Skip to content

Info Penting Agar Cepat Hamil

Halo ibu-ibu semua, khususnya ibu-ibu yang sudah lama mendambakan kehadiran seorang anak. Ada info penting bagi ibu yang ingin cepat hamil.

Apakah ada yang pernah mendengar nama Dr Aniruddha Malpani, MD dan Dr Anjali Malpani, MD dari Malpani Infertility Clinic, Bombay, India?

Dr.Malpani adalah dokter yang khusus menangani pasangan yang sulit hamil.

Klinik Infertilitasnya ada di India, jauh memang, tapi ibu atau bapak bisa tur dulu di websitenya yang sangat informatif dan lengkap tentang masalah ketidaksuburan.

Ibu-ibu bisa mendapatkan informasi seputar infertilitas disana dan yang lebih menarik, ibu bisa mendapatkan tools Gratis! Mulai dari  tools reminder untuk masa subur yang dikirim via sms, kalkulator online untuk mengetahui puncak subur, ebook tentang kehamilan dan masih banyak lagi. Pokoknya lengkap banget.

Bisa juga cari tahu jawaban yang belum terjawab mengenai kenapa sulit sekali untuk hamil dan sebagainya.

Mau tahu kan nama websitenya apa?

Silahkan klik : www.drmalpani.com dan dapatkan semua yang ingin ibu-bapak ketahui tentang infertilitas.

Jika ibu kesulitan karena websitenya dalam bahasa Inggris, ibu bisa cari di kamus bahasa Inggris atau yang paling gampang langsung copy paste paragrap atau kalimat dari websitenya dan cek di  kamusInggris-Indonesia

Semoga  informasi ini bisa menjawab pertanyaan tentang ketidaksuburan dan membantu ibu-bapak yang sedang berusaha untuk segera memiliki anak.

Tetap semangat!

59 Comments

  1. Tyas wrote:

    saya sudah menikah 6 tahun, tapi sampai saat ini saya belum juga hamil, dan selama menikah tidak pernah ada tanda-tanda hamil. saya sudah periksa ke dokter, sampai mengikuti program agar bisa hamil. dari dokter saya melakukan test darah suami dan istri, test sperma, melakukan mikro 1 dan 2, minum obat penyubur untuk suami dan istri, sampai melakukan operasi kecil ( TEROPONG ) yang hasilnya di nyatakan terdapat pelengketan dan penyumbatan di saluran tuba, jadi di sarankan untuk melakukan operasi pengangkatan penyumbatan dan pelengketan di saluran tuba tsb, atau program bayi tabung. dan 4 tahun yang lalu saya sudah di nyatakan ada kista pada kandungan. tolong saran dan informasi yang tepat agar saya dapat hamil. terima kasih……….

    Replied by Infoibuhamil

    Salam kenal ibu Tyas,

    Apabila sudah diketahui penyebabnya lebih baik dilakukan tindakan untuk menghilangkannya seperti yang disarankan oleh
    dokter kandungan ibu.Jika sudah dilakukan, sekarang tinggal mengikuti program yang dianjurkan misalnya bayi tabung.
    Namun jika masih ragu dan ingin second opinion, bisa ke dokter kandungan yang lain atau klinik fertilitas seperti di rumah
    sakit Bunda-Jakarta, jika ibu tinggal di daerah Jakarta.

    Untuk kista sendiri, ada yang bisa menyebabkan sulit hamil,sehingga harus diangkat. Ada juga kista yang bisa hilang bersama
    dengan datang haid.

    Nah ibu Tyas, semoga bisa menjawab pertanyaan ibu.

    Wednesday, March 25, 2009 at 6:18 am | Permalink
  2. susy wrote:

    nama saya susy…saya sudah menikah selam 3 tahun tapi sampai sekarang saya belum dikaruniakan anak….saya selalu terlambat haid..bisa 1 sampai 4 bulan saya tidak dapat haid,apakah karna terlambat haid saya belum bisa punya anak??apa yang harus saya lakukan…ke dokter pun berkali-kali….tolong dong kasih saran buat saya..ma kasih

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Susy,

    Seharusnya ibu Susy sudah diberi obat oleh dokter spesialis kandungan agar haidnya lancar.
    Jika siklus haid tidak teratur atau lama, peluang untuk hamil juga berkurang.
    Coba ibu Susy kontrol dan cek lagi ke dokter kandungan ibu.Semoga dengan pengobatan dan
    kunjungan yang konsisten, bisa mendapatkan hasil.
    Bisa juga coba ke dokter spesialis kandungan yang lain, seperti yang disarankan ibu-ibu di sini.

    Semoga berhasil.

    Thursday, April 23, 2009 at 5:02 am | Permalink
  3. kurniawan wrote:

    untuk ibu susy yang pertama tentu normalkan dulu datang bulannya,tentu dengan cara pengobatan medis atau alternatif.jika sudah normal haidnya, dan setelah berhubungan suami isteri kemudian suka terlambat 1 minggu, bulan depan terlambat lagi 8 hari kemudian bertambah lagi masa datang bulan, itu ada tanda tanda kehamilan.perlu diketahui berhubungan sekali dua kali cukup, jika keseringan maka pembuahan terganggu, yang terjadi selalu haid yang mengental dan sakit.itu artinya sudah mau hamil tapi karena selalu berhubungan yang berlebihan maka haid lagi bahkan keguguran. ibu harus selalu rajin bertanya, saya juga dulu banyak bertanya akhirnya saya telah dikaruniai anak. semoga pendapat saya ada manfaatnya terimakasih

    Wednesday, April 29, 2009 at 5:51 pm | Permalink
  4. Andre wrote:

    Hii doktr..
    Kami pasutri sdh 4thn menikah,blm ad momngn..Sy pernh test sperma oligozpermia..Istri norml,dikantong buah zakr kiri atas ada benjolan..Kadng keliatn,kadng ilang..Apa it hernia?Dan jg bs menybabkn oligo..
    Mohn bantuannya..Termkash

    Replied by Infoibuhamil

    Halo juga pak Andre,

    Kemungkinan pak Andre menderita Varikokel atau pelebaran pembuluh darah balik/vena disekitar testis
    biasanya di bagian kiri.Varikokel merupakan salah satu penyebab infertilitas pada pria karena bisa
    mempengaruhi produksi sperma.Penyembuhan varikokel dengan cara pembedahan.
    Namun untuk pastinya, pak Andre bisa tanyakan ke Dokter Spesialis Kandungan dahulu yang bisa
    mereferensikan Dokter Spesialis Urologi.

