Skip to content

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Jika ibu hamil pertama kali, pasti ada rasa takut dan khawatir tentang keadaan janin yang dikandung. Apalagi orangtua, saudara dan teman-teman selalu mengingatkan untuk tidak makan ini dan itu.

Pasti ibu bingung dan ingin tahu,sebenarnya makanan apa yang harus dimakan dan tidak boleh dimakan selama kehamilan.

Ibu hamil rata-rata memerlukan +- 2200 kalori (9500kJ) dalam sehari, jadi supaya ibu dan janin sehat, ibu bisa berpedoman pada 3 hal dibawah ini:

1.Makanan Harus Matang/Dimasak

Ibu hamil disarankan untuk makan makanan yang sudah matang, terutama telur jangan dimakan setengah matang, karena dikhawatirkan mengandung bakteri salmonela yang bisa membahayakan janin. Makanan mentah seperti lalapan, sushi, steak setengah matang lebih baik dihindari.

Hindari juga keju lembek, susu yang tidak disterilkan atau pasta karena dikhawatirkan mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan keguguran.

2. Minum Susu Hamil

Susu sangat baik bagi ibu hamil,karena mengandung kalsium. Ibu juga bisa memilih susu hamil yang mengandung asam folat dan vitamin lainnya.

3 Makan Sayuran Dan Buah

Sayuran berdaun hijau seperti selada, buncis sangat baik bagi ibu hamil. Ibu juga bisa makan kentang, ubi, labu kuning dan kacang-kacangan.

Untuk buah juga sangat penting, seperti buah apel, jeruk, anggur, tomat yang harus dicuci bersih dahulu sebelum dimakan.

Semoga ibu tetap sehat selama menjalani kehamilan dan lancar sampai nanti melahirkan.

75 Comments

  1. umi zahra wrote:

    Ini ada susu organik bebas bahan kimia yang membahayakan kesehatan. Terbuat dari sari pati kedelai yang bergizi tinggi dan non kolesterol. Dikemas praktis

    Wednesday, April 15, 2009 at 4:55 am | Permalink
  2. hamil wrote:

    Diet balanced is very important for pregnant women.

    Friday, May 15, 2009 at 7:32 am | Permalink
  3. Nela melani wrote:

    Ada info yg lain?misalnya ibu hamil anemia

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Nela,

    Terima kasih untuk sarannya.
    Info kehamilan dengan anemia,nanti akan dimuat di infoibuhamil.com.
    Jadi ditunggu saja ya bu.

    Saturday, May 30, 2009 at 4:32 am | Permalink
  4. hennydian wrote:

    Spt apa contoh menu bagi ibu hamil dari trimester pertama sampai 3 sehingga tdk tjadi penambahan bb yg berlebihan.
    Trims // h3nnyd1an

    Thursday, September 3, 2009 at 11:55 am | Permalink
  5. ida wrote:

    mengapa orang hamil bnyk pantangan.????
    terutama maknan..???

    Monday, December 28, 2009 at 5:30 am | Permalink
  6. rina wrote:

    tengs ya atas infonya…

    Monday, January 25, 2010 at 2:56 am | Permalink
  7. larasita wrote:

    Apakah boleh minum susu murni ? yg aku alami hampir semua merk sy coba susu ibu hamil tp aku kok ga cocok yg ada malah sakit perut.aneeh neh….

    Thursday, March 25, 2010 at 8:19 am | Permalink
  8. resvita wrote:

    kalau hamilnya ada masalah seperti mioma gitu gimana ya,,, ada pantangan2 yang musti dilakukan atau gimana,,, dan disaat hamil jarnag makan buah ngak pa2 kan

    Tuesday, April 20, 2010 at 3:36 am | Permalink
  9. wahyu budiman wrote:

    sharing dong, kira2 obat apa aja yang aman buat ibu hamil yang mengalami sakit gigi, sering pusing,batuk dan pilek?setahu saya,orang hamil tidak boleh sering minum obat, lalu sebaiknya apa yang harus dilakukan ketika sedang sakit? terimakasih

    Sunday, May 16, 2010 at 10:57 am | Permalink
  10. nia wrote:

    kalo makan ikan tawar bakar boleh ga…???

