Skip to content

Melahirkan Secara Normal VS Caesar

Ingatkah waktu ibu pertama kali dinyatakan positif hamil? Pasti senangnya luar biasa! ApalagiĀ  ini hamil yang pertama kali dan sudah lama dinantikan. Saat hamil dijalani dengan penuh gembira bercampur khawatir akan keadaan janin dalam kandungan. Bulan demi bulan berlalu tanpa terasa dan tibalah saat yang sangat ditunggu-tunggu yaitu melahirkan.

Sebenarnya hamil dan melahirkan merupakan kodrat wanita yang biasa dialami oleh setiap wanita. Begitu pula cara melahirkan jaman Ibu atau Nenek kita dulu sudah berubah. Jaman dulu kebanyakan ibu-ibu melakukan persalinan secara normal dan biasanya di klinik-klinik, Bidan bahkan dukun beranak. Sekarang ini di era milenium ini, cara melahirkan bisa dipilih, secara normal, operasi Caesar, melahirkan di dalam air, dan dan lainnya. Kemajuan teknologi di bidang Kedokteran memegang peranan penting disini.

Cara melahirkan normal bagi sebagian ibu hamil merupakan pilihan pertama. Rasanya sudah menjadi wanita seutuhnya apabila sudah melahirkan secara normal atau alami. Proses melahirkan normal memang bisa menyakitkan dan tidak menyenangkan, apalagi ditambah cerita dari ibu-ibu lain yang membuat ibu harus berpikir dua kali untuk melahirkan normal.

Jika sekarang ibu sedang bingung dan dilema menghadapi pilihan untuk melahirkan secara normal atau Caesar, ada baiknya ibu ketahui dulu tentang plus minus dari kedua cara persalinan tersebut.

1. Persalinan Normal

Proses melahirkan normal di mana bayi dilahirkan secara alami melalui vagina.

Tanda-tanda awal persalinan normal :

a.Terjadinya kontraksi rahim yang teratur dan sakit

b.Bisa diikuti dengan keluarnya lendir bercampur darah dari vagina

c.Bisa terjadi pecahnya ketuban berupa keluarnya cairan dari vagina

Proses melewati pembukaan sampai siap melahirkan ini bisa menjadi proses yang panjang dan menyakitkan bagi ibu. Kondisi dan persiapan ibu sebelum persalinan sangat mendukung agar proses persalinan berjalan lancar.Proses penyembuhan pasca persalinan normal lebih cepat dibandingkan dengan caesar.

2. Persalinan Lewat Operasi Caesar

Biasanya persalinan lewat operasi Caesar menjadi pilihan terakhir, karena adanya beberapa penyebab,diantaranya :

  • Plasenta previa
  • Pre-eklampsia
  • Rongga panggul yang tidak normal
  • Air ketuban habis atau sudah meracuni bayi
  • Detak jantung bayi melambat
  • Bayi besar
  • Dan lainnya

Ada juga yang ingin menentukan tanggal lahir yang bagus bagi si jabang bayi,sehingga lebih memilih caesar. Rasa sakit kontraksi pada proses persalinan normal bisa membuat ibu takut dan tidak kuat, sehingga ingin melahirkan lewat caesar saja.

Proses penyembuhan pasca melahirkan secara caesar akan lebih lama dibandingkan dengan melahirkan secara normal.

Apapun cara bersalin yang dipilih, yang terpenting adalah demi kebaikan ibu dan bayi. Semoga bermanfaat.

34 Comments

  1. ucu wrote:

    http://www.dBCN-BelanjaBulanan.com/?id=BisnisTerpopuler

    Wednesday, March 16, 2011 at 8:02 am | Permalink
  2. vera wrote:

    takut juga kalau caesar soalnya paling takut sama darah

    Sunday, March 20, 2011 at 1:13 pm | Permalink
  3. Sekedar Info :Cara jitu bagi pasangan yang ingin hamil dengan cara aman dan sehat kunjungi http://inginpunyaanak.com/.