    Terima kasih.

    Tuesday, May 5, 2009 at 1:21 pm | Permalink
  5. rubitawang wrote:

    Saya udah menikah 3 th sampai skrg belum punya anak. 3 bulan yang lalu saya dioperasi hamil diluar kandungan kata dokter penyebabnya infeksi saluran indung telur,setelah HSG salularan indung telur yang satu lagi menyempit.Apakah saya masih bisa hamil?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Rubi,

    Kalau sebelumnya ibu suda pernah hamil walaupun diluar kandungan, ada kemungkinan hamil kembali.
    Saluran indung telur ada dua, jadi kalau yang satunya bagus, tetap ada peluang sel sperma masuk
    dan membuahi sel telur yang matang.
    Namun jika sudah diketahui adanya penyumbatan, lebih baik diobati dulu.
    Ikuti saja saran dari Dokter Spesialis Kandungan ibu untuk pengobatannya.
    Biasanya dilakukan tiup rahim agar penyumbatan/penyempitan dalam saluran rahim bisa terbuka.

    Terima kasih.

    Thursday, May 7, 2009 at 5:12 am | Permalink
  6. Anik wrote:

    Sy udh nikah 2th, 7bln stlah nikah, sy ke dokter kndungan dan Suami jg tes sperma hsilnya smua subur. Slama 3bln sy dan suami dksih p’nyubur tp blm jg hamil. Bln b’rikutnya saya cek HSG tp sampai skarang jg blm hamil. Apa yg hrs saya dan suami lakukan agar bsa cpt hamil ?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Anik,

    Apabila sudah pernah tes seperti tes sperma,HSG dan semuanya baik,mungkin ada sebab
    lain. Ada beberapa penyebab, misalnya adanya antibodi terhadap sperma, berhubungan bukan
    masa subur, kecapaian dan lain-lain.
    Coba cek lagi bu,apakah ada yang terlewat?
    Jika tidak, mungkin belum tiba waktunya,perlu kesabaran dan tetap berdoa.

    Semoga bisa menjawab pertanyaan.

    Saturday, May 9, 2009 at 2:08 pm | Permalink
  7. Anik wrote:

    Allaw… Sy mau tnya:
    1. apa boleh kita mengkonsumsi obat seperti obat dalfarol, obat penyubur tanpa resep dokter, apa ada efeknya bila qta minum dlm jangka pendek.
    2. Mengapa ,kadang2 setiap kali berhubungan, bagian perut kiri bag bawah sakit , penyebabnya apa ? Apa itu penyakit ?
    3. Mengapa, setelah mens selesai , -+ 1 minggu mlm qta berhubungan ,pagi/ siang keluar bercak darah ,darah yg keluar cuma hri itu saja. Penyebabnya apa ?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Anik,

    1. Untuk obat penyubur, lebih baik dikonsumsi berdasarkan resep dari dokter.
    Efek sampingnya apabila diminum dalam jangka panjang, misalnya lebih dari 6 kali siklus haid.
    Fungsi obat penyubur adalah mendorong terjadinya ovulasi.
    Sedangkan Dalfarol adalah sejenis vitamin E.
    2. Coba ibu Anik cek ke Dr.SpOG, agar bisa diperiksa apakah sakit tersebut karena adanya
    kista atau sebab lain.
    3. Jika hanya berupa bercak darah, kemungkinan ada luka di dalam vagina akibat berhubungan.

    Semoga bisa menjawab pertanyaan ibu Anik.
    Terima kasih.

    Thursday, May 28, 2009 at 4:45 am | Permalink
  8. ayyas wrote:

    saya dah nikah 21bulan.belum ada momongan. akhir tahun 2008 kami terapi di dokter kandungan.saya dikasih penyubur,hormon yang hasilnya setelah terapi berat badan sy naik drastis! april 2009 suami test sperma dan dinyatakan oligosperm,jumlahnya krg bnyak.malam sebelum analisa sperma suami lembur kerja,mungki karena psikis tertekan juga,sperma yang dikeluarkan ga sperti biasanya.dikit banget.apa itu berpengaruh juga ya, thdp hasil analisa sperma(sperma krg banyak.red).saya skrg bingung mau terapi apa lagi.dah males.mau pasrah aja deh…

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Ayyas,

    Terapi kehamilan memang bisa mengakibatkan kenaikan berat badan.
    Asalkan tidak overweight,usahakan untuk menurunkan berat badan sebelum hamil.
    Stress atau kelelahan adalah salah satu pemicu rendahnya kualitas dan kuantitas
    sperma.Namun pola hidup dan makan termasuk faktor yang bisa mempengaruhi
    kualitas sperma.

    Coba terapkan pola makan dan hidup yang sehat dan selalu berusaha untuk
    mengurangi stress.
    Tetap semangat dan terus berusaha,cari tahu dari saudara atau teman,tempat berobat
    alternatif atau dr.SpOG yang bagus. Disini juga ibu Ayyas bisa mendapatkan informasinya.

    Terima kasih.

    Thursday, May 28, 2009 at 12:06 pm | Permalink
  9. ayyas wrote:

    terapi hypnobirthing apa bisa juga untuk yang mendambakan momongan? caranya bagaimana?

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Ayyas,

    Terapi Hypnobirthing lebih diperuntuk bagi ibu hamil, agar kehamilan lancar dan melahirkan
    tanpa rasa sakit. Bagi ibu yang belum hamil, baik juga diikuti karena bisa membuat
    pikiran dan tubuh tenang dan relaks.Jika pikiran dan tubuh relaks, biasanya kehamilan lebih
    mudah terjadi.Biasanya dilakukan afirmasi dengan kata-kata yang positif atau yang diinginkan.
    Misalnya: “Saya melahirkan dengan sangat lancar dan tanpa rasa sakit sedikitpun”

    Bisa juga ibu Ayyas mengikuti kelas yoga atau kelas hypnoterapi lainnya.
    Sebenarnya yang terpenting, selain menjaga pikiran dan tubuh tetap relaks, tetap jaga pola makan
    yang sehat dan baik.

    Semoga bisa membantu.

    Thursday, May 28, 2009 at 12:08 pm | Permalink
  10. nieken wrote:

    saya sudah menikah 1,5 thn dan belum pernah hamil sama sekali. sudah beberapa kali ke dokter dan mecoba alternatif, tapi blm ada hasilnya. sekarang saya lagi mencoba cara alami aja. yg mau saya tanya :
    apa betul pil kb bisa menyuburkan? krn ada sepupu yg disarankan menkonsumsi pil kb selama beberapa bln, setelah 2 bln dia lepas langsung hamil.soalnya saya jg berniat untuk menkonsumsinya.

