am | Permalink
  219. vivi wrote:

    saya vivi usia 20thn.sudah 9bulan menikah tp blm juga dikaruniai anak.suami saya bekerja diluar kota dan waktu ketemu cuma seminggu sekali.apa mungkin karena faktor itu sampai sekarang saya blm hamil?
    seusai berhubungan,spermanya itu selalu keluar lg dari vagina.pdhl udah diam berbaring selama -/+ 1/2 jam. apa hal itu juga berpengaruh?
    mohon jawabannya.trimakasih…

    Tuesday, February 8, 2011 at 4:44 am | Permalink
  220. mitha tarana wrote:

    salam kenal dok……….
    nama saya mitha tarana,usia saya 22 tahun tapi sampai sekarang saya belum pernah mengalami menstruasi.bagaimana ini?saya takut nanti kalau saya menikah saya ga punya keturunan.dulu saya juga sering keputihan tapi ko ga bisa menstruasi ya doc.saya juga pernah k docter katanya tidak apa apa.gimana ya dok biar saya bisa menstruasi dan apakah obat atau sayuran yang bisa membuat saya menstruasi

    Wednesday, February 9, 2011 at 4:24 am | Permalink
  221. fika wrote:

    salam kenal dok…saya fika, usia saya sudah 26,dan sudah menikah 1 setngah thn, tapi sampai saat ini kami blum dikaruniai seorang anak.
    saya sering mengalami telat haid, kadang² saya gk haid selama 3/4 bulan, coba kedokter, kata dokter gk apa2, trus dikasih obt buat haidnya lancar, tapi setelah saya minum, hanya satu bulan saya mendapatkan haid, setelah itu kembali lagi, gk dapat haid lagi sampai berbulan bulan. mohon bantuannya dok…..
    apa ini pengaruhnya…trus apa saya susah hamil?
    terimakasih sebulumnya dok..

    Thursday, February 10, 2011 at 6:20 am | Permalink
  222. nia wrote:

    dokter yth:
    begini dok, saya nia umur 25 tahun sudah nikah selama 7 bulan, tapi
    semenjak saya nikah haid saya jadi tidak teratur padahal sebelum
    nikah
    haid saya lancar. bahkan sekarang sudah 3 bulan saya belum haaid.saya
    coba untuk test pakai alat test kehamilan dan sudah periksa ke dokter
    apakah saya hamil atau tidak tapi
    hasilnya negatif,sedangkan teman2 ku yang baru nikah 3 bulan sudah
    pada hamil seemua.yang mau saya tanyakan apakah kalau haid saya begini
    terus akan berbahaya dok dan apakah nantinya saya tetap bisa hamil
    mohon solusinya dok ?

    Tuesday, February 15, 2011 at 8:49 pm | Permalink
  223. Ova wrote:

    Kepada Yth Dokter, Perkenankan saya untuk bercerita dan bertanya beberapa hal.

    Saya menikah pada Juni 2008. Namun, sampai saat ini kami belum punya keturunan. Berikut saya sampaikan rekam medis saya : Siklus menstruasi saya memang tidak teratur sejak sebelum menikah (1 bulan datang 2 kali, saat haid yang pertama memang saya rasakan nyeri haid/nyeri pinggang seperti biasa, sedangkan haid yang kedua saya tidak merasakan nyeri haid seperti haid yang pertama melainkan nyeri pada perut bagian bawah kanan atau kiri, namun kuantitas haid yang kedua tidak sebanyak haid yang pertama).
    Saya sudah memerikasakan diri ke empat dokter kandungan yang berbeda. Pada Februari 2009, saya memerikasakan diri pada dokter spesialis kandungan pertama, setelah di USG, ternyata ada penebalan pada dinding rahim yang katanya menyebabkan ketidakseimbangan hormon kehamilan. Saya diberi obat berupa tablet putih lonjong dan agak besar untuk diminum beberapa hari untuk menghilangkan penebalan pada dinding rahim dan menyeimbangkan hormon kehamilan, pada hari ke 5/6 haid kedua keluar gumpalan darah yang agak banyak dari vagina. Setelah diperikasakan lagi, ternyata penebalan dinding rahim saya sudah hilang dan rahim sudah dinyatakan normal, kemudian untuk program kehamilan, saya di beri pil KB yang harus diminum selama 3 bulan, masing-masing bulan selama 21 hari, dengan waktu minum disesuaikan dengan tanggal sesudah haid. Menurut dokter pertama, setelah saya mengkonsumsi pil KB tersebut haid saya akan teratur dan saya bisa segera merencanakan kehamilan. Haid saya kembali teratur, keadaan ini berlangsung ± 5 bulan.
    Pada November 2009, siklus haid saya kembali tidak normal, saya kembali memeriksakan diri pada dokter kandungan kedua, setelah di USG, dokter menyatakan rahim saya dalam keadaan sehat, tidak ada kista, miom, kangker ataupun tumor. Saya hanya diberi obat penyubur. Haid saya kembali teratur, keadaan ini berlangsung ± 2 bulan.
    Pada Mei 2010, saya kembali memeriksakan diri ke dokter kandungan ketiga, setelah di USG dalam (melalui vagina), hasilnya sama seperti keterangan dokter kedua, menurutnya keluarnya darah tersebut merupakan darah haid yang belum tuntas, untuk menghentikan pendarahan saya diinjeksi sebanyak 3 kali dengan selang waktu masing-masing selama 12 jam. Haid saya kembali teratur, keadaan ini berlangsung hanya 1 bulan.
    Pada November 2010, saya kembali memeriksakan diri pada dokter ke empat. Hasil pemeriksaan USG sama dengan dokter kedua dan ketiga. Untuk menghentikan pendarahan saya diberi tablet Norelut yang diminum selama 10 hari. Alhamdulilah, haid saya teratur hingga saat ini. Kemudian oleh dokter, kehamilan saya diprogram, yaitu dengan mengkonsumsi profertil selama 5 hari/bulan, terhitung sejak hari ke 5 haid. Selain itu waktu hubungan dengan suami juga dijadwal, dan juga beberapa petunjuk lainnya selama berhubungan. Terakhir periksa bulan kemarin, menurut dokter keempat, jikalau pada bulan ini program kehamilan belum juga berhasil, maka akan dilakukan pemeriksaan HCG, yang mau saya tanyakan adalah :
    1.Apakah ini memang diperlukan untuk saat ini?, terus terang mental saya kurang siap mengingat pemeriksaan tersebut menggunakan sinar radiasi, apakah tidak ada langkah lain yang memiliki tujuan sama seperti HCG?
    2.Sejak pemeriksaan pada dokter keempat, pada hari ke 15/16/17 dari hari pertama haid, saya merasakan nyeri pada perut bagian bawah kanan atau kiri (seperti pada saat haid saya tidak teratur), dan juga disertai dengan keluarnya lendir beserta darah yang tidak terlalu banyak, namun ini hanya berlangsung sekitar satu hari. Setelah rasa nyeri hilang, darahpun juga tidak keluar lagi. Menurut dokter keempat, keadaan ini mungkin dikarenakan sel telur saya pecah dan itu normal atau rahim saya sedang dalam keadaan subur. Menurut dokter apakah keadaan ini aman bagi saya untuk melakukan hubungan dengan suami ?, mengingat tanggal-tanggal tersebut adalah jadwal kami melakukan hubungan.
    3.Setiap kali berhubungan, setelah Mr “P” suami dikeluarkan dari vagina saya, selalu diikuti dengan keluarnya banyak cairan. Walaupun saya sudah menggunakan 2 bantal untuk menyangga pinggul selama 1 jam setelah berhubungan. Menurut dokter apakah ini termasuk salah satu penyebab saya belum hamil ?
    4.Suami saya sudah melakukan analisa sperma, hasilnya adalah 40 % normal dan 60 % abnormal (tidak bergerak dan bentuk tidak normal). Menurut dokter apakah ini juga termasuk salah satu penyebab saya belum hamil ?

    Saya ucapkan terima kasih atas penjelasan dokter, saran dokter sangat berharga buat saya dan suami.

    Ova-Madura

    Monday, March 21, 2011 at 4:09 am | Permalink
  224. emi handayani wrote:

    salam kenal dok,,,,
    saya sudah 2 tahun menikah tapi belum jg hamil,,,
    saya sudah periksa ke beberapa dokter obgyn, poli infertil, dokter andrologi,,hasilnya tidak ada masalah antara saya dan suami saya,,,
    beberapa usaha saya diantaranya usg transvaginal hasil taa, bentuk rahim retro, lab hormon prolaktin normal tapi keluar semacam air susu dari kedua mamae bila dipencet, hasil laparoscopy jg taa, lab igg igm negatif,,
    klo suami dah cek analisis sperma dan igg, igm hsl negatif,,,
    siklus haid teratur antara 26 – 28 hari setiap bulan,,,saya jg sudah melakukan hubungan seks saat masa subur,,,
    tapi sampe sekarang koq belum hamil ya dokter??? apa yg menjadi penyebabnya???trs posisi hubungan seks untuk rahim retro yg terbaik bagaimana??
    trimakasih dokter,,,,

    Tuesday, April 12, 2011 at 12:22 pm | Permalink
  225. shofi wrote:

    slm knl dok,sy shofi 27 th.sy sdh menikah 8 th,punya anak 1.sy ingin punya anak lagi,tapi sy punya masalah dg menstruasi sdh 5 th gk mens ,padahal y gk KB .sy sdh periksa ke dok kandungan ktnya masalah hormonal,sdh di beri obat pancingan bisa keluar,tp bln2gk keluar lg kalau gk di pancing lagi.skrg sy minum femona sdh 3 bln lebh tp sampai skkrg gk keluar jg.lalu apa yg sy hrs lakukan spy mens sy lancar dan teratur spy sy lks hamil

    Friday, April 15, 2011 at 10:10 am | Permalink
  226. NOVITA wrote:

    SALAM KENAL DOKTER,SAYA NOVI SUDAH MENIKAH SELAMA 2THN SAY PROGRAM HAMIL SELAMA 1THN DAN BELUM MEMBUAHKAN HASIL AKHIRNYA DOKTER MENYARANKAN SAYA HSG DAN KES:BILATERAL HYDROSALPINX DAN OBSTRUCTED BOTH TUBA PARS INFUBULUM ….HSG:UTERUS DEXTRA POSITION,NORMAL SIZE AND SHAPE DAN BILATERAL HYDROSALPINX TAK TAMPAK PELVIC SPILL
    DOKTER LANGKAH PA YANG HARUS SY LAKUKAN UNTUK MENDAPATKAN MOMONGAN DGN KONDISI JALAN RAHIM YG TERSUMBAT…

    Monday, April 25, 2011 at 9:15 am | Permalink
  227. jeadee wrote:

    Dokter,,,
    Saya sdh berumah tanggah 1½ tahun tapi smp dgn saat ini belum dikaruniai anak. Saat ini saya berusi 41 thn & suami 44 thn. kami termasuk terlambat menikah.
    sjk des’2010 yy lalu saya berobat terus kedokter. setiap saya dtg bln saya pasti kembali kedokter lg.
    wkt tgl 28 april 2011 yg lalu saya dtg k dokter lg utk tanya knp haid saya dtgnya lbh awal. saya dtg haid lg tgl.8 april, sblmnya haid tgl 13 mrt. dokter memberi saya obat regumen.
    Bln mei’11 ini sd tgl 9 mei saya tdk dtg haid & tgl 10 pagi saya cek dgn test pack tp negatif. besoknya saya ke dokter n usg lwt kemaluan n dokter kasih obat folac. tp bsoknya muncul tanda merah di pakain dalam & hari ini (13/5’11) saya dapat haid. jadi saya gagal lg hamil.
    pertanyaan saya apakah saya bisa hamil, mengingat usia saya yg sdh diatas 40 thn?? apa yg menyebakan saya dapat haid lagi padahal sdh terlambat 1 minggu?
    terima kasih atas kesempatannya.

    Friday, May 13, 2011 at 3:35 am | Permalink
  228. Which is the easiest way to get pregnant and get confirmed.