    Wednesday, June 2, 2010 at 1:54 am | Permalink
  11. Dwi wrote:

    istriku hamil, baru satu bulan, gimana ya ?

    Sunday, June 27, 2010 at 5:42 am | Permalink
  12. rinaputih wrote:

    please info menu makanan untuk pertumbuhan otak janin usia 1 s/d 4 bln, thanks

    Tuesday, June 29, 2010 at 3:41 am | Permalink
  13. Nita wrote:

    aku hamil baru 3bulan tp aku takut kalo janin ku kenapa”
    pantangan orang hamil itu apa saja ya?

    Friday, July 9, 2010 at 12:22 am | Permalink
  14. Masda wrote:

    Makanan Pantangan Ibu Hamil….?

    Saturday, October 9, 2010 at 11:57 am | Permalink
  15. lina wrote:

    tanya dong saya hamil baru jln 2 bulan tapi saya punya penyakit mag .boleh ga saya minum obat mag????

    Friday, October 29, 2010 at 6:18 am | Permalink
  16. Salim wrote:

    http://obatherbalsehatbadan.blogspot.com/

    == PENTING BUAT IBU HAMIL ==

    1. Jaga makan. Pilih makanan yang aman bagi ibu dan janin
    2. Banyak makan makanan alami dan berserat seperti buah-buahan dan sayur-saturan
    3. Hindari diet selama hamil
    4. Hindari konsumsi obat-obatan kimia dosis tinggi, karena akan berbahaya buat janin
    5. Minum air dengan porsi cukup
    6. Hindari aktivitas yang berat.
    7. Konsumsi makanan/vitamin alami yang aman dan bermanfaat buat janin seperti kurma segar atau bisa juga sarikurma misalnya.

    == ANDA INGIN CEPAT HAMIL ? ==

    Saya menunggu kehamilan istri saya untuk anak pertama sudah sekitar 10 bulan. ketika belum hamil-hamil juga, istri saya terus bertanya, “Kapan bisa hamil bang…?” Sebagai laki-laki, saya ikut tergugah juga untuk mencari tau lebih jauh bagaimana mengatasi masalah ini?. Akhirnya Allah menunjuki saya, saya dikenalkan dengan seseorang yang menawarkan saya ramuan alami untuk mempercepat kehamilan. Satu paket obat yang saya beli belum habis, alhamdulillah istri saya sudah hamil. Jika anda juga memiliki dilema yang sama dengan yang pernah saya rasakan, saya siap membantu anda dan memberikan informasinya buat anda. Call/SMS ke 081-737-1614
    Tks…

    Friday, May 27, 2011 at 3:05 am | Permalink
  17. sarah wrote:

    saat hamil para calon ibu hrs jaga makanan jgn terlalu makan yg manis krn bisa mengakibatkan kegemukan begitu juga nanti jg kppd anak anak kita jgn terlalu dibiasakan mengkonsumsi makanan yg manis ya

    Friday, May 27, 2011 at 7:27 am | Permalink
  18. susan wrote:

    iya bu sarah kasihan ya kl masih anak anak berat badannya berlebih mereka akan keliatan minder jd hrs jaga makanan dr kecil kl gt

    Friday, May 27, 2011 at 8:14 am | Permalink
  19. yuanita sheridan wrote:

    Hati dalam pemilihan makanan ya moms….jangan pilih makanan yg terlalu manis, apalagi yg ada pemanisnya. Soalnya sekarang banyak bgt sih di berita klo anak lahir da obesitas, jangan sampe deh anak kita kayak gt, amit2….
    Kebanyakan kan anak lahir da obesitas karna si ibu konsumsi gula berlebih, jd pengaruh ke janinnya, ntar yg ada ibu gendut anak obesitas jg…

    Friday, May 27, 2011 at 8:20 am | Permalink
  20. rennie wrote:

    Pilih makanan yg sehat bunda, bagusnya sih makan buah2 aja yah, manisnya alami, klo susu jg cek lebelnya dl, jangan sampe mengandung banyak gula. Ibu hamil jg harus diet, bukan diet dalam artian ga makan yah…cuma diet kurangin makan yg manis2….biar anakknya ntar ga obesitas.

