Skip to content

Peluang Hamil Di Usia 35 Tahun Ke Atas

Memang tidak dapat dipastikan kapan jodoh itu datang. Ada yang bisa mendapatkan pasangan hidup di usia 20an, ada juga di usia 30an bahkan 40an atau lebih. Begitu juga jodoh dengan calon anak. Banyak pasangan yang baru menikah setelah 2 bulan, istri sudah hamil. Ada yang sudah menikah lebih dari 1 tahun lebih, tapi belum juga dikaruniai seorang anak bahkan sudah 20 tahun menikah baru dikaruniai anak. Jalan hidup seseorang tidaklah sama.

Demikian pula bagi pasangan yang menunda kehamilan yang disebabkan oleh berbagai alasan. Pada saat ingin memiliki anak, terkadang menemui kendala. Padahal usia sudah tidak muda lagi. Khusus bagi wanita yang sudah berusia di atas 35 tahun, peluang untuk hamil sudah semakin berkurang. Terutama calon ibu yang hamil pertama kali.

Kesuburan wanita akan terus menurun bersama dengan bertambahnya usia. Demikian pula dengan resiko yang akan dihadapi saat hamil. Resiko kehamilan seperti terjadinya keguguran, pre-eklampsia, plasenta previa atau diabetes. Peluang untuk melahirkan bayi yang memiliki kelainan seperti Down’s Syndrome juga lebih besar dibandingkan dengan yang berusia 20 tahun.

Namun jangan khawatir, sudah banyak ibu-ibu yang berusia di atas 35 tahun yang hamil dan melahirkan bayi yang sehat. Selama tubuh sehat, konsumsi makanan yang bergizi, pola hidup juga sehat dan cukup istirahat, semuanya bisa diatasi. Bagusnya lagi di usia 35 tahun ke atas, biasanya ibu akan lebih matang dan terkontrol emosinya. Jadi siap secara mental untuk hamil dan punya anak.

Tetap semangat.

68 Comments

  1. acie wrote:

    iya, semua akan datang dengan sendirinya, kapan menikah dan hamil semua dah diatur yang kuasa. tetangga saya umurnya dah 50 th masih bs hamil dan punya anak, ibu saya dulu umur 45 th, ipar sy jg bahkan ibu martha tilaar {sari ayu} baru dpt bayi diusia 44 th. jd semangat ya para ibu jgn sedih dulu klu blm punya anak.

    Saturday, July 10, 2010 at 12:12 pm | Permalink
  2. yulie wrote:

    hi,,,,,,,,,,,,,
    usia q 29th dan sudah mempunyai anak sebesar 6th dari pernikahan yg pertama, baru 3bulan ini q nikah lagi dan sangat ingin punya anak lagi,,,,,,,,,,bagaimana cara yg aman dan sehat untuk hamil lagi? sedangkan q wanita karier yg amat sibuk dengan kerjaan yg numpuk di kantor, tapi haid q lancar tolong tips nya soalnya suami q sangat berharap q dapat hamil dalam waktu dekat

    tx’s yach dah share ^_^

    Tuesday, August 3, 2010 at 4:00 am | Permalink
  3. Anonymous wrote:

    udah usaha kemana2 tPI BLM DPT MOMONGAN JG…,mulai sedikit putus harapan..,

    Thursday, August 26, 2010 at 12:07 pm | Permalink
  4. shuhui wrote:

    dengan bertambahnya umur , baiknya minum vitamin apa untuk meningkatkan kesuburan

    Friday, August 27, 2010 at 8:10 am | Permalink
  5. ida wrote:

    Info yang menarik! Terimakasih sudah berbagi info yang sangat berguna ini!

    Untuk anda yang peduli dengan kesehatan nutrisi Ibu Hamil dan Anak-anak, anda bisa menemukan informasi lengkap seputar Nutrisi dan aksi2 penanggulangan malnutrisi di Indonesia di http://nutrisiuntukbangsa.org

    Friday, August 27, 2010 at 3:32 pm | Permalink
  6. nur wrote:

    Saya sudah jalan tiga tahun menikah, hamil pertama saya keguguran dan hamil kedua saya, anak saya lahir tapi selama hidupnya dia sakit terus sampai dia di panggil Tuhan,umurnya jalan tiga bulan.