    Sunday, March 27, 2011 at 4:17 am | Permalink
  4. flowery wrote:

    aduh keinget deh pas aku ceasar
    bener2 pengalaman yg luarbiasa
    deg2an saat operasi dan bahagia saat mendengar Flo menangid untuk yg pertama kalinya
    skrg Flo udah 2 thn, bahagiaaaaaaa sekali
    untung bgt dia selalu sehat, soalnya aku slalu menjaga makanannya, ga bole jajan dan sufornya yg ada nutrivit soalnya di nutrivit ada Vitamin A,C,E,Zat Besi,Zync,Cuprum, AA, DHA,komplit!

    Tuesday, April 12, 2011 at 3:31 am | Permalink
  5. litz wrote:

    wah.. aku sih pas ngelahirin untungnya normal.. he2.. :D
    hah? susu apa yang komplit gitu isinya?
    nutrivit itu yang melindungi pencernaan anak bukan ya?

    Tuesday, April 12, 2011 at 8:57 am | Permalink
  6. gracias wrote:

    aku juga dulu caesar..
    sakitnya lebih lama.. :(
    soalnya dulu prematur.. agak2 lebih intensif ngurusin bayi mungilku.. :)
    sekarang dah lepas asi.. dan sekarang lagi minum sufor yang bernutrivit.. buat ngelindungin pencernaan bayiku..
    kan kasihan ya kalau anak kecil sampai diare.. :)

    Tuesday, April 12, 2011 at 9:01 am | Permalink
  7. sarah wrote:

    iya.. aku juga cari sufor yang ada nutrivitnya seperti anmum.. supaya anakku gak diare.. yang namanya anak kecil kan suka banget tuh masukin mainan ke mulutnya.. :) jadinya gak khawatir lagi deh.. :D

    Tuesday, April 12, 2011 at 11:01 am | Permalink
  8. susan wrote:

    iya nih..
    kemarin anakku sempat bermasalah sama pencernaannya.. karna baru pindah sufor…
    ternyata harus cari yang bernutrivit yah biar meminimalisasi masalah pencernaan si kecil.. soalnya kan sensitif banget tuh.. :)
    terimakasih yah infonya.. :D

    Tuesday, April 12, 2011 at 11:04 am | Permalink
  9. madimz wrote:

    Wah anakku jg sempet tuh dulu ada masalah dgn perut dan pencernaannya. Tapi sejak ganti sufor 2 thn lalu, udah gak pernah ada masalah lg. Untungnya saya ketemu susu Anmum yg selain lengkap vitaminnya, nutrivit nya jg tinggi, ada GA nya jg utk pencernaan. Sejak saat itu udah gak pernah ganti susu lg deh. Apalg anak saya cocok dan suka :)

    Tuesday, April 12, 2011 at 5:49 pm | Permalink
  10. mamamommy wrote:

    kalo anak sy dulu asi cm sebulan. sy smpt down bgt. untungnya temen2 sy merekomendasikan utk memberikan sufor anmum utk anak sy. sy tadinya agak ragu krn apa mgkn ada sufor yg kualitas nya hampir sm dgn asi. tnyata bener. sy coba kasi susu anmum ke anak sy dan cocok. anak sy sehat, gizi tercukupi. ga prnh masalah dgn pencernaan dll. krn memang anmum kan vit nya komplit yah. udh ga perlu kuatir lg deh sejak anak sy minum anmum. bukan bermaksud promo yah, sy cm mau share aja siy. makasih sblmnya :-)

    Tuesday, April 12, 2011 at 7:06 pm | Permalink
  11. ocha wrote:

    aku dulu hampir 2 thn kasih ASI ke anaku… setelah lepas ASI aku ls cari susu formula yg bagus.. kebetulan sepupuku nyarani nya pake anmum.. hehhe ga ngiklan lho… dan ternyata emang bgs lho…. anakku jrg sakit dan tambah pinter pastinya

    Wednesday, April 13, 2011 at 12:24 pm | Permalink
  12. ceuwida wrote:

    aku lagi mau sapih ni anaku udh hampir 1thn 8 bln…. mau cari sufor yg lengkap nutrisinya mau dong bunda d share infonya sufor yg bgs buat anakk ku… thnk u