    Friday, May 27, 2011 at 8:23 am | Permalink
  21. Lala wrote:

    iya setuju sama bu rennie…tapi gak hamil pun tetep mesti makan yang sehat yah. apalagi sebagai seorang ibu, wah harus mencontohkan yang baik, demi anaknya.
    Kalau sudah obesitas masalahnya jadi semakin panjang d

    Friday, May 27, 2011 at 10:06 am | Permalink
  22. Rika wrote:

    para calon ibu.pasti senang yah menunggu buah hati..hihihi..
    *pingin punya anak lagi hehehe
    tapi selama masa kehamilan harus mkan yang banyak nutrisinya yah dan jangan berlebihan apalagi jajan sembarangan.
    Supaya saat bayi lahir tidak obesitas.
    Obesitas itu gawat loh bunda, menyebabkan anak2 tdk aktif, berpenyakit dan minder akibat diolok2 temannya.
    Jadi yuks makan makanan bernutrisi
    in slh satu link nya :
    http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/1881652-nutrisi-baik-bagi-ibu-hamil/

    Friday, May 27, 2011 at 10:20 am | Permalink
  23. Mya wrote:

    Iya,sebaiknya ibu hamil jangan makan manis2 terlalu banyak..nanti kalau ibu kegemukan,akan menyusahkan proses kelahiran..begitu juga jika bayi terlalu besar..

    Friday, May 27, 2011 at 10:43 am | Permalink
  24. puspa wrote:

    Obesitas juga bisa menyebabkan kemandulan..maka sebaiknya jika ingin mempersiapkan kehamilan,berat badan juga harus dijaga..

    Friday, May 27, 2011 at 11:02 am | Permalink
  25. Olli wrote:

    oya? baru tau tuh kalo obesitas bs menyebabkan kemandulan. tapi mungkin bener yah krn ada temen saya badannya gemuk suami istri, udah 2taun blm punya anak. sedih……

    Friday, May 27, 2011 at 12:59 pm | Permalink
  26. Rissa wrote:

    lagipula kalo sejak hamil ibu bisain makan manis2, nanti anaknya jg jd penggemar makanan manis loh… sedangkan makanan manis kan banyak bahayanya utk badan kita.

    Friday, May 27, 2011 at 1:03 pm | Permalink
  27. anissa zhafira wrote:

    ibu hamil memang harus menjaga makanan yang akan dimakan, karena apa yang ibu hamil makan itu juga diserap untuk pertumbuhan si cabang bayi..jadi kalau ibu hamil makan makanan yang sehat dan bergizi makan si calon bayipun akan tumbuh sehat dan sempurna tapi sebaliknya jika ibu hamil makan makanan sembarangan tidak mau minum susu dan suka jajan jajanan yang ga sehat maka si cabang bayi pun tidak akan tumbuh dengan optimal..

    Friday, May 27, 2011 at 2:47 pm | Permalink
  28. sitti nabilla wrote:

    tapi kalau si ibu hamil lagi ngidam pengen jajan2 gitu gmn tuh bun kira2??

    Friday, May 27, 2011 at 2:49 pm | Permalink
  29. anissa zhafira wrote:

    @bunda sitti nabilla : kalau lagi ngidam gitu sih kayanya harus diturutin kali yah? soalnya katanya kalau lg hamil terus ngidam ga kesampaian anaknya nnt suka ngiler..tapi khan ngidamnya itu ga selama kita mengandung jg, paling cuma beberapa kali pada saat kehamilan. jadi masih bisa dicover dengan asupan makanan yang bergizi dan bisa juga mengkonsumsi susu untuk ibu hamil..dan jangan terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung gula tambahan yahh..

    Friday, May 27, 2011 at 3:22 pm | Permalink
  30. Vio wrote:

    saya setuju sama bunda @Rennie, sejak masih dalam kandungan asupan gizinya harus di perhatikan, terutama kandungan gula yang berlebihan di setiap makanan yang kita konsumsi, supaya saat hamil ibu dan bayi yang di kandung juga sehat

    Saturday, May 28, 2011 at 4:44 am | Permalink
  31. hanna wrote:

    aku mau tanya dong.. usia kehamilan ku sekarang sudah mau beranjak 2bln dan suami saya menganjurkan untuk minum susu kedelai,, kira-kira baik tidak untuk janin ku nanti? thx infonya..