    Apakah saya masih ada kemungkinan untuk hamil lagi & resikonya lagi karna usia saya sudah 41 thn?

    Mohon penjelasannya

    Sunday, June 5, 2011 at 3:13 am | Permalink
  7. asep pahrudin wrote:

    sy udh menikah 10th smpai skrg msih blm punya anak ap tip nya supaya punya ke turunan mksh ats bntuanya smga di ksih anak

    Monday, June 20, 2011 at 5:00 pm | Permalink
  8. cynthia wrote:

    di umur tertentu kita memang hrs hati hati jaga kehamilan ya yg terpenting lagi kl anak kita sdh lahir kita hrs memerhatikan gizi dlm perkembangan nya

    Tuesday, June 28, 2011 at 3:56 am | Permalink
  9. Nora wrote:

    Benar bunda…sedari hamil kita mesti mengatur asupan gizi, jangan sampai anak lahir terlalu gemuk.
    Pada saat menyusui juga.
    kalau sudah tidak menyusui apalagi ^^…
    Mesti benar2 dijaga. seperti susu, harus yang tanpa gula tambahan tuh

    Tuesday, June 28, 2011 at 5:24 am | Permalink
  10. amarilis wrote:

    wanita yg berusia 35th ke atas biasanya sudah resiko tinggi jika hamil..oleh sebab itu harus benar2 menjaga asupan gizinya agar bayi n ibunya bisa sehat sampai proses persalinan..
    salah satu cara menjaga asupan gizi dengan tidak mengkonsumsi makanan/minuman yg banyak mengandung gula tambahan..

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:00 am | Permalink
  11. arienta wrote:

    bkn berarti kl anak gemuk itu sehat ya….saya selalu menjaga anak saya dr kecil agar ga terlelu gemuk

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:01 am | Permalink
  12. susan wrote:

    perhatikan pola makan ya jgn terlalu banyak mengkonsumsi gula tambahannya bisa bikin diabetes

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:05 am | Permalink
  13. clara wrote:

    aku juga lagi usahain anak ke2 nih, mumpung usia blm mencapai 30…Agar tetap sehat sampai hamil nanti aku harus jaga asupan gizi, aku kurangi makanan yg mengandung added sugar, untuk anakku juga aku lebih pilih susu yg no added sugar.

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:09 am | Permalink
  14. sheila wrote:

    ternyata klo orang gendut tuh bisa susah hamil juga yah, aku sih jaga pola makanku karna aku masih pingin hamil lagi tahun depan, aku juga ga mau anakku obesitas nantinya pas lahir jd harus hindari makanan yg manis2 nih

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:14 am | Permalink
  15. yuanita wrote:

    hamil juga gampang2 susah yah…kadang ada yg pingiiiin bgt malah blm dikasih, yg masih mau tunda2 malah da dikasih. Aku sih syukur bgt deh da punya anak, makanya harus dijaga dengan baik, jangan sampai anak masih kecil2 da obesitas, kasihan ntar klo da dewasa.

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:17 am | Permalink
  16. bimbim wrote:

    istriku hamil d umur 31 alhamdullilah sehat2 aja sihhh..pas hamil makan nya d gaja bgt biar ga kebanyakan konsumsi gula yg ga penting… anakku skrg juga aku kasig susunya yg no added sugar.. tkt obesitas mom ngeriii

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:49 am | Permalink
  17. livina wrote:

    menurutku hamil di usia berapapun harus kita syukuri…dan rawatlah bayi kita dgn baik agar tumbuh menjadi anak yg sehat…

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:55 am | Permalink
  18. bimbim wrote:

    istriku waktu hamil anakku dia umur 31 …selama hamil pola makannya bnr2 di jaga supaya ga kebanyakan gula yg ga penting buat tubuhnya…sekarang anakku juga aku batesin asupan gulanya takut obesitas mom.. mknya susunya pun aku pilih yg no added sugar

    Tuesday, June 28, 2011 at 6:57 am | Permalink
  19. jenny wrote:

    aku waktu hamil umurku masih 26 masih terhitung muda lah yah, skrg anakku udh 2 thn umurnya..mau punya baby lagi susah bgt mknya aku protektif bgt sm kesehatannya… susunya aja ku pilih yg no added sugar ngeri obesitas

    Tuesday, June 28, 2011 at 7:02 am | Permalink
  20. linda wrote:

    jika terjadi kehamilan setelah usia 35th pastinya akan menyenangkan sekali bagi kedua orangtua.. jangan lupa,setelah anak lahir harus dijaga dengan baik kesehatannya..jadi selepas asi,berikan anak susu formula yang tanpa gula tambahan ya..agar anak tidak beresiko obesitas maupun diabetes dan penyakit kardiovaskular..