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Nieken,

    Pil KB lebih diperuntukkan untuk menunda kehamilan, apabila sudah lepas KB
    hormon kembali normal dan wanita kembali subur. Jadi sebenarnya pil kb bukan
    untuk terapi agar cepat hamil. Namun memang tidak ada salahnya jika ingin
    mencoba.

    Semoga saja ibu Nieken juga bisa berhasil hamil berkat pil KB.

    Friday, June 5, 2009 at 4:29 am | Permalink
  11. Meicelin wrote:

    Saya sudah menikah 3 tahun dan baru dioperasi kista desember kemarin. Suami saya juga bekerja dengan motor dan cukup jauh tempat pekerjaan (Cengkareng-Tj Priuk) belum lagi harus kesana kemari dengan motor. Saya juga sudah terlambat menstruasi seminggu tp ketika aku tespeck ternyata negatif tuh aku jd putus asa. apa solusinya ya. terima kasih.


    Replieb by Infoibuhamil

    Halo ibu Meicelin,

    Kemungkinan ibu dan suami kecapean dan kurang istirahat.
    Agar kehamilan tercapai diperlukan fisik yang sehat dan kondisi tubuh yang relax.
    Keterlambatan haid juga bisa disebabkan karena faktor stress, jadi coba ibu dan
    suami cari waktu santai di akhir minggu untuk mengembalikan kondisi tubuh agar
    segar kembali. Selain itu bisa juga sambil memulai program hamil di klinik infertilitas.

    Tetap semangat!

    Friday, June 12, 2009 at 3:42 am | Permalink
  12. achie wrote:

    lam kenal info info hamil, ternyata saya benar2 tidak sendiri. 8 juli ini pernikahanku jalan 4 th, dan allhamdulillah aq belum dikaruniai anak, selama ini hanya kesabaran yang mampu memberi semangat buatku semoga Allah kelak memberi yg terbaik. memberi komentar bu niken nih lam kenal ya.. coba pil kb kata teman aq yg bidan jangan dikosumsi bagi ibu yg belum pernah hamil karena itu malah menambah kering peranakan, tetapi bagi sudah pernah hamil bagus malah bs menyuburkan. makanan apa yg bisa meninggkatkan libido ya? semoga info ibu hamil ada yang tahu. soalnya aq jd ngga semangat utk berhubungan apa gara2 belum dpt momongan kali ya?

    Replied by Infoibuhamil

    Salam kenal kembali ibu Achie,

    Siapa tahu hadiah pernikahan nanti adalah kehamilan yang selama ini diidam-idamkan..amin.

    Kesabaran adalah kunci untuk mencapai keinginan ibu Achie,selama tetap sabar,berusaha,
    berdoa dan pasrah, semoga cepat terwujud.

    Selalu mendoakan ibu Achie dan ibu-ibu lainnya agar cepat hamil.
    Jangan lupa, berbagi cerita apabila sudah sukses hamil.

    Tetap semangat!

    Thursday, June 25, 2009 at 2:52 am | Permalink
  13. selvi wrote:

    salam kenal dari saya,
    saya sudah menikah 3 tahun 10 bulan, tapi belum juga di berikan momongan, saya periksa ke dokter di makassar, pertama kali saya periksa di papsmire hasilnya saya radang kronis, lalu saya di kasih obat oleh dokter, suami saya sudah periksa di lab. prodia hasilnya spermanya bagus (normal), lalu ke dokter kembali saya dipapsmire hasilnya kelas 1 (Normal)lalu saya di OSG ternyata saya ada kista tapi masih kecil kata dokter tidak masalah kalo mau hamil katanya tidak ada masalah maka saya di beri obat penyubur kandungan nama profertil dan vit. eturol, tapi sayang hingga belum hamil juga, oh iya saya haid waktu gadis saya teratur paling terlambat atau cepat 2-3 hari, setelah menikah haid saya tidak teratur kadang terlambat 1 minggu, kadang terlambat 2 minggu,kadang terlambat 3 minggu, 4 kadang terlambat, tapi tidak hamil-hamil juga. saya bingung apa yang harus saya lakukan agar saya cepat hamil?, saya menambakan lahirnya bayi dalam kehidupan kami, saya juga sudah keliling berobat kampung, yang diurut itu, berserta ramuannya. oh iya mengendarai (bawa) motor berpengaruhi menggagalkan calon cabang bayi? atas saran saya ucapkan terima kasih


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Selvi,
    Salam kenal kembali.

    Apakah ibu Selvi dan suami sudah melakukan hubungan pada saat yang tepat?
    Maksudnya peluang untuk hamil akan lebih besar apabila berhubungan pada
    saat ibu sedang masa subur. Dilihat dari siklus haid ibu Selvi yang tidak teratur,
    memang agak sulit menentukan kapan terjadinya ovulasi. Selain bisa dihitung
    dengan cara mudah,misalnya:siklus haid ibu 30 hari, cara hitungnya:
    siklus haid 30 hari dibagi dua menjadi 15, jadi masa suburnya kurang lebih antara hari ke
    15 s/d 18,dengan catatan siklus haidnya teratur setiap bulannya.
    Selain itu untuk lebih memastikan bisa dilakukan tes lendir (mucus).
    Lendir vagina akan berubah menjadi bening,licin dan tidak mudah putus pada saat
    subur sampai pada puncak subur.
    Cara lain yang lebih cepat yaitu dengan menggunakan ovulation calculator dibawah ini:
    http://babymed.com/tools/fertility/calendar/
    Bisa juga membeli alat tes kesuburan seperti merk fertitest.
    Ibu Selvi bisa juga menanyakan kepada dokter ibu,apakah sudah terjadi ovulasi yang
    bisa diketahui melalui pemeriksaan USG.

    Kista ukuran kecil memang tidak menganggu kehamilan,asalkan kista tidak menjadi
    besar. Kista ada yang bisa hilang dengan sendirinya bersama dengan haid atau sewaktu
    melahirkan. Perlu diketahui juga, letak kista jangan sampai menghalangi proses pembuahan.

    Obat penyubur seperti profertil,hanya membantu terjadinya ovulasi.
    Sedangkan goncangan pada saat mengendarai motor tidak akan mempengaruhi kehamilan.
    Karena janin terlindung didalam rahim, kecuali jika mengalami hentakan yang sangat keras
    dan terjatuh.