    Saturday, June 25, 2011 at 2:20 am | Permalink
  32. terimakasih infonya, kebetulan istri saya hamil yang pertama dan baru 2 bulan, dengan adanya artikel ini saya menjadi lebih tau tentang berbagai makanan yang disarankan untuk ibu hamil, terimakasih infonya :)

    Tuesday, July 5, 2011 at 7:32 am | Permalink
  33. indah wrote:

    Terima kasih infonya mba..
    hmm tapi kalau susu, ada gak yah yang gak terlalu manis. aku gak suka susu manis nih.
    anakku yang pertama juga gak suka pula…jadinya bingung deh

    Monday, August 8, 2011 at 7:28 am | Permalink
  34. dinda wrote:

    trima kasih yah infonya. tapi yang pasti mesti menjaga asupan nutrisinya. termasuk lemak dan gula yah..agar janinnya dan ibunya gak terlalu gemuk
    gemuk kan gak berarti sehat

    Monday, August 8, 2011 at 9:00 am | Permalink
  35. agni wrote:

    kalo kata mamaku sebelum dan selagi hamil klo bisa jgn makan makanan mentah krn kejadian temanku kena tokso pas lg hamil ternyata kenanya dr makan lalapan….

    Monday, August 8, 2011 at 9:17 am | Permalink
  36. ina wrote:

    hamil tu macem” ya…sodaraku harus makan 2 jam sekali supaya nggak mual….

    Monday, August 8, 2011 at 9:34 am | Permalink
  37. esti wrote:

    aku malah suka makan seafood dan biasanya suka makan manis tapi pas hamil jadi ga suka soalnya bisa bikin besar anak dan juga nambahin lemak aja

    Monday, August 8, 2011 at 9:44 am | Permalink
  38. mama ayu wrote:

    aku suka kasian liat bumil yg terlalu gemuk soalnya napasnya pasti jadi lebi susah dan itu bisa menghambat proses melahirkan

    Monday, August 8, 2011 at 9:53 am | Permalink
  39. sarah wrote:

    aku pas hamil sie jaga makanan mengurangi konsumsi yg manis manis juga sie biar ga kegendutan

    Monday, August 8, 2011 at 10:39 am | Permalink
  40. susan wrote:

    iya saya juga gitu sampai anakku lahir ga begitu suka yang manis …maka susu nya skrg yg ga begitu manis

    Monday, August 8, 2011 at 10:41 am | Permalink
  41. irene wrote:

    kalo susu ga manis itu ga pake gula tambahan ya ???

    Monday, August 8, 2011 at 10:42 am | Permalink
  42. dewiratih wrote:

    iya anmum yg no added sugar khan ga ada gula tambahan iru bagus utk anak dan terhindar dr obesitas

    Monday, August 8, 2011 at 10:52 am | Permalink
  43. desy wrote:

    aku dulu hamil sih minum anmum, soalnya rasanya paling ga manis dibanding yg lain, skrg anakku juga aku kasih anmum essential, tanpa gula tambahan, jd aman

    Monday, August 8, 2011 at 12:08 pm | Permalink
  44. regina wrote:

    saat hamil emang penting bgt kurangi makanan yg manis2 klo ga mau anaknya lahir da obesitas

    Monday, August 8, 2011 at 12:10 pm | Permalink
  45. dian wrote:

    iparku suka bgt tuh makan yg manis2 dan minum es saat hamil, anaknya lahir terpaksa sesar karna bayinya kegedean, 4 kgan…

    Monday, August 8, 2011 at 12:13 pm | Permalink
  46. Willlyana. wrote:

    kalau bisa jangan sering makan yang manis karena makanan manis banyak mengandung gula tambahan dan setau aku gula tambahan itu ga bagus buat tubuh kita apalagi buat janin.

    Monday, August 8, 2011 at 12:32 pm | Permalink
  47. Tina wrote:

    sedini mungkin perhatikan makanan yang di serap oleh si kecil, ibu hamil juga harus makan makanan yang bergizi agar nanti bayinya lahir dengan sehat dan punya kekebalan tubuh yang baik.