    Tuesday, June 28, 2011 at 7:06 am | Permalink
  21. agni wrote:

    menjaga pola makan yg baik dari masa kehamilan akan sangat membantu melatih kita menjaga pola makan yg baik pula utk anak” kita nantinya….baiknya biasakan makan dan minum yg tidak terlalu manis agar terhindar dari obesitas

    Tuesday, June 28, 2011 at 7:06 am | Permalink
  22. ceuwida wrote:

    aku planning hamil lagi di usiaku yg ke 33 ini.. mudah2 an lancar yahh sekarang lg seneng2nya ngerawat anakku yg umur 4 thn lg lucu2 nya… buat dia aku perhatiin bgt makanan dan mnmn nya biar ga obesitas…

    Tuesday, June 28, 2011 at 7:08 am | Permalink
  23. vania wrote:

    sepupuku ada yg hamil di usia 35 dan didalam perutnya terdapat kista dan mium jadi seiring bayi tumbuh begitupula kista dan miumnya….makanya dokter membuat list larangan dan pantangan makan dan minumnya agar mium teb tidak menjadi besar…salah saunya adalah gula tambahan….

    Tuesday, June 28, 2011 at 7:10 am | Permalink
  24. cici wrote:

    Infonya bermanfaat sekali bun, saya juga selalu memperhatikan asupan2 gizi untuk si kecil, takutnya salah kasih asupan malah berdampak penyakit bun, terutama susu yang dikonsumsi untuk si kecil bun jangan sampai mengandung gula tambahan.

    Tuesday, June 28, 2011 at 7:48 am | Permalink
  25. yani wrote:

    bunda, biar ibu dan anaknya sehat, dari usia dini biasakan anak mengkonsumsi makanan/minuman yg tidak terlalu manis..soalnya rasa manis itu (terutama yg dari gula tambahan) bisa beresiko obesitas,dll lho..

    Tuesday, June 28, 2011 at 8:02 am | Permalink
  26. Anche wrote:

    para bunda yang sudah mendekati usia 35 belum dapat momongan memang harus ekstra hati-hati menjaga kondisi tubuh, terutama masalah gizi. dikhawatirkan kekurangan gizi sedikit saja bia memicu masalah, termasuk kelebihan gula.

    Tuesday, June 28, 2011 at 10:18 am | Permalink
  27. sitti nabilla wrote:

    Melahirkan di usia 35 memang berisiko tinggi, tetapi secara kejiwaan sebenarnya terbaik ya

    Tuesday, June 28, 2011 at 10:25 am | Permalink
  28. keiko_nachan wrote:

    tips mencegah tangisan bayi
    1.Penuhi semua kebutuhan buah hati anda sperti lapar, buang air,dan memastikan dia baik-baik saja tunggu tips selanjut nya ya Bunda
    2.Alihkan perhatian buah hati anda dengan mengajak bermain, digendong atau menimang-nimang dengan lembut.

    3. Kurangi stimulasi yg diterima oleh buah hati anda, mungkin berupa cahaya, orang, suara. Bawa buah hati anda keruangan yang lebih tenang.

    4. Ubah emosi anda, mungkin buah hati anda ikut merasakan emosi yg anda rasakan. Cobalah mengubah emosi anda itu menjadi rasa cinta yg membuat buah hati anda merasa lebih nyaman dalam gendongan anda selamat mencoba

    untuk mendapatkan informasi bisa di lihat
    http://www.facebook.com/pages/Philip…27546990607053

    Wednesday, July 20, 2011 at 12:43 pm | Permalink
  29. irene wrote:

    iya rawan usia 35 ya buat hamil tap yang penting jaga makanan agar semua nya sehat

    Tuesday, August 23, 2011 at 7:26 am | Permalink
  30. susan wrote:

    iya jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula sie kl ibu hamil bisa cepet gendut katanya…

    Tuesday, August 23, 2011 at 7:33 am | Permalink
  31. Dannish wrote:

    Temanku belum usia 35 c, tapi belum boleh hamil dulu sama dokternya, karena mesti menguruskan beratnya yang hampir obesitas. heheh..memang suka jajan sih, temnku itu.