    Demikian ibu Selvi, semoga bisa menambah masukan untuk ibu.
    Tetap semangat.

    Friday, June 26, 2009 at 1:26 pm | Permalink
  14. selvi wrote:

    minta resepnya dong obat penyubur kandungan yang paling ampuh, kalo profertil kurang ampuh untuk saya?


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Selvi,

    Sebenarnya semua obat penyubur fungsinya sama, yaitu mendorong agar terjadinya ovulasi.
    Disarankan untuk mendiskusikan dulu ke Dokter SpOg ibu,agar bisa diberi obat penyubur merk
    lain.Terapi pengobatan dengan obat penyubur, disarankan agar tidak lebih dari 6 siklus haid,
    karena dikhawatirkan bisa menyebabkan resiko timbulnya kista.

    Terima kasih.

    Friday, June 26, 2009 at 1:46 pm | Permalink
  15. Elok wrote:

    Salam kenal smua bt ibu2 yg mendambakan buah hati trmasuk saya.saya sdh nikah pd tgl 20.12.08 dan sampe skrg blm dbeli baby,memang dr awal mens sy tdk teratur bln lalu siklus mens 43hari normalkah?
    Perut bwh sy terkadang sakit knp y?sy c brd0a sm0ga bln ni sy bs hamil.
    Utk ibu2 ttp semangat serta berd0a ke yg kuasa

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Elok,

    Siklus haid normalmnya 28 hari, tapi ada yang pendek dan adanya panjang.
    Siklus haid yang tidak teratur dan panjang bisa jadi penyebab sulit hamil.
    Disarankan untuk periksa ke Dokter Obgin segera agar bisa diberikan pengobatan
    dan supaya cepat hamil sekaligus mengetahui penyebab sakit diperut bagian
    bawah.

    Semoga keinginan ibu Elok cepat terwujud.
    Tetap semangat!

    Wednesday, July 8, 2009 at 3:58 am | Permalink
  16. wenny wrote:

    saya sudah berumah tangga 3 tahun. 1 tahun yang lalu saya hamil dan mengalami kuguguran usia kandungan saya 3 bulan.Sampai sekarang saya juga belum hamil.Saya dan suami sudah periksa kedokter jumlah sperma kurang dan kami periksa torch dan hasilnya positif untuk Toxo Igg 141 dan CMV Igg 40.Gimana ya…
    Dan sejak keguguran haid saya mulai tidak teratur seperti biasanya.


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Wenny,

    Kemungkinan keguguran bisa jadi karena adanya toxo tersebut atau juga ada sebab lain.
    Apabila sudah positif terinfeksi toxo lebih baik segera diobati. Jika nanti sudah sembuh
    ibu bisa ikut program hamil kembali.Sehingga kehamilan sehat dan lancar.

    Demikian bu,terima kasih.

    Saturday, July 25, 2009 at 10:27 am | Permalink
  17. Ita wrote:

    Saya pengin punya sudah 5 tahun menikah,pernah punya anak sekali umur 7 bln meninggal,gimana caranya agar bisa hamil lagi,saya mens tiap tanggal 20 berakhir tgl 25, tgl berapa waktu subur saya, dimana caranya agar bisa hamil lagi, tempat kerja surabaya sementara suami dijakarta, bagaimana solusinya tlg dijwb, trimakasih

    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Ita,

    Perkiraan masa subur ibu Ita,jika dihitung secara umum adalah tanggal 27 Juli s/d 2 Agustus.
    Biasanya 8 hari dari tanggal haid pertama sudah masuk masa subur.
    Jika dilihat disini kendalanya adalah ibu dan suami tinggal ditempat yang berbeda. Frekwensi
    bertemu yang jarang bisa menjadi penyebabnya. Apabila bisa diatur agar ibu dan suami bisa
    berhubungan pada masa subur,ada kemungkinan untuk hamil lagi.

    Semoga bisa menjawab pertanyaannya.
    Terima kasih.

    Saturday, August 1, 2009 at 8:11 am | Permalink
  18. Rina wrote:

    Ass….Saya mau bertanya,saya sdh menikah 8 bln dan setiap bln saya mencoba tes masa subur pd wkt2 subur,tp knapa kok setiap saya melakukan tes masa subur dgn alat penguji kesuburan hasilnya selalu negatif?padahal saya itung2 udah berada pd masa subur yaitu pd hari ke 12 – 16 dr hari pertama haid,knapa ya bisa bgitu padahal saya sdh melakukan cara yg benar,jd saya bingung kpn hrs melakukan senggama di masa2 subur kalau hasilnya selalu negatif,apa itu tandanya saya tdk subur/bagaimana?tolong jawabannya ya dokter,sebelumnya saya ucapkan trimakasih….Wass


    Replied by Infoibuhamil

    Halo ibu Rina,

    Alat tes kesuburan merupakan alat bantu agar ibu bisa mengetahui
    masa subur (Ovulasi). Hasilnya memang bisa saja negatif, karena itu
    ibu Rina bisa baca lagi instruksi yang diberikan. Selain dengan alat tes
    sebenarnya ibu juga bisa menghitung masa subur ibu dengan cara
    cepat lewat tools dibawah ini:
    http://babymed.com/tools/fertility/calendar/

    Dibantu juga dengan tes lendir/mucus vagina,apabila lendir bening,licin
    seperti putih telur,itu tandanya ibu sedang ovulasi.
    Ada kemungkinan telur tidak matang dan pecah,sehingga jika melakukan
    senggamapun tidak akan berhasil.
    Senggama pada masa subur sangat berpeluang untuk bisa hamil.

    Demikian bu,tetap berusaha dan semangat!

    Wednesday, August 5, 2009 at 7:53 am | Permalink
  19. Rina wrote:

    Maaf dokter..melanjutkan pertanyaan saya td,lendir bening kadang ada kadang tdk,jd tdk selalu keluar pd saat subur,oleh krn itu saya coba pakai alat,krn lbh mudah,jika bgitu adakah indikasi telur saya tdk matang?haid saya selalu teratur tiap blnnya, kmudian apakah ada obatnya utk membantu keadaan saya?trims dok

    Wednesday, August 5, 2009 at 3:23 pm | Permalink
  20. Santi octavia wrote:

    Saya sudah mnikah 4 thn smp skr blm dpt momongan.haid saya 2 bln ini tidak teratur slalu telat 1-2 hari.haid sakit dan darahna kental..bgmn cara mhitung ms subur dan mengapa haid slalu telat?