    Saturday, May 14, 2011 at 6:48 am | Permalink
  229. deeann wrote:

    halo dok, saya didiagnosa pco 3 bulan lalu. kemudian pada bulan 1 diberi metformin saja.
    bulan ke 2 walalu masih pco,saya diberti obat penyubur 1×1 tetapi hasil nya telur belum berkembang maksimal.
    bulan ke 3 tetap mengkonsumsi metformin dan obat penyubur 2×1, hasilnya ada 2 telur yang berkembang 2.8 dan 2.3 ukurannya

    yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah boleh walalupun pco belum sembuh mengkonsumsi obat penyubur?
    2. apakah ada pengobatan pco yang lain?
    2. ukuran sel telur berapakah yang baik / sel telur yang pasti akan pecah?

    terimakasih dok

    Saturday, May 28, 2011 at 6:37 am | Permalink
  230. vetty wrote:

    hallo dok,,,,,

    saya sudah menikah selama 3thn tp blum jga mendpatkan momongan setiap hait sya selalu mengeluarkan darah beku dan selalu merasakan sakit saya tkut ap kh it yg buat saya tidak bsa hamil slama in y?????????????

    Saturday, June 18, 2011 at 8:23 am | Permalink
  231. Mega wrote:

    Hallo Dok, Saya sudah Menikah Hampir 2 tahun bulan Agustus nanti…tapi sampai sekarang belum di karunia momongan…udah coba ke beberapa dokter dan alhamdulillah kandunganku baik2 saja…tapi siklus haidku ngak teratur kadang sampai telat seminggu tapi tiap bulan pasti dapat… yang aku mau tanyakan ?
    1. gimana sih dok cara tau klo sel telur kita itu matang dan lepas menuju tuba falopi untuk di buahi…karena menurut dokterku waktu di periksa katanya sel telurku ada 1 besar disebelah kanan, apakah setiap sel telur yang besar itu pasti matang dan pasti lepas ke tuba falopi atau bagaimana dok…karena sampai sekrang belum pernah terjadi kehamilan?????
    2. apakah dengan usg transvaginal posisi kandungan bisa di tahu klo posisinya agak kebawah, ke atas ataupun miring ?
    3. apakah dengan cara minum Pil KB bisa mengatur siklus haid ? bukanya klo minum Pil Kb siklus haid jadi berantakan dok ?

    TERIMA KASIH SEBELUMNYA DOK….MOHON JAWABANNYA

    Thursday, June 30, 2011 at 9:22 am | Permalink
  232. nikcen wrote:

    saya jg termasuk orang2 yg bimbang saat ini.sudah 2 th menikah tp msh belum ada tanda2 kehamilan.banyak yg menyarankan konsumsi Pil KB tp ga tiap hari.jadi gang-gangi gitu.gimana menurut anda??
    MOHON DI BALAS&TERIMAKASIH

    Monday, August 1, 2011 at 1:51 pm | Permalink
  233. emy.raya wrote:

    Ass. Dokter…salam kenal..

    Senang rasanya ada rubrik kesetan & sharing spt ini..
    Dokter, sy berusia 35 thn & suami 37thn, kami sdh menikah 10 thn 5 bln, kami blm d karuniai keturunan. sebelumnya hanya sy yg periksa k dokter (dr 1 dokter pndah k dokter yg lain) & alhamdullilah sy sehat. Setelah suami d periksa intensif ada kendala dng kuantitas & kualitas sperma.
    smp saat ini kami msh tetap brusaha & brdoa walau trselip rasa putus asa d hati. kami sdh pasrah & brusaha menrima dgn ikhlas, bila mmg ini Kehendah NYa..kami prcaya bila waktunya tiba kami akan menrima karuniaNya dan ini psti yg trbaik utk kami. Mohon doa dari rekan2 agar kami ttp kuat & sabar menunggu Karunia Nya…Amiiiinnn.. trm ksh.

    Wass.

    Tuesday, August 9, 2011 at 6:11 am | Permalink
  234. siti wrote:

    ass,salam kenal dok….

    langsung aja ya,aku sdh 3,5 thn menikah tapi blm dikasih momongan.sblm menikah haid ku tdk lancar dan berat badan tdk seimbang (over weight),pernah ke dr.kandungan ktny ukuran telur kcl dan sdh dipacu 2x tp lom berhasil,terakhir pindah dr.disuruh diet,olah raga,kurangi makanan berlemak.ya sekarang aq coba jalani saran dari dr.dan sekaligus konsumsi mahkota dewa dan sarang semut papua.sekarang saya hanya berdoa dan bersabar,semoga penantian aq dan teman2 akan terwujud,amin.

    Wednesday, August 10, 2011 at 3:49 am | Permalink
  235. siti wrote:

    ass,maaf ada yang diralat,saat ini aku masih konsumsi sarang semut papua.dan rencana mau coba mahkota dewa.jadi aq tidak konsumsi keduanya sekaligus,katanya konsumsi mahkota dewa bisa meningkatkan kesuburan.

    Wednesday, August 10, 2011 at 4:12 am | Permalink
  236. siti wrote:

    ass,kayaknya ada yg diralat nih,aku saat ini konsumsi sarang semut papua,ada rencana mau coba konsumsi mahkota dewa,katanya bagus untuk meningkatkan kesuburan.

    Wednesday, August 10, 2011 at 4:17 am | Permalink
  237. siti wrote:

    ass,dok…apa ada efek samping konsumsi mahkota dewa dan sarang semut sekaligus,mis:pagi konsumsi mahkota dewa,sore konsumsi sarang semut,trmksh dok..

    Wednesday, August 10, 2011 at 4:29 am | Permalink
  238. Anonymous wrote:

    saya sudah menikah selama 5 bulan namun blm hamil jg karena penasaran pengen cepat hamil saya perika ke dokter dan dikasi obat santa – E diminum 2 kali sehari dan profertil disarankan minum pada hari haid ke 5 yaitu 1 X sehari selama 5 hari ,yg ingin saya tanyakan setelah minum profertil tersebut apa yg mesti saya lakukan???
    dan dokter menyarankan suami saya periksa sperma di lab
    minta saran nya ,terima kasih

    Saturday, August 13, 2011 at 3:37 am | Permalink
  239. rika wrote:

    hai dok salam kenal
    saya sudah menikah 3 tahun tapi sampai sekarang blm hamil juga,padahal saya sudah pergi kebeberapa dokter kandungan dan berobat kearternatif jg,alhamdulillah hasil tesnya rahim saya di nyatakan bagus oleh dokter dan tak di temukan penyakit apapun,,,,oleh dokter suami saya di anjurkan tes sperma hasil sperma suami saya kurang gerak aja yang ingin saya tanyakan dengan hasil sperma suami saya yang kurang gerak apakah saya bisa hamil?dan obat apa yang bagus di kosumsi oleh suami saya?apakah wajar selesai berhubungan sperma suami saya keluar lagi?mohon di jawab ya dok dan terima kasi.

    Sunday, August 14, 2011 at 2:47 am | Permalink
  240. puji wrote:

    salam kenal dok…
    Saya sdh menikah 2 tahun tapi belum pernah hamil, pdhl sy sdh kepengen nich dok pny baby. Sebelum saya menikah, siklus haid saya normal 28 hari. Tetapi setelah menikah, siklus haidnya jd kacau, kadang2 28 hr, 29 hr, 30hr.Bahkan yg terakhir ini 31 hari. Maret lalu sy check up k dokter kandungan, dan diberi obat pengatur haid Cyclo Progynova berturut2 slm 3 bln. Mmg ketika sy menggunakan obat itu, siklus sy normal 28 hr, tp stlh tdk sy gunakan siklusnya jd 31 hr. Bln kemaren sy haid tgl 11 juli, dn bln ini sy haid 11 Agt. Sy disuruh dtg oleh dokter sy hari ke-2 haid, kemudian sy diberi obat baru, kata dokternya sich obat hormon, namanya FEMARA, dimakan setelah hari pertama haid. Apakah obat itu bs bwt sy hamil dok??? Sy minta petunjuk dokter. Trimakasih!!!

    Friday, August 19, 2011 at 3:05 am | Permalink
  241. Anonymous wrote:

    saya udah hampir 8 tahun belum punya momongan.
    umur saya 34 tahun dan suami 37 tahun
    saya kepingin hamil dan punya anak.
    saya kalau datang bulan tidak teratur.
    dan kalau datang hampir sebulan lebih
    trims

    Friday, August 26, 2011 at 4:02 am | Permalink
  242. erika wrote:

    hai..dokter..
    saya udah hampir 8 tahun belum punya momongan.
    umur saya 34 tahun dan suami 37 tahun
    saya kepingin hamil dan punya anak.
    saya kalau datang bulan tidak teratur.
    dan kalau datang hampir sebulan lebih
    trims

    Friday, August 26, 2011 at 4:04 am | Permalink
  243. Anonymous wrote:

    Mengapa tak kunjung hamil tp haid lancar

    Saturday, September 10, 2011 at 8:42 am | Permalink
  244. menix wrote:

    saya 27 tahun,suami 29 tahun.menikah sudah 7 tahun dan sampe skrg blm dipercaya sama yang di atas untuk diberi momongan. Saya sdh terapi kurang lebih setengah tahun ke dokter kandungan sampai tahap hidrotubasi.Setelah itu saya tidak berani kembali lagi karena trauma dan alasan biaya. Jadi saya belum pernah tahu bagaimana hasil hidrotubasi itu. Setahun sejak itu, saya belum hamil juga. Kalau saya kembali ke dokter itu apakah saya dihrotubasi untuk kedua kalinya?apa boleh saya langsung minta langkah lanjutan dari hidrotubasi pada proses terapi ini?sekedar info,diagnosis pertama untuk saya sel telur kecil..setelah diterapi 3 bulan normal,lalu diberi penyubur terus menerus hingga pemberiannya dihentikan karena dikhawatirkan akan jadi kista..suami didiagnosis oligozoospermia lalu diterapi dengan obat. Kira-kira ada masalah apa ya dengan organ reproduksi saya?setiap bulan saya selalu berharap dan akhirnya harus kecewa lagi

    Saturday, September 10, 2011 at 8:46 am | Permalink
  245. Icha wrote:

    Sy icha sy tlh menikah hmpir 11 thn,sy mnkh thn 2000 dthn 2003 sy hml tp khmlan itu tdk brlnsng lma sy mengalami kguguran ….. dn sy hrs menjlni operasi kiret yg dlkukan slh satu rmh skt stlh sy mnjlni operasi sy mengeluarkn drh dn sy coba cek kdokter trnyta dokter blg operasi yg sy jlnin blm mksimal atau blm bersih dn sy dsrankn tuk operasi yg ke 2 …. alhmdllh operasi brjln lancar …….. dn knp smpai saat ini sy blm hamil sdgkn haid sy kdg2 teratur kdg3 tdk teratur …… yg sy tykn gmn br sy bs hml kmbali km menghrp calon bayi dtgh2 kluarga kami …… mhn bantuannx !!!!!!!! trima kasih

    Friday, September 16, 2011 at 3:19 pm | Permalink
  246. Ira wrote:

    Salam Kenal !!!
    Sy umur 31 Thn & suami 32 Thn. Kami Sudah Menikah 3 thn tp blm juga punya keturunan, bulan kmrn sy telat haid 13 hari tp hari 7 ada bercak darah berwarna pink dan hari selanjutnya tdk ada, kemudian ke 13 sy haid,, selama ini haid sy teratur siklusnya 31 -35 hari, kami sdh periksa ke Dr & hasilnya semua baik,,, mohon bantuannya apa yang sebaiknya kami lakukan (makanan Vit, atau apa sj yg dpt membantu agar cepat hamil),, Tks

    Friday, September 30, 2011 at 5:57 am | Permalink
  247. antik wrote:

    salam,

    saya sudah menikah 2 tahun, tahun pertama mengalami keguguran di usia kandungan 2 bulan. sudah periksa kedokter, katanya semua normal. saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan:
    1. apakah bersamaannya saat klimaks saat berhubungan suami istri sangat menentukan kehamilan?kalau si istri orgasme terlebih dulu, apakah masih ada kemungkinan terjadi pembuahan?atau sampai suami orgasme dan mengeluarkan sperma istri masih belum orgasme, masih ada kemungkinan pembuahan dan terjadi kehamilan?
    2. saat selesai berhubungan, kadang2 ada sperma suami yg keluar, apa itu artinya sperma tidak bisa masuk?
    mohon penjelasannya ya…
    terimakasiih..