    Tuesday, August 23, 2011 at 8:03 am | Permalink
  32. Dannish wrote:

    Temanku sih belum 35, tapi saat mau hamil lagi, dokternya melarang, soale temanku itu hampir obesitas, jadi disuruh diet dulu, kasihan bayinya dan bisa menyebabkan hal2 yang tidak diinginkan, katanya

    Tuesday, August 23, 2011 at 8:05 am | Permalink
  33. desy wrote:

    aku punya teman yg gendut bgt, dia da merid 9 thn belum juga hamil. Dokter juga suruh dia diet dl, ternyata karna gendut bisa susah hamil juga yah

    Tuesday, August 23, 2011 at 8:52 am | Permalink
  34. mega wrote:

    aku dalam 2 bulan naik 10 kg, hiks….gara2 minum susu kacang ama kacang ijo sehari 3x, rasanya manis. akhirnya aku stop dan naiknya sebulan cuma 0,5 kg

    Tuesday, August 23, 2011 at 8:55 am | Permalink
  35. Sisca wrote:

    terlalu banyak mengkonsumsi gula tambahan memang bisa membuat gendut, jangankan yang dewasa yang anak2 aja bisa terkena obesitas karena mengkonsumsi banyak gula tambahan, lebih baik jaga makanan keluarga kita ya, jangan sampai terlalu banyak mengkonsumsi gula tambahan.

    Tuesday, August 23, 2011 at 10:24 am | Permalink
  36. Nina wrote:

    jangan terlalu banyak mengkonsumsi gula ya bun, baik pada diri sendiri ataupun keluarga, apalagi bagi yang punya si kecil, perhatikan susu yang diminum sikecil apakah sudah bebas gula tambahan? leih baik gunakan susu yang memang bebas gula tambahan ya.

    Tuesday, August 23, 2011 at 10:28 am | Permalink
  37. nana wrote:

    bisa dibilang aku hamil cepet setelah nikah dan karena hamil pertama belum tau apa” naiknya sampai 25kg…kebanyakan makan dan untungnya berat badan bisa kembali normal dgn konsumsi gizi seimbang

    Tuesday, August 23, 2011 at 10:40 am | Permalink
  38. marissa wrote:

    aku malah waktu 5 bulan pertama turun berat badannya makanya dokter suruh minum susu karena takut bayiku ga bertambah besar….

    Tuesday, August 23, 2011 at 10:43 am | Permalink
  39. nini wrote:

    karena ga doyan susu jadi berat badan aku naiknya sedikit makanya aku dikasih minum vitamin sama dokter untuk menambah napsu makan

    Tuesday, August 23, 2011 at 10:47 am | Permalink
  40. kim wrote:

    peluang hamil di usia 35 th ke atas masih ada,walaupun mungkin tidak semudah yang masih umur 20-an..
    yang pasti jika keadaan fisiknya sehat,kemungkinan untuk hamil itu masih ada..
    jaga asupan makanan dan juga batasi konsumsi yang manis2,agar tidak sampai obesitas..
    kalau obesitas bisa mengurangi kemungkinan hamil..

    Tuesday, August 23, 2011 at 8:15 pm | Permalink
  41. suzy wrote:

    di usia 35th ke atas biasanya sudah ada beberapa keluhan penyakit yang terlihat..
    agar tidak sampai obesitas dan diabetes,harus membatasi konsumsi makanan/minuman yang ada kandungan gula tambahannya..
    untuk tau tentang gula tambahan bisa dilihat di http://www.cekgula.com

    Tuesday, August 23, 2011 at 8:28 pm | Permalink
  42. vero wrote:

    saya sdh menikah 8 thn smpe skrg lum punya anak sdih rasanya,,, berbgai usaha tlah saya lakukan namun blum hamil jg,,, hinaan cacian slalu saya dpt dr orang2 karna saya lama lum memiliki momongan… Kini air mata saya selalu membasahi pipi saya…. Seddiiiih