    Saturday, September 12, 2009 at 3:07 pm | Permalink
  21. imah wrote:

    Saya sudah hmpr 4 thn nkh tp swpai skrg blm jg d ksh baby.pdhl sy mlkukan brbgi cara,tp ttp aja nhl.n sy jg dah priksa k dr kandungan hslnya kndgn sy bae n suami sy sdh periksa n hslnya sperma suami trkn infeksi traktus genetalia apakah pngrhnya bsr .tlg sarannya dong

    Wednesday, October 7, 2009 at 1:12 pm | Permalink
  22. zuly wrote:

    Salam kenal semua,

    saya menikah 5th 3 bln tp sampek sekarang belum hamil juga, udah pernah periksa dokter sampek ganti dokter 3x diberi vitamin n obat penyubur tp belum hamil juga. dokter yg kedua bilang katanya ada miom sebelah kiri tp masih kecil n gak masalah, dokter yg ketiga juga bilang miomnya masih kecil n gak bermasalah dan cuma diberi vitamin aja.
    mo tanya nich apa kalo kita ada miom bisa menghambat tuk hamil trus bagaimana pengobatan miom itu?

    ketiga dokter juga menganjurkan untuk periksa sperma tuk suami, tp sampai sekarang suami gak pernah mau diajak periksa sperma katanya takut kalo dia yg gak subur,oh ya kalo berhubungan kok suami gak pernah mengeluarkan sperma yach kayaknya kering gitu. sy pernah baca kalo trauma benturan di selangkangan pada pria juga bisa mengakibatkan ketidaksuburan, suami pernah cerita kalo dia wkt sekolah dulu pernah terbentur diselangkangannya n sampai berwarna biru akibat dari itu sampai sekarang kalo dia capek pasti ada benjolan diatas testis yg sebelah kanan, tapi kalo gak capek ya kembali kempes. tapi suamiku susah banget diajak periksa ke dokter, gimana yach? help

    Thursday, October 29, 2009 at 4:56 am | Permalink
  23. vindy wrote:

    hay all…
    sya mo tanya , sya dah nikah 1 tahun & lom pnya anak,, cman msalahny diawal prnkahan sy smpat kb suntik slma 1 bulan.. stlah itu dibulan ke 2 mens sya ga brhenti hmpir 2 blan, stlah priksa k dktr ktany ga ad mslah cma hormon ato efek kb trz dksih obat nerolut..3 bulan kmudian mens sya telat hmpir 45 hri saat itu sya kira hamil cz payudara trsa kncang n sakit trz sya beli tes pack hasilny negatif,,,.. akhinya sya priksa k dktr lagi trz dksih obat lanturol 200 & sya konsumsi slma 1 blan ,eh malah ga mens trz blik k dkter lgi ktanya rahim sya kecil trz dktr blg mens d buat tratur dlu n dksih obat cyclo progynova , stlah obat hbis 5 hari kmdian sya mens tpi ga lancar cma kluar flek2 hitam & blik k dktr lgi dkasih obat regumen … sampai skrg sya msh msih mens dah 6 hari cman ga lancar..!!
    Gmna yah dok apa klo Rahim kecil itu susah hamil & efek kb biasany brpa lama,,. truz obat regumen efeknya apa y ach apa slma konsumsi obat itu bsa trjadi kehamilan ???? thx

    Tuesday, December 29, 2009 at 7:27 am | Permalink
  24. ii sari wrote:

    salam kenal, saya dah 4 taun menikah… tp lom jg dikaruniai momongan…. saya dah pernah cek ke 3 orang dokter kandungan dan hasilnya kondisi rahim saya bagus.. swaktu gadis haid saya teratur tp stlh menikah haid suka telat 7 – 10 hari.
    berobat alternatif jg saya lakukan hasilnya saya dan suami sehat2 saja…. terkadang jd bingung apalg yang hrus kami lakukan agar bisa segera dpt momongan.
    anjuran cara dlm melakukan hubungan pun sudah kami lakukan..
    sekarang kami lagi terapi obat alami/herbal sejenis madu, mdh2an ada hasilnya…..

    Saturday, January 9, 2010 at 3:27 pm | Permalink
  25. windy wrote:

    salam knl.sy blm menikah,setahun yg lalu sy pernah berobat k obgin karena keluhan sejak sy pertama haid wktu SMP smpi skrg sk nyeri haid n br 2 thn yg lalu saat haid perut bwh sy sblh kanan sk nyeri hilang timbul tp dlm skala nyeri 3-4.saat pertama sy USG 4 dimensi lwt anus ternyata ad miom yg ukurannya 3 cm sy d anjurkan operasi tp sy cb dgn alternatif slama 2 bln stlh itu sy cb USG lg ternyata ukurannya malah bertambah,akhirny sy hentikan alternatif.udh hampir 7 bln ini sy blm USG lg.yg mau sy tanyakan klo sy d operasi ap sy bs hamil???
    makasih sebelum n sesudahny.

    Tuesday, February 23, 2010 at 4:53 pm | Permalink
  26. lovely wrote:

    saya mu tanya saya sudah menikah 8 bulan tapi bloom di karuniai momongan..kt dokter saya ada infeksi saluran indung telur..saya kadang2 skt di bagian perut bawah kanan..yang saya tanyakan apakah saya bisa hamil karena infeksi tersebut dokter?saya mohon bantuannya

    Monday, April 5, 2010 at 5:47 am | Permalink
  27. Anonymous wrote:

    buibu gabung di group aq yuk di FB tempat share dan berbagi info ttg preganancy

    http://www.facebook.com/group.php?gid=73550939265

    Friday, June 11, 2010 at 9:42 am | Permalink
  28. Dessy wrote:

    Sy menikah sudah 7 bln tapi blum jg d karuniai anak, ingim hamil dan sedang pula progrm. Sy smpt hamil kira2 4 bln yang lalu namun br 3 minggu umur janin sy keguguran..
    Kt dokter tdk ada mslh..
    Sy sudah ikt program dg mengetes kesuburan sesuai saran dokter serta minum obt untk istri dan suami tapi hasil tesnya selalu negatif..
    Itu kenapa ya?
    Trims

    Tuesday, June 15, 2010 at 2:07 am | Permalink
  29. heni wrote:

    saya mau bertanya, awalnya saya pernah menikah dan 3 bulan menikh saya di beri momongan,terus saya ikut program suntik kb selama 6 bulan setelah kelahiran anak pertama saya, kemudian saya berhenti sutntik kb karena saya bercerai. tetapi setelah itu saya selalu keluar haid seminggu sekali. kemudian saya menikah lagi dengan lelaki yang berbeda yang umurnya 34 tahun sedangkan saya 24 tahun. dan sebelum memiliki momongan, saya mengonsumsi obat kb selama 6 bulan dan berhenti menggunakannya. sekarang saya sudah 2 tahun menikah dan belum di karuniai momongan. dan sayapun telah di periksa oleh dokter dan keadaan saya normal begitupun suami saya. dan sekarang saya datang bulannya bertambah parah setiap 5 kali dalam sebulan. saya harus bagaimana agar saya mendapatkan momongan???