    Sunday, October 2, 2011 at 4:38 am | Permalink
  248. wulan. jogja wrote:

    Halo pak, saya sudah menikah 1 tahun yang lalu, dan kami sudah berusaha bermacam2 cara, maaf..berhubungan jg sudah di pas kan di masa2 subur, namun sampai skrg saya blom hamil jg, mohon sarannya, makasi sblmnya.

    Monday, October 3, 2011 at 1:54 pm | Permalink
  249. nissa wrote:

    sy nissa,21 thn,sdh 2 thn mnikah.. bln feb 2011 sy priksa ke dktr dan dkter mnyatakan ada kista endomtriosis di ovarium kanan. stlh pngobatan, pd bln april 2011 dkter mnyatakn kista sy hilang. pd bln juli sy diberi profertil nmun agustus msih menstruasi, lalu dkter mmberi sy profertil kmbali dan sampai saat ini sy belum menstruasi (bln agustus haid prtma tgl 29 agust)jd sdh trhitung lbih dr 1 mnggu telat haid. lalu sy inisiatif test mnggunakn TP dan hsilx 2 gris merah/positif. dan hr itu jg sy ke dktr. dkter blng blm trlihat ada kantung khamilan tp mlh kista sy yg trlihat muncul lg. pertanyaan sy :1. apakh profertil tsb mnyebabkn kista muncul lg? 2. apakh profertil mngandung hormon HCG shngga mnimbulkn tanda + palsu pd TP? 3.kmungkinan sy bnar2 hamil atau tidak?
    mohon dijawab,sy tnggu scepatnya dan terimaksih bnyk sbelumnya…

    Sunday, October 9, 2011 at 4:09 am | Permalink
  250. davin wrote:

    saya punya istri umur 26 thn ,saya 30 thn,,saya sudah menikah udh 2 thn.tpi sampe sekarang blm di krniai anak,,mohon tips biar cpt punya momongan thanks

    Thursday, October 20, 2011 at 8:17 am | Permalink
  251. erlin wrote:

    Pagi Dok,,
    perkenalkan nama saya Erlin Usia 20Th. Saya Mau married bulan Maret 2012 Besok. Tapi kemarin saya priksa ke dokter dan di USG ternyata Kandungan saya Lengket, Kata dokter saya sulit punya anak.& saya juga mengalami keputihan warnanya hijau maaf sebelumnya(Gatal, Bau dan perih). apa gara2 keputihan kandungan saya bisa lengket??trus bagaimana cara mengatasinya kandungan lengket tsb dok?? saya pingin sesudah nikah bisa cepat punya anak. mohon bantuannya dok,, makasih.

    Friday, October 21, 2011 at 1:59 am | Permalink
  252. diana wrote:

    dear dok
    sya usia 35 th, suami 37 th. udh 6 th nkh tp blm dikarunia anak. sy swaktu th 1 nkh pernh hamil namun kguguran di usia janin 3 bln lbh. krn faktor kerja brlebihn.selang 1 th kgugurn sy periksa k dokter di palembang. hasil tes darah sya trkena tokso n rubela.oleh dokter sya di kasih obat2n.sya jg sudah coba bbrp kali pengobatan alternatif dan bbrp dokter, tp tahun ke 4 dokter mnyarankn sya utk HSG hasilnya ada penyumbatan di rahim kiri, kmudian oleh dokter sya ditiup hasilnya kedua rahim justru paten.hasil cek laboratorium lain yg disarankan dokter jg sya baik2 saja. suami jg 1x tes sperma (dengan kondisi onani) sperma 20% bergerak,dan bau khas sperma normal, jumlah spermanya kl g slah hanya 40% dr jumlah normal.skrg sy ganti dokter lg, dokter myatakn rahim sy normal, sy disarankan utk ikut inseminasi di RS. HS bandung. tp sy agk kuatir krn byk info yg mnyatakn inseminasi jg blm tntu brhasil?apa sbab inseminasi tdk brhasil y dok? dan sy jg bingung knp sy kondisi normal n sehat blm jg bs hamil. tambahan info nh dok. sy stlah kguguran 1 berat badan naik +- 20kg. skrg brt sy 82kg dg tinggi 167cm.apa krn sy gemuk y dok? (suami sya jg gemuk BB 89, tinggi 168cm).

    Wednesday, November 2, 2011 at 6:28 am | Permalink
  253. freya wrote:

    ass dok,.

    saya usia 26th,..menikah 3,5bulan..tapi saya sudah ingin sekali hamil,..tiap bulan saya selalu kecewa mendapati hasil test pack yg selalu negatif,..bulan ini saya sangat ingin sekali berhasil,. saya punya siklus haid yg teratur,,28hr,. terakhir berhubungan seminggu yg lalu saat masa subur dan 3hari kemudian,..tadi pagi karena penasaran saya menggunakan alat test pack meskipun blm waktunya saya haid,..namun lagi2 saya kecewa,..yg ingin saya tanyakan,.. apakah saya masih mempunyai harapan hamil bulan ini dok? dg kata lain apabila saya menggunakan test pack lagi lain hari masihkah ada kemungkinan hasilnya menjadi positif?(tanpa menunggu waktu datangnya haid=10hari lagi) apa saya harus cek lagi seminggu kmdian? dan haruskah saya memeriksakan kandungan saya secara mendalam? misal dengan cek lab dll? mohon penjelasannya dok terimakasih,…

    nb: saya pernah memeriksakan kandungan(hanya di usg),..dan saat itu dokter mengatakan rahim saya alhamdulillah sehat tanpa kista,,berarti tidak ada benda yg mengganggu sperma bertemu dg ovum….

    Tuesday, November 8, 2011 at 6:33 am | Permalink
  254. HarryPaul wrote:

    Hi Guys, I Share something..I experience pressure to my work and also i had depression. But when i found out that Pure Calm at Brain Research Supplement is Native Remedies claims to promote a calm mood in minutes. I take it and its really works in me. I never pressure and depress or stress in my work now.

    Saturday, November 12, 2011 at 9:54 am | Permalink
  255. JNE wrote:

    dok, umur sy 24 dan suami 33…kami menikah sudah 5 bln, tp 2 bln pertama kami nunda…kami skg ingin sekali pny anak….kami belum ke dokter….krn suami blng bhwa 1 thn belum hml, br ke dktr….saya sering kali stress krn kerjaan (sy termasuk org yg mudah stres)….apakah gr2 sering stres menyebabkan sy belum hml2 smpai skg ini? en sy mulai cb jus wortel en tomat?ktnya bisa membuat cpt hamil?oo ya, sblum sy merit, sy tes premarital..kt dokter kandungan sy ok, tdk ada kista dan mium….dan sy termasuk sering olaharaga gym)…apakah kalau mau hamil ga blh treadmil en olaharaga berat?jd olaharaga renang en jalan kaki sj yg boleh?en kl ms sbur tdk blh jln kaki en renang?thx dok

    Monday, November 14, 2011 at 12:32 pm | Permalink
  256. lufiii wrote:

    saya sudah 3 tahun menikah blum juga di kaaruniai momongan,,stelah di periksa hasil hsg ternyata ada penyumbatan di saluran rahim kiri,,rahim kanan normal,,dokter menyarankan operasi,,tp mendengar kata2 operasi itu sangat menakutkan,,tolong info nya ya dok,,

    Thursday, November 17, 2011 at 4:02 am | Permalink
  257. uni wrote:

    Saya sudah menikah selama 6,5 tahun tapi sampai saat ini belum juga hamil. Saya sudah pernah hidrotuba satu kali tahun 2007.
    pada tahun 2009 saya dinyatakan pco dan saya terapi obat selama 9 bulan lalu saya berhenti karena saya takut di operasi.
    Januari 2011 saya hsg dinyatakan bahwa dua tuba non paten. Bulan april 2011 saya mengalami terlambat haid 10 hari yang belum pernah saya alami karena paling lama saya terlambat 6 hari itupun setahun sekali. karena banyak aktivitas malamnya saya flek dan besok paginya perut saya sakit sekali dan keluar haid seperti biasa tapi bedanya ada darah berbentuk lonjong bening dua butir.
    Lalu pada juli 2011 saya operasi laparoskopi untuk melihat tuba yang tersumbat. Dan hasil operasi ternyata dua tuba saya patent. Hanya ditemukan kista darah sedikit yang sebenarnya tidak diperlukan operasi.
    Sekarang dari bulan agustus saya dikasih obat subur 1 macam yang diminum hari ke 3 sampai hari ke 7 siklus. untuk empat bulan sampai januari. Tapi sampai saat ini belum ada tanda – tanda hamil. Pertanyaan saya :
    1. apakah di bulan april 2011 itu saya hamil anggur dokter. Saya test pack hari ke 9 negatif.
    2. kenapa bisa hasil hsg berbeda dengan laparoskopi. Apakah hsg tidak tidak akurat dokter.
    3. Apakah rahim saya tidak kuat dokter. Apakah perlu saya konsumsi obat duphaston.
    4. Atau apakah karena Setiap haid perut saya sakit kram maka saya susah hamil. Karena seperti bulan ini saya kram dari tanggal 13-24 november sementara tgl 21 flek coklat (tiga hari) , tgl 24 baru keluar haid. Bulan September haid tgl 22, bulan oktober tgl 23.

    Terimakasih atas jawaban dokter.

    Thursday, November 24, 2011 at 7:55 am | Permalink
  258. irene wrote:

    Saya Irene, umur 23thun suami saya 32 thun. berencana ingin punya momongan cpt.
    namun pertanyaan saya,
    1. setiap kali selepas berhubungan, sperma suami akan terkeluar saat saya berdiri. apakah dengan terkeluarnya sperma suami akan terjadi kehamilan? atau bahgaimana?

    Terima kasih.

    Sunday, November 27, 2011 at 7:52 am | Permalink
  259. Halimah wrote:

    halo dok, saya sudah menikah slama 8 bulan tapi blum juga dikaruniai momongan padahal kakak saya yang menikah 2 bulan lalu istrinya sudah hamil, teman2 saya yang menikah d bulan yang sama pun juga pada hamil. saya menderita keputihan, suami saya merokok sejak masih kecil. saya dan suami tiap hari bersepeda motor k tempa kerja yang jaraknya sekitar 30 km, apa it jga berpengaruh.

    Thursday, December 1, 2011 at 4:49 am | Permalink
  260. viena wrote:

    saya sdh 3 thn menikah tp jg blm diberi ktrunan pdhl sya dah cek kedokter sm baek2 j.tp akhir2 ni tiap masa subur saya mlh ngeplek trs..ap pnyebabnya y dok..

    Monday, December 5, 2011 at 3:51 am | Permalink
  261. erny wrote:

    Selamat pagi Dok,

    Saya sudah menikah hampir 4 tahun dan dari awal menikah selalu tinggal berjauhan dengan suami (ketemu hanya seminggu 1x). Dari setahun pertama menikah dan belum dikaruniai anak kami sudah ke dokter, hanya USG, dan diberi hormon serta penyubur. Sekarang ganti dokter ke 3, dan berdasarkan hasil pemeriksaan sperma suami pergerakannya lambat, dan mulut rahim saya jauh. Dokter menyarankan agar kami melakukan bayi tabung. Bagaimana pendapat dokter? apakah memperbaiki posisi rahim tersebut bisa dengan jalan diurut?
    Thanks

    Monday, December 5, 2011 at 3:56 am | Permalink
  262. sefi wrote:

    Selamat malam dok,

    Saya sudah hampir 2th menikah dan blm d’beri momongan,
    2bln yg lalu saya telat 3mnggu, tp dr mnggu 1 saya test hasilnya msh negatif, begitu jg dg mnggu ke’2 hasilx jg msh negatif, dan pd saat mnggu ke’3 trnyta kluar flek coklat bbrpa hr dan kmudian haid normal.
    bln ini jg sprti itu dok, sudah telat 2mnggu tp hasilx msh negatif, jadi bbrpa bln ini saya haid 2bln skali.
    yg mau saya tnyakan, apakah ada mslah dg rahim saya atau dg haid saya ?
    mohon penjelasannya ?

    terima kasih

    Friday, December 30, 2011 at 12:51 pm | Permalink
  263. esya wrote:

    Selamat siang dok…
    dok,saya udh menikah 4bln… haid saya selama ini tidak teratur,bln lalu saya haid tl 14 Des,saya juga udah konsultasi sama dokter spesialis diberi vitamin. saya juga udh berhubungan pada masa subur seperti saran dokter. Tapi sampai skr kok blm ada tanda2 saya hamil ya dok??? saya ingin hamil dok… Mohon sarannya ya
    Terima Kasih

    Friday, January 6, 2012 at 3:02 am | Permalink
  264. sara04 wrote:

    salam kenal..
    saya sara 21 thn dan suami 22 thn, sudah 4 bulan menikah belum jga hamil. sudah berapa kali kmi melakukan hubungan tpi belum jga hamil. dan masa menstruasi saya tidak teratur. Yg ingin saya tanyakan apakah saya mandul? krna sebelumnya saya pernah hamil dan melakukan kuret dengan bantuan dr spog. apakah saya hamil lagi? mohon sarannya..
    terima kasih.