    Friday, August 26, 2011 at 12:59 am | Permalink
  43. Ajie wrote:

    Dipernikahan prtma sy hmil n lhran normal d prnkhn k2 ini sdh 7 thn blm hml sdngkn suami bru x ini nikah jd dia berencana jk sy tdk jg hml dia mo nikah lg n istri k 2 di minta untk 1 rmh dg sy, tiap hr sy sedh sdngkn usia kmi sm2 sdh 45 thn sy sdh request divorce or jk dia mo nikah lg biarlh sy yg pindah dg anak kndung sy tp ke 2 duanya dr request sy di tolak suami …..
    Sungguh sdih sx pdhl sy sdh mengabdi n sy pun mmpunyai pnghsln sndiri …..
    Sy bertekad untk hamil diusia tsb agar tdak trjadi rencana suami sy …….
    Tp ap yg hrus sy lakukan ? Suami sdh bilng tdak mo cek ke dr dia ksh point sy yg bermlh krna umur tp sy bilng sy prnah hamil n mlhrkn normal …tp dia tdk mo ngerti
    Untk itu sy bertekad akn ke dr sndiri n usaha untk hamil kmbali

    Friday, September 23, 2011 at 2:57 pm | Permalink
  44. lulu mei nurhidayati wrote:

    usia ku 29 th anak pertama ku 8th.ak pernh kegugutan dan curret.tp smp hr ini aku blm hamillg bahkan ada kista d rahimku……..apakah aku msh bs punya anak lagi?

    Monday, November 14, 2011 at 2:39 am | Permalink
  45. agata wrote:

    bagi bunda yang ingin segera hamil, saya mau berbagi pengalaman pribadi, mulai dari haid yang kurang teratur sampai memperoleh kehamilan. saya konsumsi produk k-link yatu gamat dan klorofil. setelah 6 minggu saya konsumsi, saya langsung hamil lohh. ini terbukti jg pada downline saya yang sudah 5 tahun menikah akan tetapi blm hamil jg. setelah saya sarankan konsumsi k-link, dia lsung hamil. untuk informasi dapat hub saya di 083198399787. senangnya berbagi dan membantu harapan para bunda…:)

    Tuesday, January 10, 2012 at 2:20 am | Permalink
  46. rian wrote:

    banyak yg bilang kl umur 35Thn rentan ntuk punya anak ,, sdangkan aku dah 33thn , terlintas aku takut ,,, kl lom jg punya keturunan … karna da sepupu aku punya anak pertama harus mengalami koma n mpe meninggal ,, dan mereka pun sama lama punya keturunan …. tp aku tetap berusaha n berdoa mudah”an aku d’berikan keturunan … AMIN
    sebab usia nikah aku dah 8thn…

    Monday, January 30, 2012 at 10:29 am | Permalink
  47. Anonymous wrote:

    terima kasih banyak atas suportnya, asalnya aku sdh mulai dengan banyak kekhawatiran dan sedih, sekarang aku telah semangat lg karena usiaku sudah 40th belum jg dikaruniai anak..dan sudah periksa dr. kandungan dan ikut program kehamilan dengan berbagai obat dan obat penyuburpun masih tetap blom diberi momongan jg. Sayapun berharap semoga tahun ini mendapat momongan yang sehat dan cerdas. Amin..

    Monday, February 13, 2012 at 2:48 am | Permalink
  48. mai wrote:

    umur sy 33th.sdh 10th menikah blm d kasi momongan.sy oprasi kista 4thn yg lalu.indung telur sblh kanan sy d angkat.ada pun sblh kiri lengket. kata docter si utk mendapat kan anak wowlohualam. tp sy tetep berharap ke ajaiban Tuhan. sepi rasanya hidup ini.

    Friday, March 2, 2012 at 10:03 am | Permalink
  49. charlie wrote:

    bagi pasutri yang pengen pijat or bikin anak hubungi 02197010498 dijamin puas

    Saturday, March 10, 2012 at 7:09 am | Permalink
  50. ari wrote:

    banyak sedekah….. ppasti tuhan akan kasih imbalannya….. rejeki bukan hanya harta tapi…keturunan juga rejeki….