    Wednesday, April 13, 2011 at 12:29 pm | Permalink
  13. jenny homer wrote:

    kira2 setahun yg lalu anakku semept lohh bermasalah sama pencernaan nya.. kl kata dokternya dia ga cocok sm sufornya waktu itu…. trus aku coba cari2 sufor yg cocok buat anakku… d saranin sam temen ku pake anmum yg ada GAnya… baik buat pencernaan katanya Alhamdulllah berhasil tuu anak ku ga pernah ada masalah sm pebcernananya lagi

    Wednesday, April 13, 2011 at 12:34 pm | Permalink
  14. vinavina wrote:

    iyaa bunda wida coba aja pake anmum… bgs kokaku juga pakenya anmum,,, tanpa maksud promo sihhh hahhahahahaha udh ngrasain sendiri manfaatnya sihh jd yahhh puas bgt.. dan aku saranin bgt bunda coba… selain nutrisinya lgkp… hemat juga lohhh

    Wednesday, April 13, 2011 at 12:40 pm | Permalink
  15. jene wrote:

    saya uda klik di download buku itu kok ga ada yang ada kode aktivasi…itu bohongan ya?

    Sunday, April 17, 2011 at 5:59 am | Permalink
  16. Monique wrote:

    Bersyukur atas kehamilan yang saya alami…. Kini saatnya saya sekeluarga menantikan kehadiran bayi mungil dengan penuh suka cita….
    Bagi para ibu yang sedang dalam masa kehamilan maupun persiapan persalinan hendaknya tidak perlu takut dalam menghadapi proses persalinan. Kunci utamanya berpasrah dan berdoa….. sering kita mendengar maupun mendapat info mengenai persalinan secara normal begitu menyakitkan….. disinilah keyakinan kita di uji…. kita siap hamil berarti siap menanggung semua resiko selama masa kehamilan sampai proses persalinan ….
    Saya sebagai wanita lebih setuju dengan proses persalinan secara normal (itulah kodrat wanita yang harus dijalani dengan bangga dan bahagia).
    Sejak awal saya dinyatakan positif hamil…. saya mencoba mempersiapkam semuanya sejak dini,mulai mencari info maupun membaca hal-hal yang berhubungan dengan masa kehamilan sampai proses persalinan juga tak lupa persiapan bagi bayi kami….
    Saat saya menemukan buku tentang Hypnobirthing saya semakin percaya diri dengan apa yang saya alami….. so ….. bagi ibu-ibu yang sedang dalam proses kehamilan kalau boleh saya saran kan baca buku ini….. Hari-hari penantian yang sangat menyenangkan dan membahagiakan …… Have a nice day ….

    Monday, October 17, 2011 at 3:39 am | Permalink
  17. marlina wrote:

    saya mau tanya nih…..udah 4 bulan ini saya tidak dapat haid setelah melahirkan lewat caesar,kenapa yah?saya jd takut nih,apakah pengaruh dari melahirkan lewat caesar tp ngga juga sih teman saya melahirkan lewat caesar kok dia dapat haid saya tidak?

    Wednesday, November 9, 2011 at 6:25 am | Permalink
  18. MARSIDAH wrote:

    AQ SKRANG LG HAMIL 6 BULAN KNAPA YA AQ RESAH END GELISAH?

    Friday, November 18, 2011 at 10:55 am | Permalink
  19. MARSIDAH wrote:

    Yu mar isen komentar jare.

    Friday, November 18, 2011 at 11:00 am | Permalink
  20. MARSIDAH wrote:

    Aq terkesan ama tu yg nmnya monique mau gak ya aq jdkan tmen curhat soalny aq skrng ni lg hamil.y klo mau ni aq ksih noe tlfn:087835305151 tlng msccl aq ya…?

    Friday, November 18, 2011 at 11:09 am | Permalink
  21. iskasary wrote:

    aku dah ngerasain lahir normal itu sakiiit bgt….