    Monday, August 8, 2011 at 12:34 pm | Permalink
  48. yuning wrote:

    ibu hamil sebaiknya mengurangi konsumsi yang manis2 agar berat badan tetap terjaga dan juga tidak sampai membuat anak besar di dalam..
    untuk mengetahui jumlah kandungan gula dalam makanan/minuman,bisa klik http://www.cekgula.com

    Monday, August 8, 2011 at 3:18 pm | Permalink
  49. puspa wrote:

    mengkonsumsi makanan sehat,selain untuk ibu hamil juga untuk anak balita..agar tumbuh kembangnya maksimal..
    berikan anak 4sehat 5sempurna..
    tapi batasi jumlah asupan gulanya agar tidak berlebih dan menimbulkan resiko obesitas..

    Monday, August 8, 2011 at 3:33 pm | Permalink
  50. lilis wrote:

    ibu..saya mau share info nih..
    klik deh http://www.cekgula.com untuk mengetahui mengenai gula tambahan dan juga untuk mengecek jumlah gula tambahan yang ada dalam susu..

    Monday, August 8, 2011 at 3:52 pm | Permalink
  51. sitti nabilla wrote:

    selain lewat http://www.cekgula.com gimana lagi cara ngecek kadar gula dalam sufor anak kita yah???

    Monday, August 8, 2011 at 4:23 pm | Permalink
  52. riany anche wrote:

    bisa juga cek di kemasannya kan biasanya ada tuh penjelasannya susu tersebut jumlah kadar gulanya berapa banyak..soalnya penting juga untuk ibu hamil mengkonsumsi susu tapi ya itu pilih2 susunya yang baik dan benar jangan sampe salah pilih susu yang kaya akan gula tambahan.

    Monday, August 8, 2011 at 4:28 pm | Permalink
  53. miranthy wrote:

    jangan terlalu banyak dan sering makan yang manis2 bun, kalau pu mau makan yang manis2 kan bisa diganti dengan buah yang jelas2 no added sugar dan memang menyehatkan.

    Monday, August 8, 2011 at 4:32 pm | Permalink
  54. rani wrote:

    ALHAMDULILLAH, SEKIAN LAMA AKU MENANTI UNTUK KEHAMILAN KU, KINI TELAH TERKABUL, DUA GARIS MERAH DI TESTPACK MEMBUAT AKU BAHAGIA, TAK HENTI AKU UCAP PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH.SEMOGA KELAK MENJADI ANAK YANG SEHAT, BERGUNA UNTUK SEMUANYA. AMIENNNN

    Monday, September 12, 2011 at 3:31 pm | Permalink
  55. Tya wrote:

    Heran deh bun,,,aku baru hamil pertama 6 minggu tp tiap malem muntah….smua makanan dr pagi kluar jg.Makan nasi ga bs,gmn ngatasinnya y?

    Friday, October 7, 2011 at 4:17 am | Permalink
  56. kiki wrote:

    Assalamu alaikum…
    …berbagi pengetauhan ya para ibu hamil juga, kita hrs bnyak makan buah…sebelum makan kita bagus juga makan buah terlebih dahulu…dan klo udah hamil tua minum minyak sayur sehari satu sendok aja atau lebih baik minyaknya bikin sendiri dari kelapa..syariatnya biar kelahirannya lancar..hakikatnya semua adalah akan terjadi dan tercipta sesuai kehendah Allah SWT..jgn lupa juga kita harus bnyak mendengarkan dan membaca al-quran..kehamilan saya sekarang sdh masuk 4 bln..mohon do’anya ya mdh2an diberi kesehatan dan kelancaran di kehamilan dan kelahiran anak pertama saya ini…trms….

    Friday, November 11, 2011 at 1:23 am | Permalink
  57. bagus artikel ni.

    Friday, November 11, 2011 at 7:49 am | Permalink
  58. BALQIS AQIQAH JOGJAKARTA
    Menu tanpa bau prengus, gratis ustadz penceramah pengajian aqiqah
    Syar’i, Profesional dan Ramah banget….
    http://www.aqiqah.co.cc
    (telp: 0274-7455331 atau 081802731273)

    terima kasih atas postingnya… sip sngt manfaat utk masyarakat…

    Friday, November 18, 2011 at 1:29 am | Permalink
  59. Roberta wrote:

    ternyata ktunet aromanya juga bisa dikurangi.thanks infonya.saya coba ikuti langkah-langkahnya.