    Saturday, January 7, 2012 at 3:48 pm | Permalink
  265. ahmad hanafi wrote:

    saya 32 tahun, istri saya 24 tahun istri saya difonis dokter terdapat kista ovarium sebelah kanan sebesar 7cm, dan supaya segera dioperasi, mumpung belum menjadi kangker.

    kami dan istri pun sepakat operasi, akan tetapi pada saat pelaksanaan operasi dokter yang menangani pembedahan tidak dapat meneruskan operasi bedah karena terhalang oleh perlekatan usus yang sangat hebat,.. jika diteruskan pembedahan kwatir usus akan tertarik ataupun robek dan bisa berakibat fatal..

    dalam hal ini akhirnya dokter menutup kembali pembedahan dan tidak dapat meneruskan operasi pengangkatan kista terseubut..

    dokter menduga ini dikarenakan unsur pijat perut yang kuat sehingga mengakibatkan perlekatan usus yang sangat hebat..
    dokter juga mengatakan untuk upaya bedah laparoskopi pun tidak mungkin karena terhalang oleh perlekatan usus…
    dan beliau juga mengatakan selama operasi bedah baru hari itu menangani pasien yang mengalami perlekatan usus yang sedemikian hebatnya..

    apakah kista yang dialami istri saya bisa diangkat??? dengan jalan apa??? apakah masih bisa hamil???

    mohon pencerahannya…

    Sunday, January 8, 2012 at 9:21 am | Permalink
  266. Dady wrote:

    Salam kenal,

    Saya dady Usia 33 tahun, dan istri saya umur 31 tahun kami sudah menikah selama 5 tahun, sampai sekarang belum memiliki anak, saya sudah ke koker kandungan, alternatif dan berbagai cara saya sudah lakukan berdua tetapi sampai sekarang belum juga dikasih keturunan.

    Keluhan kami istri saya Haidnya tidak lancar, kadang sampai 6 bulan tidak mendapatkan Haid, dan sampai skrang istri saya belum mendapatkan haid, haid terakhir Bulan Oktober.

    Mohon pendapat Dokter kami harus bagaimana, terimakasih sebelumnya

    Sunday, January 8, 2012 at 9:59 am | Permalink
  267. Wenna wrote:

    Salam buat semuanya, setelah saya membaca keluhan/curhat dr ibu2, saya ikut prihatin atas keinginan ibu2 yg ingin punya momongan. Saya jg pernah punya pengalaman sept ibu2, 4 Thn saya menikah blm jg punya anak, sgla cara sdh kami lakukan tp hslnya nihil. Tapi Puji Tuhan tanpa saya sadari dlm perjlanan dithn yg ke 5 ternyata Tuhan menjawab doa kami, akhirnya aku hamil dan skrg sdh punya 2 putra putri yg cakep dan cantik. Saran/tips saya buat para ibu2, yg aku lakukan selama 4 thn menunggu; jgn stres, jaga pola makan yg sehat, boleh berusaha, semua kita serahkan sj pada yang maha kuasa. Kuncinya suami istri sehati berserah pada Tuhan, jgn putus asa untk terus memohon maka yakinlah pasti Tuhan menjawab doa kita. Saya doakan semoga di awal tahun baru 2012 ini ada harapan baru dan kiranya Tuhan menjawab keluhan ibu2 utk mendptkn keturunan. Amin. Ibu2 aku punya produk kesehatan namanya cystal x manfaatnya; mampu sembuhkan & hilangkan keputihan, mampu bunuh kuman, jamur & bakteri, bisa mencegah kanker mulut rahim, hilangkn bau tak sedap, membersihkan kerak & kotoran diselaput vagina, meningkatkan kualitas hub pasutri, bisa menambah kesuburan,dll (pengalamn dr beberapa pengguna mereka hamil setelah pakai produk ini). Jd ibu2 apa slahnya jika mencoba produk ini. Obat luar & tanpa efek samping. Kalau ibu2 tertarik dan ingin bertanya-tanya ttg produk ini bs hub aku 081338468428 atau web ; http://www.wennafoehson@gmail.com/www.wenna888.blogspot.com. Saya siap membantu. Thk

    Tuesday, January 10, 2012 at 9:57 pm | Permalink
  268. linda wrote:

    salam kenal,
    Saya memang baru menikah 2 bln, tp yg mengganjal dihati saya adalah thn ini saya berusia 40 th sedangkan suami 39tn. Selain itu juga saya menderita kelainan haid yang parah. Dlm setahun saya hanya mendapatkan haid max 4x. Ternyata ini adalah keturunan. Pada 2 th lalu saya di vonis kena kista dikedua saluran indung telur dg diameter 5cm. Namun krn obat2an, kista saya hilang.
    Saya sekarang sedang berobat & oleh dokter saya diberi terapi minum Primolut selama 3 bln berturut2. Saya baru menjalani 1 bln treatmen, namun sekarang saya merasakan badan yang tidak enak, sering sakit kepala, dan merasa kehausan terus menerus.

    Mohon masukannya apakah treatment yg saya lakukan itu sudah benar. Dan bagaimana caranya supaya saya bisa hamil krn saya dan suami mengharapkan menimang anak secepatnya :(

    Wednesday, January 11, 2012 at 11:25 am | Permalink
  269. shanty wrote:

    slmt mlm…
    saya mau tanya…
    saya telah melakukan hubungan sex sma suami saya, saat saya haid dihari pertama (warna flek kecoklatan tp sdikit kluarnya), disaat saya melakukan hubungan itu sperma suami saya masux dan setelah itu haid saya cuma 3 hari, dan 1 hari kemudian saya haid lagi tp warnanya merah dan itu hanya sebentar. saya kenapa ya???
    apakah saya hamil????
    mohon penjelasannya…

    trima kasih…

    Wednesday, January 18, 2012 at 3:43 pm | Permalink
  270. dear150509 wrote:

    test

    Thursday, January 26, 2012 at 2:05 pm | Permalink
  271. dear150509 wrote:

    salam knal..
    saya dewi..
    saya sudah 3 thn menikah tp blum punya anak,
    saya malu sama keluarga,tman2..
    suami saya sring memaksa sya berhubungan intim saat haid,apa karna itu saya tidak bsa hamil? apa ada cara yg bsa saya lakukan untuk membersihkan kandungan saya? saya tkut di kandungan saya ada bakteri nya n terjadi kmandulan? mohon penjelasanya..
    sya sangat stress dngan hal ini..

    trimaksih,

    Thursday, January 26, 2012 at 2:10 pm | Permalink
  272. jespy siahaan wrote:

    halloo..slam kenal saya jespy, usia saya 32th dan suami saya 39th. tahun ini adalah tahun ke 4 pernikahan saya, saya punya masalah dlm haid yg hanya muncul berupa flek darah kering setiap bulan, pd thn 2007 sy bekerja di luar kota itulah wkt haid sy mulai terganggu,krn tuntuan pekerjaan yg membuat stress..dan sejak saat itu haid sy jd sprt itu keluarnya berupa flek darah yg gumpal dan kering..tidak darah kotor spt menstruasi biasa,apakah itu bs menghambat sy bs hamil,krn thn 2008 sy periksa kedokter dan hasilnya sy baik2 saja.mohon solusinya pak..o ya saya hampir setiap seminggu sebelum mau haid dgn wkt yg tdk teratur dgn kondisi yg spt sy ceritakan, sy sering mual2,ingin muntah,pusing2, dan seperti meriang kondisi tubuh rasanya..apakah ini akibat menstruasi yg demikian??terimakasih atas saran dan infonya pak..

    Friday, January 27, 2012 at 6:45 am | Permalink
  273. rian wrote:

    Selamat sore , salam knal
    Saya widi , umur saya 33Thn , saya pengen banged punya momongan tp lom jg d’kasih … aku dah 7 thn nikah ,, haid aku datang’a lbih cepat … aku mw periksa tp aku mesti sendiri , coz suami aku dah punya dr yg pertama … aku dah periksa sama beberapa dokter kandungan hasil’a slalu bagus … urut pun aku udah lakuin n hasil’a jg bagus … aku sedih banged kl aku datang bulan … kadang aku malu ma orang d’skitar n ma suami aku …tp aku dah berusaha semaksimal mungkin … mpe uangku abiz banyak untuk pergi k’dokter , alternatif , urut jg shin se … tpi hasil’a lom jg ada …….. aku pengen banged merasakan menjadi seorang ibu , karna dgn ada’a keturunan menjadi ibu yg sangat sempurna ….

    Monday, January 30, 2012 at 10:13 am | Permalink
  274. eny wrote:

    hy salam kenal
    sy sdh menikah sekitar 3 bulan tp blm hamil2 jg nih
    umur sy 24 dan suami sy 26 tahun

    sy mau nny nih klo haid kt tdk lancar apa kah kemungkina utk hamil ?
    sy prnh konsul ke dokter kandungan n di bri obat penyubur
    femara dan hasilnya 2 bln haid saya lancar tp bulan berikutnya haid sy tdk lancar lagi
    bs sampai 3 bln gt baru haid
    pas haid bs sampai 2 mggu
    stlh haid pas berhubungan sllu keluar darah
    knp ya ??
    pas di cek rahim saya normal
    namun sel telur saya kecil
    then di kasi obat femara cm 2 bln haid saya lancar
    stlh itu gk lancar lagi, knp ya ???
    bgaimana cr ny supaya haid sy lancar
    dan bgaimana spaya sy cpt hamilll

    pngin cpt memiliki momongan

    Tuesday, January 31, 2012 at 4:27 am | Permalink
  275. Nindya wrote:

    Ibu2 salam kenal juga, sekedar sharing kalo beli obat2an di apotik medika center khususnya gonal-f 900, profertil, dll, harganya jauh lebih murah… Ternyata aku juga baru tau obatnya tersedia gak d semua apotik, nomernya 081927740999, good lluck ya temen2.

    Thursday, February 2, 2012 at 3:05 pm | Permalink
  276. eny wrote:

    mba mau nny nih klo profertil konsum tanpa resep dokter mank ny blh yah ???

    Friday, February 3, 2012 at 3:18 am | Permalink
  277. slamet wrote:

    malem dok, kami sdh menikah 3 th, tp blm dikaruniai mo2ngan. istri umur 25 thn, sya 30 th. bln kmren istri sdh cek HSG, hasilnya saluran rahim sebelah kiri ada penyumbatan(peradangan). Yang ingin ditanyakan, HSG tgl 28Des.dokter bilang jagan berhubugan sebelum obat habis. Senin pagi tgl 2 jan’12 obat sdh habis diminum. tgl 4 jan kami melakukan hubungan, tpi istri mengeluarkan sedikit bercak coklat, apakah itu berbahaya dok?kami khawatir luka bekas HSG belum sembuh?. Sekarang istri sdh telat 17 hr, tp setelah tes pack, hslny msh negatif?4hari terakhir istri megeluarkan lendir bening seperti putih telur tapi tdk berbau?.