    Sunday, November 20, 2011 at 3:11 pm | Permalink
  22. rose wrote:

    Tidak ada sufor merk apapun yang bisa menandingi susu ciptaan Tuhan, yaitu ASI. ASI adalah hak bayi

    Saturday, January 28, 2012 at 1:23 am | Permalink
  23. saya sangat setuju terhadap sis rose….apa yang di ciptakan Tuhan tidak ada dua nya…saya adalah salah satu ibu yang sangat peduli tentang ASI Ekslusif dan 2 bayi perempuan saya menjalaninya…
    bahkan pernah marahin suster karna memberikan sufor ke bayi saya..
    ASI TOP BGT

    Monday, February 6, 2012 at 1:29 pm | Permalink
  24. Mariana wrote:

    your soerits are similar than mine put. sometimes we need more love from our mommy, but sometimes love just aint enough.

    Wednesday, February 8, 2012 at 4:58 pm | Permalink
  25. ymuztxh wrote:

    L9eobu utnapfyxrnrc

    Thursday, February 9, 2012 at 1:13 pm | Permalink
  26. Dian Novita wrote:

    ASI adalah Air Susu Ibu jadi untuk anak Ibu. kalo pake susu formula jadinya Air Susu Sapi (ASS) berarti anaknya S A P I dong he….he…..he…..

    Wednesday, February 15, 2012 at 4:26 am | Permalink
  27. kurnia wrote:

    sy buka http://inginpunyaanak.com/ koq ga bisa ya,,,

    Saturday, March 17, 2012 at 8:25 am | Permalink
  28. Blog Hamil wrote:

    Hmm.. lebih baik melahirkan secara normal gan…

    Sunday, April 22, 2012 at 4:28 am | Permalink
  29. sany wrote:

    mf sblm;y..
    sya di sinicuma mau kasih info aja apabila ada ortu yang serius ingin adopsi anak sya tp msih dlam kandungan bsa hub sya k no 083820204527,,perkiraan sya lahir blan oktober..sya domisili d antapani bandung

    Wednesday, August 15, 2012 at 3:32 pm | Permalink
  30. vera wati wrote:

    helow dok, saya abis melahirkan anak ke3 cuma meninggal ,. saya lahirn caesar udh 4 bulan, kapan bisa saya hamil lgi setelah caesar ?

    Tuesday, November 6, 2012 at 8:02 am | Permalink
  31. wiwit wrote:

    alhamdulillah aq sudah pernah merasakan persalinan normal dan persalinan melalui operasi SC….:)

    Tuesday, December 11, 2012 at 3:26 am | Permalink
  32. aprillia-tri wrote:

    tolong aku ya semoga aku bisa lekas merasakan apa yang bunda bunda rasakan.aku ingin cepat cepat melahirkan,tapi yang normal aja…..ya amiin.

    Thursday, March 7, 2013 at 1:19 pm | Permalink
  33. Anonymous wrote:

    mudah2hn saya bisa melhirkan ank prtama saya dengan normal!!amien,,,,,

    Tuesday, May 14, 2013 at 12:59 am | Permalink
  34. NC wrote:

    saya masih bingung antara melahirkan secara normal atau caesar. Karena sy itu orgnya ga naham sakit. Jadi pernah untuk mengambil keputusan utk caesar aja. Cuman sy ada baca beberapa artikel dan forum2 gitu. Katanya kalo caesar itu proses pemulihannya lama. Disamping itu, tmn2 sy yg uda melahirkan secara caesar mengatakan kalo sakitnya stelah melahirkan caesar tdk separah artikel yg blg sakitttnya itu berkepanjangan.. Mana nih yg bener? Thanks you

    Wednesday, March 12, 2014 at 7:15 am | Permalink

One Trackback/Pingback

  1. proses kehamilan on Sunday, June 1, 2014 at 12:41 pm

    proses kehamilan

    Info Ibu Hamil | Wanita Mau Ingin Cepat Hamil › Melahirkan Secara Normal VS Caesar

Post a Comment

Your email is never published nor shared.