    Tuesday, July 6, 2010 at 3:36 am | Permalink
  30. almira wrote:

    saya bru mnikah 7 bln,tp saya&suami ingin sekali mempunyai anak,haid saya memang sukar diprediksi&saya juga susah untuk orgasme pda saat melakukan hubungan dgn suami saya,bagaimna cara agar saya bisa orgasme?krna ada yg bilang klo wanita susah orgasme akan susah mencapai kehamilan,saya mhon bntu saya untuk info yg anda tw!! trmaksh,,

    Tuesday, October 19, 2010 at 7:40 am | Permalink
  31. umar wrote:

    RUMPUT KEBAR tumbuhan penyubur kandungan dari Papua mungkin dpt dijadikan salah satu alternatif…..!!!

    Tuesday, November 9, 2010 at 7:04 am | Permalink
  32. Toko Sevilla wrote:

    Dapatkan Rumput Kebar asli dari Distrik Kebar di Papua barat dengan harga :
    Rp.80.000/50gram sudah termasuk ong.kirim ke seluruh Indonesia.
    Hub :
    HP : 081344026998
    email : sevillasale@gmail.com
    FB : Toko Sevilla

    Tuesday, November 16, 2010 at 5:56 am | Permalink
  33. selvianty aryani wrote:

    salam kenal dari saya dok,
    saya sudah 5 tahun 3 bulan belum juga hamil, saya pengen sekali punya momongan, saya sudah beberapa kali ke dokter, 2 dokter saya kunjungi, dokter yang satu setelah di Papsmear dinyatakan normal, setelah di usg lagi,kata dokter lagi ada kista yang masih kecil, dan hanya diberi obat Profertil dan Etorol, dan suami di beri obat bio atp, tapi saya tak kunjung hamil juga ke dokter pertama ada 3 kali ke sana,
    lalu saya pindah dokter kandungan lagi di dokter kedua saya diperiksa pake alat dimasukkan ke vagina lalu di liat hasilnya dokter kata dokter sel telur saya banyak tapi masih kecil-kecil, kata dokter kalo saya haid disuruh datang lagi berhubung saya rumah saya, jauh dokter di beri resep blesifen, folafit, diminum setelah sementara haid di hari ke 3, dibulan kedua saya diperiksa lagi kata dokter sel telur saya hanya 1 yang besar, lalu di beri resep regumen, blesifen, dan folafit klo saya haid di bulan berikutnya, lalu di ketiga saya diperiksa lagi sel telur sangat bagus besar ada 4 katanya, dan saya tidak diberi resep, tapi tak kunjung hamil juga, sampai belum ke dokter lagi, saya di mana bisa diliat klo ada penyumbatan di saluran sel telur,apakah mempengaruhi yang hamil klo stiap hari bangun jam 3 dini hari untuk membuat kue, atau yang disebut kurang istirahat, dan membawa motor sehari-hari?
    mohon petunjuknya agar saya segera hamil???

    Sunday, December 5, 2010 at 4:54 am | Permalink
  34. selvianty aryani wrote:

    oh iya dokter, haid saya lancar tiap tanggal 7 di bulan berikutnya haid di tanggal yang sama, setelah rutin kedokter kandungan tersebut. sekali lagi mohon saran agar saya segera hamil.
    bagaimana juga posisi saya dan suami saat berhubungan badan agar segera hamil??

    sebelum dan sesudahnya terima kasih atas jawabannya

    Sunday, December 5, 2010 at 5:03 am | Permalink
  35. REDANI wrote:

    slam dok….
    dok aku nsda 2 blan mnkah tpi aku pnya msalah dgan hub seks ku,,,
    dok aku susuah bget organsme klo lgi8 berhubungan,,,
    aku tkut klo gaik organsme itu katanya ada yg bilang susah dpet keturunan,,,dok itu gmana solusinya,,,
    trims,,,,

    Tuesday, December 7, 2010 at 2:39 am | Permalink
  36. .Tha wrote:

    askum, dok,
    .quw thata nkh dah dpt 9bln tpi blm jga hamil,
    .pada bulan ini saya telat 1bln,
    .dan kata dokter saya hamil,
    .tpi setelah itu saya datang bulan…
    .dan di perut bagian kiri rasanya ada yg mengganjal,
    .dan apakah sekarang saya keguguran atau masih hamil dok?

    Tuesday, December 14, 2010 at 1:35 am | Permalink
  37. dina febriani wrote:

    asskum dok saya nikaah dah 1thun tp saya belum jga mempunyai keturunan dan saya jga sudah HSG dan ternyata hasilnya normal ,suami pun jg sudah tes sperma dan hasilnya jga normal. saya ingin cepat hamil proses apa yg hrus saya lakukan dok ,,terimakasih bnyak

    Monday, January 24, 2011 at 5:11 am | Permalink
  38. Hamidah wrote:

    Salam dok…
    Dok,nama sy hamidah,umur 27 th,sy sdh menikah.Dok,selama ini sy g prnh menstruasi,dulu prnh waktu umur 9 th,dr vgina sy muncl brcak2 darah,apa itu bisa dsebut mens sy prtma,tp olh m2h sy,sy dbw ke mantri,ktnya demam brdarah,lalu dksh obt,tp sejak itu sy g prnh mens lg smpe skrng,stlh menikah sy periksa ke dok.kndungn,hasilny rahim sy kecil,apakh itu penyebbny sy tdk bisa mens,tp sy cri2 informsi dr internt,trnyata ada jg yg rahimnya kecil bisa mens,apakh ada penyebb lain d rahim sy?apakah saya trkena amenore,apakah bisa d obati,dan bisa hamil?sy pernh d sarankn tuk melakukn operasi agar rahim sy d prbesar,apakah perlu d lakukn dok?mohon jwbnya dok.atas perhatiannya sy ucapkn terimakash bnyk.(mohon reply ke email sy)