    Sunday, February 5, 2012 at 1:49 pm | Permalink
  278. yunira wrote:

    haloo..salam kenal saya baru tau wesite ini mudah-mudahan bermanfaat.
    saya berumur 32 tahun suami 31 ,sudah 3 thn menikah belum dikaruniai momongan walau sangat mendambakannya.
    saya sudah pernah cek dokter yg mengatakan sy ada endometrosis mmg klo haid saya merasa kesakitan. dan skitar 1 thn terapi pengikisan endo dng 2x penyuntikan (maaf sy lupa namany). tapi blm berhasil jg. sudah 1 thn belakangan ini sy tdk ada periksa apapun maksudny spya lbh rileks mana tau berhasil.
    kami ingin sekali mempunyai anak tolong dibantu infonya..
    dan kadang2 waktu selesai berhubungan terasa gatal sekali di daerah kemaluan sy ( tp tidak selalu) apa yg sebenarny terjadi ? apakah itu normal?
    juga terkadang posisi tertentu berhubungan membuat saya merasa ingin buang air kecil, sprt kantung kemihny tertekan shngga mmbuat sy tdk nyaman …apakah itu normal??
    mohon bantuannya trima kasih

    Monday, February 6, 2012 at 5:44 am | Permalink
  279. Rini Widiyanti wrote:

    Saya Ibu satu putri sudah 8 tahun, pengin sekali punya anak kedua, sudah ke dokter kandungan, tidak ada masalah dengan rahim saya, waktu habis melahirkan anak pertama, setelah 40 hari langsung ikut KB suntik, selama 2 tahun,waktu menyusui KB suntik yang 1 bulan sekali, setelah tidak menyusui 3 bln sekali, apakah ada efeknya dari KB suntik ini?terima kasih, siklus haid saya normal.

    Terima Kasih

    Monday, February 6, 2012 at 8:40 am | Permalink
  280. Selain jaga mood, juga komunikasi dengan suami…
    Saya sendiri sudah 2 dengan jarak 14 bulan, padahal suami kerja nya jauh ( diluar kota ) sehingga tidak selalu sama-sama..
    Jangan putus asa dan terus berusaha.

    Monday, February 6, 2012 at 1:44 pm | Permalink
  281. qiya wrote:

    a

    Tuesday, February 7, 2012 at 8:58 am | Permalink
  282. qiya wrote:

    selamat sore dok,,,
    dok,saya wanita berumur 22 thun.bulan juni 2011 sya menikah.saya ingin sekali punya momongan.krn faktor kluarga yg menginginkan saya untuk segera mempunyai anak.bahkan saya merasa malu jika tmen2 sya yg bru sja menikah sudah dikaruniai anak.
    sya & suami sama2 sibuk.kami jrang ketemu.
    awalny sya ikut KB slma 5 bln.blan november lalu sya berhenti ikut KB.& blan januari sya ikut program khamilan,dkasih obt penyubur kandungan oleh dokter,mkan mkanan yg bnyak mengandung vitamin E.sprti tauge.sya selalu berdoa kpda Tuhan tiada hentinya.bahkan sya menjawalkan libur bersama suami.
    tpi alangkah kecewany sya,program itu gagal.niatnya bulan ini sya ingin ikut program kmbali.pertanyaan sya,,,apa yg harus sya lakukan jika program blan ini gagal lgi…???tolong dok kasih masukan,,& atas jwbnny terimakasih.
    salam
    Qiya

    Tuesday, February 7, 2012 at 9:09 am | Permalink
  283. elly wrote:

    Saya istri sudah menikah 7 tahun usia 38thn belum pernah hamil adakah saran dari teman2 kemanakah sebaiknya berobat, trimakasih

    Wednesday, February 8, 2012 at 8:01 pm | Permalink
  284. ibu asti wrote:

    saya sudah menikah selama 17 thn, dan di karuniai anak satu yg berumur 16…
    tp kenepa saya sekerang tdk dikaruniai anak lagi..????
    padahal kandungan saya baik-baik saja, apa penyebab nya…

    terimakasih

    Thursday, February 9, 2012 at 8:29 am | Permalink
  285. betty wrote:

    saya sdh 5 thn menikah belum di karuniai anak sdh berobat ke RS ternama di Jakarta katanya sperma bagus dan sy jg sdh di cek hormon semua bagus hanya sel telur kecil saat masa subur dan inseminasi 2 kali belum berhasil juga. aduh …saya dan suami kecewa sekali apalagi yg saya lakukan klo bayi tabung saya tidak punya dana sementara usia sdh 33 thn mohon saran …trimakasih

    Saturday, February 11, 2012 at 1:15 pm | Permalink
  286. Nana wrote:

    salam kenal dok….
    yang saya tanyakan apa khasiat degan hijau bagi ibu yang belum hamil
    akan tetapi orang tua jaman dulu menyarankan tidak boleh minum degan hijau takut nanti pas hamil bayinya g jadi
    terima kasih sarannya…

    Sunday, February 12, 2012 at 3:45 pm | Permalink
  287. lina wrote:

    salam kenal dok..
    saya ud menikah 7 tahun tp sampai skrg sy belum di karuniai seorang anak, dan pemeriksaan dokter sy tidak subur, krn sel telur pada saat masa subur tidak berkembang secara normal, terus saluran rahim sebeleh kanan ada yg tersumbat, jd apakah msh ada kemungkinan utk sy bisa hamil,,, mohon sarannya,,terimakasih

    Monday, February 13, 2012 at 4:23 am | Permalink
  288. lisa wrote:

    Ass,,,
    Salam kenal dok,,
    Saya berumur 20th, dan suami saya brumur 25th,,, saya sudah 4bln menikah namun blm juga diberi momongan dok,,,
    Padahal saya dan jg ortu dh pengen bngetttttttt punya cucu,,,
    Dulu waktu sbelum menikah siklus haid saya teratur dok,,, selalu tgl 4,,,
    Tapi kenapa ya stelah menikah malah tidak beraturan?? apakah ini pnyebab saya blm jg hamil dok???
    Dan juga berat badan yang ideal utk ibu yg hamil sekitar brapa dok utk s’umuran saya???
    Terimakasih,, ^___^
    Terimakasih,,,, ^__^

    Tuesday, February 14, 2012 at 2:02 am | Permalink
  289. Mia wrote:

    Pengen cpt hamil

    Sunday, February 19, 2012 at 4:36 am | Permalink
  290. cindra wrote:

    Dear dok,
    Sy berumur 35, tp maret ini 36, sy beda setahun dgn suami sy. Kami menikah April 2011. Sebulan km menikah, sy positif hamil, tp memasuki usia 6 minggu, sy keguguran Dan dikuret. Kemudian awal februari ini, sy telat & positif hml.tp blm seminggu sy periksa ke dokter (yg sebelumnya sy disuruh bedrest krn sempat keluar flek), sy keguguran lg. Yg ingin sy tanyakan, apa penyebabnya shg kandungan sy tdk kuat Dan bgm membuatnya kuat? Kemudian, apakah di usia sy ini msh bs memiliki anak? Terima kasih sebelumnya dok, btw, klo BS kirim jg di email sy iciindra@gmail.com

    Monday, February 20, 2012 at 2:48 am | Permalink
  291. rika wrote:

    Mohon bantuannya..sy berumur 29 th,nikah Nov 2011 dan sdg mendambakan buah hati yg blm kunjung dtg.Sy py siklus haid yg tdk teratur (awal bln-tengah bln-akhir bln).Stlh nikah krg lebih 3 bln ini sy br haid 2x yaitu tgl 14 nov 2011 dan 29 des 2011.= dgn masing2 7hr masa haid.Dr haid yg terakhir smpai skr blm haid,tgl 26 jan prnh ke dokter kandungan dan dicek smuanya bagus (kandungan&indung telur) dan sy diberi PROFERTILE yg hrs diminum mulai haid hari ke-2 (tp gmn mw minum krn blm haid)..Seminggu yg lalu smpai skr sy mulai merasakan tanda2 :Mual,Pusing,Badan rasanya anget,payudara sakit,perut rasanya begah…tp hr selasa lalu sy tes NEGATIF…Mnrt dokter apa yg hrs sy lakukan?apakah sy hrs tunggu dulu bbrp minggu lagi atau bgm?Mohon bantuannya…………terima kasih

    Monday, February 20, 2012 at 9:59 am | Permalink
  292. cindra wrote:

    Dear dok,
    Mau ralat dikit, tadi dr dokter ternyata alhamdulillah babyku msh ada, tolong doanya ya smoga selamat hingga waktunya, amin…..

    Monday, February 20, 2012 at 10:36 am | Permalink
  293. arni wrote:

    saya wanita berumur 27 tahn.. udah menikah 2 thn.. bln pertama setelah kami menikah saya langsung positif hamil tapi bln ke-2 kehamilan saya.. kandungan saya mengalami keguguran… karn susah bersih nya jdi dilakukan kuret… tpi samp skrng saya blm hamil juga.. udah 2 thn stelah kejadian itu… sya dan suami udah periksa kelab.. hasil nya kami berdua baik2 saja… kanap ya… akhir2 ini sya mengkonsumsi vitamin AVION dan suami JUVELON… ditambah kmi minum susu kedelai setiap hari… udah ckup kah itu kami konsumsi???? tks bt saran nya……..

    Tuesday, February 21, 2012 at 2:37 am | Permalink
  294. arni wrote:

    eh.. lupa… suami saya skrng umur 36 th… sya takut kami ga bisa punya anak… karn ada yg bilang klw udah kuret pada kehamilan pertama.. jdi susah hamil lagi… benar ga dok… tks ya dok………..

    Tuesday, February 21, 2012 at 2:40 am | Permalink
  295. DYAS wrote:

    dear dok..
    sy wanita umur 24 th dan suami 25…kami sudah 13 bulan menikah dan blm dpt momongan,.diusia pernikahan 6 bln kami periksa ke SpOG dan dsana sy di USG katanya rahim sy sehat gak ada kista dll,.dokter mnyarankan analisa sperma suami sy dan hasilnya normal Normozoospermia,. cuma tiap selesai ML misalnya malem kmdn pagi/siang keesokannya sy semacam mengeluarkan sisa sperma dan baunya gak enak.,apa itu berpengaruh thd kehamilan yg kami tunggu2 selama ini dok.tks

    Wednesday, February 22, 2012 at 2:41 am | Permalink
  296. cahaya mulyani wrote:

    saya mau nanya uda 5 tahun kaka saya belum juga hamil sudah periksa kemana – mana tapi belum hasil memang sih badannya gemuk berat badannya mencapai 90kg kira kira dia harus bagaimana yah ?

    Thursday, February 23, 2012 at 12:12 pm | Permalink
  297. emma wrote:

    saya mau nanya nih, jika program bayi tabung, setelah dinyatakan positif hamil, dihari ke lima keluar flek, dan akhirnya dapat menstruasi, apakah kemungkinan bisa hami itu ada, karena pada waktu ET dimasukkan ada 3 embrio, apa masih ada yang tertinggal setelah menstruasi? dan jika ini tidak berhasil, apa yg harus saya usahakan lagi, sementara kondisi rahim sy bagus, hanya jumlah sperma suami yang sedikit, apa ada cara lain untuk bisa cepat hamil? semoga ada saran dan pendapat yang buat saya tenang. Tks.

    Friday, February 24, 2012 at 5:13 am | Permalink
  298. vera wrote:

    pagi dok….
    saya umur 21 tahun saya telat haid..bulan kemarin saya haid tanggal 6 januari dan bulan febuari ini saya belum haid juga sudah hampir 2 minggu telatnya….saya khawatir,,saya belum pernah melakukan hubungan intim..apakah siklus mens saya normal atau tidak..terima kasih

    Friday, February 24, 2012 at 11:42 pm | Permalink
  299. wati wrote:

    saya dah hmpr t thn nikah,blom jg ada tanda kehmln….haid saya tidak lancar….kadang 3 bln berturut2 telat smpa 2 atw 3 hr tiap bln….tp bln berikutnya telat 7 mgg tp di cex negatif…..sebenarnya penyakit apa yg saya alami……bisakah saya akan hamil dok ? mohon jwbnnya

    Sunday, February 26, 2012 at 1:55 am | Permalink
  300. alia wrote:

    saya mau nanya juga dokter… saat ini saya stress dg penyakit saya. sebelum menikah saya pernah hamil tp dia tdk bertanggung jawab, pas 3 bln saya minum obat yg sangat ampuh akhirx bs gugur. setelah saya menikah, saya kaget kok gk hamil. karna penasaran saya masukkan jari utk mastikan lubang rahim, ternyata lubangx tertutup. lalu saya k dokter kandungan, dia blng baik2 saja. tp sy tdk percaya dg yg dia katakan.slama menikah sy stress ditambah keributan2 kecil dg suami.akhirnya sy gugat cerai lalu pulang kampung.selama sy sendiri lg, sy jd suka k warnet dan cari tau penyakit saya.yg saya derita,kesimpulanx,sy kena serviks.lalu sy beli obat herbal serviks. selama sy minum obat, sy dpt pcr. karna cinta kami melakukan hub intim.ternyata sy hamil.tp sayangnya sy terkena sipilis stlh tau penis pcr sy keluar nanah. dia terjangkit karna sy. akhirx kami berniat menggugurkan. tp sayang sampai skrg gk keluar jg darahx padahal sdh pakai obat yg ampuh itu.stlh sy cek lg pake jari, lubangx tertutup. sy tanya k dokter anatomi, dia blng polip dan lubangx tdk tertutup. sy tdk puas dg jawabanx. trus knp tdk keluar jg darahx klw memang tdk apa2?? yg aneh stlh masukkan jari,terdapat lendir kental di jari. dokter, sy harus bgmn? minum obat apa?