    Tuesday, February 7, 2012 at 2:26 am | Permalink
  60. Anonymous wrote:

    gpp minum semua susu gpp kq yg penting uda d pastuerisasi ato uda steril mgkin ya..

    Friday, February 10, 2012 at 6:38 am | Permalink
  61. Anonymous wrote:

    bagus sekali

    Monday, February 20, 2012 at 2:11 pm | Permalink
  62. rina tmbn ( SUMUT ) wrote:

    thx buat infonya,,,,,,jd bs semakin mengerti

    Sunday, March 18, 2012 at 11:26 am | Permalink
  63. Informasi yang bermanfaat di tambah dengan komentar teman2 di atas jadi semakin paham. Thanks :)

    Monday, April 9, 2012 at 7:12 am | Permalink
  64. Mahanani wailissa wrote:

    Trims atas info makanan sehat utk ibu hamil,sya jd bs tau mkanan yg sehat utk khamilan sya yg brusia 3 bln ini..

    Sunday, April 22, 2012 at 2:24 pm | Permalink
  65. baju bayi wrote:

    makanan apa saja yang bisa mengganggu kehamilan dan proses persalinan?

    Friday, May 4, 2012 at 8:19 am | Permalink
  66. Ida A.P wrote:

    saya baru hamil kira kira 2 minggu
    saya takut kalo saya keguguran soalnya saya beraktifitas terus dan saya sering kecapean.Gimana cara supaya janin saya dapat berkembang dan makanan apa yang baik untuk saya konsumsi?
    Terima kasih

    Sunday, November 4, 2012 at 2:04 pm | Permalink
  67. supaya bayinya sehat, makanlah makanan ini :)

    Saturday, January 12, 2013 at 6:04 pm | Permalink
  68. makanan bergizi bagus untuk perkembangan bayi

    Saturday, January 12, 2013 at 6:04 pm | Permalink
  69. darsih wrote:

    makasih infonya…..

    Saturday, June 8, 2013 at 9:21 am | Permalink
  70. aneu wrote:

    saya d sini lagi cari adopter buat anak saya apabila ada yang mau merawat dan membesarkan anak saya boleh telepon atau sms saya 083820410511

    Sunday, June 9, 2013 at 8:00 pm | Permalink
  71. adia bunga wrote:

    ;) buat para ibu hamil, yg sedang menyusui ataupun yg dalam program utk bisa hamil, coba deh sis konsumsi beras organik, baik beras outih ataupun merah, krn menurut pengalaman sy beras organik ini membantu banget loh, badan ga begah (walaupun tetep makannya nasi) dan tentunya lebih sehat krn tanpa bahan kimia (yg bisa berakibat buruk buat dede bayi) bisa cek http://www.canesharvest.com
    Tempat aku beli beras, krn disini organiknya asli bukan tipu2 alias di campur, selamat hidup sehat :D

    Wednesday, September 18, 2013 at 10:02 am | Permalink
  72. website wrote:

    Hello, i feel that i saw you visited my blog thus i came to return the desire?.I am attempting to in finding issues to improve my web site!I suppose its adequate
    to make use of some of your concepts!!

    Tuesday, October 29, 2013 at 6:28 am | Permalink
  73. Thanks for sharing your thoughts. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your next post thanks once again.

    Tuesday, October 29, 2013 at 3:23 pm | Permalink
  74. Ricky wrote:

    I think this is one of the most important information for me.
    And i’m glad reading your article. But should remark on some
    general things, The website style is great, the articles is really great :
    D. Good job, cheers

    Friday, April 11, 2014 at 11:56 am | Permalink
  75. kunjungan pagi pak .makasih atas info nya. salam kenal dari agen obatherbal.

    Saturday, April 12, 2014 at 12:40 am | Permalink

One Trackback/Pingback

  1. makanan sehat ibu hamil | Berita Terbaru on Sunday, March 3, 2013 at 3:35 am

    [...] infoibuhamil.com [...]

Post a Comment

Your email is never published nor shared.