    Friday, March 4, 2011 at 5:27 pm | Permalink
  39. uswah wrote:

    askum dok, saya menikah dapat 13 bulan. umur sy sekarang 30 tahun. beberapa bulan setelh menikah krn belum ketahuan hamil, sy disuruh mertua untuk mencoba pijat ke dukun bayi gitu. waktu dipijat saya baru suci sekitar 3 hari. kata beliau sy dah berisi tapi masih kecil belum sebulan usianya. menurut orng sih,mbah itu selalu tepat. nah trus saya pergi keluar kota. mungkin karena capek, saya batuk berat n panas dalam. saya obati dgn salah satu obat panas dalam kebiasaan saya. eh sy baru tahu belakangan ternyata obat itu dilarang untuk ibu hamil.walaupun sy belum ke dokter utk memastikan saya hamil atau tidak.
    1. nah berikutnya sy ternyata menstruasi. pas BAK ada semacam cairan kehitaman gitu dilantai. apa itu termasuk keguguran ?
    2. ketika sy ke dokter beliau bilang bentuk rahim atau sel telur nya gitu ya???-(agak lupa nih)- kecil. waktu sy periksa baru suci dpt 2 hari. trus dikasih eturol n suruh kembali 4 hari lagi. wktu kembali, beliau bilang perkembangan rahim saya bagus. trus dikasih obat lagi. kalo mens lagi, hari ke 2 mens suruh kembali lagi. apa ada kelainan di rahim saya?
    3. pernah juga sy pijet biar cpt hamil gitu, yg dipijet kaki saya, kata bapak yg mijet itu rahim saya kurang subur atau istilahnya kurang matang gitu. apa penyebabnya?
    makasih dok…panjang banget euy ceritanya..hehe

    Sunday, April 3, 2011 at 1:35 pm | Permalink
  40. minz wrote:

    sya kan prnah pndrahan truz di kuret hbiz th rahim sya kmbali normal … trus sya d kasih obat penyubur nma y santa…tpi stalah mnum obat th tiap saya mlakukan intim ko vagina saya trasa sakit dan pedih apa th pngaruh dri obat?

    Sunday, May 8, 2011 at 8:55 am | Permalink
  41. dmulina wrote:

    kami sudah menikah berjalan 4tahun, masih belum dikaruniai anak, 1bulan setelah menikah, saya menunda kehamilan dengan menyuntik kb yang 3bulan sebanyak 2 kali, selepas itu dan hingga sekarang saya tidak memakai apapun baik kb juga tidak, mohon informasi dan solusi yang baik untuk saya bisa segera mendapatkan momongan, melihat untuk konsumsi makanan, kami cukup menjaga, terima kasih atas perhatiannya…

    Thursday, May 19, 2011 at 9:00 am | Permalink
  42. Hamidah wrote:

    Dok,mengapa posting saya ga ada tanggapan?

    Monday, August 15, 2011 at 2:08 pm | Permalink
  43. hilmiya wrote:

    dokter, kemaren saya diberi obat eturol oleh dokter saya..
    kemudian saya minum sudah mulai tanggal 20 Agustus 2011( 20 kapsul,sekarang sisa 3 kapsul)
    yang mau saya tanyakan,, hampir 1 bulan suami saya belum pulang(kerja), kapsul eturol diminum berapa lama?, apakah harus nunggu suami pulang, lalu minum eturol, sebelum berhubungan intim??
    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih..

    Saturday, September 3, 2011 at 1:46 pm | Permalink
  44. novi wrote:

    dokter yang terhormat
    tolog sya,saya sudah menikah selama 3 bulan,saya juga tidak memakai alat kontrasepsi apapun,saya juga sudah melakukan hubungan suami istri yang benar tapi kenapa sampai saat ini saya belun hamil hamil juga
    tapi dulu semasa sma saya sering ngrokok dan minum minuman keras,apa itu penyebabnya?????
    tapi kakak saya sama seperti saya tapi cepat banget hamil,mohon sarannya
    terima kasih

    Sunday, September 25, 2011 at 5:02 am | Permalink
  45. mita wrote:

    sya cewek berusia 22 th dok dan sudah menikah usia pernikahan kami 10 bln tapi saya belum juga hamil diusia pernikahan kami yang ke 10 bln ini kenapa sesudah kami berhubungan dan dari perjalan jauh naik motor ada bercak dara warna kecoklatan mudah keluar suda hampir 2 minggu

    Thursday, November 17, 2011 at 7:44 am | Permalink
  46. lia wrote:

    saya mau tanya saya lagi mnjalani program hamil bln kmrn saya pas periksa d anjurkn untuk haid k 11 berkunjung ke dr kandungan waktu tu sel telur saya berukuran 2,5 terlalu besar lalu bln ini saya periksa gi sel telur saya berukuran kecil 1,2 dan saya d anjurkan minum regumen sama profetil mohon infoya apa pengaruh kedua obat tu

    Tuesday, November 22, 2011 at 4:08 am | Permalink
  47. Mrs Togi wrote:

    Dear Dok Tanya dong…
    saya ibu dg 1 anak umur 2 th ..sekarang ini kami akan program memiliki anak kembali …mertua saya kasih saya dalfarol untuk penyubur…dok apakah itu saya minum sebelum konsult ke dokter dahulu? karena saya cek datang bulan saya ini perputaranya cepat …naek 5 hari dari bulan sebelumnya…dan setelah datang bulan itu saya masih ada flek2 sampai 2 mingguan… saya jadi binggung dimana masa suburnya kalo tiap bulan aja datang bulanya sampe 3 mingguan mohon bantuanya dok untuk menjelaskan
    Tq dok Tuhan memberkati

    Thursday, November 24, 2011 at 2:35 am | Permalink
  48. ino wrote:

    Mau tanya dok…
    nama saya ino sdh 2 thn menikah tp belum ada momongan,sdh periksa kedokter ahli kandungan dua kali hasilx sama katanya sel telur kecil terus sdh dikasi obat penyubur tp blm jg berhasil.yg sy mau tanyakan apakah sulit untuk bisa hamil klu sel telur kecil dan penyembuhanya cara pengobatan apa yg hasilx cpt.tolong penjelasan dan saranx dok.makasih sebelumnya

    Thursday, January 12, 2012 at 2:15 am | Permalink
  49. ino wrote:

    zxc

    Sunday, January 15, 2012 at 4:10 pm | Permalink
  50. wulan wrote:

    slam kenal semuanya…ternyata di forum ini aku dak sendirian.aku sdh menikah 3 thn.sampai saat ini juga blm diksh momongan.saya sdh ke dok ter kandungan,kata dokter kandungan saya bagus.emang sih haid saya gak tertur.yang saya tanyankan 1.knp jika haid saya hrs minum obat dlu,baru keluar haidnya?2. apa bisa hamil dengan kondisi mens saya serperti itu?3. apa yang saya lakukan jika haid saya gak teratur?mksh atas info.