    Sunday, February 26, 2012 at 2:07 pm | Permalink
  301. ade triyulianti wrote:

    salam kenal dok,
    Saya ibu ade berumur 37 tahun….
    Tahun 2011 saya sempat dibulan Juli hamil hampir 2 bln,sempat saya kontrol masih ada lalu saya cek gula ternyata gula saya sempat naik dan diUSG lagi bayinya tdk dan harus cepat2 dikuret karena kl tdk ada pendarahan lalu keesokkannya saya dikuret..
    Pertanyaan
    -saya knapa pas gula darah naik bayi menghilang kt dokter asupan makanan tdk keanak,knapa bisa begitu?
    -Semenjak saya dikuret knapa mens saya tdk teratur kt dokter krn hormon saya yang kurang baik smp sekarang blm mens…
    terima kasih

    Monday, February 27, 2012 at 3:08 am | Permalink
  302. Emma wrote:

    Gimana carany supaya cepat hamil bagi penderita ITP..mohon infony ..thanks

    Tuesday, February 28, 2012 at 1:42 am | Permalink
  303. emil wrote:

    ass dok !!saya mau nanya apakah setelah 2mmg melkukan inseminasi bisa liat hasilnya?saya udah 4 th nikah belum punya anak,apakah cara saya ini ada kemungkinan berhasil

    Wednesday, February 29, 2012 at 12:57 am | Permalink
  304. qurratul qolby wrote:

    apa pengaruhnya KEKURANGAN CAIRAN DARAH MERAH” terhadap program kehamilan

    Wednesday, February 29, 2012 at 7:29 am | Permalink
  305. altafunissa wrote:

    assalamualaikum……
    Lam knl z mba atw mas…
    Mw nnya klo haid y gak teratur msi bs hmil g yah???cz slm ni haid q g teratur,kty klo haid g teratur ssh hamil,nauzubila jgn smpe,cz q dh kepengen bgt pnya baby…tlng y mba atw mas jwaban y q tnggu,maksih..

    Thursday, March 1, 2012 at 3:04 pm | Permalink
  306. hayu wrote:

    assalamu’alaikum..
    dok, saya pernah ke dktr kandungan, hasil usg saya bgus, tidak ada apa2, sperma suami juga sehat. siklus saya haid kadang 30 hr, kadang 32 hari pernah juga 38 hari. apa siklus haid saya tersebut mempengaruhi kesuburan saya dok?
    yang dikatakn haid teratur dan tidak teratur itu spt gimn ya dok?
    mohon dengan sangat di bls ke email saya dok erahayoe2510@yahoo.com
    saya tunggu dengan penuh harap blsn dr dokter. trmksih

    Sunday, March 4, 2012 at 3:05 pm | Permalink
  307. wiwid rahma wrote:

    assalamu’alaikum….
    dok,,,sy mw tny,,knp stiap brhbgan dgn suami perut sy lgsg panas,,stlah brhbgan cairan sperna suami sy sprti kluar dr vagina sy jd smpi skrg sy blom hamil ,,kami sdh 4bln mnikah,,mhon bantuanny utk mgtasi panas dperut sy,,sy mw tny dalfarol dan profertil itu hrs resep dokter or tdk dok,,mens sy alhmdllah tratur,,blan ne yg tlat 3 hr,,,1 prtnyaan lg sblm haid blan ne da cairan yg kluar berwrna cklt,,agk brbau dan berbau,,apa to kputihan dok,,mhon infony,,trmaksih,,,

    Monday, March 5, 2012 at 8:32 am | Permalink
  308. Richana wrote:

    Slm kenal semua…
    Q mo curhat ni…kmi dah 12 th menikah tp lum jg pnya momongan.dah kemana2 tp blw jg berhasil. Gmn detailnya dgn bayi tbng itu. Tlng ksh th dong mksh

    Tuesday, March 6, 2012 at 5:06 am | Permalink
  309. iya wrote:

    salam kenal bukk… saya iya berusia 25 tahun menikah udah 4 bln,, tp sampai sekarang blom juga ada tanda2 kehamilan,,.,, sebelum nikah saya suntik catin,,seminggu sebelum nikah,, suami saya seorang perokok, tapi kadang2,,,bisa gak kasih tips supaya cepat hamil.. ?? makasii sebelum nya..

    Wednesday, March 7, 2012 at 6:51 am | Permalink
  310. Nurbetty wrote:

    Saya sudah 1 tahun 3 bulan menikah tetapi belum memiliki anak hasil dan kami mencoba melakukan program hamil ke dokter menurut hasil pemeriksaan dokter rahim saya bagus namun ada masalah dengan sel indung telur. Ada saran dan pendapat yang bisa membantu saya. Terimakasih

    Thursday, March 8, 2012 at 3:33 am | Permalink
  311. tiew wrote:

    aslm…
    dok,,saya hmpir 4 bln menikah…udh pgn pny momongn..haid saya tratur,,siklus 28 hari…bln kmrn,untuk pertama kalinya sjk sy nkh,haid sy telat 3 hri,,tdi ny sy udh brhrp kl sy hml,,tp kmdian keluar jg darah haid ny..sy kecewa bngt,,,bln ini kmi sdh mncoba untuk berhbngn saat masa subur,,,hari ini saya coba2 untk pp test urine sy,tp hslny ngtf,,,pdhl kami sdh ml dsaat sy subur,,wktu awal mnikah,sy smpt usg,kt dkter,kndgn sy bagus,tdk da myom,atw ksta,,,kr2 knp y dok sy sulit hamil?tmn2 sy yg nkh bersamaan dg sy sdh hml smua dok…saya kdg malu tiap da tmn yg tny sy dh hml atau blm…skrg,mnjelang hari dtgnya haid,yg kira2 tgl 10,saya bawaanny was2 dok…tlg ksh saran y dok…trmksh…

    Thursday, March 8, 2012 at 4:03 pm | Permalink
  312. mutia wrote:

    salam kenal dok…
    saya mutia umur 26th, sdh menikah hampir 2th. Sy pengen bgt hamil dok.. 3bln trakhir ini mens sy tdk lancar. Haid bln Des tgl 19, Jan tgl 23 trnyata lwt tgl 23 feb sy blm haid jg sampai akhir bln feb. sy cb TP namun hasilnya negatif n’ ngeflek trs.. tp sy hiraukan hsl TP itu, sy cm bs berpikiran positif aja, mdh2an sy hamil, hehe… tp keajaiban itu trnyata blm milik sy.. akhirnya tgl 3 maret keluarlah si haid itu. 6bln trakhir sy sdh periksa ke beberapa dktr kandungan katanya rahim sy bagus tp sy memang mempunyai kista yg ukrn’y mencapai 5cm & ada pelekatan. dktr sdh menganjurkan sy utk segera di operasi, krn memang wkt itu setiap sy berhubungan sy merasakan nyeri. Jujur sy takut utk operasi. jd sampai saat ini sy berhenti utk cek dl ke dktr kandungan manapun. krn sy yakin, sy pasti bs hamil ko… alhamdulillah 2bln trakhir ini setiap berhub sy sdh tdk trlalu merasakan nyeri lg. yg jd pertanyaan sy…
    1. Apakah haid sy ini msh dlm batas yg normal dok?
    2. selain operasi kista apakah ada jln lain dok utk tdk operasi?
    3. dgn adanya kista apakah sy msh bs hamil tanpa dioperasi?
    4. Apakah dgn berkurang’y rasa nyeri ini kista sy sdh mengecil ato sebaliknya dok, ato gejala apalagi?
    5. kira2 kpn ya dok tgl masa subur sy, (trakhir haid 3 maret) ?
    uia satu lg dok, setelah menikah berat bdn sy meningkat hingga 14kg. berat bdn sy ini skr 62kg. teman2 sy kira, sy sedang hamil.. ternyata tdk…sedih jg dengernya, hehe… utk selera mkn menurut sy biasa aja sm sprti sblm sy menikah.. Apakah benar dok sperma laki2 bs menambah bobotku ini.. hee..??” trima kasih dokter….

    Friday, March 9, 2012 at 4:21 pm | Permalink
  313. marya wrote:

    dear dokter…
    saya marya 34th, sdh menikah kurang lebih 4th…..2 bulan terakhir ini mens saya tdk teratur, bulan kemarin mens yg biasanya siklusnya di bawah 30 hari, bulan kmrn 35 hari baru mens….bulan ini di bawah 30 hari tp hanya flek selama 3bln…..ketika di usg dokter berkata ada pembengkakan indung telur….tp dokter blom bisa memastikan penyebabnya, katanya ditunggu saat mens baru di cek lagi……saya takut sekali dokter….apalagi setelah saya baca2 artikel,malah tambah takut……..apa yang harus saya lakukan, apakah saya bisa mempunyai keturunan….terima kasih….

    Monday, March 12, 2012 at 8:13 am | Permalink
  314. ega wrote:

    Slm kenal Dok

    Dok saya sdh 5 thn menikah, haid saya teratur setiap bln, sy sudah periksakan ke 4 dokter yg berbeda, hslnya saya bagus, mulai tdk ada kista/miom, saluran tuba lancar. Kami menjalani hidup sehat, tdk merokok dan alkohol, insem sudah 3x gagal terus (dokter tdk meberikan penjelasan), Karena tdk ditemukan gejala yg aneh dokter menyarankan saya utk operasi laparoscopy dan hasil nya ada endometriosis namun msh tahap ringan. Setelah operasi tersebut saya mecoba insem kembali dan hasilnya tetep haid itu datang kembali. Suami sempet operasi varikokel juga dok, namun tetap sampai dgn saat ini tanda tanda hamil pun tdk pernah sy rasakan.
    Saat ini sy dan suami mengkonsumsi madu.
    Hal apa lagi dok, agar sy segera bs hamil, usia saya 28 dan suami 32. Terima kasih

    Saturday, March 17, 2012 at 11:07 am | Permalink
  315. aan wrote:

    Salam dok…
    Topik yg menarik dan sangat membantu.
    Lam kenal semuanya dan untuk ibu muda disini semoga cepat hamil yah, dan kalau ingin share bisa email saya di hans_anthonio@yahoo.com
    Thanks

    Sunday, March 18, 2012 at 6:57 am | Permalink
  316. Dingdings wrote:

    Hi Dok & teman2, sy Dina, Salam kenal.
    Sy sudah 9 bln menikah, Alhamdulillah baru saja hamil (mohon doanya agar kehamilan lancar hingga melahirkan :). Sy sekedar sharing aja, sy usaha hamil sdh ke dokter bbrp kali Dan sdh minum obat jg. Tanpa sengaja sy menemukan seorang ibu yg bs pijat rahim, sy 2 x pijat Alhamdulillah lgsg hamil. tetapi selain itu, sy & suami sepakat utk membaca doa yg sama tiap sujud terakhir sholat Isya (sy Muslim) utk memohon segera diberi keturunan. Dan sy dianjur

    Monday, March 19, 2012 at 4:29 am | Permalink
  317. Dingdings wrote:

    Dingdings says:

    Hi Dok & teman2, sy Dina, Salam kenal.
    Sy sudah 9 bln menikah, Alhamdulillah baru saja hamil (mohon doanya agar kehamilan lancar hingga melahirkan . Sy sekedar sharing aja, sy usaha hamil sdh ke dokter bbrp kali Dan sdh minum obat jg. Tanpa sengaja sy menemukan seorang ibu yg bs pijat rahim, sy 2 x pijat Alhamdulillah lgsg hamil. tetapi selain itu, sy & suami sepakat utk membaca doa yg sama tiap sujud terakhir sholat Isya (sy Muslim) utk memohon segera diberi keturunan. Dan sy dianjur oleh seorang sepupu utk minum air rebusan kacang hijau secara rutin, resep orang tua, bagus utk ksehatan kandungan, terbukti krn sepupu sy tersebut menikah diatas usia 30, ia ingin segera ingin punya anak sehingga dr 2 bln sebelum nikah sdh menyiapkan diri. Hasilnya 2 bulan nikah lgsg hamil.