    Sunday, March 25, 2012 at 6:38 pm | Permalink
  51. THYA wrote:

    IBU2, JGN BERKECIL HATI, SMUA KEHENDAK YANG MAHA KUASA, KT KEMBALIKAN PADANYA< MUR SY 36 TAON, 2THN LEBIH MENIKAH< KEDOKTER SY UDAH HENTIKAN AKIBAT OBAT PENYUBUR YANG MMBUAT BB BERTAMBAH, ALHAMDULILLAH< ALLAH MEMBERIKAN ANUGRAHNYA LEWAT TGN SEORG IBU DGN MENGURUT KANDUNGAN SETELAH HAID BLN LALU, ALHAMDULILLAHHH AMIEN, MUDAHAN IBU LAIN BS MNDAPAT REZKI YG DIDAMBAKAN, AMIEN

    Monday, April 9, 2012 at 6:13 am | Permalink
  52. indah wrote:

    yg sabar bunda….gk usah dengerin omongan org lain. klo perkataan mrk kt masukan dlm hati akan menyiksa diri bunda sendiri n jadinya malah bikin bunda stress n ntar mlh bikin susah hamil. yang penting ikhlas dan pasrahkan semua pada Allah. karena hanya “Dia”lah yang Maha pemberi…ttp semangat Bunda n selalu ceriaaaa ;)

    Monday, April 30, 2012 at 8:10 am | Permalink
  53. Anonymous wrote:

    iya bu..,bersabar dan bnyak2 brdoa..sy juga udh mnikah 5,4 thn tpi.,smpai skrg msih mnunggu.,skrg sy lgi prgram mnum jus wortel..smga smua usaha kta di ridhoi Allah swt..,amien..

    Monday, April 30, 2012 at 9:05 am | Permalink
  54. lynn wrote:

    nak tanya,sy dah makan pil perancang selama 12 thn lebih,umur sy skrg dah 32 thn,skrg dah berhenti makan pil tersebut,[1 bulan]haid belum datang.apakah kesan pengambilan pil tersebut memberi kesnterhadap hormon badan sy?

    Wednesday, May 2, 2012 at 1:08 pm | Permalink
  55. Anonymous wrote:

    sama persis dg sy bu

    Friday, May 18, 2012 at 9:17 am | Permalink
  56. luna wrote:

    mb.. sedih banget baca ceritamu..
    gimana kondisi keluargamu skrg mb, moga berhasil hamil yg kedua yaa..
    yang sabar ya mb..

    Tuesday, May 29, 2012 at 6:41 am | Permalink
  57. netty raharjo wrote:

    saya uda 4 thn menanti si buah hati.. tpi blm hadir juga. aku hrs bagaimana?????

    Tuesday, June 5, 2012 at 6:40 am | Permalink
  58. sany wrote:

    mf sblm’y..
    sya d sni cuma mau ksih info aja apabila ada ortu yang ingin serius untk adopsi anak sya bsa hub sya k no 083820204527,,perkiraan sya lahir blan oktober..sya domisili d antapani bandung..

    Wednesday, August 15, 2012 at 3:35 pm | Permalink
  59. Husna wrote:

    Saya punya perempuan satu ,tapi saya pengen lagi tambah momongan sedang usia saya sdh 38 thn dan saya sdh berhenti pakai pil kb selama 4 tahun haid lancar namun sampai saat ini saya belum juga hamil ,gimana solusinya agar saya cepat hamil mohon jawaban nya .

    Tuesday, September 25, 2012 at 1:58 pm | Permalink
  60. Judhisri wrote:

    Saya usia 42 th,suami 38 th ,punya 1 putra 12 th,bolak balik ke dokter kandungan belum hsl juga ,pernah Hydrotubasi ( periksa tuba falopi) ga ada masalah.apa KB suntik terlalu LAMA yg bikin peranakan kering? gmn solusinya……..saya mendambakan seorang putri…

    Monday, March 11, 2013 at 11:41 am | Permalink
  61. sophie wrote:

    a

    Tuesday, March 12, 2013 at 6:59 am | Permalink
  62. sophie wrote:

    saya seperti sudah putus asa, diusia saya yg sudah kepala 4 , blm juga diberi momongan, diusia pernikahan yg sudah menginjak 5 thn ,, kadang ketakutan sering muncul , bisakah suami saya menerima .. kondisi saya.. saya mohon saran saya hrus mengkonsumsi obat penyubur apa hingga saya bisa mempunyai momongan … hikshikshikstrimakasih kawan saya bisa utarakan jerit hati saya …