    Tuesday, January 31, 2012 at 1:53 pm | Permalink
  51. frida wrote:

    dear dok…
    dok saya sudah menikah selama 1 th, tp saya belum dikaruniai anak dok,. yang mau saya tanyakan haid saya ko maju 1 minggu. apakah itu normal dok. apakah masa subur wanita dlam 1 bln terjadi hanya satu hari saja.

    Tuesday, February 28, 2012 at 2:45 am | Permalink
  52. nora wrote:

    dok,saya udah menikah 3th 5 bln.Belum juga diberi momongan.Saya mengalami penyempitan,udah dioprasi dan 6bln kemudian saya hamil diluar kanndungan trus janin dan ovarium saya yang sebelah kiri juga sudah diangkat.Saya tinggal punya ovarium satu sebelah kanan.Kemarin juga sempat diHSG,kata dokter saluran indung telur saya masih menyempit.Saya harus bagaimana sekarang dok supaya bisa hamil.Trims

    Wednesday, April 11, 2012 at 9:11 am | Permalink
  53. zulfa wrote:

    Dokter saya udah menikah 3,5 thn blm pnya anak, usia sy 29 thn, sdh pernha periksa kata dokter tdk ada masalah, dtng bln sy jg teratur, prnh tes sperma jg gk ada mslh, saya bln ini nyoba minum cyclo proginova saya minum hr le 5 mens tgl. 10 mei kmrn, sy blm tw pasti obat itu utk pnyubur ato bukan, sy mnum atas pengalaman temen, gmn dok gpp ta obat itu?mksh ats prhatiannya

    Monday, May 14, 2012 at 4:58 am | Permalink
  54. Yani wrote:

    saya wanita berusia 25 thn,dan suami saya berusia 26th.kami menikah pd tgl 25 feb 12, skrg usia pernikahan kami sdh jalan 3 bulan,kami sangat meninginkan keturunan.akan tetapi sampai saat ini saya belum hamil dok, ada yg bilang minum vit/obt ETUROL.mohon informasinya ya.Thanks

    Monday, May 21, 2012 at 8:29 am | Permalink
  55. veronica wrote:

    dok, sy bru mnikah 3 bln y lalu.wktu mnggu lalu sy periksa k dokter kandungan kta’x rahim’q bersih n tdk da masalah cm kta’x klu rahim’q membesar tp kta’x dokter klu rahim besar ada 2 kemungkinan hamil atw pre menstruasi wktu dokter tnya kpn haid bln lalu sy blng tgl 29 bln juli haid sdngkan wktu sy k dokter bru telat 2 hri. dr dokter d ksh obat eturol n folavit tp smpai skrg haid’q blm dtng. jd yg sy mau tnyakan tdk apa2 dok klu sy tetp konsumsi k dua obat trsbut wlaupun blm haid….???apakah tdk da pengaruh’x misalkan sy hamil n tetap konsumsi obat tersebut atw harus d hentikan dlu smpai haid dtng…???

    Saturday, August 4, 2012 at 4:05 am | Permalink
  56. renie wrote:

    saya baru 1 tahun menikah, tapi blm pny anak. pengen banget sih ,bahkan udah 2x ke dokter yg berbeda. kata dokter pertama ada kista kecil dirahim tapi dikasih obat dan hilang. setelah 3x belum ada hasil saya coba ddokter lain dan katanya saluran telur saya kecil terus dikasih obat dan disuruh balik lagi kalo mens hari ke 2 , hemmmm …..sekarang tinggal ikhlas aja dan tetep semangatttt menanti Allah pst ngasih kita momongan disaat yg tepat dan terindah …..

    Saturday, August 11, 2012 at 12:37 pm | Permalink
  57. eviyanti wrote:

    selamat siang…….dok saya mau tanya saya pernah oprasi hamil diluar kandungan dan kata dokter harus diangkat yang dikanan dan tinggal yang kiri apakah saya masih bisa hamil ya .karna udah 4 tahun nikah blom dapat momongan ….mohon petujunknya dok trms

    Saturday, October 27, 2012 at 5:03 am | Permalink
  58. Vero wrote:

    aaa

    Wednesday, March 6, 2013 at 12:24 pm | Permalink
  59. lilik nurhayati wrote:

    salam kenal,…
    Saya berusia 25th sdh menikah 5th tp blm jg di berikan momongan,pd bln pertama pernikahan sy pernah telat haid 1 minggu tp ktika ingin test trnyata sy haid dn kdua sy tlat 2minggu tp jg sprti itu ktika ingin test.pdhl sy blm prnh mngalami tlat haid sblmnya.stlh kjadian yg trakhir sy tdk prnh mengalami tlat lg dn haid lancar sesuai jadwal.kmudian kmi cek k spesialis kandungn dn melakukn test sy mlakukn papsmear dn suami test sperma dr hsl tsb sy ad kista1,2cm dn suami dg hsl asthenozoospermia aglutinasi+
    kami blm prnh di berikan obat sblmnya,
    dgn hsl tsb apkah kmi bs mempunyai momongn,..?
    terima kasih sblmnya,..

    Saturday, January 11, 2014 at 11:28 am | Permalink

2 Trackbacks/Pingbacks

  1. Cara Jitu Ingin Cepat Hamil | Info Cara Cepat Hamil on Sunday, June 9, 2013 at 7:36 pm

    [...] tidak teratur akan menyarankan agar wanita cara jitu ingin cepat hamil hamil sebelum penyebabnya tersebut di [...]

  2. Obat Penyubur Supaya Cepat Hamil | Info Cara Cepat Hamil on Tuesday, October 8, 2013 at 10:04 am

    [...] Buahan yang kaya akan melakukan konsekuensi serius terhadap pertumbuhan bayi. Perut [...]

Post a Comment

Your email is never published nor shared.