    Semoga bermanfaat. Apabila ada yg ingin ingin bertanya lbh detail, dg senang hati sy mau berbagi dr pengalaman sy, ini email sy bila dibutuhkan : dinamelisa@yahoo.com

    Terimakasih,
    Dina

    Monday, March 19, 2012 at 4:36 am | Permalink
  318. niken wrote:

    Hai dok & senua salam kenal nech…..saya mo konsultasi perihal bgmn cepat punya mo2ngan.1. kiat2 apa yg hrs dilakukan agar cpt hamil & 2. konsumsi obat herbal yg baik buat tubuh itu apa namanya.
    saya udah hampir -+4tahun nikah tp sampai skrg blum punya mo2ngan dikarenakan sya pernah alami keguguran 2x usia kehamilan yg pertama hampir menginjak 3bulan sedangkan yg kedua -+2bulan….jarak antar kehamilan yg pertama & kedua itu sekitar 6 ato 8bulan lamanya jadi saya sempat break berhub intim setelah kuret yg kedua itu sekitar 1thn kalo gk salah sech….lupa?!trus saking pengennya punya mo2ngan & cek up medis ternyata sya divonis terkena kiste & myom….sedih banget?!tp saya masih dptkan haid saat masa haid usai seperti anjuran pd umumnya sya melakukan hub intim dgn cara kalender unt masa subur tp tak kunjun hamil jg.saat sya divonis kena kiste / myom sya konsumsi obat herbal / konsumsi sari pati ikan kutuk agar sembuh….tp sya blm cek up lagi gmn,jdi gk Pde unt cek USG?Mohon saran2 apa yg hrs dilakukan…..tolong jwb pertanyaan sya dok?sekian terima kasih…..salam sukses unt semua,

    Monday, March 19, 2012 at 12:03 pm | Permalink
  319. Anonymous wrote:

    Dear Rian,
    kebetulan kita seusia dan senasib, saya jg menikah dengan duda dan sdh 8th blm dpt keturunan, km sdh cek up 4th yl hasilnya saya sehat dan suami saya mengalami sumbatan di saluran sperma (bukan varikokel) jd solusi akhr dokter adl program bayi tabung :( karena biaya yg sangat mahal dan keberhasilan hanya 30% kami berhenti berobat, sekarang mencoba konsumsi madu+bubuk buah kurma tp jg belum berhasil…..sedikit saran sebaiknya suami Rian jg ikut diperiksa, good luck sister….

    Tuesday, March 20, 2012 at 8:19 am | Permalink
  320. tyka wrote:

    hy dok saya tyka, saya mw konsultasi, saya pnya kakak ipar yg sdah hmpir 5 thun mnikah tp blum juga mmliki momongan. ud konsultasi k dokter ktaya di akibat kn kputihan tp ad juga y blng tdak ada gnjalan apa2 bhkan rhimnya shat2 saja.
    tp mngkin saja mmng kputihan yg mnybabkn pnghambat trjdinya refroduksi
    kira2 mkanan atau buah yg dpat mngobatinya itu apa dok

    Wednesday, March 21, 2012 at 2:53 am | Permalink
  321. sumi y wrote:

    hollo dok,sy menikah sudah 10th belum diberi momongan,umur sy
    42 th apa kemungkinan masih bisa hamil,sy pernah keguguran 3th
    yg lalu,
    mohon petunjuknya ya dok

    Thursday, March 22, 2012 at 12:24 pm | Permalink
  322. fita wrote:

    hi..dok saya fita,saya mau bertanya obat subur selain provertil yg bagus apa y dok??dan saya jg mau tanya knp pd saat sya haid perut saya sering sakit n sampai2 buang air besarpun sakit sekali disekitar dubur,itu knp y dok?terimakasih

    Thursday, March 22, 2012 at 2:07 pm | Permalink
  323. letiani wrote:

    salam buat semua jangan pernah menyerah tetaplah berusaha karena yg di atas pasti sudah menentukan jalur sendiri,tetaplah bersemangat???????

    Friday, March 30, 2012 at 5:42 am | Permalink
  324. letiani wrote:

    ingin hamil sulit rasanya,tp ndak pingin hamil malah cepat hamil mungkin yg diatas memberi nasip pada setiap orang berbeda tingal kita bagaimana mensyukurinya degan berusaha dan berdoa yang sudah dapat hamil saya ucapkan selamat dan yg belum jangan putus asa tetap berusaha jgn pernah menyerah,kalau ada keinginan pasti ada jalan amin

    Friday, March 30, 2012 at 5:49 am | Permalink
  325. lili wrote:

    dok, apakah keputihan fisiologis juga dapat membunuh sperma yang masuk ke dalam vagina ya?
    maaf kalo pertanyaannya awam hehe

    Saturday, March 31, 2012 at 4:06 am | Permalink
  326. Dian wrote:

    Hai dok..sy sudah 6bulan menikah tp belum juga hamil.yg ingin sy tanyakan : 1.Katanya setiap pada saat sperma keluar dari penis suami,maka akan terasa hangat pada rahim perempuan.apa benar sperti itu?karna sy sama sekali tidak merasa hangat..saya hanya merasakan gerakan sperma pd saat mengencang.jd sy seperti tidak yakin kalau sperma itu benar2 sampai ke rahim saya dok. 2. Suami saya cepat sekali ejakulasi dok,berhubungan sekitar setengah menit pasti sudah ejakulasi.apa itu juga berpengaruh terhadap kemudahan kehamilan??lalu bagaimana solusinya?? Thx…

    Saturday, March 31, 2012 at 3:27 pm | Permalink
  327. nita wrote:

    salam kenal…
    saya sudah menikah selama satu tahun lebih.tapi belum juga di karuniai seorang anak….
    setiap saya berhubungan sperma yang sudah ada di saya itu keluar lagy…..
    apakah itu yang membuat tertundanya kehamilan dari saya…
    terimakasih

    Tuesday, April 10, 2012 at 3:25 am | Permalink
  328. lia wrote:

    aku udh 5th menikah,tp smpe skrg msh blm di kasih kturunan.tolong doakn ya biar ak cpet dksih momongan oleh yg mh kuasa

    Tuesday, April 10, 2012 at 6:05 am | Permalink
  329. ruslia wrote:

    hai..
    saya berusia 21 tahun, menikah dan punya 1 orang anak berusia 4 bulan. saya menggunakan KB jenis implan/susuk setelah nifas-menstruasi berakhir. keesokan hari setelahnya saya kembali menstruasi namun hanya berupa flek. tp setiap setelah berhubungan dengan suami, saya kembali mengalami flek seperti lendir kental berwarna kecoklatan. bahkan beberapa hari setelah berhubungan saya sering mengalami keputihan kental dan berwarna putih seperti susu, namun tidak berbau.
    1. apakah tingkat stress mempengaruhi ?
    2. berbahayakah hal tersebut bagi kesehatan reproduksi saya?
    mohon penjelasannya ya dok. terimakasih.

    Friday, April 13, 2012 at 8:00 am | Permalink
  330. ely wrote:

    haloo dokter,
    saya berusia 34 tahun dan skrg lagi mau program anak ke-2 laki2 melalui proses inseminasi.
    yang ingin saya tanyakan :
    1. Profertil bisa membuat kegemukan tdk dok?
    2. Dokter menyarankan untuk menyuntikan hormon LH , apakah suntik hormon LH bisa membuat kegemukan dan ada efek samping lainnya dokter?
    mohon info yah dok. Thank you

    Tuesday, April 17, 2012 at 8:42 am | Permalink
  331. Ika wrote:

    Berobat ke alternatif mana mba Lia, saya sudah hampir 4 tahun belum hamil juga, sudah HSG, cek Sperma, Cek Hormon tp belum ada tanda2. Minta infonya dong…

    Monday, May 7, 2012 at 1:44 am | Permalink
  332. Aisyah wrote:

    Hi,
    ak baru gabung , baru menikah 6 bulan mo nanya ni mungkin bisa di share,
    ak dikasih obat ma dr, PROFERTIL 1x sehari, pada hari ke 2 haid, tp setelah minum haid malah berenti biasanya 5-6 hari, ini hanya 3 hari, setelah minum profertil, pas di cek lg, dokter bilang tdk ad sel telur yg matang, sedih deh :(. n dikasih profertil lagi tp utk 2x sehari, tp pas ak googling cos penasaran bgt, ternyata profertil ad efek sampingnya, yaitu kista, so ak belum minum lagi, tp dari semingguan lalu bawaan ak mual n pusing, n dirahim tuh yg kayak kanan n kiri ngilu, pas tespack negatif, mpe hari ini belon ke dokter si, yg mo ditanya adalahh:
    - knapa ya ak mual n pusing, tp datangnya tiba2 n ilang, timbul lagi
    - klo ak k dokter lain, minta pendapat /alternatif lain is ok kan ?
    - Ak harus cek tokso dll ya nggak?
    - sperma suami harus di cek juga ?
    Mohon informasinya,

    Monday, May 14, 2012 at 12:55 am | Permalink
  333. solekah wrote:

    slamat siang, saya tertarik untuk sharing bersama. sya sudah menikah selama 10 bulan, karena desakan mertua akhirnya saya mengikuti program kb suntik 3 bulan… dan saya memutuskan untuk berhenti kb karena pengen punya anak,, tapi sampai saat ini saya belum juga dkasih momongan,,mlah menstruasi sya 2 minggu sekali,,,,kasih saran donk semuanya biar saya cepat punya anak

    Friday, May 25, 2012 at 6:40 am | Permalink
  334. novia wahyu diana wrote:

    hai… Sy diana…
    Sy nikah udh 6 bulan… Blum ada tanda kehamilan… Hr ini sy mau cek USG…
    Oy,sy pngen tau dunk, beberapa blan ni,sy minum susu prenagen esensis,vit e 2x sehari,jus bengkoang,tauge,syuran hijau rutin… Sy jd jerawatan… Apakah ini efek dr knsumsi vit e yg blebihan? Tlg djwb yah dok…
    Temen2,ada yg tau gak,daerah bukittinggi,ada yg tau tkg pijit rahim yg bgus yg udh byk tbukti bs hamil??
    help dunk… Ne email qu : dhi23n@yahoo.com

    Tuesday, May 29, 2012 at 11:09 pm | Permalink
  335. netty wrote:

    dok..
    saya dan suami berumur 40 thn dn kami menikah sdh 4 thn / 3 bln dan perna hamil tpi krn aktivitas saya trlalu banyak akhirnya saya keguguran. perna k dokt kandungan katanya kandungan saya bagus, obat2 tradisional pun saya minum tpi sampe saat ini blm juga di beri momongan..
    tolong saya dok.

    Tuesday, June 5, 2012 at 3:03 am | Permalink
  336. deden rudiana wrote:

    saya menikah udah 2 tahun, setelah menikah 04 oktober 2010 istri ikut kb pil selama 6 bulan karena sering mual jd istri ganti sama kb suntik yang 1 bulan selama 3 bulan istri berhenti d tgl 29 juni 2011 trus mens nya gak teratur selame 8 bulan (pebruari 2012) alhamdulilah sekarang udah lancar tpi dalam satu tahun dari berhenti kb belum juga hamil, mohon infonya

    Monday, June 25, 2012 at 3:04 am | Permalink
  337. titi wrote:

    dok….
    saya berumur 28 tahun dan suami 36 tahun kami sedang progam anak sejak setahun lalu karna anak kami meninggal diusia 6 tahun kami sdh k dktr kandungan ktanya rahim sy bgs saya diberi profertil dan lanturol karna selepas kb iud mens saya tdk beraturan semenjak diksh obat itu mens jd teratur dan dtg setiap tgl 27 …kira2masa sbr sy kpn ya dok??mhn solusinya

    Thursday, June 28, 2012 at 2:57 am | Permalink
  338. rara wrote:

    senang sekali dengan website ini,bagi info dan pengalaman,
    mau tanya..obat regumen itu fungsinya apa y?