    Tuesday, March 12, 2013 at 7:02 am | Permalink
  63. rumah sehat wrote:

    Ketidaksuburan atau infertilitas didefinisikan sebagai ketidakmampuan untuk hamil setelah mencoba selama 6 – 12 bulan. Penyebabnya ada banyak, mulai dari gaya hidup, pola makan hingga gangguan fisik. Pertambahan usia membuat tingkat ketidaksuburan juga semakin meningkat. Seperti dilansir USNews.com, berikut adalah beberapa hal yang berisiko mengganggu kesuburan.

    Segera ubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Akibat faktor penuaan, gaya hidup yang buruk, penyakit, stres, masalah di atas bisa dialami perempuan. Sebagaimana kita tahu, stabilitas hormon yang baik adalah salah satu syarat mutlak agar kehamilan segera menyambangi.
    Dengan mengkonsumsi asupan yang bernutrisi membantu kesuburan.
    HDI Four Stars terdiri dari HDI Royale Jelly, HDI Bee Propolis, HDI Pollenergy 520, dan HDI Clover Honey. Keempatnya sangat penting karena saling melengkapi dalam pemenuhan gizi baik berupa makro nutrien maupun mikro nutrien. Dengan mengonsumsi keempatnya, kemampuan reproduksi kian baik sehingga kesempatan hamil kian besar. for order call (08161112796)

    Thursday, March 21, 2013 at 5:56 am | Permalink
  64. hariatil wrote:

    dock istri stelah keguguran ke 2 n menjali kiret ke 2 sampai saat ini blum +lagi doc apa ya solusnya dok n kami ingin sgera punyai ke turunan

    Friday, June 14, 2013 at 9:08 am | Permalink
  65. yatikdo yank wrote:

    rumah sehat…slmt sore ?gmn ya dan apa solusinya agar istri cepat hamil lagi stlah 2 kali mengalami keguguran jg umurnya udah d atas 35 apa dan makanan apa yg sepatutnya d anjurkanya agar kesuburan n nutrizinya dlm kandunganya shat n menjadi subur jg cepat terjadinya proses hamil harap cpt d bls dan d tanggapi usul kami trimakasih

    Friday, June 14, 2013 at 9:41 am | Permalink
  66. ayu wrote:

    Saya ingin share…saya seorang ibu yg Alhamdulillah sudah punya 3 orang anak laki2…setelah kehamilan saya anak ketiga yg lahir tahun 2004, saya menggunakan kb suntik sampai sekarang.usia saya saat ini sudah 37th tp suami saya menginginkan tambah anak ???? 1.bagaimana yaaa saya bingung antara takut beresiko dg kehamilan saya nanti dan juga saya takut merasa berdosa terhadap suami saya???banyak kekhawatiran yg saya alami mulai dari efek kb suntik saya yg sudah sangat lama pemakaiannya?dan juga dengan usia saya?apalagi perekonomian keluarga kami yg pas pasan??please tolong beri saya saran yaaa…trimakasih

    Wednesday, October 9, 2013 at 7:04 am | Permalink
  67. susan wrote:

    usiaku kini 35 tahun dan sudah menikah 9 tahun lamanya tapi belum juga di karunia anak,sewaktu cek ke dokter aku disuruh untuk tiup tapi aku belum siap materi dan mentalku sekarang aku masih mencoba obat herbal,tolong kasi aku saran dong.

    Friday, October 18, 2013 at 3:08 pm | Permalink
  68. Rosa Talita wrote:

    sudah periksa ke dokter kandungan bu? selama ini apa saja yang sudah dikonsumsi, bun? minum susu untuk persiapan hamil juga? aq dlu juga gitu, sempet hopeless, emang sih ga nyampe umur 35, nikahnya umur 30, dapetnya umur 33 kalau gak salah. sempet khawatir juga sih. banyak doa dan usaha terus, jangan pake obat instan bun. coba sering2 makan makanan yg bergizi, minum susu yg khusus untuk persiapan hamil, banyak kok yg jual. coba cek disini deh http://goo.gl/nEIJ0E

    Tuesday, December 24, 2013 at 11:38 am | Permalink

Post a Comment

Your email is never published nor shared.