    Wednesday, August 8, 2012 at 10:08 am | Permalink
  339. yati wrote:

    September ini genap 1 tahun kami menikah. November nanti umur saya 40 tahun, dan suami 35 tahun …. Saya ingin sekali cepat hamil mengingat umur saya. Saya udah ke dokter dari pernikahan kami baru 5 bulan, di USG, tp kata dokter rahim saya normal dan bagus … Saya dan suami diberi obat dan vitamin … Saya juga minum susu pra hamil, atau susu biasa … tapi sampai saat ini saya belum berhasil hamil …. Saya kuatir karena umur saya sudah hampir 40 … Please help me, friends ………

    Wednesday, September 5, 2012 at 7:11 am | Permalink
  340. yuni wrote:

    salam kenal,saya sudah menikah +/- 4 th tp belum ada tanda-tanda kehamilan.mohon bantuannya,apa saya masih punya harapan untuk hamil?

    Sunday, September 23, 2012 at 4:42 pm | Permalink
  341. Isti wrote:

    salam kenal,
    usia saya 25 th dan sudah menikah.
    kalau haid perut saya terasa nyeri dan mual terus badan terasa ga enak.
    yang ingin saya tanyakan, apakah yang saya rasakan kalau kena haid itu umum….?
    ada pengruhnya tidak buat kesuburan saya…..
    kenapa kalau sehabs berhubungan badan, sperma suami saya keluar lagi….
    terima kasih.

    Monday, October 15, 2012 at 12:29 pm | Permalink
  342. Dewi wrote:

    test

    Wednesday, October 17, 2012 at 6:26 am | Permalink
  343. Moza wrote:

    Haaii salam kenal semua…

    Dok,, saya punya masalah dengan haid yang tidak teratur, sejak berumur 20 thn saya kerja sambil kuliah, tiba-tiba saya jarang haid, awalnya 3 bulan sekali, 6bln sekali, bahkan pernah 1thn sekali, saya priksa ke beberapa dokter, mengatakan tidak ada masalah karena sudah di USG, dan di cek tidak ada miom. Dokter juga bilang, biasanya akan lancar setelah menikah. Setiap ke dokter saya dikasih obat hormon,, dan setelah minum obat resep dokter itu saya Haid 1 mingguan,, tapi bulan berikutnya ga minum obat, yaa ga haid lagi…

    Kini usia pernikahan saya sudah 1 bulan…. ingin sekali bisa segera memiliki momongan,,,

    Teman-teman ada yang punya masalah seperti saya ga ? Bisa ga ya hamil, walaupun haid tidak teratur bahkan tidak haid sama sekali kalau tidak minum obat hormon…

    Terima kasih

    Wednesday, October 17, 2012 at 6:35 am | Permalink
  344. tya wrote:

    saya sdh menikah 2 thn lbh,, smp saat ini blm pernah hamil, sdh ke dokter berkali2 hanya di sarankan sistem kalender ,usia saya sdh 30 thn , agar cpt hamil gmn cara na ???? tlg kasih info na . trim :D

    Friday, November 16, 2012 at 4:49 pm | Permalink
  345. Lina wrote:

    kami telah menikah selama 1 tahun 2 bulan ,saya berumur 31thn dan suami 32 thn.. Kata bidan saya mengalami keputihan di dalam lalu disuruh memakan nanas buaya dan suami tes sperma hasilnya kurang bagus…dimana sperma yang bergerak cepat hanya 1 % yang bergerak lambat 62%. Namun kami mencoba tuk kedokter hasilnya saya di USG dan hasilnya bagus namun dsuruh untuk HSG dan suami disuruh cek sperma..hal ini belum kami lakukan …namun selang beberapa bulan saya coba dengan meminum pil Kb dan hasilnya siklus haid saya yang biasanya mundur 5 hr ini maju 5 hr..bulan berikutnya saya telat 10 hari dan kami sudah Tes pack 2 x hasilnya ( – ). Yang ingin saya tanyakan apakah keputihan di dalam itu ada, jika ada obat apa yang bisa membuat keputihan itu menjadi keluar?…sedangkan untuk suami saya sudah berikan setiap pagi jus tomat campur dengan 2 sendok madu, apakah itu dapat membantu spermanya menjadi gesit ?Sedangkan panduan untuk cepat hamil pun sudah kami lakukan. Mohon tuk jawabanya mengingat kami sangat di harapkan dari kedua belah pihak keluarga…terima kasih

    Monday, November 26, 2012 at 6:27 am | Permalink
  346. liasta. wrote:

    bagi ibuk yang pingin punya anak bisa saya bantu. tidak perlu di bayar.saya sedih juga membaca wanita yang udah lama nenunggu momonggan tapi belu juga datang.alamat mail saya.liasta484@yahoo.co.id

    Thursday, December 6, 2012 at 3:04 pm | Permalink
  347. liasta. wrote:

    bagi ibuk yang ingin punya momonggan bisaya bantu.tidak perlu di bayar.karena ini juga karunia tuhan maka saya bisa .alamat mail saya.liast484@yahoo.co.id

    Thursday, December 6, 2012 at 3:08 pm | Permalink
  348. enronsisk wrote:

    Ultima scarpe Hogan in [url=http://hogansitoufficialeoutlete.webs.com/]hogan sito ufficiale[/url] break,Hogan sito ufficiale [url=http://hoganoutletsitoufficiale.webs.com/]hogan outlet[/url],Hogan interactive.Ultima collezione,Il massimo della qualit??,Spedizione gratuita,Fino al 70% di sconto.sconto Hogan Ballerine Donna,Hogan sito ufficiale,Scarpe Hogan vendita in hogan [url=http://hoganinteractivedonnauomo.webs.com/]hogan interactive[/url]vent.nuovo Hogan Hi-Sprint Uomo [url=http://hoganprogettorebel.webs.com/]hogan progetto[/url],Hogan Safety-valve,Hogan scarpe in vendita [url=http://hogansitoufficialee.webs.com/]hogan sito ufficiale[/url]in Hogan sito ufficiale.Scarpe Hogan Interactive Donna,Hogan Discharge,Scarpe Hogan [url=http://hoganoutletsitoufficialee.webs.com/]hogan outlet[/url] in vendita in Hogan sito ufficiale.

    Wednesday, April 10, 2013 at 3:42 am | Permalink
  349. wita wrote:

    ada yang mau adopsi anak saya?
    jenis kelamin perempuan umur 1blan krg..
    kalo ada hub saya 081910238314

    Wednesday, June 5, 2013 at 6:13 pm | Permalink
  350. nasuha wrote:

    Dok,aku blum hmil2 pernakahan sudah 1thun,maw tnya dok,sperma yg keluar saat setelah berhubungan it,sbnrnya..sperma yg tdak jd masuk ataw memang tidak masuk.krn sy stlh brhbgan stlh bebrapa menit,ad cairan yg keluar.

    Monday, June 10, 2013 at 4:55 pm | Permalink
  351. RUSMIATI wrote:

    Assalamungalaikum Wr. Wb
    salam kenal dok… usia sya sekrang 34 thun sdah 5 thun sya menikah… tp belum dikaruniai anak. sy punya masalah waktu berhubungan sering skit dan kurang punya dya rngsang yg tinggi. mungkin sya tpe wanita virgit trus vagina sya sering gatal. sdah pernah sya preksa ke Dokter… ktanya kandungan sya mnekuk…. tp udah di benai trus suami sya preksa sperma katanya agak encer. bgaiman dok solusinya… aq pengen tahu alamat dokter di mana… ? saya dari kab. Trenggalek. trims….

    Wednesday, July 17, 2013 at 1:34 pm | Permalink
  352. rival wrote:

    buat para ibu yang belum memiliki momongan dan rencana mau adopsi, anak saya mau d adopsikan ..jika ada yang berkenan untuk mengadopsi anak saya silahkan hubungi 085315790805

    Sunday, August 4, 2013 at 1:23 am | Permalink
  353. Ratna puspita wrote:

    Saya sudah menikah selama 4 th tp saya baru kumpul dg suami selama 3 th sampai saat ini saya blm juga di karuniai momongan suami sudah cek sperma tp saya baru mau akan melakukan tindakan hidrotubasi di Rs menurut anda apakah tindakan hidrotubasi salah satu tindakan yg benar yg saya ambil atau gmn……..Terimakasih

    Wednesday, August 28, 2013 at 7:47 am | Permalink
  354. seha wrote:

    salam..sy b’umo 23thn slalunya haid sy tratur tp bla blan ogos lgsung xkuar smpai skrg pdhal xda pn tnda2 khmilan..sy rsau bp uda 3x wat upt tp ttap ngtif..apakah d sbbkan bdan sy brtmbh brat?tlg bg jwpan ye..

    Monday, September 9, 2013 at 11:42 pm | Permalink
  355. ratna wrote:

    dok…apakah oligozoospermia itu bisa diseembuhkan dan apakah bisa mempunyai keturunan

    Saturday, September 21, 2013 at 12:37 pm | Permalink
  356. fatima wrote:

    Saya suda 2th menikah tp blm ada tanda2 kehamilan,, 5bln yg lalu saya d sarankan dokter untuk HSG lalu saya HSG dan hasil nya
    ” Kontras mengisi vacum uteri&kedua tuba bentuk&ukuran uterus dlam btas normal, mengarah mendekati sacrum
    Tak tampak massa intrauterine
    Tuba dextra sinistra menyempit
    Tak tampak spill dari ke dua tuba”
    Kesan ‘ uterus dalam batas normal, retroflexi
    Suspect salphingitis bilateral, DD : endometriosis. Tuba dextra sinistra non patent

    Thursday, October 31, 2013 at 10:05 am | Permalink
  357. watch this wrote:

    Brilliant elements right here. I am pretty satisfied to take a look this page. Thanks exactly what having a look ahead to feel you. Are you going to generously drop me a email?

    Monday, November 11, 2013 at 11:16 am | Permalink
  358. Excellent goods from you, man. I have understand your stuff prior to
    and you are just too magnificent. I actually like what you’ve bought here, certainly like what you are stating and the way wherein you are saying it. You make it entertaining and you continue to care for to stay it wise. I can not wait to read much more from you. This is really a tremendous website.

    Tuesday, January 7, 2014 at 4:54 pm | Permalink
  359. Eroh s wrote:

    Hello salam kenal….
    saya sudah menikah 4 thn lebih 3 bulan, umur saya 28 n suami saya 36….kami mengharapkan sekali keturunan pengen banget punya anak….beberapa usaha udah kami dijalanin…tp lom jg dikaruniai anak…pernah ke dokter katanya saya ada sumbatan dirahim…dokter menyarankan untuk HSG…tp kt temen2 HSG tu sakit bgt….yang saya tanyakan ada ga yach obat herbal wat menghancurkan sumbatan itu supaya tak usah HSG…

    Thursday, January 9, 2014 at 1:15 pm | Permalink

4 Trackbacks/Pingbacks

  1. [...] sama dengan terlalu stres dalam kondisi ?tidak subur selama beberapa hari sebagagi alternatif makanan yang harus kecewa akibat adanya peningkatan hormon HCG ini menyebabkan sulitnya sebuah pernikahan Allah [...]

  2. Cara Ampuh Agar Cepat Hamil | Info Cara Cepat Hamil on Monday, September 9, 2013 at 6:52 am

    [...] oleh Abu Hanifah dalam Musnadnya dari Jabir bin Abdullah ra bahwa seorang lain. Jika di rumah Anda terdapat cervical mucus. Cervical mucus [...]

  3. Supaya Subur Dan Cepat Hamil | Info Cara Cepat Hamil on Tuesday, October 8, 2013 at 10:13 am

    [...] kepadanya saat si wanita sedang melihatnya muncul lagi dalam perjalan kaki atau mengigau akibat ingatan bagi bayi [...]

  4. Ibu Hamil Ambeien | Caramanfaat.net on Sunday, March 2, 2014 at 4:01 am

    […] Info Ibu Hamil | Wanita Mau Ingin Cepat Hamil › Ingin … […]

Post a Comment

Your email is never published nor shared.